AP I berharap jumlah penumpang di Bandara YIA akan mencapai 12.000 per hari

AP I berharap jumlah penumpang di Bandara YIA akan mencapai 12.000 per hari


Kulon Progo (ANTARA) – Bandara Internasional Angkasa Pura I Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperkirakan jumlah penumpang yang datang dan berangkat melalui bandara tersebut pada arus mudik Lebaran 2022 mencapai 12.000 penumpang per hari.

“Kami optimis arus repatriasi di Lebaran akan menembus 12.000 penumpang per hari, selama pemerintah terus melonggarkan persyaratan perjalanan udara, sejalan dengan banyaknya penduduk yang divaksinasi,” kata juru kunci. General Manager Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Agus Pandu Purnama di Kowloon Progo, Selasa.

Ia mengatakan, jumlah penumpang pesawat yang melewati Bandara Internasional Yogyakarta sejak Kementerian Perhubungan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 21 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Perjalanan Domestik Melalui Angkutan Udara di Masa Pandemi Covid-19, meningkat 32%. dalam sehari.

Baca juga: AP Bayar Rp 28,1 Miliar untuk PBB-P2 YIA Kulon Progo

Sebelum SE, jumlah penumpang di YIA kurang dari 5.000 penumpang per hari. Saat ini, jumlah penumpang yang melewati Bandara YIA berkisar antara 6000 hingga 7000 penumpang per hari.

“Jumlah penumpang pada akhir pekan bisa mencapai 8.600 penumpang per hari,” ujarnya.

Wakil Ketua Senior DPRD Kulon Progo Bonemin Bodhi Hartono mengatakan banyaknya penumpang maskapai yang melewati Bandara YIA menjadi peluang bagi pelaku UMKM. Di Teras Malioboro Bandara YIA, para pelaku UMKM yang telah bekerjasama dengan pengelola bandara bisa menjual produk lokal Kulon Progo.

Baca Juga: Bandara Internasional Yogyakarta Gelar Pertunjukan Seni dan Pameran Wayang

“Kami berharap para pelaku UMKM juga mempersiapkan diri untuk menitipkan produknya di gerai-gerai oleh-oleh, sehingga peningkatan jumlah penumpang dapat menghidupkan kembali perekonomian yang terpukul akibat COVID-19,” ujarnya.

Reporter: Sutermie
Editor: Uday Blo
Hak Cipta © Antara 2022

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like