Business Development

Business Development

Setiap perusahaan tentunya ingin mengalami kemajuan dalam segi apapun. Hal itu bertujuan guna menarik simpati masyarakat untuk menggunakan suatu produk yang dihasilkan perusahaan. Business development adalah peran terkait yang diberikan amanah untuk menjalankan tugas tersebut.

Maka dari itu business development merupakan peran yang sangat penting dalam kemajuan perusahaan. Tanpa kinerja yang baik dari seorang business development, perusahaan akan mengalami kesuliltan berkembang dan apabila tidak cepat ditangani perusahaan tersebut bisa bangkrut.

Berikut ini akan dibahas tentang business development dan beberapa hal yang terkait dengan peran ini.

Pengertian Business Development

Pengertian Business Development

Business development adalah suatu proses dalam menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan dengan melalui pelanggan, pasar, atau juga relasi bisnis.

Dalam pengertian lain business development adalah orang yang diberikan tanggung jawab untuk mengatur strategi agar interaksi dari pelanggan, pasar, dan relasi bisnis dapat menciptakan peluang untuk perusahaan agar selalu terus tumbuh.

Business development juga dapat diartikan sebagai penciptaan nilai untuk jangka panjang bagi sebuah perusahaan dengan kekuatan yang berasal dari pelanggan, pasar dan hubungan atau relasi.

Jadi pengertian business development adalah suatu peran dalam perusahaan yang menciptakan suatu peluang dengan nilai jangka panjang yang mempunyai sumber dari pelanggan, pasar, dan juga relasi bisnis atau hubungan.

Fungsi Business Development

Fungsi Business Development

Dalam perusahaan, tidak semua peran mempunyai fungsi dan kegunaan yang sama. Berikut ini fungsi yang dimiliki oleh seorang business development dalam perusahaan.

  1. Sebagai peran yang mengembangkan perusahaan
  2. Mencari pelanggan baru, Melakukan riset pasar, dan menjaga hubungan dengan konsumen.
  3. Menjalin kerja sama dengan divisi lain salah satunya divisi teknis guna memenuhi kebutuhan pelanggan atau pasar.
  4. Menyusun dan mempresentasikan strategi pengembangan bisnis perusahaan.
  5. Update pengetahuan tentang perkembangan yang ada di pasar dan juga kompetitor bisnis perusahaan.
  6. Melakukan penilitian mengenai perkembangan bisnis perusahaan secara berkala.

Pentingnya Business Development Dalam Perusahaan

Pentingnya Business Development Dalam Perusahaan

Tentunya setiap perusahaan butuh pengembangan yang berkelanjutan guna menghadapi tantangan yang ada di dunia bisnis. Di sinilah peran penting Business Development tersebut untuk membantu mengembangkan perusahaan.

Pengembangan Bisnis mencakup beberapa hal diantaranya riset pasar, mengembangkan dan menjaga hubungan dengan klien potensial, mendeteksi serta menciptakan peluang bisnis yang potensial.

Semua cakupan yang ada tersebut mengharuskan Business Development cakap dalam menciptakan suatu strategi bisnis perusahaan.

Apabila Business Development tidak mampu menciptakan strategi yang bisa membuat perusahaan berkembang atau bertahan, maka perusahaan akan sulit melalui tantangan dan rintangan yang ada.

Maka dari itu Business Development membutuhkan analisis yang mendalam tentang pengembangan perusahaan.

Tugas Seorang Business Development

Tugas Seorang Business Development

Beberapa tugas seorang business development yang harus dikerjakan olehnya setiap hari tidak boleh ditunda-tunda, karena akan menyulitkan perusahaan dalam berkembang. Berikut ini tugas seorang business development.

  1. Menghubungi klien yang berpotensi guna diajak menjalin kerjasama dan mengatur jadwal pertemuan.
  2. Merencanakan dan mengawasi atas inisiatif pemasaran yang masih baru.
  3. Meneliti organisasi atau individu sebagai cara untuk menemukan peluang baru.
  4. Meningkatkan kualitas nilai pelanggan yang ada dan juga sambil menarik yang pelanggan baru.
  5. Menciptakan dan mengembangkan pasar baru serta meningkatkan penjualan.
  6. Mengikuti dan menghadiri rapat, konferensi, atau acara industri
  7. Melakukan pengembangan penawaran dan juga proposal untuk klien.
  8. Memberikan arahan untuk tim pengembangan dan pertumbuhan bisnis serta memastikan mereka paham akan tujuan yang dituju.
  9. Melatih personel tim dan membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan yang sudah mereka miliki.

Tanggung Jawab Business Development

Tanggung Jawab Business Development

Beriringan dengan tugas, seorang business development juga mempunyai tanggung jawab yang ia emban sebagai amanah dari perusahaan. Berikut ini beberapa tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang business development.

  1. Riset pasar, mencari peluang target pelanggan baru, dan memelihara hubungan dengan klien.
  2. Bekerja sama dengan divisi lain.
  3. Mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan.
  4. Memperbarui pengetahuan mengenai perkembangan pasar dan kompetitor.
  5. Melakukan survey secara teratur mengenai pengembangan bisnis perusahaan.

Skill yang Harus Dimiliki oleh Business Development

Skill yang Harus Dimiliki oleh Business Development

Menjadi seorang business development bukanlah tugas yang mudah bagi kamu yang belum menguasai beberapa skill yang dibutuhkan. Berikut ini skill yang harus dimiliki oleh seorang business development.

  • Motivasi Tinggi

Motivasi tinggi atau semangat wajib dimiliki oleh seorang business development. Hal ini dibutuhkan karena seorang business development akan diberikan target-target oleh perusahaan dengan keterbatasan yang ada. Selain itu juga seorang business development tidak boleh mudah menyerah dalam melakukan sesuatu.

  • Manajemen yang Baik

Dengan target yang diberikan oleh perusahaan, seorang business development harus pintar dalam mengatur strategi. Maka dari itu hal ini sangat dibutuhkan guna mengatur segala yang berkaitan dengan kedisiplinan seorang business development.

  • Komunikasi

Dalam tugas dan tanggung jawab yang sudah dijelaskan diatas, kita lihat bahwa seorang business development akans ering menghadapi orang-orang yang menjadi klien dari perusahaan.

Maka dari itu, komunikasi yang baik sangat penting bagi seorang business development guna menunjang kinerja dan menjalankan tugas yang diberikan perusahaan.

  • Marketing

Dalam pekerjaannya, business development juga akan sering berkolaborasi dengan divisi marketing. Hal itu dikarenakan peran ini juga ditugaskan untuk mempromosikan brand milik perusahaan. Maka dari itu mempunyai skill dasar dalam marketing merupakan hal yang baik bagi seorang business development.

  • Negoisasi

Sebagai orang yang sering berhadapan dengan klien, business development harus mampu bernegoisasi dengan klien tersebut. Hal itu bertujuan agar perusahaan mendapatkan kepercayaan dari klien yang diajak bekerja sama.

  • Analisis Data

Akan banyak data yang wajib dianalisis oleh Business Development. Mulai dari data pertumbuhan penjualan per bulan, data klien, data investor, sampai data dari kompetitor.

Dari sinilah ketelitian dan kemampuan analisis data sangat dibutuhkan. Data yang disajikan Banyak data yang berisi pola gambar, pola angka, bahkan sampai operasi matematikapun harus disajikan oleh business development.

Business Development juga harus bisa menyusun data serta menyajikannya kepada  pimpinan dengan bahasa yang mudah dipahami.

  • Project Manajemen

Bekerja untuk mengembangkan suatu bisnis memang merupakan salah satu hal yang kompleks dan memiliki risiko tinggi. Menjadi seorang Business Development mengharuskan mempunyai tanggung jawab yang tinggi, karena perusahaan menggantungkan nasibnya pada seorang business development.

Menjadi seorang business development, kamu juga harus siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi. Bukan hanya proyek saja yang harus di tangani, kerja sama tim, support dalam tim, dan pemecahan masalah juga menjadi tanggung jawab business development.

Dalam hal ini, leadership harus ditanamkan dalam mentalmu supaya proyek yang kamu pimpin dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Gaji yang Diterima Business Development

Gaji yang Diterima Business Development

Gaji rata-rata seorang business development di Indonesia bisa dikatakan lumayan baik dan tidak terlalu rendah, yaitu dikisaran 5.500.000/ bulan.

Dan bagi seorang yang belum mempunyai pengalaman dalam bidang ini, mempunyai gaji dikisaran 16.560.000/ tahun atau sekitar 1.380.000/ bulan.

Dan gaji tertinggi seorang business development di Indonesia ialah 112.200.000/ tahun atau sekitar 9.350.000/ bulan.

Tantangan Menjadi Business Development

Tantangan Menjadi Business Development

Melihat tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada business development, tentunya banyak tantangan dan rintangan yang akan dihadapi. Berikut ini tantang menjadi seorang business devlopment.

  1. Partner yang kurang koorperatif dalam bekerja sama.
  2. Alur kerja yang tidak sesuai dengan rencana.
  3. Penolakan-penolakan oleh klien yang ditawarkan.
  4. Harus selalu menjaga hubungan dengan klien.
  5. Akan dikejar target dengan deadline yang sudah ditentukan.
  6. Perubahan tren bisnis yang mudah berubah.
  7. Menghubungkan koneksi bisnis.

Syarat untuk Menjadi Business Development

Syarat untuk Menjadi Business Development

Menjadi seorang business development merupakan salah satu hal yang prestesius. Maka dari itu dibutuhkan beberapa syarat untuk menjadi seorang business development.

  1. Mampu menganalisis pola bisnis.
  2. Kemampuan dalam ketrampilan dan interpersonal.
  3. Mempunyai rasa ingin yang tinggi.
  4. Realistis dalam menentukan tujuan.
  5. Memiliki wawasan yang luas.
  6. Fleksibel dan mudah beradaptasi.

Akhir Kata

Dari beberapa penjelasan diatas, apakah kamu cocok menjadi seorang business development ? Tentunya jawabannya ada pada diri kalian sendiri yang mau atau tidak mengupgrade diri kalian menjadi pribadi yang pantas seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Demikian penjelasan mengenai business development ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, dan menjadikan pribadi kita lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
tugas DPR
Read More

Tugas DPR

DPR mempunyai peran yang sangat penting untuk negara. Jalan atau tidaknya suatu negara, berada di ...

Baca AjaTugas DPR