Cara Mengatasi Sharing Printer Tidak Terdeteksi

Sharing printer merupakan sebuah cara yang digunakan untuk bisa menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain. Fungsi dari sharing printer adalah untuk memudahkan mencetak dokumen, sebab tidak membutuhkan satu printer untuk per komputer.

Namun pernah tidak kalian ketika sharing printer mengalami gagal koneksi ketika mencoba menghubungkan? Lantas bagaimana cara mengatasi sharing printer yang tidak terdeteksi?

Tenang saja, tidak perlu gelisah ketika mengalami kejadian seperti ini, cukup pelajari cara yang saya berikan pada artikel ini.

Sebelum itu, apakah kalian ketika melakukan cara sharing printer lewat Wifi atau LAN sudah benar? Sebab cara melakukan sharing printer akan melalui beberapa langkah yang bisa dibilang tidak mudah.

Kalau begitu, jika sudah melakukan sharing printer dengan benar namun masih tidak terdeteksi, coba lakukan 4 cara mengatasi sharing printer tidak terdeteksi di bawah ini.

Cara Mengatasi Sharing Printer yang Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi Sharing Printer Tidak Terkoneksi

Langkah #1 Cek Kabel LAN dan WIFI

Seringkali terjadi lupa pada saat sharing printer yang memerlukan fasilitas jaringan LAN atau Wifi untuk mengirim dan mencetak dokumen ke printer lain.

Maka dari itu, coba cek terlebih dulu jaringan Lan atau Wifi di kantor kalian apakah berjalan normal. Biasanya jika jaringan LAN atau Wifi normal akan ditandai dengan tanda seru pada icon wifi di komputer sebelah menu jam.

Apabila kalian menemukan tanda ikon tersebut, maka cobalah untuk melakukan restart modem jaringan di kantor. Sebab bisa-bisa terjadi adanya masalah error pada jaringan tersebut.

Langkah #2 Cek Kembali Kamu Mencetak Kemana

Biasanya di dalam sebuah kantor akan memiliki printer lebih dari satu unit, dan semua bisa dihubungkan menggunakan sharing printer. Bahkan ada juga satu buah komputer yang terhubung pada beberapa mesin printer.

Oleh karena itu, sebaiknya cek terlebih dulu apakah cara sharing printer dengan LAN atau Wifi tersebut benar menyambung ke printer tujuan. Jangan sampai kalian salah menghubungkan ke printer lain yang jangkauan masih satu tempat.

Sebab pada saat kalian melakukan sharing printer, caranya akan sedikit berbeda tergantung OS yang digunakan. Misalnya cara sharing printer dengan LAN atau Wifi pada windows 10 akan memiliki sedikit perbedaan di windows 7, 8, XP dan Vista.

Langkah #3 Reset Print Spooler

Jika dua cara diatas sudah aman dan benar, maka kalian bisa melakukan reset print spooler yang merupakan server dari printer jaringan atau lokal di komputer kalian.

Print spooler bisa kalian gunakan untuk melakukan restart printer ketika ada kertas yang menyangkut. Bisa juga menghapus data printer yang telah kalian delete, namun dokumen terakhir yang kalian cetak tidak hilang.

Langkah #4 Restart Printer Server

Jika print spooler masih belum bisa mengatasi, maka ada satu cara paling ampuh untuk solusi mengatasi sharing printer tidak terkoneksi pada komputer kalian. Langkah tersebut adalah merestart komputer kalian sehingga semua service bisa kembali berjalan normal ketika komputer dinyalakan.

Cara ini memang cukup ampuh dilakukan untuk mengatasi printer yang dijadikan printer sharing memakai komputer sebagai server printnya.

Komputer yang digunakan sebagai server printer yang di restart akan menjalankan kembali service-service di dalam komputer dari awal lagi.

Masalah ini biasanya akan terjadi disebabkan oleh adanya service untuk menjalankan dokumen ke printer yang berjalan tidak semestinya.

Sehingga kalian bisa menggunakan kembali fitur printer sharing untuk mendukung pekerjaan kantor.


Nah bagaimana cukup mudah untuk dipraktekan cara mengatasi printer sharing tidak terkoneksi di atas. Pastikan terlebih dulu bahwa saat kalian melakukan sharing printer sudah benar dan tidak ada kesalahan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *