Cara Mengubah Bahasa di Laptop

Pada umumnya, bahasa yang terpasang secara default pada laptop adalah bahasa Inggris. Namun, tentunya tidak semua pengguna laptop menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Karena itu, sistem operasi seperti Windows menyediakan fitur untuk mengelola bahasa seperti mengubah bahasa tampilan, menambahkan keyboard, mengubah tata letak keyboard, dan menginstal paket bahasa jika bahasa yang Anda cari tidak tersedia.

Nah, untuk Anda yang bingung bagaimana cara mengubah bahasa pada laptop Anda, kami akan memberikan cara mudah mengubah bahasa di laptop untuk pengguna windows dan Mac OS.

Mengubah Bahasa di Windows 10


Windows 10 merupakan OS keluaran terbaru yang dirilis oleh Microsoft tahun 2015. Oleh karena itu, perangkat berbasis Windows saat ini banyak yang menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasinya.

Tidak hanya perangkat baru saja, pengguna Windows versi sebelumnya juga banyak yang beralih ke versi ini. Karena itu, diperlukan untuk setting ulang seperti mengganti bahasa sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Yuk, Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengganti bahasa di laptop Windows 10.

  1. Klik Start (ikon Windows) di pojok kiri bawah layar. Anda juga bisa tekan tombol Windows yang ada pada keyboard.
  1. Pilih Settings. Ikon settings terletak tepat di atas lambang power.
  2. Setelah muncul jendela Windows setting, klik Time & Language.
  3. Klik Region & Language, kemudian pilih Add a language.
  4. Setelah muncul berbagai pilihan bahasa, pilih bahasa yang Anda cari dengan cara mengkliknya.
  5. Setelah memilih bahasa yang anda cari, klik bahasa yang Anda pilih tersebut, kemudian pilih Option.
  6. Unduh paket bahasa dengan cara klik download pada pilihan yang disediakan.
  7. Klik bahasa yang Anda pilih sebelumnya, kemudian klik tombol Set as default. Setelah Anda menekan tombol ini, Bahasa yang Anda pilih akan ditetapkan sebagai bahasa utama untuk semua tampilan Windows.
  8. Bahasa yang Anda pilih akan berubah secara otomatis menjadi bahasa utama setelah Anda merestart perangkat.

Mengubah Bahasa di Windows 8


Saat dirilis, Windows 8 mencuri perhatian dengan tampilan antarmuka yang jauh berbeda dengan versi terdahulunya. Sayangnya, windows 8 dinilai kurang menarik, karena terlalu susah untuk pengguna kasual dan tidak mencukupi kebutuhan pengguna mahir.

Karena banyak yang kurang tertarik dengan sistem operasi Windows 8, kini pengguna Windows 8 banyak yang sudah beralih ke versi yang lebih baru, namun bukan berarti windows 8 tidak memiliki pengguna sama sekali loh…

Untuk Anda yang masih menggunakan Windows 8, kami akan tetap berikan cara mengubah bahasa pada sistem operasi tersebut. Karena caranya cukup berbeda, Ikuti cara dibawah ini dengan teliti ya

  1. Buka Control Panel dengan cara tekan Windows + R pada keyboard. Kemudian di pojok kiri bawah layar akan muncul Tab Run
  2. Ketik “Control Panel” pada kolom open, kemudian tekan OK
  3. Pilih Clock, Language and Region
  4. Pilih Language, kemudian klik Add a language
  5. Pilih bahasa yang Anda inginkan, kemudian klik Add
  6. Klik Option, lalu unduh paket bahasanya terlebih dahulu dengan klik link yang disediakan.
  7. Tunggu sampai proses mengunduh selesai
  8. Walaupun proses mengunduh paket sudah selesai, Anda belum bisa menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa utama. Anda masih harus meletakkannya di posisi paling atas dari bahasa yang lain dengan cara klik Move Up
  9. Pilih menu Advanced setting
  10. Pada menu Override for Windows Display Language, pilih bahasa yang Anda pilih sebelumnya, lalu klik Save
  11. Agar terlihat hasilnya, Anda harus me-restart perangkat Anda.

Mengubah Bahasa di Windows 7


Walaupun windows 7 termasuk sistem operasi yang sudah lama, masih banyak yang lebih memilih menggunakan sistem operasi Windows 7.

Dilansir dari situs mahirtekno, alasannya karena pengoperasiannya yang terasa lebih ringan dibanding versi yang lebih baru.

Tidak hanya itu, Windows 7 masih banyak digunakan saat ini dengan alasan sudah nyaman menggunakan OS tersebut. Lagipula, tidak semua orang memiliki laptop terbaru yang kompatibel dengan sistem operasi yang lebih berat.

Karena masih banyak yang menggunakan sistem operasi ini, berikut kami berikan langkah-langkah mengubah bahasa di laptop windows 7.

  1. Klik Start (ikon Windows) pada pojok kiri bawah layar, kemudian klik Control Panel
  2. Pada opsi Clock, Language, and Region, Pilih Change display language
  3. Pada Tab Keyboard and language, klik Change keyboards
  4. Setelah muncul jendela berikutnya, klik Add untuk menambah bahasa yang Anda inginkan
  5. Pilih bahasa yang Anda inginkan, lalu beri centang pada kolom bahasa yang Anda pilih dengan cara mengkliknya. Kemudian klik OK
  6. Kembali ke tab Keyboard and Languages. Pada menu Choose a display language, pilih bahasa yang Anda inginkan, kemudian klik OK
  7. Setelah muncul Jendela Change Display Language, klik Log off now
  8. Setelah ini, Anda akan mendapatkan tampilan bahasa yang diinginkan khusus untuk user yang Anda ubah bahasanya saja, tanpa mengubah tampilan bahasa user yang lain.

Mengubah Bahasa di Mac OS


Mac OS atau Macintosh Operating System merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Apple dan hanya kompatibel dengan produk buatan Apple saja.

Dari segi keamanan, Mac OS terkenal dengan sistemnya yang lebih aman terhadap virus , malware, dll. Walaupun begitu, dari sistem operasi Mac OS maupun Windows punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Soal pengaturan bahasa, tidak hanya Windows saja yang bisa diganti dengan bahasa Indonesia. Mac OS juga bisa diubah bahasanya menjadi bahasa Indonesia.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktekkan untuk mengubah Bahasa pada Mac OS.

  1. Klik ikon Apple yang ada di pojok kiri atas layar.
  2. Kemudian, pilih System Preferences.
  3. Klik ikon Language & Region. Ikon tersebut berbentuk bendera dan berada di bagian atas System Preferences.
  4. Klik tombol + yang ada di bawah kolom preferred language. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan bahasa.
  5. Pilih bahasa yang diinginkan, kemudian klik Add.
  6. Setelah muncul jendela pertanyaan untuk menggunakan bahasa yang dipilih, klik tombol Use [bahasa yang dipilih] yang berwarna biru.
  7. Restart laptop Anda untuk mengubah bahasa perangkat sesuai dengan bahasa yang dipilih

Demikian cara mudah mengubah bahasa di laptop yang dapat kami bagikan. Yang perlu Anda garis bawahi, semua cara yang Anda lakukan di atas hanya akan mengubah tampilan antarmuka komputer, dan tidak akan mengubah bahasa aplikasi, browser, dan lain-lain.

Semoga artikel yang kami buat sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Jangan ragu untuk bertanya maupun sharing tips yang bermanfaat di kolom komentar ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *