Contoh Brosur

Tentunya kita seringkali melihat ada kertas-kertas yang menjelaskan mengenai produk yang kita temui di tembok-tembok atau apapun di sepanjang jalan. Nah itulah yang dinamakan brosur. Contoh brosur yang ada di jalan-jalan itulah yang akan kita bahas pada artikel ini.

Brosur sebagai bahan promosi harus kamu pahami terlebih dahulu sebelum membuatnya. Ini bertujuan agar brosur yang dibuat bisa menarik masyarakat yang melihat brosur kamu.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan brosur yang harus kamu ketahui.

Ciri – Ciri Brosur

Segala sesuatu pastinya mempunyai karakteristiknya tersendiri, nah begitu juga dengan brosur.

Brosur sendiri mempunyai ciri-ciri tertentu yang menjadi pembeda dengan media promosi lainnya, misalnya seperti contoh iklan layanan masyarakat.

Nah untuk mengetahui perbedaannya, berikut ciri-ciri brosur diantaranya:

  1. Umumnya mempunyai pesan tunggal.
  2. Tujuannya memberikan informasi produk kepada masyarakat umum.
  3. Sekali diterbitkan.
  4. Di buat semenarik mungkin supaya menarik perhatian publik.
  5. Didistribusikan tersendiri oleh perusahaan tersebut.
  6. Desainnya menarik dan isinya juga

Tujuan Brosur

Umumnya brosur mempunyai fungsi sebagai media persuasif dan informatif. Sebagai media informatif, brosur bertujuan memberikan informasi sehingga masyarakat bisa menambah pengetahuan dan wawasannya.

Sedangkan sebagai media persuasif, brosur seringkali tidak lagi berbicara berkaitan dengan kualitas, akan tetapi gengsi produk.

Karena pada dasarnya, persuasif ini bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat supaya mau melakukan perubahan perilaku, pendapat, sikap, atau perubahan sosial.

Pada konumikasi persuasif, kata-kata yang mempengaruhi sering digunakan agar masyarakat mau melihat brosur yang disebarkan.

Setelah itu, setelah masyarakat tertarik perhatiannya, diberikan kata-kata dan kalimat bujukan agar mempengaruhi masyarakat.

Macam Macam Contoh Brosur

Nah setelah penjelasan panjang lebar yang sudah dijabarkan diatas, berikut ini akan ditampilkan beberapa contoh brosur yang bisa kamu jadikan referensi sebelum mendesain brosur untuk kamu gunakan sebagai alat promosi.

Contoh Brosur Makanan Simple Dan Menarik

Contoh Brosur Minuman

Contoh Brosur Sekolah

Contoh Brosur Sederhana

Contoh Brosur Produk Kecantikan

Contoh Brosur Wisata

Contoh Brosur Wirausaha

Contoh Brosur Penjualan

Contoh Brosur Event

Contoh Brosur Spesifikasi Produk

Jenis Contoh Brosur

Hingga saat ini, brosur masih menjadi salah satu media promosi yang sering digunakan. Ternyata jenis brosur juga bukan hanya satu, ada beberapa jenis contoh brosur yang wajib kami ketahui.

Brosur Lipat Dua

Sebutan lain untuk brosur bertipe ini yaitu brosur lipat V, brosur bifold, dan brosur lipat setengah. Jenis ini dibuat dengan satu lembar kertas kemudian dilipat sampai terbagi menjadi dua bagian. Ukuran standar brosur lipat dua ialah 8,5 x 11 inci, setara dengan kertas ukuran A4.

Brosur Lipat Tiga

Satu lembar kertas dibagi menjadi tiga bagian, bagian paling kanan dilipat dan ditaruh pada bagian dalam. Ukuran kertas yang digunakan sama dengan jenis brosur lipat dua.

Model lipatan ini paling sering digunakan karena memberikan keseimbangan antara desain dan konten.

Brosur Lipatan Z

Secara prinsip hampir mirip dengan brosur lipat tiga, perbedaannya hanya pada cara melipatnya yang menyerupai huruf Z.

Secara umum, brosur lipatan Z ini cocok untuk kebutuhan presentasi produk. Ukuran kertas brosur jenis lipatan Z juga yaitu kertas berdimensi 8,5 x 11 inci.

Brosur Lipatan Gate Fold

Sesuai dengan namanya, brosur ini mempunyai ciri seperti pintu gerbang dan cara membukanya juga sama persis.

Dengan menggunakan ukuran kertas sama, lembaran kertas dilipat menjadi tiga bagian dengan sisi tengan lebih panjang daripada bagian samping.

Brosur Lipatan Prancis

Brosur dengan lipatan unik yang dibagi menjadi empat bagian. Satu kertas dilipat setengah, kemudian dilipat lagi. Karena itu, ukuran kertas yang digunakan biasanya lebih besar, yaitu 8,5 x 14 inci. Jenis ini sangat cocok untuk peta dan jenis produk yang butuh menampilkan banyak detail.

Brosur Lipatan W

Lebih dikenal dengan sebutan brosur akordion yang mempunyai ciri-ciri seperti bentuk huruf W saat dilipat.

Ukuran kertas 8,5 x 14 inci menjadi standar yang dipakai untuk brosur jenis lipatan W. Tipe brosur ini sangat cocok untuk menjelaskan tutorial sebuah produk atau peta.

Kelebihan Brosur

Secara umum berikut ini merupakan kelebihan brosur antara lain yaitu:

  1. Pesanyang disampaikan bisa menjangkau masyarakat dalam jumlah banyak, sesuai jumlah brosur disebarkan kepada masyarakat.
  2. Jika ada kesempatan, penyebar brosur bisa untuk menjelaskan materiyang ada dalam brosur dengan detail kepada masyarakat.
  3. Masyarakat juga bisa bertanya dan mendapatkan jawaban langsung berkaitan denganisi brosur dari penyebar brosur.
  4. Pelaku promosi, yaitu penyebar brosurbisa melihat langsung kondisi emosi (psikologis) masyarakat, maka dari itu jika ada kesempatan pelaku promosi bisa menambah atau bahkan mengubah cara menyampaikan pesan.
  5. Pelaku promosi (penyebar brosur) bisa dengan mudah memperoleh masyarakat (calon konsumer) yang potensial.

Kekurangan Brosur

Pada sisi lain promosi menggunakan brosur juga mempunyai kelemahan, antara lain yaitu:

  1. Dalam penyebarannyabergantung pada jumlah tenaga penyebar, sehingga hanya bisa mendapatkan sedikit calon konsumen dalam satu waktu.
  2. Jika penyebar promosi akan menambah atau mengubah cara menyampaikan pesan, ini tergantung juga dengan cara penyebar brosur melakukan pendekatan persuasif, agar calon konsumen tertarik.
  3. Tidak semua masyarakat memperoleh penjelasan lebih lanjut dari penyebar brosur.

Dengan menggunakan brosur, produk-produk yang ditawarkan akan mudah tersampaikan kepada masyarakat tanpa dijelaskan oleh pembuat produk.

Karena dalam brosur tersebut sudah dijelaskan beberapa hal yang ada pada sebuah produk. Maka dari itu brosur masih menjadi pilihan dalam mempromosikan suatu produk.

Demikian penjelasan artikel ini mengenai contoh brosur dan yang berkaitan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *