Contoh Essay

Contoh Essay

Dalam dunia pendidikan, kita mengenal sebuah istilah yang disebut karya ilmiah. Karya ilmiah ini dibagi lagi menjadi beberapa jenis, salah satunya contoh essay. Ini merupakan jenis karya ilmiah yang biasa digunakan oleh para peneliti.

Sebelum membuat essay, tentunya pemahaman yang lebih terkait dengan cara membuat essay dan topik yang diangkat harus di prioritaskan.

Nah untuk lebih jelasnya lagi, kali ini akan dijelaskan mengenai contoh essay dan beberapa hal yang berkaitan dengan contoh essay. Yuk Simak!

Cara Membuat Essay

Cara Membuat Essay

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menulis esai, antara lain sebagai berikut.

  • Menyeleksi Gagasan dan Menulis

Setelah mengumpulkan fakta, kamu juga harus memikirkan bagaimana cara mengaitkan fakta tersebut sesuai dengan topik. Jika kamu sudah menentukan gagasan utamanya, tulislah kalimat pengantar yang bisa mempresentasaikan gagasan tersebut secara jelas dan menarik.

  • Pernyataan umum menjadi perkenalan akan topik essay yang menyertakan latar belakang informasi mengenai topik tersebut.
  • Pernyataan tesis ialah gagasan pengontrol yang berisi inti topik yang akan dibahas.
  • Setiap paragraf terfokus pada kalimat topik dan mempunyai transisi logis yang memungkinkan pembaca paham dengan hubungan antarkalimat.
  • Uraikan alasan dan juga contoh yang konkret dan spesifik supaya bisa lebih Apabila paragraf pendukung sudah dilengkapi, kemudian tentukan bagaimana kesimpulannya.

Langkah yang bisa dilakukan ketika menyusun essay ialah sebagai berikut.

  1. Menentukan tema dan melakukan penelitian mengenai tema tersebut.
  2. Membuat kerangka sebagai gambarandari keseluruhan essay.
  3. Mencari referensi yang berhubungan dengan topik.
  4. Menyusun ide dan menulis essay.
  5. Menulis kesimpulan berdasarkan isi essay.
  6. Membaca ulang dan memperbaiki jika dirasa ada yang masih kurang tepat.
  7. Menyusun referensi yang dipakai.

Struktur Essay

Supaya mudah dalam menulis essay, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Hal tersebut ialah struktur atau bagian Essay. Agar lebih jelas lagi, berikut ini akan dijelaskan beberapa struktur atau bagian yang ada pada karya ilmiah essay.

Pendahuluan

Pendahuluan bisa di sebut juga sebagai awalan. Sebelum memulai pembahasan pada inti dari Essay yang akan dibuat, maka kamu harus memulai dengan membuat bagian pendahuluan terlebih dahulu.

Pendahuluan menjadi struktur awal dalam membangun kerangka esai. Jadi dalam pendahuluan kamu akan membuat kerangka terlebih dahulu yang mempermudah kamu dalam menulis essay ini.

Pendahuluan biasanya menyajikan secara singkat topik atau tema yang akan dibahas pada keseluruhan esai.

Pada bagian ini juga , dijelaskan hal yang menjadi latar belakang dalam penulisan esai tersebut, biasanya berupa data dan fakta di lapangan.

Selain itu, pada bagian pendahuluan juga penulis mengungkapkan sedikit pendapatnya mengenai tema yang akan dibahas.

Isi atau Pembahasan

Bagian ini menjadi bagian inti dari struktur essay. Pada bagian ini, topik yang sudah dipilih sebelumnya akan diulas dan dijelaskan menjadi lebih rinci dan mendetail.

Pada bagian pembahasan, penulis akan menjabarkan opini dan argumennya secara kronologis sehingga essay yang ditulis akan bersifat koheren.

Dalam bagian isi juga dijelaskan mengenai dasar-dasar dari pendukung argumen tersebut, seperti pendapat para ahli yang dipadukan dengan data dan fakta yang ada di lapangan.

Data, teori, dan fakta inilah yang akan membuat lebih meyakinkan pembaca untuk percaya dengan opini penulis yang diungkapkan dalam essay.

Penutup atau Kesimpulan

Sesuai dengan namanya, bagian penutup menjadi bagian terakhir dalam menyusun essay. Bagian ini berisi kesimpulan-kesimpulan berupa kalimat yang merangkum poin utama yang sudah dijelaskan sebelumnya pada bagian pendahuluan dan pembahasan.

Pada kesimpulan juga harus bersifat singkat, padat, jelas, dan tidak melebar dari topik yang dibahas. Beberapa essay juga menambahkan saran dari pihak ketiga dalam menyikapi permasalahan yang di bahas.

Selain struktur dalam penulisan essaiy seperti yang sudah dijelaskan diatas, berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa dipakai sebagai acuan ketika menulis essay.

  1. Menentukan Tema
  2. Membuat garis besar ide pokok yang akan dikembangkan dalam paragraf pembahasan.
  3. Mengembangkan ide pokok paragraf pembahasan dan disertai dengan pendapat penulis terhadap gagasan yang penulis miliki.
  4. Menyimpulkan pokok atau inti gagasan yang sudah di sampaikan.

Contoh Essay

Dalam dunia pendidikan, kita mengenal beberapa contoh essay itu sendiri. Contoh essay ini tergantung dengan tema yang diangkat menjadi topik.

Nah, berikut beberapa contoh essay dapat kami bagikan:

Contoh Essay Pendidikan

Pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia, karena tanpa adanya pendidikan manusia menjadi sulit berkembang. Negara maju contohnya, tentunya tidak terlepas dari pendidikan.

Semakin tinggi kualitas pendidikan pada negara tersebut, maka semakin tinggi juga kualitas SDM yang akan diperoleh. Tujuan pendidikan ialah mencerdaskan kehidupan bangsa dan membantu mengembangkan SDM dengan semaksimal mungkin.

Pendidikan harus bisa mempersiapkan warga negara untuk dapat berperan aktif dalam segala aspek kehidupan seperti cerdas, terampil, jujur, kreatif, aktif, disiplin, demokratis, bermoral , dan toleran dengan memprioritaskan persatuan bangsa.

Ada Empat point pendidikan yang dkeluarkan oleh UNESCO yang harus dikembangkan oleh lembaga pendidikan formal, antara lain:

  1. learning to Know (belajar untuk mengetahui)
  2. learning to do (belajar untuk melakukan)
  3. learning to be (belajar untuk menjadi seseorang)
  4. learning to live together (belajar untuk menjalani kehidupan bersama).

Menurut pendapat saya Indonesia belum sepenuhnya menerapkan point-point yang dicanangkan oleh UNESCO tersebut.

Pendidikan di Indonesia juga jauh dari kata ‘baik’. Sebagaimana pendidikan tersebut memiliki makna sebagai ‘bekal’ untuk membuat setiap orang berkembang dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Mengapa saya beropini demikian? Karena kalau menurut pengamatan saya sendiri tidak semua sekolah di Indonesia memenuhi standar pendidikan yang layak. Kita ambil contoh seperti UN. Saya terkadang masih suka bingung untuk apa UN diadakan? Apakah untuk mengevaluasi hasil belajar siswa selama bertahun-tahun? Dibuat 20 paket soal yang berbobot sama dengan standar internasional.

Terus bagaimana nasib yang sekolah didaerah atau pedalaman yang notabene masih minim fasilitas ? Jadi bagaimana bisa UN dijadikan alat penentuan kelulusan jika tidak adil seperti ini.

Yang ada UN akan dijadikan ladang mendapatkan uang bagi oknum yang tidak bertanggung jawab dengan membujuk siswa memperoleh bantuan instan dan kecuranganpun terjadi. Jadi menurut saya pendidikan yang ada di Indonesia ini memang harus dirombak total.

Contoh Essay Ekonomi

Semakin tahun, nilai tukar Rupiah semakin melemah. Hal ini tentunya bukan merupakan satu hal yang bagus, tapi juga tidak bisa dihindarkan khususnya negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia.

Nilai tukar Rupiah melemah bukan tidak ada alasan, karena adanya banyak faktor yang menjadi menunjang hal tersebut.

Salah satu hal yang paling berpengaruh dan menunjang melemahnya nilai tukar Rupiah ialah lebih cenderungnya ekonomi yang lambar di Indonesia, sedangkan di negara-negara maju sedang terjadi pemulihan ekonomi.

Bukan hanya itu saja, merosotnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan berubahnya harga BBM juga ikut mempengaruhi melemahnya Rupiah.

Melemahnya Rupiah pastinya mempunyai beberapa dampak, contohnya saja dalam dinamika ekspor dan impor serta kenaikan nominal Rupiah dari utang luar negeri, karena utang luar negeri ditentukan sesuai mata uang asing.

Uang Rupiah harus ditukar menggunakan mata uang asing. Yang mana akan mengakibatkan nilai tukar Rupiah menjadi semakin melemah.

Bukan tidak mungkin, jika nilai tukar Rupiah pada Dollar juga akan ikut naik. Di tahun 1999, kurs nilai Rupiah pada US Dollar mencapai angka 7.100, hal tersebut berbanding jauh berbeda pada tahun 2018 yang mencapai angka 14.000.

Penguatan Rupiah juga didukung dari perbaikan IHSG pada Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mencapai 691,9 poin dan menguat sampai 62,8% pada akhir 2003.

Keluarnya investasi portofolio asing juga menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh atas melemahnya Rupiah.

Hal tersebut dikarenakan pada proses ini, investor asing menukar Rupiah dengan US Dollar untuk diputar dan diinvestasikan pada negara lain. Yang berarti akan terjadi peningkatan penawaran pada mata uang Rupiah.

Faktor lain yaitu neraca perdagangan yang defisit. Maksudnya ekspor yang dilakukan oleh Indonesia lebih kecil dibandingkan impornya.

Hal ini sebetulnya bisa ditanggulangi jika Indonesia bisa merubah kultur budayanya menjadi bangsa yang lebih unggul pada bidang swasembada pada semua bidang.

Tentunya akan sangat mungkin terjadi dengan kekayaan alam dan potensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh Indonesia.

Faktor ketiga yang juga berpengaruh melemahkan Rupiah ialah rakyat Indonesia itu sendiri yang bersifat konsumtif dan boros, bukan menjadi rakyat yang produktif.

Contoh Essay Beasiswa

http://failfaire.org/wp-content/uploads/2021/06/Download-Disini.pdf

Contoh Essay Pancasila

Seiring dengan zaman yang semakin berkembang, nilai luhur yang terkandung dalam pancasila juga semakin memudar. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang lahir sebab beragam dan perbedaan yang dipersatukan dengan kesadaran bersama sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Jika kita belajar dari sejarah, bangsa Indonesia terlahir dari perbedaan suku, ras, budaya, agama, dan adat-istiadat.

Perbedaan tersebut tidak menjadi masalah besar atau pemutus tali persatuan sesama bangsa Indonesia, melainkan menjadi kekayaan untuk bangsa Indonesia sendiri.

Anehnya, banyak pelajar yang sudah tidak lagi mengenal arti Pancasila yang sesungguhnya. Efek global yang merajalela, menyebabkan karakter pancasila pada diri generasi muda menjadi luntur dan memudar.

Pendidikan Berkarakter Pancasila ini sangat diperlukan untuk generasi muda bangsa. Merekalah yang akan menjadi penerus bangsa Indonesia dan pewaris seluruh kekayaan Indonesia.

Menanamkan jiwa karakter Pancasila akan menjadi mudah dalam pengamalan nilai Pancasila nantinya. Setiap tingkatan pendidikan harus diberikan pendidikan berkarakter Pancasila agar bisa memperkuat karakter Pancasila yang sebenarnya.

Dengan adanya Pendidikan Berkarakter Pancasila pada tahun 2045 nantinya, Indonesia pasti siap menyongsong 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Para generasi muda siap dihasilkan sesuai cita-cita bangsa yang sudah disusun 100 tahun lalu.

Generasi Emas bukan lagi menjadi mimpi bangsa Indonesia, bahkan hal itu menjadi kenyataan dengan kemerdekaan yang sebenarnya.


Dalam proses membuat essay, kita akan dihadapkan dengan banyak pendapat yang sudah dikemukakan terlebih dahulu oleh para ahli. Maka dari itu, perlunya pemahaman juga bagi yang akan membuat essay mengenai tema yang diangkat.

Dengan begitu, kita akan mudah dalam membuat essay. Hal itu juga akan memperkaya pengetahuan kita tentang tema yang diangkat.

Demikian penjelasan artikel ini mengenai contoh essay, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *