Contoh Paper

Cara Membuat Berita Acara

Satu lagi karya ilmiah yang paling sering kita temui di perpustakaan atau tempat dimana banyak buku. Yaitu contoh paper, yang didalamnya berisi hasil penelitian seseorang.

Paper ini hampir sama dengan makalah, hanya saja paper dibuat lebih ringkas dibandingkan dengan makalah. Dan hasilnya juga dibuat lebih secara singkat dan padat.

Berikut ini failfaire akan bahas mengenai contoh paper dan beberapa hal yang berkaitan dengan contoh paper. Bagi kamu yang penasaran, Yuk Simak!

Struktur Paper

Bagian penting yang harus diperhatikan ketika menulis paper antara lain judul, pendahuluan, isi atau pembahasan, penutup, dan juga daftar pustaka.

Judul

Judul dibuat dengan tujuan mempresentasikan isi paper, umumnya dibuat dengan singkat namun mengandung maksud dan tujuan.

Pada saat pembaca membaca judul paper, pembaca akan langsung bisa menangkap arah atau tujuan dari pembuatan paper tersebut.

Judul paper yang baik dan benar yaitu memuat maksud dan tujuan serta metode yang dipakai untuk mewakili seluruh isi paper.

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan ini biasanya berisi latar belakang topik yang akan diangkat menjadi pembahasan. Dalam latar belakang berisi alasan penulis memilih sebuah ide/gagasan, pentingnya ide/gagasan untuk diulas, studi literatur terkait ide/gagasan, tujuan mengulas hal tersebut, dan kebaruan ide yang diulas.

Pada beberapa jenis format paper untuk kompetisi studi literatur diletakkan pada bab tersendiri. Tapi umumnya, untuk paper tugas kuliah studi literatur ini diletakkan pada bagian pendahuluan.

Studi literatur didalamnya berisi kajian pendukung berkaitan dengan topik yang diulas dan gagasan yang dibahas dalam paper.

Isi/Pembahasan

Pada bagian ini, gagasan disampaikan dengan rinci dan detail. Bagian ini merupakan nyawa dari sebuah paper. Gagasan kemudian diuraikan berdasarkan dengan landasan teori yang mendukung.

Landasan teori dapat diperoleh dari pernyataan para ahli yang didalamnya memuat hasil penelitian mereka.

Pada paper hasil penelitian, pada bagian isi juga diberikan data-data dari hasil penelitian tersebut serta teori yang menjadi pendukung data tersebut.

Penutup

Pada bagian ini, disampaikan kesimpulan atas hasil analisis atau penelitian yang sudah dijelaskan pada bagian pembahasan.

Kesimpulan menjadi intisari atas hasil analisis atau penelitian yang memberikan pemberitahuan kepada pembaca terkait hasil yang sudah didapatkan oleh penulis.

Selain kesimpulan, saran juga bisa disampaikan pada bagian penutup ini. Dalam saran berisi masukan bagi pembaca untuk menggunakan atau mengembangkan hasil analisis yang dilakukan oleh penulis.

Daftar Pustaka

Kumpulan pustaka yang dipakai dalam menulis paper harus disertakan juga pada bagian daftar pustaka. Hal tersebut menunjukkan bahwa paper yang disusun ini valid dan dapat dipercaya.

Pustaka yang dipakai bisa berasal dari buku, artikel ilmiah, jurnal, dan sumber lain yang dapat terpercaya. Biasanya paper yang baik dan benar menggunakan pustaka dengan rentang waktu 10 tahun terakhir.

Format Paper

Setiap jenis paper yang berbeda mempunyai format yang berbeda. Format paper bagi kompetisi berbeda dengan format paper bagi tugas kuliah. Secara umum format paper adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan kertas HVS dengan ukuran A4. Karena paper umumnya diketik bukan ditulis tangan.
  • Spasi yang dipakai pada kertas yaitu 1,5.
  • Penggunaan font juga harus konsisten dari jenis dan ukuran.
  • Sertakan nomor halaman.
  • Cantumkan daftar pustaka dengan rentang waktu 10 tahun terakhir.
  • Koreksi kembali paper yang sudah dibuat agar bisa tersaji dengan baik dan lengkap.
  • Pastikan paper sudah benar dan tidak menyajikan informasi yang ambigu.

Kumpulan Contoh Paper untuk Beberapa Tema

1. Contoh Paper Kuliah

Contoh Paper Kuliah

PENGARUH KONVERGENSI MEDIA TERHADAP PERGAULAN ANAK MUDA DI DUNIA MAYA

BAB I : PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Di zaman globalisasi ini kemajuan teknologi sudah jauh lebih modern dengan berbagai perkembangan yang telah ada. Seiring perkembangan zaman yang sangat cepat, teknologi informasi bisa dengan mudah diakses dari berbagai belahan dunia.

Anda bisa mengakses setiap informasi yang ada dari setiap negara dengan sistem internasional.

Setiap orang tidak bisa menghindari kemajuan teknologi yang selalu ada dan berganti setiap saat. Salah satu contohnya yaitu terbentuknya konvergensi media. Konvergensi media bisa mempermudah akses informasi melalui online.

Lalu apakah pengaruh konvergensi media terhadap pergaulan anak muda di dunia maya ?

TUJUAN

Membuktikan pengaruh yang timbul dari adanya konvergensi media terhadap pergaulan anak muda di dunia maya.

RUANG LINGKUP

Segala bentuk media teknologi informasi .

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Di zaman globalisasi ini kemajuan teknologi sudah jauh lebih modern dengan berbagai perkembangan yang telah ada. Seiring perkembangan zaman yang sangat cepat, teknologi informasi bisa dengan mudah diakses dari berbagai belahan dunia.

Setiap orang tidak bisa menghindari kemajuan teknologi yang selalu ada dan berganti setiap saat. Salah satu contohnya yaitu terbentuknya konvergensi media. Konvergensi media bisa mempermudah akses informasi melalui online.

BAB III : PEMBAHASAN

Di zaman globalisasi ini masyarakat dituntut agar bisa melek terhadap media, termasuk media informasi yang dapat menyajikan segala masukan mengenai paralelisme politik media.

Masyarakat seharusnya paham akan yang tersebut. Karena yang melatarbelakangi ialah media menjadi sasaran atas kepentingan para investor.

Karena hal yang tersebutlah terbentuknya konvergensi media yang menjadi wadah bagi aspirasi seluruh masyarakat untuk mengemukakan pendapatnya.

Ketika masyarakat tidak bisa memanfaatkan media konvensional mereka dapat memanfaatkan media informasi yang sudah tersedia. Hal ini bisa membantu masalah politik yang menggelitik.

BAB IV : PENUTUP

Dari penjelasan terkait konvergensi media di atas, dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi informasi sudah cukup membantu berbagai aspek, salah satunya yaitu yang terkait dengan politik.

2. Contoh Paper tentang Akuntansi

Download PDF

3. Contoh Paper Ilmiah

Contoh Paper Ilmiah

PENYALAHGUNAAN INTERNET OLEH REMAJA

BAB I : PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Kemunculan internet ini berawal dari berbagai kondisi yang mendasari terbentuknya komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia. Seperti kepentingan militer, forum, berita, bisnis, sampai pada pertukaran informasi secara global bisa dipermudah dengan adanya internet.

Mayoritas yang menggunakan internet yaitu kaum remaja yang memanfaatkan media internet ini untuk kepentingan seperti pendidikan dan sosialisasi.

Walau demikian, orang dewasa hingga orang tua juga sudah banyak yang menggunakan fasilitas ini untuk menunjang pekerjaannya. Tapi intensitas pemakaian oleh remaja masih lebih mendominasi.

Maka dari itu, masih banyak para remaja yang menyalahgunakan dalam menggunakan media internet ini. Apalagi semakin banyakan jejaring sosial seperti facebook, instagram, twitter yang bisa mencari dan mengetahui keadaan orang di seluruh penjuru dunia.

Dan dengan adanya jejaring sosial juga membuat para remaja lebih aktif bersosialisasi dalam dunia maya dibandingkan di dunia nyata akibat kecanduan. Hal tersebut membuat prestasi belajarnya menurun dari sebelum menggunakan internet.

Banyak dari remaja yang menggunakan media sosial hanya untuk mengekspos curahan hati, dan ada juga yang menggunakan kata-kata kotor dan tidak pantas di media sosial.

Sampai ada yang melakukan perbuatan yang tidak baik dan kriminalisasi yang berawal dari media sosial ini.

Karena banyak pengaruh internet yang kurang baik dan banyak disalahgunakan oleh remaja, akhirnya saya memilih tema ini untuk dijadikan karya ilmiah.

TUJUAN

Mengetahui dampak penyalahgunaan internet oleh kalangan remaja.

RUANG LINGKUP MATERI

Kalangan remaja dan media internet.

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Penyalahgunaan internet yang dilakukan oleh remaja disebabkan karena kondisi remaja yang masih dalam proses peralihan dari anak-anak menjadi dewasa.

Maka dari itu sifat yang selalu berubah mereka masih sangat tinggi. Meski begitu bukan berarti penggunaan internet selalu dikonotasikan dengan bentuk negatif.

Sebenarnya penggunaan internet mempunyai banyak manfaat jika digunakan dengan positif seperti contoh penyebaran berita positif tidak hoax, bisnis online, dan juga bersilaturahmi dengan teman lama.

Sebenarnya baik dan tidaknya penggunaan internet tergantung pada orang yang menggunakannya berniat seperti apa ketika mengaplikasikan media sosial ini.

BAB IV : PENUTUP

KESIMPULAN

Sebenarnya internet memiliki banyak sekali manfaat apabila digunakan sesuai fungsinya secara baik dan benar.

Kondisi psikologis para remaja yang labil, suka mengekspresikan diri, suka coba-coba, keadaan lingkungan yang tidak mendukung membuat para remaja ini sering menyalahgunakan internet.

Oleh karena itu hal ini harus mendapat perhatian lebih untuk kita mengatasi nya.

Biasanya di sekolahan atau juga universitas banyak menggunakan fasilitas internet ini, hal inilah yang memicu para remaja lebih rajin menggunakan internet dan banyak yang menggunakannya untuk urusan selain pelajaran.

Penggunaan internet yang dimanfaatkan dengan niat kebaikan akan memperoleh hasil yang baik, dan apabila kita menggunakannya untuk hal yang negatif maka hasilnya juga akan buruk.

4. Contoh Paper yang dimuat dalam Jurnal

Download PDF

5. Contoh Paper Penelitian

Contoh Paper Penelitian

KARAKTERISTIK PENYAKIT INFEKSI KULIT PADA MASYARAKAT

KECAMATAN WINOSA, KARANG MANIS BEKASI

Dini Tamara L, Abdul Khibra M, Susiana Armanda, dan M. Nimas Ayu T

Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, RS Cipto Mangunkusumo

Latar Belakang

Penyakit kulit termasuk dalam kategori infeksi sering ditemukan di daerah yang beriklim tropis dengan masyarakat yang berekonomi cenderung rendah.

Kecamatan Winosa, Karang Manis Bekasi merupakan daerah dengan iklim tropis dan mayoritas sosial ekonomi yang cenderung rendah.

Penyakit kulit infeksi merupakan urutan ke 4 dari sepuluh besar macam penyakit yang ada di wilayah ini.

Tujuan

Mencari informasi terkait karakteristik penyakit infeksi kulit pada masyarakat Kecamatan Winosa Karang Manis Bekasi pada bulan April tahun 2013.

Metode

Desain penelitian analitik eksperimen pada masyarakat Kecamatan Wonosari Kabupaten Karang Manis Bekasi pada bulan April 2013.

Diagnosis berdasarkan pada anamnesa dan pemeriksaan fisik klinis. Pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan ialah pemeriksaan laboratorium.

Hasil

Dari total 124 orang penderita penyakit kulit di Winosa, 95 orang atau sekitar 52,1% mengalami penyakit kulit infeksi yang terdiri dari impetigo (6,5%), skabies (30,9), mikosis (48,5), folikulitis (3,2%), dan ektima (8,9%).

Perbandingan antara pria dan wanita yaitu 2 : 1, didominasi kelompok usia 26 sampai 45 tahun atau sekitar 33, 8% dan terbanyak pada bidang pekerjaan pertanian dan peternakan atau sekitar 29,3%.

Kesimpulan

Dan seluruh kasus didapatkan bahwa penderita penyakit kulit infeksi terbanyak adalah laki-laki pada kelompok umur 26 — 45 tahun dan bekerja dibidang pertanian dan peternakan.

6. Contoh Paper yang Kompleks

Download PDF

7. Contoh Paper Ekonomi

Contoh Paper Ekonomi

PERTUMBUHAN EKONOMI PADA NEGARA BERKEMBANG

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pertumbuhan ekonomi membuat produksi barang dan jasa menjadi semakin meningkat. Hal ini menjadi penyebab atas perubahan pada masyarakat dalam jangka panjang.

Pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat dialami pada abad ke 2, hal ini lebih pesat jika dibandingkan abad sebelumnya. Namun pertumbuhan ekonomi dari suatu negara berbeda dengan negara yang lain.

Terutama negara berkembang seperti Indonesia, perkembangan ekonominya belum mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan banyaknya pengangguran yang belum mendapatkan pekerjaan yang layak.

Tujuan

Menyelesaikan masalah ekonomi di negara berkembang.

BAB II PEMBAHASAN

Ada 4 faktor yang menjadi penyebab pertumbuhan ekonomi antara lain jumlah penduduk, kekayaan alam dan luas tanah, stok barang, modal, dan juga kecanggihan teknologi.

Walaupun pertumbuhan ekonomi dipengaruhi beberapa faktor, akan tetapi faktor utamanya yaitu jumlah penduduk.

Jika penduduknya sedikit, maka pendapatan perkapita juga akan lebih rendah dibandingkan produksi.

Begitu juga sebaliknya jika penduduk banyak, maka pendapatan perkapita juga akan lebih tinggi dibandingkan produksi marginal.

BAB III PENUTUP

Kesimpulan

Karena pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang lemah, sebaiknya Pemerintah membuat kebijakan dalam upaya peningkatan ekonomi.

8. Contoh Paper Sejarah

Contoh Paper Sejarah

KERJASAMA NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA (ASEAN)

BAB I : PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Dalam roda kehidupan, tidak ada seorangpun yang bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain.

Misalnya saja, semut tidak bisa mengangkut beban berat sendiri, akan tetapi jika diangkut bersama-sama dengan semut lain maka beban yang berat tadi akan menjadi ringan.

Begitu juga dengan manusia, tidak bisa menanggung pekerjaan yang berat secara individu dan harus bekerjasama dengan orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kita juga harus saling bekerja sama dalam bermasyarakat, bekerja sama untuk mencapai kepentingan bersama dalam sebuah kelompok, masyarakat atau bahkan negara. Salah satu contohnya yaitu ASEAN.

ASEAN merupakan kerjasama antar negara-negara Asia Tenggara yang menjadi perhimpunan Negara Asia Tenggara yang dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok Thailand.

Negara yang berkelompok dalam kerja sama ini antara lain Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

TUJUAN

Mengetahui kerjasama yang dijalin ASEAN dalam melindungi negara di Asia tenggara

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Letak negara Asia tenggara sangat strategis dengan kekayaan alam yang sangat melimpah. Hal ini membuat bangsa di luar ASIA banyak yang ingin menguasai dengan cara berdagang dan menjajah negara di Asia Tenggara.

Kenyataanya yaitu pada abad ke 15 banyak bangsa Eropa yang berusaha menjajah negara Asia Tenggara untuk dikuasai kekayaan alamnya.

Negara eropa yang berhasil masuk ke dalam kawasan Asia Tenggara seperti Amerika serikat, Inggris, Spanyol, Perancis, Portugis, dan Belanda.

Penjajahan oleh bangsa Inggris kepada Myanmar, Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Penjajahan oleh bangsa Spanyol dan Amerika kepada Filipina.

Penjajahan oleh bangsa Belanda kepada Indonesia, penjajahan oleh Bangsa Prancis kepada Vietnam, Kampuchea dan juga Laos.

Negara yang pernah terjajah tersebut akhirnya bisa merdeka dari penjajahan negara asing.

Hal tersebut membuat Negara Asia tenggara merasa memiliki nasib yang sama, sehingga muncul keinginan untuk membentuk organisasi kerjasama dengan tujuan menunjang keamanan dan ketentraman sesama negara di Asia Tenggara.

BAB III : PEMBAHASAN

Pembentukan organisasi ASEAN mempunyai tujuan untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang Ekonomi, politik, sosial, dan bertujuan juga untuk meningkatkan perdamaian dunia.

BAB IV : PENUTUP

KESIMPULAN

Dengan adanya kerja sama ASEAN ini diharapkan bisa tercipta ketertiban dan perdamaian dalam wilayah negara-negara Asia Tenggara.

Cara Membuat Paper

Cara Membuat Paper

Bagi kamu yang belum pernah membuat paper, pasti akan kebingungan bagaimana cara memulainya.

Berikut ini merupakan cara menulis paper yang bisa kamu manfaatkan sebagai acuan dalam menulis paper.

1. Tentukan Tema Paper Yang Menarik Untuk Dibahas

Tema paper menjadi hal pertama yang perlu dipikirkan dalam menulis paper. Berdasarkan pada tema inilah tulisan yang di dalam paper akan dikembangkan.

Pilihlah tema yang menarik untuk diulas agar tulisan kamu menjadi menarik juga. Agar mendapatkan tema yang menarik, kamu harus banyak membaca buku, jurnal, atau berita terupdate.

Sedangkan untuk paper tugas kuliah, biasanya dosen telah memberikan tema besar. Kamu dapat mengembangkan suatu ide yang menarik dari tema tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ide menarik bisa diperoleh dari banyak membaca. Berdasarkan bacaan-bacaan tersebutlah kamu bisa mendapat ringkasan dan dipetakan agar mempermudah dalam menyusun tulisan.

Ide dalam membuat paper harus berbeda dengan paper yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Teknik ATM (amati, tiru, modifikasi) bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh hal tersebut.

2. Membuat Kerangka Penulisan/Outline Paper

Dalam kerangka penulisan mengandung garis-garis besar dari sebuah karangan yang akan dibuat. Didalam kerangka penulisan berisi rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, terstruktur, jelas, dan teratur.

Kerangka penulisan bertujuan untuk membantu penulis melihat ide sekilas agar bisa menghindari adanya penjelasan dua kali dalam satu sub-bab tulisan.

3. Tuliskan Pendahuluan

Seperti yang sudah dijelaskan pada sub-bab sebelumnya, pendahuluan merupakan bagian penting dalam membuat paper.

Biasanya pada paper kompetisi, juri akan membaca pendahuluan lebih dulu terutama pada bagian latar belakang dan tujuan. Sehingga bagian pendahuluan ini harus diperkuat dengan data yang mendukung.

Pendahuluan berisi gambaran besar mengenai isi paper yang akan ditulis. Hal tersebut perlu ditulis sesuai dengan format yang sudah disediakan.

Upayakan hal yang diulas pada bagian pendahuluan tidak bertele-tele dan ditulis secara urut agar mudah dipahami.

4. Tentukan Batasan Masalah

Batasan masalah yang akan diulas dalam paper harus ditentukan agar ulasan tersebut tidak melebar dan lebih fokus pada tema yang sudah dipilih.

Biasanya batasan masalah ini disampaikan dalam bentuk rumusan masalah. Rumusan masalah ini nantinya akan digunakan untuk menyimpulkan hasil analisis dari paper tersebut.

5. Lakukan Penelitian atau Analisis Mendalam Tema yang Dipilih

Pada tahap ini kamu harus mengevaluasi referensi bacaan yang kamu peroleh. Mencatat dan mendokumentasikannya sesuai dengan gaya kutipan yang sudah ditentukan oleh APA, MLA, Harvard, Chicago, dan lain-lain.

6. Susun Paper Secara Detail, Sesuai Format, dan Standar Penulisan

Paper harus disampaikan secara detail dan rinci agar seluruh informasi penting bisa tersampaikan dengan baik. Standar penulisan juga perlu diperhatikan agar paper yang dibuat bisa tersusun dengan rapi.

Standar penulisan yang bisa digunakan dalam membuat paper, yaitu Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Akhir Kata

Paper merupakan jenis karya ilmiah yang bisa memberikan informasi kepada kita sesuai dengan tema yang dibahas.

Tema yang ditentukan juga bisa sesuai dengan keinginan si penulis. Tidak ada batasan dalam mencari tema contoh paper ini.

Demikian penjelasan kami mengenai contoh paper, semoga berguna dan menambah wawasan kita seputar dunia pendidikan.

Source :

  • thegorbalsla.com/contoh-paper/
  • bocahkampus.com/contoh-paper
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *