Interpersonal Skill

Manusia sebagai makhluk sosial pasti selalu berinteraksi dengan manusia lain baik itu suatu kepentingan yang genting maupun tidak. Nah berinteraksi dengan orang lain apalagi orang baru bukanlah hal yang mudah. Interpersonal skill adalah salah satu skill yang menjadi penunjang orang itu dalam berinteraksi.

Terkadang skill ini dianggap sebelah mata atau bahkan tidak dianggap skill yang penting untuk dikuasai. Buktinya, beberapa orang kesulitan dalam berinteraksi atau komunikasi dengan orang lain. Itu artinya interpersonal skill merupakan skill yang harus dikuasai oleh siapapun dengan pekerjaan apapun.

Meski begitu bagi beberapa hal, interpersonal skill ini sangat dibutuhkan dan menjadi keharusan yang wajib dikuasai dengan baik dan harus dipelajari.

Nah dibawah ini yuk kita bahas beberapa hal yang berkaitan dengan interpersonal skill tersebut.

Apa itu Interpersonal Skill ?

Apa itu Interpersonal Skill

Interpersonal skill adalah salah satu kemampuan ataupun keterampilan yang wajib dimiliki seseorang agar bisa mengenal, menghadapi dan berkomunikasi serta berinteraksi dengan pihak lain, baik itu secara individu maupun kelompok.

Dalam pengertian lain juga disebutkan bahwa interpersonal skill ialah suatu keterampilan khusus yang dimiliki seseorang agar cepat dalam mengenali dan memberi respon baik kepada perilaku, perasaan, sikap dan keinginan orang lain.

Interpersonal Skill juga dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang yang digunakan dengan efektif dalam berinteraksi dengan orang lain atau dengan rekan kerja, seperti menjadi pendengar yang baik, menyampaikan argumen secara jelas dan bisa bekerja dalam satu tim.

Initinya interpersonal skill adalah suatu kemampuan atau keterampilan seseorang sebagai makhluk sosial bagaimana cara ia menghadapi orang lain dengan baik.

Pengertian Interpersonal Skill Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Interpersonal Skill Menurut Beberapa Ahli

Selain pengertian secara umum, interpersonal juga diartikan oleh para ahli yang bergerak dibidangnya. Berikut ini pengertian interpersonal skill menurut para ahli.

  • Handfield (2006)

Menyebutkan bahwa interpersonal skill ialah kemampuan seseorang dan kemampuan mengelola diri sendiri secara efektif dalam bekerjasama dengan orang lain agar dapat menyelesaikan tugas atau pekerjaan secara bersama.

  • Mc Gaha dan Fitzpatrick (2005)

Mengartikan interpersonal skill sebagai perilaku yang berkaitan dalam berinteraksi seperti memulai pembicaraan, memberi dukungan emosional, dan keterbukaan, serta mengatasi konflik.

  • Spitzberg dan Cupach (DeVito, 1996)

Mengartikan interpersonal skill sebagai keahlian seorang individu dalam melakukan komunikasi yang baik dan efektif.

  • Bierman (2006) dan Suchy (2000)

Menyatakan bahwa interpersonal skill ialah salah satu faktor penting yang menjadi penunjang keberhasilan individu dalam menghadapi kehidupannya.

Peran Penting Interpersonal Skill

Peran Penting Interpersonal Skill

Interpersonal skill mengambil peranan yang sangat penting dalam mencari kesuksesan. Berhubungan dengan ini, keterampilan interpersonal skill dapat dibagi menjadi beberapa jenis.

1. Keterampilan Mendengar

Komponen terpenting dari komunikasi ialah mendengar. Artinya, bukan hanya mendengar secara harfiah menggunakan alat pendengaran atau telinga saja, akan tetapi mampu juga mencerna serta mengartikan maksud dari pemberi pesan atau orang yang berkomunikasi dengannya.

2. Providing Feedback

Umpan balik merupakan sebuah interpersonal skill yang dikemas dalam bentuk keterampilan seseorang untuk memahami dampak apa saja yang timbuk atas perilaku terhadap diri sendiri dan orang lain. Misalnya pada saat berbicara bisa membuat orang senang atau tidak.

3. Persuading

Berkaitan dengan ini seseorang harus bisa memberikan pengertian dan bujukan pada orang lain yang diajak bicara. Sehingga orang tersebut bersedia untuk mengikuti kehendak atau keinginan dari orang yang mengajaknya bicara secara sukarela.

4. Resolving Conflict

Maksud dari istilah ini adalah kemampuan seseorang menyelesaikan masalah pada saat mendapatkan konflik atau masalah dengan orang lain.

Cara Meningkatkan Interpersonal Skill

Cara Meningkatkan Interpersonal Skill

Mungkin interpersonal skill akan terlihat sederhana dalam menerapkannya, akan tetapi skill ini juga harus dikembangkan dan terus ditingkatkan. Berikut ini beberapa cara dalam meningkatkan interpersonal skill dengan baik.

  • Mencari Mentor

Carilah seseorang yang Anda percayai, dan hormati serta mempunyai skill interpersonal yang baik untuk dijadikan mentor. Dengan pengalaman yang dimiliki Anda bisa meminta nasihat atau tips yang berkaitan dengan cara meningkatkan interpersonal skill dan meningkatkan karier secara keseluruhan.

  • Ikuti Wokshop dan Kelas Online

Belajar terus dan menggali informasi dari workshop dan seminar akan membantu Anda dalam meningkatkan interpersonal skill yang sudah Anda miliki.

  • Amati Orang yang Ada Disekitar

Amati orang-orang yang ada disekitar, dan setelah itu jadikan pengamatan yang Anda lakukan sebagai bahan untuk peningkatan interpersonal skill. Pilihlah skill-skill yang dirasa cocok dengan kepribadianmu.

  • Terlibat Dalam Kerja Tim

Cari peluang yang bisa membuat Anda bekerja dengan banyak tim yang berbeda. Dengan terlibat Anda dengan banyak tim, Anda dapat meningkatkan skill interpersonal seperti komunikasi.

  • Jaga Etika Pada Saat Bekerja

Perhatikan etika Anda dalam bekerja, salah satunya dengan selalu sopan, disiplin,  dan menghormati orang lain. Dengan menjaga etika dalam bekerja Anda bukan hanya secara langsung meningkatkan interpersonal skills, akan tetapi juga menjaga hubungan baik dalam tempat kerja.

  • Terbuka Terhadap Kritik

Tanyakan pada teman kerja atau atasan terkait kritikan dan masukan dari mereka yang bersifat membangun, terutama yang berhubungan dengan keterampilan interpersonal Anda.

Mendapatkan kritik dari orang lain untuk memberikan penilaian kualitas kerja dan keterampilan dalam bekerja bisa menjadi cara dalam mengevaluasi diri dan meningkatkan interpersonal skill yang Anda miliki.

  • Latih Kemampuan Mendengar

Setiap kali Anda terlibat dalam percakapan di tempat kerja, latih diri Anda untuk menjadi pendengar yang baik. Perhatikan juga setiap perkataan, kontak mata, dan berikan respon yang baik. Dengan melakukan hal tersebut, Anda bukan hanya dapat melatih interpersonal skill, akan tetapi juga dapat membuat lawan bicara Anda merasa dihargai.

  • Tunjukkan Rasa Percaya Diri

Cara lain untuk meningkatkan interpersonal skill adalah dengan menunjukan rasa percaya diri di tempat kerja atau lingkungan manapun. Jangan ragu untuk memperlihatkan ekspresi dan pendapat Anda, selama itu masih sesuai batasan yang tepat.

  • Bersikap Empati

Tempatkan diri Anda pada posisi orang lain akan memperluas pandangan Anda mengenai berbagai hal. Tanpa empati, kesalahpahaman di tempat kerja akan mudah terjadi.

Maka dari itu untuk meningkatkan kemampuan interpersonal skill, cobalah untuk memahami perasaan orang lain terlebih dahulu. Dengan empati kepada orang lain, Anda akan memiliki pemahaman yang mampu membantumu merespon situasi dan kondisi dengan tepat untuk mengambil bagian dalam perilaku yang lebih membantu.

Manfaat Interpersonal Skill

Manfaat Interpersonal Skill

Dengan menguasai keterampilan interpersonal skill dengan baik, seseorang akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan. Salah satunya adalah ia akan mampu menciptakan dan menjaga keharmonisan hubungan dalam pergaulan dengan orang lain.

Misalnya, seseorang akan mudah mendapatkan teman baru karena merasa nyaman ketika sedang berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang tersebut. Apalagi orang itu mempunyai segudang ilmu pengetahuan yang bisa dibagi kepada orang-orang yang sedang berkomunikasi dengannya.

Selain itu interpersonal skill juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk meraih kesuksesan. Seseorang yang memiliki keterampilan interpersonal skill yang baik pasti akan memperoleh posisi atau jabatan yang lebih tinggi dibanding orang yang tidak memilikinya.

Dengan mempunyai interpersonal skill yang baik bagi pengusaha juga sangat bermanfaat, dirinya akan mampu dan banyak mempunyai relasi yang luas.

Manfaat berikutnya mempunyai interpersonal skill yang baik adalah untuk membentuk citra diri. Kemampuan dan kepandaian seseorang pada saat berkomunikasi akan membuat ia selalu dianggap orang lain sebagai sosok yang baik.

Contoh sederhananya ialah bicara dengan sopan, bersikap ramah, dan lemah lembut pada saat menyampaikan argumen atau pendapat.

Lebih dari itu, keterampilan interpersonal skill juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam sebuah hubungan sosial. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, masalah yang ada di lingkungan kerja, lingkungan pergaulan atau komunitas sosial lainnya akan terselesaikan dengan baik tanpa menimbulkan masalah baru.

Perilaku dan sikap juga bisa dirubah dengan cara meningkatkan kualitas keterampilan interpersonal skill. Contohnya ada seseorang yang pada awalnya mempunyai sifat pendiam dan tidak mampu untuk mengemukakan pendapatnya sendiri.

Tapi sejak meningkatkan keterampilan interpersonal skill yang sudah ada pada dirinya, dia jadi mudah untuk tersenyum dan mampu untuk bicara di hadapan banyak orang.

Manfaat dari ketrampilan interpersonal skill lainnya, yaitu mampu menyampaikan informasi atau pesan dengan tuturan bahasa dan kalimat yang baik. Sehingga pesan yang disampaikan mudah untuk dipahami dan dimengerti pendengar atau penerima pesan.

Contoh Interpersonal Skill

Contoh Interpersonal Skill

Interpersonal skill merupakan kemampuan pribadi seseorang dalam mengambil hati orang lain agar menerima apa saja yang orang tersebut katakan. Berikut ini beberapa contoh interpersonal skill yang umum dan penting untuk dikuasai oleh siapapun.

1. Komunikasi

Bagi karyawan yang bekerja di perusahaan, sangat penting untuk menguasai skill komunikasi yang efektif. Namun sayang masih banyak yang menganggap remeh kemampuan komunikasi yang satu ini.

Padahal, dengan komunikasi yang baik akan memudahkan orang tersebut untuk membangun hubungan yang baik dengan setiap orang yang ada di lingkungan kerja.

Skill komunikasi ini bukan hanya berbicara, akan tetapi meliputi kemampuan komunikasi non verbal seperti komunikasi lewat tulisan dan bahasa tubuh.

Meskipun bisa berbicara dengan baik, jika bahasa tubuh dan bahasa tulis Anda tidak mudah dimengerti, itu akan menyulitkan penyampaian yang dimaksud.

2. Empati

Tanpa empati, seseorang akan cukup kesulitan dalam memahami orang lain. Baik itu teman kerja, atasan, atau bahkan klien. Contoh interpersonal skill ini mampu membantu Anda untuk mengetahui dan memahami apa yang sedang dirasakan oleh orang lain.

Seseorang yang mempunyai empati tinggi akan membuat lingkungan disekitarnya menjadi lebih positif. Jadi, jika Anda ingin mempunyai banyak teman dan mudah bergaul dengan orang lain, sangat disarankan untuk Anda meningkatkan kemampuan empati ini.

3. Problem Sovling

Seseorang yang mempunyai kemampuan problem solving atau penyelesaian masalah, biasanya juga mampu berpikir kritis, bernalar hal yang logis, dan ulet ketika memecahkan masalah.

Tanpa memiliki kemampuan interpersonal skill yang satu ini, Anda akan cukup kesulitan menangani masalah yang timbul di berbagai aspek.

4. Mendengarkan

Ketika Anda memiliki skill komunikasi yang baik, biasanya dibarengi dengan kemampuan interpersonal skill yang satu ini.

Memang terdengar sepele, tapi tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Dengan memiliki skill yang satu ini Anda pasti dihormati oleh orang lain.

5. Kepemimpinan

Meskipun Anda bukanlah seorang manajer atau atasan, sebaiknya Anda tetap harus memiliki skill yang satu ini. Dengan memiliki skill kepemimpinan ini tentu akan memberikan kemudahan pada saat bekerja sama dengan tim.

Seseorang yang mempunyai skill kepemimpinan ini biasanya juga mempunyai skill komunikasi, problem solving , dan mendengarkan yang baik.

Perbedaan Interpersonal Skill dan Intrapersonal Skill

Perbedaan Interpersonal Skill dan Intrapersonal Skill

Mungkin dilihat dari kalimatnya, keduanya mempunyai kesamaan. Selain itu juga, keduanya merupakan soft skill yang harus dikuasai seseorang untuk menunjang kepribadiannya sendiri.

Namun ternyata dari kesamaan tersebut, masih ada perbedaan diantara keduanya. Berikut ini perbedaan antara interpersonal skill dan intrapersonal skill.

  • Interpersonal Skill

Seperti yang sudah kita jelaskan diatas, interpersonal skill merupakan skill yang dimiliki oleh seseorang yang berkaitan dengan komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Dengan interpersonal skill, orang tersebut akan disukai oleh banyak orang pada saat menyampaikan pendapatnya. Karena skill ini juga penjelasan yang disampaikan akan mudah dipahami dan dimengerti.

  • Intrapersonal Skill

Sedangkan intrapersonal skill merupakan skill yang digunakan untuk mengatur diri dan mengontrol diri yang berkaitan dengan kesadaran dan kemampuan yang ada pada diri pribadi masing-masing orang.

Skill ini akan bermanfaat bagi orang lain sebagai penilaian terhadap diri seseorang. Maka dari itu skill ini juga sangat dibutuhkan untuk menunjang kepribadian diri seseorang.

Akhir Kata

Interpersonal skill merupakan kemampuan yang mau tidak mau atau siap tidak siap harus dimiliki oleh siapapun. Kemampuan tersebutlah yang akan menjadi penunjang dirinya supaya bisa beradaptasi dan disukai oleh orang yang ada disekitarnya.

Demikian penjelasan mengenai interpersonal skill ini kami sajikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar