Kerajinan Berbasis Media Campuran

Kerajinan merupakan sebuah benda yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang menguntungkan. Benda apapun jika berada di tangan seseorang yang kreatif akan menghasilkan sebuah kerajinan yang keren. Kerajinan berbasis media campuran merupakan salah satu diantaranya.

Kerajinan ini berbahan dasar bukan hanya satu bahan, akan tetapi dengan beberapa bahan yang dicampur dan kemudian menjadi suatu kerajinan yang unik dan menarik.

Nah berikut ini akan kita bahas dan ulas, beberapa hal yang berkaitan dengan kerajinan berbasis media campuran. Yuk Simak!

Petunjuk Perancangan Karya

Berikut ini merupakan petunjuk perancangan dalam karya supaya tercipta kerajinan berbasis media campuran yang sesuai dengan keinginan.

Stilasi Bahan Baku

Stilasi adalah sebuah strategi perubahan dengan cara menyederhanakan bentuk sebuah kerajinan. Penyederhanaannya ini dapat dengan cara mengurangi bentuknya yang berlebihan atau dengan menambahkan bentuknya apabila kurang menarik.

Deformasi Bahan Baku

Deformasi atau mengubah produk kerajinan menjadi bentuk yang baru dan bersifat permanen. Perubahan bentuk ini juga harus diimbangi dengan pengetahuan mengenai obyek dan produk asalnya sesuai dengan tujuan perubahan yang diharapkan bisa terlihat secara maksimal.

Setiap bahan yang dipakai dalam membuat kerajinan berbasis media campuran mempunyai jenis dan karakteristik tersendiri.

Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran

Bahan yang dipakai sebagai bahan dasar dalam membuat kerajinan berbasis media campuran sangat beragam, tergantung dengan sumber daya alam dari setiap daerah.

Jenis bahan alam yang bisa dipakai yaitu batu, kayu, serat, logam, kulit, keramik, dan lain sebagainya. Sedangkan bahan buatan yang bisa digunakan antara lain fiberglass, gips, plastik, dan lain sebagainya.

Karakterisitik setiap bahan pastinya berbeda antara satu dengan yang lain. Sebelum membuat karya kerajinan yang bisa dipadukan, maka kamu juga harus paham dengan sifat dari setiap bahan yang akan dibuat.

Seperti logam, beberapa logam mempunyai sifat yang mudah berkarat, maka dari itu sebaiknya sebelum dipakai logam harus diolah terlebih dahulu supaya tidak merusak bahan lainnya.

Keramik yang dibuat dari tanah liat juga mempunyai sifat mudah pecah, dan jenis bahan ini harus digabungkan dengan hati-hati menggunakan bahan yang tidak merusak bentuknya, seperti kertas atau kain sehingga bentuk dari keramik akan tetap terjaga.

Berikut beberapa jenis bahan dan karakteristik kerajinan berbasis media campuran.

Batu

Batu yang dipakai untuk membuat kerajinan berbasis media campuran terdiri atas mulia, permata, dan akik. Aneka tekstur, bentuk, dan warna batu yang menarik bisa dipadukan dengan bahan-bahan lain seperti kayu atau logam.

Logam

Perak merupakan salah satu jenis logam yang paling sering dipakai dalam membuat kerajinan berbasis media campuran.

Alasannya karena harga perak yang terjangkau dan bentuknya yang lebih elegan jika membuat kerajinan menggunakan logam perak.

Plastik

Plastik dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk, mulai dari gelas, botol, perabot rumah tangga, atau juga kantong.

Akan tetapi, penggunaan bahan plastik yang sering dan banyak digunakan sebagai kerajinan berbasis media campuran yaitu botol.

Pemilihan botol untuk dijadikan salah satu bahan karena adanya permukaan yang keras dan mudah dibentuk. Botol bisa dipadukan dengan benda lain seperti kain atau logam pada proses membuat kerajinan yang berbasis media campuran.

Kayu

Benda kayu ini bisa dimanfaatkan sebagai perabotan rumah tangga seperti kursi, meja, dan pintu. Kayu juga bisa digunakan untuk membuat kerajinan dengan dipadukan pada beberapa benda seperti logam dan batu.

Keramik

Keramik mempunyai sifat yang ditentukan komposisi kimia, struktur kristal, dan juga mineral bawaan tanahnya.

Bahan keramik yang paling sering digunakan dalam membuat kerajinan berbasis media campuran di antaranya yaitu ball clay, feldspar, kwarsa dan kaolin.

Penggunaan keramik untuk dijadikan bahan kerajinan berbasis media campuran dikarenakan senyawanya yang lebih stabil pada lingkungan.

Pengertian Kerajinan Berbasis Media Campuran

Pengertian Kerajinan Berbasis Media Campuran

Kerajinan berbasis media campuran merupakan salah satu jenis kerajinan yang mempunyai tujuan untuk mengubah bentuk dari suatu benda dengan mencampurkan dua bahan baku, dominan dan tambahan. Tujuan tersebut dilakukan agar kerajinan tersebut terlihat lebih menarik, tetapi masih mempertahankan fungsi asli dari benda tersebut.

Selain agar menjadi lebih menarik, alasan lain pembuatan kerajinan ini yaitu supaya menjadikan karya lebih modern, menghemat bahan baku utama, meminimalisir dari kesan monoton dan lain sebagainya.

Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran

Berikut ini merupakan beberapa contoh kerajinan yang berbasis media campuran.

1. Cincin

Cincin ini bisa dibuat dengan cara menggabungkan bahan batu mulia seperti, intan, permata, atau emas dengan logam atau kayu.

Cincin ini sangat cocok untuk dijadikan hadiah seseorang kepada pasangannya, karena istimewanya dari batu mulia.

2. Guci

Guci merupakan jenis kerajinan yang mempunyai fungsi utama sebagai hiasan. Benda ini sering kita jumpai di ruang tamu rumah, tak heran karena bentuknya yang unik ini bisa menambah keindahan ruangan tersebut.

Guci ini merupakan jenis kerajinan yang bisa dibuat dengan bahan dasar media campuran, yaitu tanah liat dan logam atau benda lain untuk dijadikan hiasan.

3. Keris

Keris

Mungkin dalam mitos yang beredar di Indonesia, keris ini mempunyai kesan mistis dan magis. Namun bagi beberapa orang keris ini juga dijadikan benda koleksi yang menghiasi rumah.

Keris merupakan jenis benda yang dibuat dengan memanfaatkan logam dan kayu sebagai pegangannya, maka dari itu benda ini masuk dalam kriteria kerajinan berbahan dasar media campuran.

4. Patung

Patung juga merupakan jenis kerajinan yang berbahan dasar media campuran. Ada banyak bentuk yang bisa diciptakan menjadi patung ini.

Bahannya juga bisa berbagai macam mulai dari, tanah liat, kayu, logam dan lain sebagainya.

5. Sapu

Sapu

Sapu merupakan benda yang mempunyai fungsi utama sebagai benda pakai. Sapu ini digunakan untuk membersihkan sebuah ruangan yang kotor. Dengan menggunakan sapu, manusia akan menjadi lebih mudah dan cepat.

6. Sendal

Nah benda selanjutnya yaitu sendal. Benda ini mempunyai fungsi utama sebagai benda pakai. Namun akhir-akhir ini sendal juga dijadikan benda yang menjadi fashion seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

7. Sepeda

Sepeda merupakan benda yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Benda yang digunakan untuk berolahraga ini merupakan benda yang terbuat dari media campuran.

Beberapa benda dijadikan bahan dasar dalam membuat sepeda ini, seperti logam, karet, dan lain sebagainya.

8. Wayang

Indonesia merupakan tempat asal kerajinan wayang ini. Sejak jaman dahulu, wayang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia.

Bagaimana tidak, kerajinan yang satu ini mempunyai nilai historis yang tinggi, yang menjadikannya salah satu benda unik di Indonesia.

Wayang merupakan benda yang terbuat dari media campuran yaitu kulit hewan dan kayu.

9. Pisau

Setiap rumah pastinya mempunyai benda yang satu ini, digunakan untuk memotong sesuatu. Untuk membuat pisau ini juga dibutuhkan bahan media campuran yaitu seperti logam dan kayu atau plastik.

10. Gantungan Kunci

Kerajinan Gantungan Kunci Berbasis Media Campuran

Ini merupakan jenis kerajinan yang dimana bahannya bisa menggunakan media campuran.

Bahan utama besi akan dipadukan menggunakan plastik atau kain yang dijadikan sebagai hiasannya. Hal tersebut akan menghasilkan sebuah kerajinan yang unik dan menarik.

Selain itu kerajinan gantungan yang dari media campuran ini mempunyai nilai seni yang tinggi. Tentunya ini bisa kamu jadikan sebagai pelengkap untuk kunci apa saja yang kamu punya, untuk menambahkan kesan modis.

11. Pigura Logam

Kerajinan Pigura Logam

Pigura mungkin sudah sering kita dengar dengan berbagai macam bahan. Namun, pigura logam yang berbahan dasar media campuran juga mempunyai keunikannya tersendiri.

Pada bagian bingkai dibuat dengan bahan dasar dari logam, akan tetapi penahan gambar atau foto terbuat dari kayu atau kertas yang mempunyai tekstur keras.

12. Kalung Batu Mulia

Kerajinan Batu Mulia Berbasis Media Campuran

Kalung

Nah ini juga bisa kamu jadikan referensi untuk kerajinan yang kamu jadikan koleksi. adapun bahan utama batu berfungsi untuk merangkai kalung menjadi rantai besi atau tali benang.

Walaupun sedikit agak mahal, dikarenakan hiasan yang digunakan menggunakan batu mulia, akan tetapi hiasan ini mempunyai daya tarik tersendiri.

13. Vas Bunga

Ada satu benda yang sering diabaikan oleh beberapa orang yang dapat diubah menjadi sebuah kerajinan yang unik dan memiliki manfaat tersendiri.

Vas Bunga

Dengan sentuhan yang berbau seni, botol plastik yang sering diabaikan pun bisa diubah menjadi vas bunga yang unik serta lucu dan tentunya memiliki nilai jual yang tinggi.

14. Hiasan Dinding

Sebenarnya barang-barang bekas di sekitaran kita bila dikelola dengan cara yang benar maka bisa menjadi sebuah barang yang memiliki nilai jual.

Kerajinan Vas Bunga dari Batu dan Kayu

Kerajinan Kayu dan Batu

Kerajinan Campuran Batu dan Kayu

Seperti potongan kayu dan batu ini. Dari dua bendi tersebut kita bisa membuat ide dengan menjadikannya sebagai hiasan dinding yang lucu dan estetik.

Dengan sedikit tambahan aksesoris, barang yang awalnya terlihat tidak memiliki manfaat kini berubah menjadi barang yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran

Dalam proses pembuatan produk kerajinan menggunakan satu jenis bahan yang sering menemui banyak kendala. Kendala yang sering didapat seperti bentuk produk yang monoton, terbatasnya bahan baku, dan kurang terlihat modern.

Bagi beberapa orang, kerajinan sejenis ini merupakan kerajinan yang kuno dan tidak modern. Maka dari itu, pengrajin harus selalu memberikan inspirasi dan ide untuk menambahkan kesan menarik pada kerajinan.

Pada saat melakukan perubahan strategi untuk kerajinan berbasis media campuran perlu diperhatikan untuk memahami beberapa prinsip kerajinan yang berbasis media campuran. Adapun beberapa prinsip perubahan strateginya tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Merupakan paduan dari beberapa bahan yang tidak mempunyai reaksi kimia tertentu jika dilakukan penggabungan. Contohnya bahan yang dipakai bisa membuat bahan lainnya berkarat, terkikis dan lain
  2. Bahan yang dipakai terdiri dari beberapa Semua tergantung kepada rancangan keperluan dari kerajinan yang akan dibuat.
  3. Bahan bisa terdiri dari bahan homogen atau juga Contohnya bahan alam dan bahan alam, bahan buatan dan bahan buatan, atau bisa juga bahan alam dan buatan. Tidak ada perubahan fisik pada sebuah bahan yang digabungkan, contohnya terjadi lelehan setelah ditempelkan dan sebagainya.
  4. Setiap bahan mempunyai karakteristik dan ciri-ciri tersendiri yang saling mendukung terbentuknya keindahan atau estetika dari suatu produk kerajinan yang akan
  5. Penggabungan sebuah bahan yang dilakukan harus bisa menyatu dengan bahan yang lainnya, sehingga terjadi harmonisasi dan kesatuan.

Di bawah ini merupakan beberapa petunjuk dalam melakukan perancangan produk, supaya tercipta suatu bentuk produk kerajinan berbasis media campuran.

Menyederhanakan Bentuk dengan Cara Menambah atau Mengurangi Bentuk Kerajinan Berbasis Media Campuran (Stilasi)

Dalam melaksanakan strategi perubahan dengan menyederhanakan bentuk suatu produk kerajinan dilakukan dengan cara menjalankan pengamatan pada produk awal sebagai obyek perubahan tersebut.

Yang dilakukan yaitu mengurangi bentuknya yang berlebihan atau dengan menambah bentuknya apabila dirasa kurang menarik.

Dengan begitu diharapkan sebuah produk kerajinan berbasis media campuran yang dibuat menjadi bentuk yang artistik.

Berikut ini merupakan prinsip yang perlu dilakukan pada tahap perancangan.

  1. Pesan eksplisit yang ada pada produk harus jelas, kerajinan tersebut sebagai produk fungsional atau sebagai produk hias.
  2. Pesan yang bersifat implisit juga harus diperhatikan, kerajinan tersebut sebagai produk kerajinan yang membawa pesan prestige atau
  3. Bahan yang ada sejak awal bisa menjadi modal dalam perancangan produk kerajinan, akan tetapi bisa juga bahan yang dipakai disiapkan setelah perancangan.
  4. Produk kerajinan juga sebagai materi dalam melakukan penyederhanaan bentuk perlu disiapkan, apakah bentuknya dalam gambar atau juga bentuk langsung.
  5. Perhatikan juga penghematan bahan, supaya produksi bisa dilakukan sebanyak mungkin dalam berbagai macam bentuk rancangan.

Merubah Bentuk Kerajinan Berbasis Media Campuran (Deformasi)

Manusia dengan banyak pengalamannya akan mendahulukan kenyamanan dan kebahagiaan. Di semua perjalanan sejarah peradaban tersebut, manusia menonjolkan ketergantungannya dengan kebendaan.

Bagaikan daun dengan tangkainya, bahwa keduanya tidak bisa dipisahkan, bahkan keduanya menjadi perpaduan yang kuat dan sulit untuk diabaikan.

Pertalian yang kuat ini biasa ditandai dengan latar belakang budaya. Maka dari itu sangat beralasan apabila dalam memenuhi kebendaan manusia mempunyai kaitan erat dengan tujuan supaya bisa menjamin tingkat kepuasan yang menggunakannya.

Akhir Kata

Kerajinan berbasis media campuran merupakan hasil kreatifitas dan keunikan dari seorang pengrajin dalam menuangkan idenya.

Selagi tetap menampilkan fungsi hias dan fungsi pakai, kerajinan apapun pastinya mempunyai nilai seni dan jual yang tinggi. Makanya tidak heran, akhir-akhir ini banyak pengrajin bermunculan dan menjajakan hasil karyanya untuk dijual belikan kepada masyarakat.


Demikian penjelasan kami mengenai kerajinan dari media campuran, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *