Kerajinan dari Bambu

Bambu merupakan jenis tumbuhan yang bisa digunakan sebagai benda kerajinan. Kerajinan dari bambu merupakan jenis kerajinan yang sangat digemari oleh masyarakat. Maka tak jarang banyak pengrajin yang memanfaatkan bambu sebagai benda kerajinan dan kemudian mereka jual.

Tapi kamu juga bisa lho buat kerajinan dari bambu ini dirumah. Kamu hanya membutuhkan bambu sebagai bahan utama dan beberapa bahan tambahan sebagai penunjang dari kerajinan ini.

Berikut ini beberapa pembahasan mengenai kerajinan dari bambu yang bisa kamu coba dirumah dan sangat mudah untuk dibuat.

Mengapa Bambu Digunakan sebagai Benda Kerajinan ?

Mengapa Bambu Digunakan sebagai Benda Kerajinan

Sudah kita ketahui bahwa bambu sangat banyak ditemukan di Indonesia. Meski terkesan angker, tumbuhan ini sangat banyak manfaat yang diberikan oleh bambu.

Adapun kelebihan dari bambu yaitu batangnya yang lentur menyebabkan bambu tidak mudah patah ketika dibuat kerajinan.

Maka dari itu tak heran kalau bambu dijadikan salah satu alasan digunakannya dalam pembuatan kerajinan tangan. Disamping bahannya yang mudah dicari, kerajinan tangan dari bambu juga membawa nilai lebih, sebab kerajinan dari bambu ini unik dan menarik walaupun pengerjaannya yang lumayan rumit.

Secara umum, beraneka ragam kerajinan tangan dari bambu bisa saja dibuat oleh siapapun dengan mengoperasikan alat tertentu.

Macam Macam Ide Kerajinan Tangan dari Bambu

Ternyata hasil kerajinan tangan yang terbuat dari bambu ini begitu banyak diminati oleh penduduk lokal sampai mancanegara sekaligus, hal tersebut karena memang kerajinan dari bambu yang sangat unik dan mempunyai harga jual yang begitu tinggi.

Berikut ini beberapa ide kerajinan tangan dari bambu dan cara membuatnya.

Membuat Lampu Hias dari Bambu

 

Lampu hias ini bisa saja mempercantik ruangan yang ada di rumahmu. Selain unsur estetika, unsur erkonomis atau kegunaan dari lampu hias bambu ini juga ada, yaitu untuk menerangi ruangan yang ada dirumahmu.

Sebelum membuat lampu hias dari bambu perlu disiapkan beberapa alat dan bahan antara lain,

  1. Batang bambu sepanjang 1 sampai 3 meter
  2. Lampu irit daya sebesar 5 watt dengan warna yang cocok dengan selera kamu.
  3. Kabel lampu secukupnya
  4. Kuas cat
  5. Cat warna yang cocok dengan selera kamu atau pelitur untuk menambah kesan warna asli dari bambu.
  6. Cat clear
  7. Semen
  8. Amplas
  9. Gunting atau cutter
  10. Gergaji
  11. Alat Pahat

Berikut ini tahapan-tahapan dalam membuat lampu hias dari bambu.

  • Potong bambu yang telah disiapkan sepanjang 1,5 meter atau sesuai dengan selera kamu. Pastikan bambu yang kamu pilih yakni bambu yang sudah kering dan masih kuat dan juga berdiameter sekitar 10 cm.
  • Amplas permukaan bambu yang sudah dipotong hingga halus, lalu warnai permukaan bambu atau mampu juga kamu gunakan pelitur tadi. Setelah itu tunggu sampai cat kering.
  • Apabila cat sudah kering, kamu bisa memulai memotong bambu pada bagian bawah bambu untuk dijadikan tatakan lampu hias bambu kamu. Dan lubangi juga bagian atasnya sebagai keluarnya cahaya nanti
  • Untuk lubang masuk kabel, lubangi sedikit pada bagian bawah bambu. Dan kemudian pahat menggunakan alat pahat bagian tengah bambu dengan motif yang bagus sesuai selera, sebagai keluarnya cahaya.
  • Setelah itu amplas lagi permukaan yang terbuka agar bersih dan rapih.
  • Kemudian buat dudukan bambu menggunakan semen setinggi 7 sampai 10 cm. Kamu bisa gunakan ember kecil atau kaleng bekas cat sebagai cetakan dudukannya.
  • Setelah cetakan dudukan kering, kamu bisa warnai dengan warna yang cocok dengan seleramu.
  • Kemudian pasang kabel dan masukkan lampu ke dalam bambu, dan jangan lupa untuk instalasi listriknya.
  • Letakkan lampu sesuai dengan tempat yang direncanakan dan kerajinan dari bambu berupa lampu hias pun siap digunakan.

Membuat Air Mancur dari Bambu

 

Kalau kita masuk ke pedesaan di Indonesia, tentu kita akan melihat pancuran air yang terbuat dari bambu. Namun apakah kalian tau, bahwa air mancur daru bambu ini mempunyai manfaat psikologis yang baik dan bisa memberikan ketenangan bagi siapa saja yang melihatnya.

  1. Sebelum kamu membuatnya perlu disiapkan beberapa alat dan bahan berikut ini.
  2. Batang bambu dengan diameter 5-7 cm dan sepanjang 1 – 1,3 m
  3. Tiang bambu sebagai penyangga dengan diameter 1-2 cm sepanjang 40-50 cm
  4. Tali ijuk aren secukupnya (untuk pengikat)
  5. Pipa PVC dengan diameter 5-7 cm
  6. Pompa air listrik (untuk mengalirkan air)

Setelah bahan dan alat disiapkan, berikut ini tahapan dan langkah-langkah dalam pembuatan air mancur dari bambu.

  • Tidak ada keharusan dalam memilih jenis bambu yang digunakan bisa menggunakan bambu hitam, wulung, ater atau jenis lain.
  • Potong bambu dengan diameter ukuran antara 5 sampai 7 cm sepanjang 60-70 cm sebanyak 4 buah dan sepanjang 45 sampai 55 cm sebanyak 2 buah. Pastikan bahwa bagian atas dan bawah dari batang bambu yang akan digunakan sebagai tiang ini tertutup oleh ruas.
  • Potong bambu dengan diameter 1 sampai 2 cm sepanjang 40 dan 50 cm sebagai bambu penyangga.
  • Potong bambu dengan diameter 5-7 cm sebagai buluh air dengan panjang 1 meter dan 1,3 meter. Jangan lupa juga pada salah satu ujung dari tiap bambu potong dengan menyilang seperti bentuk bambu runcing.
  • Pada bambu yang akan digunakan sebagai buluh air dengan ukuran 1 m, selanjutnya kita akan lubangi ruas-ruas yang ada di dalam batang bambunya, sehingga bisa di lewati air. Termasuk pada bagian akhir dari ruasnya, sehingga dapat disambung dengan pipa PVC.
  • Sementara pada bambu buluh air yang berukuran 1,3 m, kamu bisa melubangi ruas-ruasnya sehingga nanti akan dijadikan untuk menampung air, tapi pada bagian dasarnya jangan lubangi ruas pada batang bambu.
  • Ambil dua potongan bambu panjang dengan panjang 60-70 cm yang dibuat sebagai tiang, kekmudian buat lubang menembus samapi pada posisi 15-20 cm dihitung dari bagian teratas bambu. Kamu juga bisa sesuaikan besar lubang dengan diameter dari bambu untuk penyangga.
  • Ukuran lubang yang digunakan sebagai buluh air harus sedikit lebih besar dari diameter bambu penyangga, sehingga air bisa bergerak bebas di dalam bambu dan mengalir keluar.
  • Setelah itu ditahap akhir, pasang bambu dan pompa air ditempat yang sudah direncankan.

Membuat Lonceng Angin dari Bambu

Mendengar suara dari lonceng bambu juga dipercaya menenangkan fikiran-fikiran yang mengganggu akitivitas kita. Terlebih bersamaan dengan melihat pemandangan yang hijau di pedesaan.

Sebelum membuat lonceng angin dari bambu, perlu disiapkan beberapa alat dan bahan sebagai berikut.

  1. Bambu
  2. Batok kelapa
  3. Tali
  4. Gergaji potong
  5. Amplas
  6. Pisau
  7. Gunting
  8. Bor listrik

Setelah alat dan bahan disiapakan, perhatikan langkah-langkah dalam membuat lonceng angin berikut ini.

  • Pertama siapakan bambu dengan ukuran sedang. Dan pastikan bambu yang di gunakan masih bagus dan terlihat kuat serta tidak mengalami retak pada batangnya.
  • Potong bambu dengan ukuran kurang lebih 15 sampai 17 cm sebanyak 5 buah bambu.
  • Kemudian buat bambu dengan ukuran 7 cm sebanyak 5 buah yang akan dimasukkan ke tiap bambu berbentuk stick kecil yang akan berfungsi sebagai ‘jangkar’ individual.
  • Bersihkan bagian dalam bambu mulai dari serat pada bambu, kamu bisa membersihkannya menggunakan pisau kecil.
  • Setelah itu pada bagian bawah bambu bentuk dengan pola melengkung dengan jarak 8 cm dari atas bambu. Setelah itu amplas bambu hingga halus.
  • Lubangi pada bagian atas bambu untuk dimasukkan tali, lubangi menggunakan bor listrik.
  • Kemudian Belah batok kelapa menjadi setengah lingkaran dan amplas batok kelapa hingga halus.
  • Jangan lupa berikan lubang pada bagian pinggir batok kelapa, bisa kamu sesuaikan dengan jumlah lubang tali pada setiap bambu.
  • Pada bagian ini, satukan bambu dengan batok kelapa dengan cara ikat setiap bambu menggunakan tali kemudian sambungkan dengan batok kelapa.
  • Apabila sudah, masukkan tali yang tadi ke lubang batok kelapa kemudian tarik ke atas. Dan buat simpul tali agar menyatukan lonceng angin dan kemudian kunci talian.
  • Tahapan terakhir dalam membuat lonceng angin yaitu, kamu bisa memberikan warna alami menggunakan pelitur agar mendapatkan hasil yang lebih estetis dan maksimal.

Membuat Vas Bunga dari Bambu

Dalam membuat vas bunga dari bambu, alat dan bahan yang harus kamu siapkan antara lain, bambu kering, piloks, gunting, kertas gosok, slotip bening, dan silet.

  • Langkah pertama dalam membuat vas bunga dari bambu ialah potong bambu miring dibagian atas. Kemudian gosok bambu dengan kertas gosok sampai bambu berubah warna menjadi cream.
  • Setelah itu balut bambu dengan slotip bening, hingga seluruh bambu tertutupi. Dan gambar motif yang kamu inginkan.
  • Setelah gambar selesai, ukir bambu menggunakan silet sesuai dengan motifnya sudah digambar tadi.
  • Lalu, warnai bambu dengan piloks yang sudah disiapkan. Dan tunggu catnya hingga kering.
  • Kemudian setelah kering, lepas slotip dari bambu. Dan vas bunga dari bambupun siap digunakan sebagai pajangan di rumahmu.

Membuat Kerajinan Bingkai Foto dari Bambu

Bingkai foto atau figura sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang baik yang muda, tua atau bahkan anak-anak. Namun pada kali ini, bingkai foto yang akan dibuat berbeda dari lainnya. Bahan utama yang akan kita gunakan ialah bambu.

Sebelum membuatnya, perlu disiapkan beberapa alat dan bahan berikut ini.

  1. Bambu Kering
  2. Gergaji
  3. Penggaris Dan Bolpoin
  4. Lem Fox
  5. Pisau
  6. Amplas
  7. Plitur Kayu Atau Cat Mengkilap

Berikut ini merupakan tahapan dalam membuat bingkai foto dari bambu.

  • Gunakan jenis bambu yang agak tua dan mempunyai ruas buku yang sedikit lebih panjang.
  • Potong bambu sesuai dengan ukuran poto yang akan di gunakan, kemudian potong bambu yang masih bulat menggunakan gergaji.
  • Belah bambu menjadi empat sama besar dan lebar.
  • Haluskan tiap belahan menggunakan pisau raut.
  • Amplas bambu sampai halus, sehingga hasilnya nanti akan lebih memuaskan.
  • Potong setiap ujung bambu kira-kira sebesar 90 derajat, kamu bisa memanfaatkan lantai dirumahmku untuk mengukurnya.
  • Sambung keempat sudut bambu tersebut, dan manfaatkan satu biji isi setepler dan ketok menggunakan palu kecil
  • Warnai bambu menggunakan cat, warnanya sesuai yang kamu idamkan dan supaya memberikan keindahan pada bingkai kamu bisa manfaatkan manik-manik yang kamu sukai.

Membuat Kerajinan Tangan Kotak Pensil dari Bambu

 

Kalau kamu bosan dengan kotak pensil yang seperti itu-itu saja, kamu bisa jadikan bambu sebagai kotaik pensil yang unik dan menarik di rumahmu.

Berikut alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan kotak pensil dari bambu.

  1. Bambu Kering
  2. Gergaji
  3. Penggaris Dan Bolpoin
  4. Lem Fox
  5. Pisau
  6. Amplas
  7. Plitur Kayu Atau Cat Mengkilap
  8. Kulit Batang Pisang

Setelah itu, perhatikan tahapan berikut ini dalam pembuatan kotak pensil dari bambu.

  • Ambil sebatang bambu kemudian haluskan menggunakan pisau.
  • Setelah itu potong bambu dengan ukuran ketinggian 20 cm, akan tetapi harus ingat untuk pemotongan bambu harus berada diatas buku bambu atau di ukur dari buku bambu pertama.
  • Haluskan potongannya dengan memanfaatkan pisau atau amplas.
  • Lalu buat pola yang akan dililit tali, Selanjutnya tambahkan lem sebagai perekat pada bambu.
  • Setelah itu lilitkan talinya dengan bambu, tunggu beberapa menit sampai lem kering
  • Agar dalam pemberian warnanya terlihat lebih indah, kamu bisa menggunakan tambahan cat warna sesuai dengan selera kamu.
  • Dan kotak pensil dari bambu pun siap untuk digunakan.

Membuat Kerajinan Tangan berbentuk Gelas dari Bambu

Berikut ini tahapan dan langkah-langkah dalam membuat gelas dari bambu.

  • Langkah pertama, kamu bisa ambil bambu yang sudah tua kemudian keringkan, dengan cara di jemur.
  • Kemudian ambil bambu yang sudah dijemur tadi, dan pastikan bambu tidak mengempes karena masih muda.
  • Ambil bagian bawah bambu yang terdapat kukunya atau yang biasa disebut cincin pemisah bambu.
  • Potong bambu sesuai ukuran gelas yang akan kamu buat, dan ukur tingginya terlebih dahulu. Setelah dipotong, kamu akan mendapatkan bambu yang nyaris sama dengan gelas.
  • Setelah itu adalah amplas atau haluskan bagian luar bambu agar kamu bisa mengecatnya nanti.
  • Jika sekiranya sudah halus, kamu bisa membuat ukiran bambu sesuai bentuk yang kamu inginkan.
  • Setelah selesai, kamu bisa langsung ambil cat dan buat pola apapun sesuai dengan kreatifitas yang kamu inginkan.
  • Untuk bagian dalam nya juga perlu dihaluskan sehingga akan lebih indah.
  • Kamu juga bisa mengecatnya juga. Dan kerajinan dari bambu berbentuk gelas pun sudah siap untuk digunakan.

Membuat Kerajinan Tangan berbentuk Seruling dari Bambu

Tentu kita sudah mengetahui apa itu seruling, di era modern ini banyak menggunakan bahan seperti plastik. Namun seruling bambu juga tidak jarang masih banyak yang membuat dan memperjualbelikannya kepada masyarakat.

Berikut ini cara membuat seruling dari bambu yang mudah dan bisa kamu buat dirumah.

  • Langkah pertama ialah potong bambu yang sudah disiapkan dengan panjang 48 cm menggunakan gergaji.
  • Setelah itu, tentukan titik peniupan pada bagian sisi dekat ujung dan kemudian tandai dengan pensil serta lubangi bambu dengan diameter 8 mm. Dan beri jarak  kira-kira dari ujung bambu 7 cm.
  • Setelah itu buat 6 titik lubang dengan diameter 4 mm dari jarak ujung bambu yang lainnya kira-kira 5 cm ukur menggunakan penggaris dan kemudian tandai dengan pensil. Buat jarak setiap titik lubang dengan jarak antara 1,5 sampai 2 cm, dan lubangi mengunakan bor.
  • Kemudian tutuplah kedua lubang ujung bambu menggunakan busa dan rekatkan dengan lem.
  • Selanjutnya haluskan seluruh bagian permukaan bambu menggunakan amplas hingga benar-benar halus. Dan seruling bambu pun sudah siap untuk digunakan.

Fungsi Lain dari Bambu

Selain dijadikan hiasan, bambu juga seringkali dijadikan bahan untuk membuat beberapa benda yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Berikut ini benda-benda bermanfaat yang terbuat dari bambu.

Tangga dari Bahan Bambu

Tangga dari Bambu

Bahan dan alat yang diperlukan:

  1. Bambu.
  2. Gergaji.
  3. Bor Listrik.
  4. Amplas.

Cara membuatnya :

  • Pertama potong bambu menjadi 7 bagian.
  • Kemudian buat dua bagian dengan panjang 1,2 meter yang akan digunakan sebagai pegangan yang membujur ke atas.
  • Lalu 5 bagian yang lain buat dengan panjang yang berbeda-beda antara satu sama lain karena akan digunakan sebagai tangga atau pijakan yang membujur kesamping. Panjangnya baiknya bertingkat, dari paling atas adalah bagian yang terpendek sedangkan paling bawah adalah yang terpanjang.
  • Setelah itu 2 bagian bambu yang membujur keatas dilubangi dengan bor. Lubangi 2 bagian bambu dengan masing-masing 5 lubang, kemudian amplas bambu-bambunya.
  • Sedangkan 5 bagian bambu lainnya dimasukkan ke dalam lubang-lubang 2 bagian bambu sudah dibuat tadi.
  • Cara lain untuk menyatukan bambu satu dengan yang lainnya dapat menggunakan tali rope atau rotan apabila kesulitasn melubangi bambu.

Pagar Taman dari Bahan Bambu

Bahan dan alat yang diperlukan:

  1. Bambu.
  2. Gergaji.
  3. Cangkul atau Cetok, buat menggali tanah.

Cara membuatnya :

  • Langkah pertama, potong bambu dengan ukuran yang sudah disesuaikan dan sebanyak yang dibutuhkan.
  • Kemudian mulai menggali tanah, jangan terlalu dalam galian tanahnya, yang terpenting bambunya tidak goyang nantinya.

Meja Penyangga dari Bahan Bambu

Meja Penyangga dari Bahan Bambu

Bahan dan alat yang diperlukan:

  1. Berbagai jenis bambu dengan ukuran yang berbeda-beda.
  2. Kaca bulat.
  3. Gergaji.
  4. Amplas.
  5. Kaca bulat.

Cara membuatnya :

  • Langkah pertama, potong bambu dengan gergaji menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama panjang.
  • Setelah itu haluskan bambu menggunakan amplas, jika diperlukan pernis bambu agar terkesan lebih elegan.
  • Tahap akhir yaitu semua bambu tersebut disatukan menggunakan tali bambu dan pastikan kumpulan bambu yang disatukan dapat berdiri kokoh sehingga bisa menopang kaca bulat di atasnya.

Akhir Kata

Kerajinan dari bambu yang sudah dijelaskan diatas semuanya mempunyai nilai jual yang tinggi. Selain digunakan dirumah, kamu juga bisa menjualnya kepada masyarakat umum.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan dari bambu ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Source:

  • https://pengajar.co.id/ide-kerajinan-tangan-dari-bambu-unik-dan-nilai-jual-tinggi/
  • https://www.romadecade.org/kerajinan-dari-bambu/#!

Tinggalkan komentar