Kerajinan dari Pelepah Pisang

Pisang merupakan tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Pisang juga merupakan jenis tanaman yang hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan.

Salah satunya bagian pelepahnya, pelepah pisang ini bisa dijadikan sebagai benda kerajinan yang unik dan menarik serta mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Kerajinan pelepah pisang ini sangat mudah dibuat, apalagi bahannya yang mudah untuk didapatkan sangat cocok bagi kamu yang butuh hiasan berupa kerajinan di rumah.

Dibeberapa tempat pelepah pisang ini hanya dijadikan limbah dan dibuang begitu saja. Padahal apabila mau sedikit berusaha, pelepah pisang ini bisa mendatangkan rejeki yang tidak terduga.

Nah berikut ini akan dijelaskan beberapa hal mengenai kerajinan dari pelepah pisang yang mungkin belum kamu ketahui.

Pada artikel ini juga akan diberikan beberapa contoh kerajinan dari pelepah pisang yang keren dan menarik.

Pengertian Pelepah Pisang

Pengertian Pelepah Pisang

Pelepah pisang adalah batang yang ada pada tumbuhan pisang yang bentuknya terdiri dari beberapa lapisan.

Karena pohon pisang yang berkembang biak dengan cara tunas, maka tunas dari batang pelepah pisang tersebut bisa ditanam langsung untuk mengembangbiakkan tumbuhan pisang dan membuat tumbuhan pisang yang baru.

Karakteristik Pelepah Pisang

Untuk mendapatkan hasil kerajinan yang baik, tentunya pemilihan pelepah pisang juga harus diperhatikan dengan baik.

Salah satu karakteristik tersebut ialah pelepah pisang yang sudah kering di tumbuhan. Maksudnya ialah pelepah pisang tersebut sudah benar-benar kering, bukan dikeringkan. Karena pelepah pisang kering ini mudah untuk dibentuk.

Dan pelepah pisang yang sudah kering juga akan mempunyai ketahanan yang lebih kuat dibanding pelepah pisang yang belum kering.

Dan untuk mewarnai kerajinan dari pelepah pisang baiknya menggunakan pewarna alami, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Contoh Kerajinan dari Pelepah Pisang

Beberapa jenis kerajinan dari pelepah pisang sudah banyak tersebar di masyarakat, berikut ini beberapa contoh kerajinan dari pelepah pisang yang sudah banyak tesebar di masyarakat.

1. Bunga dari Pelepah Pisang

Bunga dari Pelepah Pisang

Pelepah pisang bisa dijadikan sebuah bunga yang cantik dan pastinya dengan tangan yang kreatif. Selain bisa Anda pakaia sebagai hiasan di rumah, kerajinan ini juga bisa Anda jual.

Alat dan Bahan:

  1. Gunting
  2. Penggaris
  3. Pulpen
  4. Pelepah Pisang Kering
  5. Lidi atau Kawat
  6. Kertas kreps hijau
  7. Staples.

Cara pembuatannya:

  1. Pertama, Anda gambar terlebih dahulu sebuah segitiga menggunakan pulpen pada daun pisang yang kering. Lalu potong pola yang sudah Anda gambar tadi menggunakan gunting. Pola segitiga ini nantinya berfungsi sebagai mahkota bunga.
  2. Kemudian pola tadi ditusukkan dengan lidi di tengah persis pola yang telah Anda buat. Bentuk segitiga tadi menjadi sebuah kerucut.
  3. Setelah itu, ambil daun pelepah pisang lain yang sudah kering dan buat pola selanjutnya. Buatlah pola dengan bentuk oval panjang yang berjumlah 5 buah menggunakan pulpen. Pola ini nanti fungsinya sebagai kelopak bunga.
  4. Selanjutnya ambil salah satu pola oval panjang tadi, kemudian buatlah sedikiti melengkung sampai menyerupai daun dengan cara menggesekkan polanya menggunakan penggaris.
  5. Lalu ambil pola segitiga yang sudah Anda bentuk menjadi kerucut tadi dan satu pola oval yang sudah melengkung. Kemudian straples pada bagian ujung pola yang melengkung dengan bagian luar yaitu kerucut (yang dibalik).
  6. Setelah itu, ambil lagi 4 buah pola melengkung yang lain dan strapless sampai selesai.  Pylox pelepah pisang sesuai dengan warna bunga yang diinginkan.
  7. Untuk membuat bunga menjadi lebih indah dan menarik, Anda boleh memberikan tambahan beberapa tangkai bunga dari daun kering di dalam pot.

2. Tas dari Pelepah Pisang

Bunga dari Pelepah Pisang

Kerajinan dari pelepah pisang yang tidak kalah menarik serta bernilai jual ialah dengan membentuknya menjadi kerajinan tas yang cantik.

Selain itu, proses membuat tas dari pelepah pisang pun memerlukan tingkat kesabaran dan ketelatenan yang cukup tinggi.

Alat dan Bahan:

  1. Benang Kasur
  2. Pisau
  3. Pelepah pisang
  4. Cat pernis
  5. Warna untuk finishing

Cara Pembuatannya:

  1. Pertama Anda harus lakukan proses pengeringan pelepah pisang terlebih dahulu. Biasanya pelepah pisang harus dikeringkan selama kurang lebih 7 sampai 10 hari.
  2. Itu makanya tadi dijelaskan bahwa proses pembuatan tas membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi. Tujuan Anda mengeringkan pelepah pisang ialah agar menghilangkan kandungan airnya.
  3. Kemudian pembuatan rajutan. Bahan untuk merajutkan pastinya dengan menggunakan pelepah pisang yang sudah Anda keringkan. Agar tas menjadi kuat dan tidak mudah rusak, Anda bisa mengelem serat pelepah pisang dan mengikatnya menggunakan benang kasur.
  4. Langkah terakhir ialah proses mempercantik kerajinan tas dari pelepah pisang. Anda hanya tinggal memberikan warna sesuai dengan keinginan Anda. Berarti, sebelum Anda membuat tas harus dipastikan Anda telah mengetahui warna tas Anda akan dibuat seperti apa.

3. Lukisan dari Pelepah Pisang

Contoh kerajinan dari pelepah pisang yang selanjutnya adalah sebuah lukisan. Lukisan yang memanfaatkan pelepah pisang sebagai bahan utama pastinya mempunyai nilai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan lukisan lainnya.

Alat dan Bahan:

  1. Triplek
  2. Pelepah pisang yang telah kering
  3. Frame
  4. Gunting
  5. Cat bening
  6. Lem dan lain sebagainya.

Cara Pembuatannya:

  1. Pertama yang harus Anda lakukan ialah menggambar polanya terlebih dahulu. Sesuaikan dengan pola apa saja yang mau Anda gambar. Anda dapat menggambar lukisan dengan nuansa pedesaan atau juga perairan seperti membuat kapal layar.
  2. Jika sudah, yang harus Anda lakukan selanjutnya ialah dengan merekatkan pelepah pisang sesuai dengan pola yang Anda gambar sebelumnya. Sebelum itu, Anda harus menggunting pelepah pisangnya terlebih dahulu, baru Anda bisa menempelkannya.
  3. Selanjutnya Anda olesi menggunakan cat bening yang sudah disiapkan. Pastikan Anda mengecatnya dengan rapi sesuai pada pola.
  4. Terakhir, Anda tinggal memasang frame agar lukisan Anda terlihat semakin cantik dan menarik.

4. Sandal dari Pelepah Pisang

Sandal dari Pelepah Pisang

Ternyata juga bisa membuat sandal Anda sendiri yang malah mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan sandal-sandal lainnya.

Karena sandal mahal bukan berarti sandal itu memang benar-benar di atas semua sandal termasuk sendal yang akan Anda buat sekarang.

Sebenarnya dalam proses pembuatan sandal dari pelepah pisang ini tidak jauh berbeda ketika Anda membuat tas. Hanya yang membedakan dari keduanya ialah dari segi anyaman.

Bahan dan alat yang digunakan pun boleh dikatakan sama walaupun nantinya ide kreatif Anda masing-masing yang menjadi ukuran, mau dijadikan seperti apa sandal Anda tersebut.

Walaupun sandal yang Anda buat tidak bermerek, akan tetapi dengan kerajinan tangan yang Anda buat sendiri pastinya akan memberikan kepuasan tersendiri.

5. Tempat Tisu dari Pelepah Pisang

Tempat Tisu dari Pelepah Pisang

Mungkin Anda seringkali menjumpai tempat tisu seperti di restoran, depot, atau ditempat lainnya. Tempat tisu sendiri sudah banyak yang menjualnya baik dari bahan kayu atau juga plastik.

Nah, disinilah kesempatan bagi Anda. Karena Anda bisa membuat tempat tisu menggunakan bahan dari pelepah pisang.

Alat dan Bahan:

  1. Kardus bekas
  2. Biji-bijian
  3. Lem kayu
  4. Dedaunan
  5. Pelepah Pisang

Cara Pembuatannya:

  1. Langkah awal yang harus Anda lakukan ialah menyayat pelepah pisang. Untuk sayatannya juga harus tipis, jadi cara pertama ini akan membutuhkan kehati-hatian agar tidak sampai terjadi kesalahan.
  2. Kemudian jika pelepah pisang sudah Anda sayat, maka pelepah pisang harus dikeringkan. Pastikan benar-benar kering agar tidak ada air yang tersisa di dalam pelepah pisang tersebut.
  3. Setelah itu, silahkan Anda rekatkan pelepah pisang ke kardus bekas.
  4. Nah, tempat tisu Anda sudah bisa dipamerkan. Anda bisa meletakkannya di ruang tamu, ruang keluarga, atau juga Anda ingin meletakkannya di kamar tidur Anda.

6. Kotak Pensil dari Pelepah Pisang

Kotak Pensil dari Pelepah Pisang

Untuk Anda yang memiliki banyak peralatan menulis yang berantakan tidak usah khawatir, karena Anda bisa menggunakan pelepah pisang sebagai bahan untuk membuat tempat pensil.

Alat dan Bahan:

  1. Biji-bijian
  2. Gunting
  3. Lem
  4. Kertas karton
  5. Dan lainnya.

Cara Pembuatannya:

  1. Pertama Anda harus bentuk kertas karton menjadi bentuk tempat pensil sesuai dengan keinginan. Biasanya tempat pensil ini dibuat dengan berbentuk tabung. Berarti, Anda harus membentuk karton menjadi seperti tabung.
  2. Selanjutnya Anda wajib menempelkan pelepah pisang pada tabung kertas karton yang sudah Anda bentuk.
  3. Untuk mempercantik tampilannya, Anda boleh memberikan tambahan biji-bijian dan tempelkan secara rapi.
  4. Akhirnya, tempat pensil Anda sudah dapat dipamerkan.

7. Dompet dari Pelepah Pisang

Bagi ibu-ibu atau remaja putri yang kreatif dan suka dengan hal yang unik dan peduli lingkungan sekitar.

Dompet dari pelepah pisang ini bisa dijadikan salah satu alternatif dalam membuat kerajinan.

Alat dan Bahan:

  1. Gunting
  2. Spidol
  3. Meteran
  4. Penggaris
  5. Pisau
  6. Jarum renda
  7. Pelepah pisang yang sudah kering di pohon
  8. Dalaman dompet yang sudah jadi
  9. Lem Fox
  10. Benang nilon
  11. Pernis kayu dengan media air.

Cara Pembuatannya:

  1. Pertama Anda belah pelepah pisang menggunakan pisau, sehingga terdapat dua bagian antara luar dan dalam.
  2. Lalu rapikan dengan menggunakan pisau atau sikat cucian.
  3. Setelah itu, siapkan dalaman dompet yang sudah jadi tadi.
  4. Selanjutnya Anda harus ukur lebar dan panjang dompet tersebut untuk menentukan ukuran pelepah pisang yang akan digunakan sebagai dompet.
  5. Setelah itu, potong pelepah pisang tersebut sesuai dengan ukuran dompet
  6. Lalu rekatkan pelepah pisang dengan dompet taid menggunakan lem yang sudah disiapkan
  7. Untuk sebagai pemanis, pada bagian pinggir dompet ditempelkan list yang terbuat dari rajutan benang nilon.
  8. Kemudian biarkan sampai melekat selama beberapa jam lalu tahap terakhir dipernis dan biarkan pernis tersebut selama beberapa jam supaya kering.
  9. Setelah kering, dompet dari pelepah pisang pun sudah siap untuk digunakan.

Manfaat Pelepah Pisang Dijadikan Benda Kerajinan

Membuat kerajinan dari pelepah pisang, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat yang menguntungkan.

Berikut ini beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika membuat kerajinan dari pelepah pisang.

  • Melatih kesabaran
  • Bisa menghemat
  • Sebagai ladang bisnis
  • Mengisi kekosongan waktu
  • Bisa membangun rasa percaya diri
  • Bisa Melatih kreativitas seseorang
  • Dapat Melatih kemampuan motorik anak
  • Mengajarkan anak untuk mengikuti instruksi.

Hambatan Usaha Kerajinan Pelepah Pisang

Selain beberapa kemudahan yang sudah dijabarkan diatas, dalam membuat kerajinan dari pelepah pisang juga mengalami beberapa hambatan, diantaranya ialah.

  • Tingkat persaingan pasar yang berkembang pesat
  • Proses pengeringan yang memakan waktu lama
  • Warna yang dihasilkan akan berbeda jika proses pengeringan dipercepat

Akhir Kata

Pelepah Pisang merupakan jenis bahan yang sudah disediakan di alam, dengan begitu kita harus pintar memanfaatkannya menjadi sebuah benda yang dapat berguna.

Membuat kerajinan dari pelepah pisang juga akan mengasah skill tangan kita dalam membuat kerajinan. Maka dari itu, kerajinan dari pelepah pisang ini sangat cocok untuk kamu coba dirumah.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan dari pelepah pisang ini dijelaskan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai kerajinan.

Source:

  • https://genemil.com/kerajinan-dari-pelepah-pisang/
2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like