Kerajinan dari Plastisin

Kerajinan Plastisin

Plastisin merupakan bahan permodelan yang hampir mirip dengan dempul yang terbuat dari garam kalsium, asam alifatik, dan petroleum jelly. Nah ternyata plastisin bisa dibuat menjadi sebuah kerajinan. Kerajinan dari plastisin ini tidak kalah unik dan menarik dari kerajinan bahan lainnya.

Bentuknya yang elastis membuat plastisin ini mudah dibentuk menjadi berbagai macam benda seperti, hewan atau benda-benda lainnya.

Berikut ini beberapa kerajinan dari plastisin yang bisa kamu buat dengan mudah dirumah.

Apa Itu Plastisin ?

Apa Itu Plastisin

Melihat bentuknya mungkin kita tau mana yang disebut plastisin. Namun apakah kamu tau pengertian dari plastisin itu sendiri ? Plastisin adalah sebuah adonan yang digunakan sebagai pengganti tanah liat, dan ditemukan oleh William Harbutt seorang guru seni asal Inggris yang mencari alternatif bahan sebagai penunjang kreatifitas para muridnya.

Berbeda dengan tanah liat yang mudah mengeras dan banyak kotoran, plastisin lebih bersih dan didesain agar tidak mudah mengeras karena berbentuk adonan dan didalamnya juga mengandung lilin.

Sifatnya yang lunak, plastisin dapat melatih motorik anak-anak dan sangat cocok dengan jari-jari kecil mereka. Bukan hanya itu karena sifat lunaknya sehingga plastisin akan memancing daya berpikir anak agar bisa menciptakan bentuk-bentuk baru sesuai dengan kekuatan daya imajinasi mereka.

Cara Membuat Plastisin

Sebenarnya plastisin ini sangat banyak dijual di pasar atau tempat-tempat yang menjual banyak mainan anak, dan harganya pun masih terjangkau. Bahkan plastisin juga dijual oleh para penjual mainan anak-anak yang biasa menjajakan jualannya di depan sekolah-sekolah.

Namun untuk menghemat biaya dan sebab lainnya, kamu bisa saja membuat plastisin sendiri dirumah. Bahan yang digunakan pun cukup mudah ditemukan seperti, air, tepung, garam, minyak goreng, dan pewarna makanan.

Nah berikut ini merupakan cara membuat plastisin dengan mudah dan tidak kalah dengan plastisin hasil buatan pabrik.

Pertama kamu harus siapkan air satu gelas, setelah itu beri tambahan pewarna makanan untuk memberi warna dan mempercantik plastisin. Kemudian masukkan 4 gelas tepung dan 1,5 gelas garam kedalam campuran air tadi. Lalu masukkan kurang lebih 5 sendok minyak goreng ke dalam adonan.

Setelah adonan disatukan semua, baru kamu remas-remas dan uleni adonan hingga terasa lembut dan kelembabannya sesuai dengan keinginan. Dan apabila pada proses menguleni adonan menjadi kering, maka kamu harus tambahkan minyak hingga adonan tersebut tidak kering lagi.

Tips Membuat Playdough

Jika kamu ingin menyimpan permainan plastisin setelah selesai digunakan, maka plastisin harus dibungkus ke dalam kantong Ziplock atau wadah yang berbahan plastik, supaya plastisin tersebut tidak mengering. Kamu juga bisa menyimpannya ke dalam lemari es untuk membuatnya lebih awet. Biasanya plastisin ini bertahan selama 3 sampai 7 hari ketika kamu simpan pada lemari es.

Kamu tidak boleh meremehkan fungsi garam, garam yang ditambahkan ke dalam adonan inilah yang memiliki fungsi sebagai pengikat air, maka dari itu tekstur yang kenyal dan kelembaban pada adonan bisa bertahan lebih lama.

Untuk minyak goreng pun kamu dapat menggantinya dengan minyak bayi (baby oil) yang mempunyai aroma lebih wangi.

Contoh Seni Kerajinan dari Plastisin

Teksturnya yang lunak dan dapat dibentuk apa saja ini bisa membuat plastisin menjadi kerajinan yang unik dan menarik. Kerajinan dari plastisin juga mempunyai nilai jual yang tinggi dan sangat cocok sebagai ladang usaha.

Selain itu kerajinan dari plastisin juga akan terlihat cantik apabila di gunakan sebagai pajangan dirumah. Bentuk dari kerajinannya juga bermacam-macam, mulai dari hewan, tumbuhan, dan benda lainnya.

Berikut ini beberapa kerajinan dari plastisin yang mudah dibuat di rumah dan bisa dijadikan usaha karena mempunyai nilai jual yang tinggi.

1. Kerajinan dari Plastisin Berbentuk Hewan Gajah

Kerajinan dari Plastisin Berbentuk Hewan Gajah

Kerajinan dari Plastisin Berbentuk Hewan Gajah

Jika kamu ingin membuat kerajinan dengan bentuk gajah, maka kamu harus membuat banyak plastisin berwarna hitam, putih atau krem dan abu-abu. Plastisin hitam digunakan untuk membuat matanya, putih untuk membuat bagian gading, dan abu-abu untuk bagian tubuh gajah.

Pertama kamu ambil sepotong plastisin berwarna hitam dan buatlah bola mata dari plastisin tersebut. Buatlah sedikit agak memanjang.

Kemudian kamu buat bola, sebanyak empat buah untuk kakinya, dua untuk telinga dan satunya untuk belalainya. Dan jangan lupa buat sosis tipis kecil untuk bagian ekor gajah.

Dan jangan lupa untuk membuat badan gajah menggunakan plastisin berwarna abu-abu sedikit agak besar dari yang lainnya.

Setelah itu barulah tempelkan beberapa plastisin yang sudah dibuat tadi sesuai dengan posisinya masing-masing. Kemudian pijat secara pelan-pelan sampai berbentuk bagian-bagian tubuh dari gajah. Dan kerajinan dari plastisin berbentuk gajah sudah siap untuk dijadikan pajangan.

2. Kerajinan dari Plastisin Miniatur Buah

Miniatur Buah dari plastisin  

Biasanya diruang tamu beberapa rumah seringkali pemilik rumah memberikan hiasan berupa buah berbahan plastik sebagai hiasannya. Nah, ternyata plastisin juga bisa dijadikan hiasan miniatur buah sebagai pajangan di ruang tamu rumah.

4. Kerajinan Kue dari Plastisin

Kue dari Plastisin

Ketika anak berulang tahun tentu biasanya akan menyajikan sebuah kue tart atau roti sebagai hidangannya. Nah menampilkan replika kue tart juga tidak ada salahnya bukan ? Tapi kue tart yang ini tidak bisa dimakan, hanya sebagai dekorasi dan hiasan  untuk menambah keindahan pesta.

5. Patung Hewan dari Plastisin

Patung Hewan dari Plastisin

Patung dari plastisin juga tidak kalah indah apabila ditampilkan sebagai pajangan di ruang tamu atau ruang kamar di rumah. Ukuran dari patung plastisin juga bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah.

6. Kerajinan dari Plastisin Manusia Salju

Manusia Salju

Bagi yang akan merayakan hari Natal pasti memberikan hiasan berupa manusia salju diantara pohon Natal untuk memberikan kesan indah. Jika biasanya manusia salju ini dibuat menggunakan bahan plastik, namun kali ini kamu bisa memilih manusia salju dari kerajinan plastisin yang unik dan menarik.

7. Tempat Lilin dari Plastisin

Tempat Lilin dari Plastisin Tempat Lilin dari Plastisin

Kalau kamu suka menggunakan lilin di tempat kamar tidurmu seperti lilin wangi. Tentu saja membutuhkan tempat sebagai wadah untuk lilin. Tentu saja sebagai tempat meletakkan lilin dapat menggunakan bahan dari plastisin yang dapat dibentuk sedemikian rupa seperti bunga atau lainnya.

8. Pot Bunga dari Plastisin

Pot Bunga dari Plastisin

Pot bunga dari plastisin juga merupakan salah satu kerajinan dari plastisin yang cocok untuk dijadikan dekorasi rumah. Hiasan ini sangat pantas dan manis apabila diletakkan diatas meja tamu untuk memberikan unsur asri area ruangan.

9. Mainan Handphone dari Plastisin

Mainan Handphone dari Plastisin  

Mungkin ini salah satu jenis kerajinan plastisin yang mudah untuk dibuat. Bahkan anak-anak juga bisa membuatnya hanya dengan plastisin yang sudah ada.

Kamu tinggal hanya memberikan edukasi dan contohnya, setelahnya biarkan anak-anak berkreasi sendiri untuk membuat handphone dari plastisin.

Jenis Permainan dari Plastisin

Selain sebagai media kerajinan, plastisin juga bisa dijadikan sebagai media belajar untuk anak-anak. Berikut ini beberapa jenis permainan sebagai media media belajar yang cocok untuk anak dari bahan plastisin.

Belajar Bangun Datar

contoh permainan plastisin bangun datar

Ajarkan kepada anak-anak Anda bahwa mereka itu akan bermain dan membuat beragam bentuk menggunakan lilin plastisin sebagai bahannya. Awali pembelajaran dari bentuk yang paling sederhana dulu, seperti membuat sebuah lingkaran.

Tidak hanya membuat sebuah lingkaran, pola lain juga bisa digunakan seperti membuat bentuk segi empat kemudian menyambungkannya dengan barang-barang yang ada di sekitar mereka.

Mengenal Huruf dan Angka

Contoh permainan plastisin huruf

Kemudian ajarkan kepada anak-anak juga untuk belajar mengenal huruf dan angka menggunakan plastisin.

Ambilah selembar kertas dan kemudian gambar beberapa angka sebagai contoh untuk anak-anak. Lalu kalian ajarkan anak-anak untuk membentuk lilin sama seperti gambar yang telah dibuat.

Lakukan hal tersebut sampai anak bisa dengan mandiri membuat tanpa ada gambar. Hal tersebut wajib dilakukan ketika suasana anak sedang ceria, dan jangan pernah memaksa anak, karena anak tersebut akan cepat bosan dengan permainan yang diulang-ulang.

Mengenal Hewan

contoh permainan hewan plastisin

Minta kepada sang anak agar menyebutkan nama hewan dan usahakan hewan yang mereka sukai serta mudah untuk dibentuk.

Kemudian ajarkan kepada sang anak untuk bermain dan membentuk hewan yang diinginkan dengan menggunakan lilin plastisin. Biarkan dia berimajinasi dengan membentuk hewan yang dia sukai.

Cara Menyimpan Plastisin

Cara Menyimpan Plastisin

Terkadang seringkali plastisin yang kita buat ini mengalami kekeringan. Nah itu akan terjadi apabila kamu tidak menyimpan plastisin dengan baik.

Cara menyimpan plastisin yang baik ialah menyimpannya disuhu yang lembab dan terhindar dari matahari.

Plastisin tidak akan bisa digunakan apabila kering dan kaku, maka dari itu kamu harus selalu menjaga kelembabannya agar bisa selalu dipakai.

Apakah Plastisin Berbahaya ?

Tentu saja sebagai anak-anak mereka akan memasukkan apa saja kedalam mulutnya, begitu juga terkadang plastisin. Namun apakah plastisin ini berbahaya untuk si anak ?

Mengutip dari Very Well, ini tergantung dengan produk plastisin mainan yang digunakan. Beberapa lilin mainan yang beredar di pasaran tidak beracun dan sudah mempunyai sertifikat internasional.

Namun ada saja produk yang masih menggunakan bahan berbahaya dalam pembuatannya. Maka dari itu sebelum memberikannya kepada si anak, kita sebagai orangtua harus terlebih dahulu paham dan mengenali jenis dan bahan apa yang terkandung dalam plastisin tersebut.

Akhir Kata

Plastisin merupakan bahan yang sangat cocok untuk dimainkan anak-anak. Kerajinan dari plastisin ini juga mempunyai nilai jual yang tinggi apabila dibuat dengan mendahulukan unsur estetika.

Namun ternyata beberapa jenis dari lilin mainan ini juga berbahaya bagi tubuh karena mengandung bahan-bahan kimia. Maka dari itu tetap berhati-hati dalam membuat kerajinan dari plastisin dan mengajarkan sesuatu kepada anak menggunakan bahan ini.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan dari plastisin, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai hal ini.

Source:

  • https://bukabukumu.com/kerajinan-dari-plastisin/
  • https://dokupaid.blogspot.com/2019/08/pengertian-plastisin-fungsi-jenis-dan.html
  • https://ingatallah.com/kerajinan-dari-plastisin/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *