Kerajinan dari Tanah Liat

Tanah liat merupakan jenis bahan yang sangat mudah ditemukan karena keberadaannya di alam. Sudah tidak diragukan lagi, tanah liat ini bisa dijadikan sebuah benda kerajinan yang unik dan menarik. Kerajinan dari tanah liat ini juga sangat digemari oleh masyarakat, baik lokal maupun mancanegara.

Maka dari itu banyak sekali pengrajin lokal tanah liat yang mengekspor hasil kerajinannya ke luar negeri.

Kerajinan yang dibuat juga bisa menjadi beberapa bentuk seperti kerajinan untuk keperluan dapur sampai kerajinan yang difungsikan untuk menghias ruangan rumah.

Pada artikel ini kita akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan kerajinan dari tanah liat yang bisa dijadikan referensi dalam membuat kerajinan tangan.

Berikut ini beberapa penjelasan dan contoh kerajinan dari tanah liat.

Manfaat Tanah Liat

Tanah liat merupakan jenis bahan kerajinan yang berasal dari alam. Maka dari itu, jenis kerajinan ini sangat digemari oleh masyarakat banyak. Walaupun proses pembuatannya sedikit agak lama, namun banyak sekali pengrajin yang membuat kerajinan dari tanah liat.

Selain itu, tanah liat juga mempunyai beberapa manfaat bagi kehidupan manusia. Berikut ini manfaat yang ada dari tanah liat.

Untuk Kesehatan

Tanah Liat Untuk Kesehatan

Ternyata tanah liat bisa kamu gunakan sebagai produk kecantikan, biasanya tanah liat digunakan untuk penyembuhan sakit perut karena tanah liat ini mengandung zat sponge yang dapat menyerap racun yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, tanah liat juga biasa digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada luka. Karena tanah liat juga mengandung zat zink dan juga zat besi, yang bisa menyembuhkan luka.

Sebagai Bahan Bangunan

Tanah Liat Sebagai Bahan Bangunan

Bukan rahasia lagi bahwa tanah liat ini sering sekali digunakan sebagai bahan untuk bangunan. Beberapa contoh seperti genteng, bata, keramik merupakan bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat.

Untuk Kecantikan

Tanah Liat Untuk Kecantikan

Ada salah satu daerah, tanah lait dijadikan sebagai bahan kecantikan, karena tanah liat dipercaya bisa mengencangkan dan memuluskan kulit.

Contoh Kerajinan dari Tanah Liat

Berikut ini beberapa kerajinan dari tanah liat yang tersebar di masyarakat.

1. Alat Makan Unik

Kerajinan pertama ialah alat makan. Alat makan seperti piring, gelas, sendok, atau garpu merupakan jenis kerajinan dari tanah liat berupa alat makan.

Walaupun di era modern ini sudah jarang ditemukan alat makan dari tanah liat ini, namun para pengrajin tanah liat ini banyak yang membuat kerajinan seperti ini.

Maka dari itu bagi kalian yang ingin dirumahnya mempunyai alat makan dari tanah liat ini kalian bisa memesannya di tempat yang mengerjakan kerajinan dari tanah liat.

Ataupun bagi kalian yang suka dengan kerajinan, kalian bisa membuatnya sendiri dirumah. Kalian hanya membutuhkan tanah liat basah dan kalian bisa bentuk sendiri alat makan yang kalian butuhkan.

Sendok dari Tanah Liat Gelas dari Tanah Liat Piring Cantik dari Tanah Liat

2. Bunga

Kerajinan selanjutnya ialah berbentuk bunga, bagi kamu yang suka dengan keindahan bunga kamu bisa coba bunga yang terbuat dari tanah liat ini. Kamu bisa lho membuatnya dirumah.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah siapkan alat dan juga bahan yang akan digunakan, kemudian buat beberapa kepingan tipis dari tanah liat, lalu keringkan.

Setelah itu gulung kepingan tanah liat tadi hingga membentuk bunga mawar, dan terakhir cat dengan warna yang kamu inginkan agar lebih menarik.

Kerajinan dari Tanah Liat Bunga dari Tanah Liat Hiasan Bunga dari Tanah Liat

3. Vas Bunga

Vas bunga dari tanah liat sampai saat ini masih banyak digunakan oleh masyarakat. Karena bentuk vas bung ini yang unik dan memberikan kesan yang natural. Selain itu, vas bunga dari tanah liat ini juga banyak sekali dijual dipasaran dengan harga yang lumayan murah.

Bukan hanya masyarakat dalam negeri yang menyukai dan mengkoleksi vas bunga dari tanah liat ini. Wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pun sangat banyak menjadikan vas bunga ini sebagai oleh-oleh. Karena itu lah keberadaan vas bunga dari tanah liat ini harus selalu dilestarikan.

Contoh Vas Bunga dari Tanah Liat Kerajinan Vas Bunga dari Tanah Liat Vas Bunga dari Tanah Liat

4. Celengan

Celengan dari tanah liat juga lumayan banyak menarik perhatian orang-orang, apalagi anak kecil. Karena sekarang ini banyak celengan dari tanah liat sudah disesuaikan dengan kartun kesukaan para anak-anak.

Celengan dari Tanah Liat Celengan bentuk Babi dari Tanah Liat Celengan Doraemon dari Tanah Liat

5. Asbak

Asbak merupakan sebuah tempat yang difungsikan untuk membuang abu rokok. Biasanya asbak ini terbuat dari kaca atau plastik, namun asbak dari tanah liat juga bisa kamu jadikan sebagai kerajinan yang harus ada di rumah mu.

Maka dari itu banyak sekali pengrajin tanah liat yang membuat asbak jenis ini. Bentuknya juga bermacam-macam, ada yang berbentuk lingkaran, persegi dan lainnya.

Supaya lebih enak lagi, kamu bisa membuatnya sendiri dirumah. Karena bahan yang kamu butuhkan hanyalah tanah liat yang mudah ditemukan dimana saja.

Kerajinan Asbak Lucu dari Tanah Liat Kerajinan Asbak dari Tanah Liat Asbak Lucu bentuk Ikan dari Tanah Liat

6. Teko atau Kendi

Nah kerajinan dari tanah liat selanjutnya ini merupakan jenis kerajinan yang mempunyai nilai keindahan yang luar biasa. Selain difungsikan sebagai tempat menaruh air, teko atau kendi ini juga bisa dijadikan sebuah dekorasi rumah.

Teko dari Tanah LiatTeko atau Kendi dari Tanah Liat Kendi dari Tanah Liat Teko Unik dari Tanah Liat

7. Tungku Pembakaran

Dahulunya tungku pembakaran dari tanah liat merupakan satu-satunya alat yang dipakai untuk memasak oleh orang-orang pada zaman dulu.

Tungku ini dimanfaatkan sebagai kompor tradisional yang bahan bakarnya berasal dari kayu bakar. Dan karena semakin majunya teknologi saat ini, kompor tungku dari tanah liat ini mulai ditinggalkan.

Tungku Pembakaran Tanah Liat Tungku Pembakaran dari Tanah Liat Tungku Pembakaran Unik dari Tanah Liat

8. Gentong

Gentong hasil kerajinan tanah liat ini dulunya banyak dipakai sebagai wadah untuk menampung air. Namun untuk saat ini gentong-gentong tersebut lebih banyak digunakan sebagai hiasan pada air mancur.

Selain itu, seringkali juga digunakan sebagai tempat menanam tanaman yang hidup. Gentong tanah liat ini sering digunakan diluar lingkungan dari dulu sampai saat ini.

Kerajinan Gentong dari Tanah Liat Gentong dari Tanah Liat Gentong Unik dari Tanah Liat

9. Miniatur Hewan

Miniatur-miniatur berbentuk hewan kecil ini juga tidak kalah keren dengan bentuk kerajinan lainnya. Bentuknya yang kecil dan lucu, membuatnya sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

Selain itu, bentuk yang dijadikan miniatur hewan ini juga beraneka ragam. Mulai dari jerapah, gajah, harimau sampai monyet, maka dari itu tidak heran kalau miniatur kerajinan tanah liat ini cukup diminati oleh masyarakat.Hewan Ikan dari Tanah Liat Badak Dari Tanah Liat Hewan Monyet dari Tanah Liat Miniatur Hewan Gajah dari Tanah Liat

10. Ukiran Timbul

Alternatif kerajinan tanah liat selanjutnya yang bisa digunakan untuk memperindah hunian adalah ukiran timbul dinding yang terbuat dari tanah liat. Mempunyai warna dan tekstur yang khas, kerajinan tanah liat satu ini bisa digunakan untuk menghiasi lukisan untuk mengisi sisi ruangan yang masih kosong.

Kerajinan Ukiran Timbul dari Tanah Liat

11. Patung

Alternatif kerajinan tanah liat lain untuk dekorasi ruangan ialah patung atau pajangan karakter dari tanah liat. Mulai dari patung dengan bentuk abstrak yang artistik sampai patung tanah liat sederhana dengan bentuk hewan atau juga tumbuhan bisa dijadikan pilihan yang menarik untuk menghiasi interior ruangan.

Kerajinan Patung Manusia dari Tanah Liat Kerajinan Patung Keren dari Tanah Liat Kerajinan Patung dari Tanah Liat

12. Lampu Kebun

Tak hanya dijadikan interior ruangan, kerajinan dari tanah liat juga bisa digunakan untuk memperindah taman atau juga ruang luar rumahmu. Dekorasi lampu taman dari tanah liat ini bisa dijadikan inspirasi. Dengan warna khas dari tanah liat, kerajinan ini memberikan nuansa tradisional dan juga alami pada taman rumahmu.

Lampu Kebun dari Tanah Liat

13. Guci

Nah kerajinan yang terakhir ini sangat sering kita temukan di rumah-rumah. Walaupun sudah diwarnai dengan cat warna, kerajinan berupa guci ini sangat identik dengan tanah liat.

Ini juga merupakan jenis kerajinan yang dicari dan diminati oleh masyarakat dalam maupun luar negeri

Guci dari Tanah Liat Kerajinan Guci dari Tanah Liat

Akhir Kata

Tanah liat merupakan jenis bahan alami yang sangat cocok dijadikan sebagai sebuah kerajinan. Bentuknya yang elastis saat basah dan kuat ketika kering, menjadikan tanah liat ini merupakan jenis bahan yang dicari oleh para pembuat kerajinan.

Selain sebagai benda kerajinan, beberapa benda yang terbuat dari tanah liat juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan kita sehari-hari.

Demikian artikel penjelasan mengenai kerajinan dari tanah liat, semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua. Serta jangan lupa untuk mencobanya dirumah ya.

Tinggalkan komentar