Kerajinan Flour Clay

Membahas mengenai kreatifitas, difikiran kita akan muncul sebuah kerajinan yang unik dan menarik. Nah kerajinan ini sangat banyak sekali jenis dan bahan dasar pembuatan kerajinan tersebut, salah satunya kerajinan flour clay.

Flour clay merupakan sejenis bahan tepung yang dijadikan menjadi adonan. Adonan tersebut dibuat sedemikian rupa sampai kalis dan lunak sehingga mudah dibentuk.

Flour clay lebih banyak digunakan untuk kegiatan pengisi waktu luang di rumah, karena bahannya pun berasal dari rumah, yakni bahan yang biasa digunakan untuk mengolah makanan sehari-hari.

Nah kerajinan flour clay juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan kerajinan flour clay dan akan dijabarkan pula beberapa contoh kerajinan flour clay ini.

Pengertian Flour Clay

Pengertian Flour Clay

Flour clay merupakan sebuah bahan yang terbuat dari tepung dan beberapa campuran bahan lainnya seperti tepung terigu, tepung tapiokan, tepung beras, lem putih, dan pewarna.

Kamu juga bisa menambahkan aroma-aroma agar flour clay yang dibuat mempunyai wangi yang enak.

Cara Membuat Flour Clay

Cara Membuat Flour Clay

Kamu juga bisa membuat flour clay dirumah. Bahan yang ada juga mudah untuk didapatkan, karena bahan-bahan tersebut merupakan bahan yang sering dipakai sehari-hari.

Berikut ini cara membuat flour clay dari tepung terigu yang mudah.

Bahan :

  1. 80gr Tepung Terigu
  2. 80gr Tepung Tapioka / Tepung Kanji
  3. 80gr Tepung Beras
  4. 200gr Lem Putih / Lem Kayu

Langkah :

  1. Campurkan tepung terigu dan lem putih, kemudian uleni sampai tercampur rata.
  2. Setelah membentuk adonan, bagi menjadi beberapa bagian.
  3. Warnai semua bagian dengan warna yang berbeda, kamu bisa gunakan tusuk gigi dan cat warna lalu oleskan pada adonan tadi.
  4. Pijat-pijat adonan hingga cat tercampur rata.
  5. Setelah diwarnai, adonan clay pun siap untuk digunakan.

Contoh Kerajinan Flour Clay yang Unik

Yang sudah dijelaskan diatas, flour clay merupakan salah satu jenis bahan yang bisa diolah kembali menjadi sebuah kerajinan yang lucu dan keren.

Berikut ini beberapa jenis kerajinan dari flour clay yang mudah dibuat dan tidak kalah keren dari kerajinan lainnya.

Kelinci

Teddy Bear yang Lucu

Dari bahan flour clay kamu bisa olah menjadi sebuah kerajinan yang lucu, salah satunya berbentuk teddy bear ini.

Dijadikan hiasan baik dikamar tidur maupun ruang tamu pasti akan membantu untuk mempercantik ruangan tersebut.

Panda

Panda merupakan salah satu hewan yang sangat lucu. Perpaduan antara warna hitam dan putih yang khas akan membuat kerajinan panda ini menjadi simple dan elegan.

Apalagi ditambah dengan aksesoris dasi hijau, topi, dan bunga, serta renda akan memberikan kesan yang menarik apalagi pada saat momen pernikahan.

Burung Imut

Ternyata burung yang dibuat dari bahan flour clay ini akan memberikan kesan yang imut. Pada proses pembuatannya juga tidak terlalu sulit.

Maka dari itu kerajinan ini sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai benda hiasan dirumahmu. Atau kamu juga bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis.

Burung Hantu Unik

Pola burung hantu ini akan terlihat sangat menawan. Apabila kamu ingin membuatnya, harus diperhatikan pada bagian bulunya karena agak sedikit rumit dan butuh kesabaran ekstra.

Namun setelah kamu membuatnya dan berhasil kamu akan puas dengan kerajinan flour clay yang satu ini.

Gajah

Gajah ialah hewan mamalia darat yang paling besar. Tapi kalau membuat kerajinan gajah dari bahan flour clay akan membuat gajah tersebut lucu dan menggemaskan.

Nah kamu juga bisa menambahkan pita atau hiasan lain agar kerajinan gajah ini terlihat lebih lucu.

Tanaman Kaktus

Siapa bilang kaktus itu tumbuhan menyeramkan ? Kaktus juga bisa dijadikan sebuah kerajinan yang unik dan imut apalagi dengan bahan flour clay ini.

Untuk membuatnya memang agak sulit, dibutuhkan kreativitas tinggi untuk membuatnya. Ini juga sekaligus menjadi tantangan bagi kamu untuk mencoba membuatnya.

Tanaman Kaktus

Aneka Kue

Nah selain itu kamu juga bisa membuat kerajinan aneka macam kue dari flour clay. Ketika kerajinan ini jadi, kamu harus bisa fokus membedakan antara kerajinan ini dengan kue beneran.

Tikus

Kerajinan yang satu ini juga bisa kamu jadikan referensi untuk membuat kerajinan, yaitu tikus yang lucu.

Tikus yang banyak orang tidak suka karena merasa jijik akan berbanding terbalik setelah melihat kerajinan flour clay yang satu ini.

Kuda Poni

Kerajinan berbentuk kuda poni ini merupakan jenis kerajinan tingkat tinggi, karena saat membuatnya kamu butuh kreatifitas yang tinggi untuk menghasilkan kerajinan ini.

Naga Keren

Yang ini juga sama dengan kuda poni, harus dengan kreatifitas tingkat tinggi untuk membuatnya menjadi kerajinan yang unik. Namun sulit bukan berarti tidak bisa, hanya dibutuhkan kesabaran untuk membuatnya.

Ayam Lucu

Mungkin bagi kamu yang tidak mau ribet bisa nih coba kerajinan flour clay yang satu ini. Ayam lucu dari flour clay ini dijamin cocok untuk menghiasi rumahmu.

Akhir Kata

Sebelum membuat kerajinan pastikan terlebih dahulu kamu paham dengan apa yang nanti akan kamu buat.

Hal itu akan membuat kerajinan yang kamu mendapatkan hasil yang maksimal dan berkualitas. Kesabaran juga menjadi salah satu alasan untuk mendapatkan kerajinan yang keren.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan flour clay ini dijelaskan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, serta bisa kamu coba dirumah. Selamat Mencoba!

Source:

  • https://rejekinomplok.net/kerajinan-tangan-dari-clay-tepung/#1_Sepasang_Teddy_Bear_Lucu
  • http://pdksmanis.blogspot.com/2015/11/clay-a.html

Tinggalkan komentar