Kerajinan Getah Nyatu

Kerajinan getah nyatu– Indonesia merupakan negara dengan Hutan tropis terbesar di dunia, salah satunya berada di Pulau Kalimantan.

Nah di hutan Kalimantan inilah banyak menyimpan beragam jenis pohon. Salah satunya ialah pohon nyatu, getah dari pohon nyatu ini bisa dijadikan sebuah kerajinan yang unik.

Kerajinan getah nyatu namanya, sebuah kerajinan khas daerah Kalimantan yang sudah terkenal dunia.

Kerajinan khas Kalimantan khususnya daerah Kabupaten Kapuas ini semat terkenal dan populer di sekitar tahun 1980-an. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kalimantan tidak membeli kerajinan getah nyatu ini.

Pohon nyatu merupakan jenis pohon yang dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan kerajinan getah nyatu.

Pohon ini sangat mudah dijumpai dan mudah untuk di kembangbiakkan. Hanya dalam enam bulan saja, pohon ini sudah bisa mencapai 8 meter dan bisa untuk diambil getahnya.

Nah berikut ini akan dijelaskan beberapa hal mengenai kerajinan getah nyatu dan pada artikel ini juga akan dijelaskan beberapa contoh kerajinan getah nyatu.

Pengertian Getah Nyatu

Pengertian Getah Nyatu

Getah nyatu merupakan salah satu jenis bahan untuk membuat kerajinan yang berasal dari pohon nyatu.

Jenis pohon yang berasal dari daerah Kalimantan sering dijadikan warga sebagai bahan kelangsungan hidupnya, terutama daerah Kabupaten Kapuas.

Nah salah satunya ialah dijadikan warga sebagai benda kerajinan yang unik dan menarik. Bahkan pernah menjadi kerajinan populer di Indonesia.

Contoh Kerajinan Getah Nyatu

Berikut ini beberapa jenis contoh kerajinan getah nyatu yang keren dan unik.

1. Perahu Naga

Kerajinan pertama dari getah nyatu ialah perahu naga. Kerajinan ini sangat terkenal dan populer sekali di kalangan masyarakat Indonesia.

Kerajinan ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu sangat pas dijadikan hiasan dan diletakkan di ruang tamu.

Perahu Naga

2. Replika Prajurit Dayak

Getah nyatu yang merupakan jenis bahan khas dari Kalimantan ini juga dimanfaatkan oleh para masyarakat Kalimantan untuk dijadikan kerajinan berupa replika prajurit dayak.

Kerajinan ini akan menambah kesan elegan jika dijadikan hiasan dirumah kamu.

3. Perahu Upacara Adat

Getah nyatu juga sering sekali dibuat sebagai perahu untuk melaksanakan upacara adat tiwah, yaitu upacara untuk mengantarkan tulan-tulang orang yang sudah meninggal.

Manfaat Getah Nyatu Dijadikan Kerajinan

Manfaat Getah Nyatu Dijadikan Kerajinan

Selain cocok untuk dijadikan sebagai benda kerajinan, getah nyatu juga mempunyai manfaat apabila dijadikan sebuah kerajinan.

Berikut ini manfaat yang ada pada getah nyatu apabila dijadikan sebagai kerajinan.

Warna Terang

Getah yang dihasilkan dari pohon nyatu ini mempunyai warna terang apabila dijadikan sebagai kerajinan.

Warna terang yang dihasilkan oleh getah nyatu ini sangat pas apabila dijadikan sebuah kerajinan. Maka dari itu hal inilah yang membuat kerajinan getah nyatu diminati oleh orang banyak.

Tingkat Kedetailan Tinggi

Selain warna terang, getah nyatu juga memberikan kedetailan tinggi pada kerajinan yang dibuat.

Kedetailan tinggi ini juga menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi pembeda antara kerajinan getah nyatu dengan kerajinan lainnya.

Bentuk Unik

Tekstur dari getah nyatu yang mudah dibentuk ini menjadikan getah nyatu akan terlihat unik ketika dijadikan sebagai benda kerajinan.

Melestarikan Alam

Nah ini juga menjadi manfaat yang ada ketika kamu membuat kerajinan dari getah nyatu. Pohon nyatu yang mudah berkembangbiak harus selalu dipotong untuk menjaga kestabilan pohon tersebut.

Harga Relatif Terjangkau

Selain warna terang, tingkat kedetailan tinggi, bentuk unik, dan melestarikan alam kerajinan getah nyatu ini juga mempunyai harga yang relatif terjangkau.

Cara Mengolah Getah Nyatu

Cara Mengolah Getah Nyatu

Nah getah yang dihasilkan oleh pohon nyatu ini tidak bisa langsung diolah menjadi benda kerajinan. Harus melewati beberapa proses terlebih dahulu agar bisa dijadikan sebuah kerajinan yang keren.

Berikut ini cara mengolah getah nyatu agar bisa di proses menjadi sebuah kerajinan.

Pertama harus pisahkan batang pohon yang sudah dipanen dengan kulitnya. Kemudian batang tadi direbus.

Untuk menghasilkan getah nyatu yang berkualitas, rebus getah nyatu sebanyak tiga kali. Perebusan pertama dilakukan dengan menambahkan minyak tanah, agar memisahkan batang dari getahnya.

Kemudian perebusan kedua dilakukan menggunakan air, untuk memisahkan getah nyatu dengan minyak tanah.

Nah perebusan terakhir ini bertujuan untuk menambahkan warna pada getah nyatu. Proses pewarnaannya juga dilakukan menggunakan bahan-bahan alami.

Nah setelah direbus sebanyak tiga kali, baru getah nyatu bisa dibentuk menjadi kerajinan apapun sesuai dengan keinginan

Akhir Kata

Dengan menjadikan pohon nyatu sebagai sebuah benda kerajinan yang keren, kamu bukan hanya mendapatkan sebuah kerajinan yang cocok untuk dijadikan sebagai pajangan.

Akan tetapi kamu juga akan ikut berpartisipasi dalam melestarikan alam Indonesia, dan bisa untuk dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan getah nyatu ini kami jelaskan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai kerajinan.

Source:

  • https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menyulap-getah-menjadi-kerajinan-yang-indah
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like