Kerajinan Kain Perca

Indonesia merupakan negara yang banyak masyarakatnya mempunyai skill dalam hal kreatifitas dan inovasi. Kain perca juga bisa dijadikan sebagai sebuah kerajinan yang keren. Kerajinan kain perca ini juga banyak sekali diminati oleh masyarakat mancanegara.

Maka dari banyak masyarakat Indonesia memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Selain itu, kerajinan kain perca ini juga bisa dijadikan sebagai alat bantu keperluan rumah tangga. Dan kelebihan lainnya ialah proses pembuatannya yang tidak terlalu sulit menjadikan kerajinan ini patut dijadikan referensi bagi kamu yang suka dengan kerajinan dari barang bekas.

Berikut ini beberapa kerajinan kain perca yang mudah dibuat dan beberapa penjelasan terkait dengan kerajinan kain perca.

Pengertian Kain Perca

Kerajinan Kain Perca

Kain perca ialah sebuah kain yang dihasilkan dari potongan-potongan kain besar. Kain perca ini terbentuk dari hasil sisa potongan kain yang besar tersebut.

Bahan kain perca juga bisa terbuat dari apa saja tergantung bahan kain besar yang digunakan untuk membuatnya.

Contoh Kerajinan Kain Perca

Berbagai macam kerajinan kain perca bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga, selain itu bisa juga digunakan sebagai benda hias dirumahmu. Berikut ini beberapa kerajinan kain perca yang mudah untuk dibuat tapi mempunyai kualitas yang bagus.

Bedcover

Salah satu kerajinan kain perca ialah bedcover atau selimut tidur. Seperti yang sudah kita ketahui, bedcover mempunyai harga yang cukup mahal karena bahan dan proses pembuatannya yang rumit dan sulit. Maka dari itu tidak semua orang mempunyai bedcover ini di kamar.

Tapi tidak perlu risau, kamu bisa memanfaatkan kain perca untuk membuat bedcover keren. Selain lebih menghemat biaya, kain perca ini juga mempunyai nilai seni yang tinggi dan akan membuat suasana kamar menjadi lebih cantik.

Bedcover dari Kain Parca

Hiasan Dinding

Kalau kamu punya kain perca dengan berbagai macam warna dan motif kamu bisa menyulapnya menjadi hiasan dinding yang keren. Setiap kita tentu saja bisa berkreasi membuat hiasan dinding yang kita inginkan. Pasti hal ini akan meningkatkan rasa kepuasan yang tidak ternilai.

Maka dari itu, kalau kamu punya kain perca bekas dengan berbagai macam warna dan motif, jangan kamu buang karena bisa dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan yang unik dan menarik.

Hiasan Dinding dari kain perca Hiasan Dinding dari kain perca

Gorden

Membuat kerajinan ini tentunya akan menyenangkan dan memuaskan karena hasil yang didapatkan merupakan dari usaha dan kerja keras sendiri. Selain itu, kamu juga bisa berkreasi untuk membuat gorden yang sesuai dengan keinginanmu. Baik itu dari segi model, warna, maupun ukuran.

Maka dari itu, gorden dari kain perca ini bisa kamu jadikan sebuah hiasan yang mempercantik ruangan rumahmu.

Kerajinan Gorden dari Kain Parca

Karpet

Kerajinan kain perca selanjutnya ialah karpet. Dalam membuatnya kamu membutuhkan kain perca yang sesuai dengan ukuran karpet yang akan kamu dibuat. Dengan memanfaatkan kain perca ini, tentunya kamu akan membuat tampilan karpet yang mempunyai kesan lebih unik dan berbeda.

Karpet dari kain perca

Celemek

Bagi kamu seorang ibu rumah tangga yang hobi memasak tentu pasti membutuhkan benda yang satu ini. Agar baju yang dipakai terhindar dari berbagai macam bumbu dapur yang sulit untuk dibersihkan. Maka dari itu untuk mengantisipasinya kamu harus menggunakan celemek.

Nah daripada membeli, lebih baik kamu membuat sendiri dengan menggunakan kain perca sebagai bahan dasarnya. Ukuran dan motifnya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan dan juga kain perca yang ada. Dengan begitu kamu akan menghasilkan sebuah celemek yang bagus dan pas untuk tubuh karena membuatnya sendiri.

Celemek dari Kain Parca

Tutup Galon

Agar tetap bersih dari debu, galon biasanya akan ditutup menggunakan kain yang bervariatif salah satunya kain perca. Hal ini pastinya akan menjadi salah satu jenis usaha sampingan yang lumayan menjanjikan kalau dilakukan secara sungguh-sungguh dan dikembangkan dengan baik.

Tutup Galon dari Kain Parca

Taplak Meja

Kerajinan selanjutnya ialah taplak meja. Kerajinan kain perca berupa taplak meja ini merupakan salah satu jenis kerajinan yang keren apabila dipajang diruang tamu rumahmu.

Nah tidak ada salahnya kalau kamu manfaatkan kain perca ini menjadi sebuah kerajinan yang ada dirumahmu.

Taplak Meja dari Kain Parca

Bantalan Kursi

Benda yang satu ini umumnya didapatkan pada saat kamu membeli satu set sofa atau kursi yang akan membuat motifnya menjadi sama. Bagi kamu yang menginginkan motif berbeda agar tercipta warna berbeda di ruang tamu atau keluarga kamu bisa membuat bantalan kursi sendiri dengan memanfaatkan kain perca.

Kerajinan Bantalan Kursi dari Kain Parca

Keset Keren

Pemanfaatan kain perca untuk dijadikan keset mungkin sangat banyak dilakukan. Terutama ditekuni oleh para ibu-ibu rumah tangga yang sibuk dengan pekerjaan rumah tapi tetap ingin memperoleh tambahan penghasilan.

Maka dari itu kerajinan kain perca yang satu sangat cocok untuk dijadikan sebagai usaha sampingan menambah income keluarga.

Keset Keren dari Kain Parca

Aksesoris

Ternyata kain perca yang notabene dibuang karena bagian dari barang bekas bisa dijadikan sebagai sebuah kerajinan yang unik dan menarik. Kerajinan jenis ini merupakan kerajinan yang dibuat untuk mempercantik sebuah benda ataupun orang. Maka dari itu kerajinan ini juga tidak kalah keren dari aksesoris yang terbuat dari bahan lainnya.

Aksesoris dari Kain Parca

Lukisan

Dibandingkan untuk membeli lukisan mahal di pasaran, akan jauh lebih baik apabila membuat lukisan dinding sendiri di rumah. Ukurannya juga bisa disesuaikan dengan dinding pada ruangan tertentu yang akan diletakkan hiasan lukisan tersebut.

Kerajinan Lukisan dari Kain Parca

Kursi Makan

Kursi makan sering sekali mempunyai lapisan kain yang cepat rusak karena sering digunakan. Nah kamu bisa mengganti bagian yang rusak itu menggunakan kain perca.

Selain itu, kain perca juga akan memberikan kesan yang unik dan berbeda ketika dipasang melapisi kursi makan dirumahmu.

Kursi Makan dari Kain Parca

Sofa

Mungkin belum terlalu banyak orang yang memakai sofa dengan bahan dasar kain perca. Padahal kain perca ini bisa meningkatkan kenyamanan bagi yang menggunakannya secara signifikan.

Sofa dari Kain Parca Kerajinan Sofa dari Kain Parca

Boneka

Pembuatan boneka kain perca ini memang memerlukan waktu yang lumayan lama. Kamu juga harus menambahkan beberapa aksesoris lainnya seperti kancing untuk bagian matanya dan lain sebagainya.

Supaya tidak terlalu sulit, kamu bisa membuat boneka dengan ukuran kecil terlebih dahulu. Dan kamu bisa menambahkan kaitan untuk dipakai sebagai gantungan kunci.

Boneka dari Kain Parca

Tas

Membuat kerajinan tas merupakan sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan, karena tas merupakan benda yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Tas juga digunakan untuk menyimpan barang maupun aksesoris fashion. Agar lebih unik lagi, kamu bisa menjadikan kain perca sebagai bahan dasar membuat tas.

Tas dari Kain Parca

Gantungan Kunci

Gantungan kunci banyak dimanfaatkan sebagai aksesoris dan juga sebagai tanda agar kunci tidak mudah hilang atau tertukar.

Agar terlihat lebih unik dan tidak mudah tertukar, maka kamu bisa membuat bahan kain perca untuk dijadikan gantungan kunci.

Gantungan Kunci dari Kain Parca

Tas Handphone

Nah kerajinan yang satu ini bisa membuat HP mu terlihat lebih fashionable. Karena perpaduan warna dan motif dari kain perca akan membuat tampilan handphone menjadi lebih keren.

Tas Handphone dari Pain Parca

Kolase

Biasanya kolase ini digunakan sebagai pajangan. Nantinya kolase ini akan dibalut menggunakan bingkai foto yang menawan. Kolase ini lumayan menarik karena bisa disusun menggunakan material apapun salah satunya kain perca.

Kolase dari Kain Parca

Baju Masak

Baju masak pada umumnya terbuat dari kain agar mudah dibersihkan. Salah satu kain yang biasa digunakan ialah kain perca. Kamu bisa menyambung kain perca tersebut sehingga menjadi bagian kain yang lebih besar.

Baju Masak dari Kain Parca

Kaligrafi

Kaligrafi sebenarnya sama halnya dengan sebuah lukisan. Kain perca juga dapat digunakan sebagai kerajinan untuk membuat kaligrafi. Namun untuk membuatnya tidaklah mudah, hanya orang yang mempunyai keahlian dibidang ini saja yang bisa membuatnya.

Kaligrafi dari Kain Parca

Ciri Ciri Kain Perca

Tidak semua kain bisa dikelompokkan menjadi kain perca. Hanya dengan beberapa kriteria dibawah ini saja yang dapat dikelompokkan menjadi kain perca.

1. Berbentuk Potongan

Kain perca ini merupakan potongan dari sisa-sisa kain. Maka dari itu kamu perlu menggabungkan bagian-bagian tersebut agar menjadi sebuah kerajinan yang unik.

2. Berukuran Kecil

Terbuat dari sisa potongan kain, maka dari itu kain perca memiliki ukuran yang kecil. Hal ini membuat kain perca bisa diolah lagi dengan mudah. Kamu bisa membuatanya dengan cara menyambungkan beberapa kain perca agar terbentuk motif yang lebih menarik.

3. Ukuran Tidak Sama Rata

Kain perca biasanya mempunyai ukuran yang tidak sama rata dan bisa berbeda-beda. Hal tersebut terjadi dikarenakan kain perca ini terbuat dari sisa kain yang sudah tidak terpakai.

4. Memiliki Motif Tidak Beraturan

Kain perca juga mempunyai ciri yaitu motifnya yang tidak beraturan. Maka dari itu kalau kamu ingin membuatnya kamu harus paham dengan teknik-teknik dalam menjahit kain perca.

Manfaat Kain Perca Dijadikan Kerajinan

Manfaat Kain Perca Dijadikan Kain Perca

Sebagai salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan, kain perca ini mempunyai beberapa manfaat yang sangat berguna bagi kita.

Berikut ini beberapa manfaat kain perca apabila dijadikan sebagai sebuah kerajinan yang unik dan menarik.

  1. Meningkatkan Ide Kerajinan
  2. Mengasah pengetahuan mengenai teknik jahit kain perca
  3. Menghemat biaya
  4. Menjaga lingkungan dari limbah

Akhir Kata

Setiap barang bekas apabila ditemukan dengan orang yang mempunyai kekreatifan yang tinggi akan menghasilakan sebuah karya kerajinan yang sangat unik dan menarik, salah satunya kain perca.

Kain perca juga bisa dijadikan sebuah kerajinan yang keren dan tidak kalah dari kerajinan lainnya. Selain itu, kerajinan ini juga bisa dijadikan sebuah peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan kain perca ini kami jelaskan, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Serta jangan lupa mencobanya dirumah ya.

Source:

  • https://www.romadecade.org/kerajinan-dari-kain-perca/#!
  • https://www.kainpusat.com/bahan-kain-perca/#Apa_Itu_Kain_Perca
  • https://bukabukumu.com/kerajinan-tangan-dari-kain-perca/#8_Kerajinan_dari_Kain_Perca_8211_Kaligrafi

Tinggalkan komentar