Kerajinan Kayu

Tahukah kamu, kayu merupakan salah satu benda yang dapat dijadikan benda kerajinan. Kerajinan kayu merupakan jenis kerajinan yang bisa dilihat unsur estetika dan ergonomisnya.

Makanya tak jarang para penggiat usaha pengrajin menjadikan kayu sebagai bahan dalam membuat benda kerajinan yang dijual.

Benda-benda seperti meja, kursi, dan lemari merupakan benda yang terbuat dari kayu dan mencampurkan unsur estetika (keindahan) dan unsur ergonomis (kegunaan).

Berikut ini beberapa pembahasan dan contoh mengenai kerajinan kayu yang dapat kamu tiru dirumah.

Contoh Seni Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Menarik

Beberapa kerajinan kayu dibawah ini mempunyai nilai jual yang tinggi dan sangat mudah dalam membuatnya. Kamu juga bisa mencobanya dirumah.

Lampu Hias

Lampu Hias Lampu Hias

Yang suka pernak-pernik dengan gaya vintage sebaiknya tidak usah beli. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bikin lampu hias dari bahan kayu menjadi cara dalam mengasah kreatifitasmu. Selain menjadi terlihat vintage, hiasan yang satu ini juga bermanfaat untuk menerangi rumah.

Kalender dari Kayu

Lebih baik memanfaatkan semua barang bekas yang ada di sekitar kamu menjadi barang yang lebih bermakna dan bernilai jual tinggi. Jika ada sisa kayu bekas tidak terpakai, sebaiknya dibuat kalender balok yang unik dan menarik saja.

Gelang Kayu

Gelang Kayu

Mau tampil eksis dengan gaya yang etnik, kamu bisa membuat pernik dari kayu sendiri. Kerajinan tangan yang satu ini mudah dibuat. Selain itu kamu juga bisa menjualnya dan pasti sudah banyak peminatnya.

Casing Smartphone dari Kayu

Casing Smartphone dari Kayu

Mungkin akan terdengar asing menjadikan kayu sebagai casing smartphone mu. Namun casing dari kayu ini sangat membantu membuat smartphone canggihmu menjadi lebih estetik karena warna naturan yang ditampilkan oleh kayu.

Jam Tangan

Jam Tangan

Kerajinan kayu yang lumayan lama hadir di pasar Indonesia adalah jam tangan yang terbuat dari kayu. Kini, jam tangan dari kayu ini mulai diminati para pecinta kayu dengan tema vintage.

Untuk harga, jam tangan kayu pastinya lebih mahal dari kerajinan lainnya. Hal itu disebabkan menggunakan jenis kayu dengan kualitas baik dan tahan lama, hingga proses pengerjaannya pun yang cukup detail.

Vas Bunga

Vas Bunga

Vas bunga juga ternyata bisa dibuat dari bahan kayu. Kerajinan kayu berupa vas bunga ini tentunya tidak kalah menariknya dari vas bunga pada umummya.

Terlebih vas bunga kayu juga bisa diisi dengan berbagai macam bunga kering, yang bisa lebih menambah kesan vintage.

Backdrop Lamaran Pernikahan

Tren lamaran dan pernikahan dengan menggunakan tema rustik dan vintage, membuat beberapa pengrajin kayu kebanjiran orderan untuk membuat backdrop lamaran dan pernikahan dari kayu.

Secara keseluruhan semua desainnya terlihat minimalis dan simpel. Apalagi jika ditambahkan dengan hiasan bunga dan kerajinan dari kayu lainnya.

Miniatur Mainan

Miniatur Mainan Truck Miniatur Mainan Helikopter Miniatur Mainan Becak Miniatur Mainan Truk Kayu Kontainer

Selain beberapa kerajinan kayu diatas, kayu juga bisa dijadikan benda kerajinan berupa miniatur mainan yang sangat cocok dipajang di ruang tamu kamu.

Gantungan Kunci

Gantungan Kunci dari Kayu

Inspirasi dalam membuat kerajinan dari kayu bisa juga didapatkan dari beberapa sumber. Gantungan kunci juga sebenarnya merupakan salah satu aksesoris atau hiasan yang simpel. Selain itu, pembuatannya juga bisa dikatakan mudah dan tidak rumit.

Tasbih

Tasbih dari Kayu Tasbih

Untuk yang memeluk agama Islam, tasbih merupakan salah satu cara untuk berdzikir. Banyak sekali orang islam yang membutuhkan tasbih ini untuk kebutuhan dalam beribadah. Membuat tasbih dengan kayu juga bisa menjadi salah satu ide dalam membuat kerajinan kayu.

Alat Musik Gitar

Alat Musik Gitar

Kerajinan Patung dari Kayu Bentuk Hewan

Kerajinan Patung dari Kayu berbentuk Gajah Hewan Kerajinan Patung dari Kayu berbentuk Gajah Kerajinan Patung dari Kayu berbentuk Gajah

Jenis Kerajinan Kayu yang Sering Kita Temukan Sehari-hari

Seperti yang sudah dikatakan diatas, kayu juga bisa dimanfaatkan menjadi sebuah benda yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa benda yang terbuat dari kayu yang bisa kita gunakan sehari-hari.

Wall Organizer

Wall Organizer

Wall Organizer alias rak diding, selain bermanfaat untuk merapikan gelas bisa juga untuk hiasan dinding yang unik.

Tatakan Gelas

Tatakan gelas dari bahan kayu ini, umumnya terbuat dari potongan-potongan kayu pinus, tanpa merubah bentuknya, dan juga hanya melakukan proses finishing saja hingga pengecatan lapisan bening.

Alat Makan dari Kayu

Alat Makan dari Kayu

Selain ramah lingkungan, kerajinan kayu yang satu ini juga terlihat unik dan menarik. Alat makan yang dibuat dari kayu juga bukan hanya sendok dan garpu, akan tetapi juga bisa berupa piring, mangkok, talenan, sedotan, nampan dan lain sebagainya.

Dipan Tempat Tidur

Dipan Tempat Tidur Dipan Tempat Tidur

Kayu juga sangat sering dijadikan bahan utama dalam pembuatan dipan tempat tidur. Walaupun sekaran sudah jarang orang menggunakan dipan dari kayu ini, akan tetapi tetap dipan dari kayu ini masih sangat pantas digunakan untuk tempat tidur dirumahmu.

Hiasan Cermin dari Kayu

Hiasan Cermin dari Kayu

Kerajinan dari kayu yang satu ini juga dicari oleh para pecinta kayu. Cermin hias dari kayu, biasanya berbentuk bulat, dan bahannya terbuat dari kayu jati.

Meja Kayu dari Akar Kayu Jati

Meja Kayu dari Akar Kayu Jati

Meja kayu yang satu ini sangat berbeda dari meja-meja lainnya. Walaupun kayu juga biasa digunakan dalam pembuatan meja pada umumnya, meja dari akar kayu jati ini sangatlah unik dan menarik sehingga sangat pantas dan cocok di pajang diruang tamu dirumahmu.

Asbak dari Bahan Kayu

Asbak dari Bahan Kayu

Kayu jati juga bisa dibuat berbagai macam benda kerajinan, salah satunya ialah asbak. Pembuatan asbak dengan memanfaatkan kayu jati sebenarnya merupakan salah satu hal yang bisa menginspirasi seseorang untuk menjadi peluang usaha.

Nampan dari Bahan Kayu

Nampan dari Bahan Kayu Fungsi dari nampan ialah untuk menjadi saran dalam membawa gelas yang berisikan minuman untuk para tamu. Dengan adanya nampan dari kayu ini akan menjadikan nampan lebih awet dan tahan lama.

Jenis Kayu yang dapat Digunakan Untuk Kerajinan

Jenis Kayu

Pemilihan kayu sebelum membuat benda kerajinan sangatlah penting. Ini akan membuat kerajinan menjadi lebih bagus dan tahan lama, sehingga kerajinan kayu yang dibuat tidak mudah rusak dalam kondisi apapun.

Sebenarnya kayu apapun bisa dibuat menjadi benda kerajinan, namun jenis-jenis kayu dibawah ini merupakan pilihan jenis kayu yang sangat cocok dijadikan benda kerajinan.

Kayu jati

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu jati sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

  • Lebih awet, bahkan sering disebut rajanya kayu
  • Mempunyai warna cokelat muda
  • Daya retak rendah
  • Memiliki serat yang lurus
  • Tekstur sedikit agak kasar
  • Biasa dijadikan bahan untuk membuat mebel

Kayu Pinus

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu pinus sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

  • Jenis kayu yang paling diidolakan
  • Harganya relatif murah
  • Mempunyai bobot ringan
  • Memiliki warna kayu yang lebih terang dan mudah dicampur dengan warna lain
  • Sering dibuat berbagai macam jenis kerajinan dari kayu yang estetik
  • Cocok digunakan dalam membuat perabotan minimalis

Kayu Mahoni

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu mahoni sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

  • Sering digunakan sebagai bahan mebel dan alat olahraga
  • Bisa juga digunakan untuk membuat alat musik
  • Tingkat ketahanan dan keawetan yang pas
  • Tidak tahan dengan rayap
  • Sering digunakan sebagai bahan untuk kerajinan tangan

Kayu Trembesi

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu trembesi sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

  • Memiliki warna putih di pinggiran dan warna cokelat di tengah
  • Umumnya digunakan dalam membuat meja
  • Sering digunakan untuk membuat berbagai macam furnitur

Kayu Akasia

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu akasia sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

  • Penampilan hampir mirip dengan jati
  • Memiliki warna kecokelatan
  • Memiliki serat yang unik dan mudah diproses

Kayu Sonokeling

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu sonokeling sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

  • Hampir sama dengan kayu jati
  • Warna cokelat dan serat yang bagus
  • Jenis kayu yang mudah diproses
  • Biasa digunakan dalam pembuatan kertas

Ciri Kayu yang Cocok sebagai Bahan Membuat Kerajinan

Ciri Kayu yang Cocok sebagai Bahan Membuat Kerajinan

Sebelum membuat kerajinan, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal dibawah ini yang akan membantu kamu menjadikan kerajinan kayu yang dibuat menjadi berkualitas.

Jenis Kayu

Saat memilih kayu sebagai bahan membuat suatu kerajinan tangan tentu tidak bisa semua kayu digunakan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih bahan baku berupa kayu. Yang pertama ialah perhatikan jenis kayu yang dipilih.

Dalam membuat kerajinan tangan yang berkualitas pastinya jenis kayu harus yang baik dan berkualitas juga. Pilih kayu yang kuat dan tahan rayap. Salah satu contohnya ialah kayu jati.

Kadar Air Dalam Kayu

Jangan lupa perhatikan juga kadar air dalam kayu pada saat memilih bahan untuk membuat kerajinan kayu. Bahan baku kayu ini tentu mempunyai kadar air yang berbeda di setiap jenisnya. Maka dari itu keringkan terlebih dahuli kayu yang akan digunakan dalam membuat kerajinan tangan dari kayu.

Kamu harus pastikan dahulu bahwa kadar air dari kayu tersebut benar-benar rendah. Karena jika kadar air dalam kayu tersebut masih tinggi maka sangat berpotensi membuat kayu itu mudah susut atau bahkan mudah retak. Untuk mengetahui kadar air dalam kayu tersebut, kamu bisa menggunakan alat tes kadar air khusus untuk kayu.

Ketahanan Terhadap Rayap

Apabila ingin bahan kerajinan tangan dari kayu awet tentu wajib memilih kayu yang berkualitas. Gunakan kayu yang anti rayap dan membuat kerajinan lebih awet dipajang. Jika kayunya tidak anti rayap bisa juga kamu lapisi kayu dengan bahan lapis anti rayap saat pada proses finishing.

Selain itu juga agar produk kerajinan tangan menjadi lebih tahan terhadap rayap letakkan produk di tempat yang bersih. Lakukan perawatan juga terhadap produk secara bertahap. Penggunaan produk anti rayap juga sangat disarankan.

Lingkungan Sekitar

Pemilihan lingkungan kayu untuk kerajinan tangan juga harus yang tepat. Salah satu kriteria yang pantas adalah kayunya harus ramah dengan lingkungan. Ini bertujuan agar sumber daya hutan tidak cepat habis dan bisa digunakan untuk generasi selanjutnya.

Kayu-kayu limbah pun juga masih bisa dijadikan kerajinan tangan. Dengan memanfaatkan kayu limbah tersebut berarti kamu juga ikut berpartisipasi menjaga lingkungan sekitar. Sisa industri atau sisa furnitur kayu sangat bisa didaur ulang agar tidak menjadi sampah bagi lingkungan.

Disarankan Dioven Terlebih Dahulu

Sesaat sebelum menggunakan kayu sebagai bahan kerajinan tangan ada satu proses yang harus dilakukan. Sebaiknya sebelum digunakan kayu harus dioven terlebih dahulu. Proses ini bertujuan agar mengurangi kadar air supaya produk yang dihasilkan tidak cepat retak.

Biasanya kayu dioven sebulan dengan suhu sekitar 60 derajat celcius. Pengovenan ini juga bisa menghilangkan penyakit kayu. Selain itu kayu juga menjadi lebih tahan lama dan tahan terhadap serangan rayap.

Akhir Kata

Kayu merupakan pemberian Tuhan yang paling dibutuhkan oleh manusia. Banyak sekali benda-benda yang dibuat dengan bahan dasar dari kayu ini.

Kerajinan kayu yang sudah dijelaskan diatas bisa menjadi peluang usaha dan atau hanya untuk menyalurkan bakat kreativitasmu.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan kayu ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, serta selamat mencobanya dirumah.

Source:

  • https://www.romadecade.org/kerajinan-dari-kayu/
  • https://www.cekaja.com/info/15-kerajinan-dari-kayu/
  • https://bp-guide.id/AXUhlWgY

Tinggalkan komentar