Kerajinan Kerang

Tentunya dalam membuat suatu karya kerajinan dibutuhkan ide dan inovasi. Kerajinan kerang mungkin bisa jadi ide terbaru kamu dalam membuat kerajinan. Limbah hewan laut ini juga mempunyai nilai jual yang tinggi apabila dijadikan benda kerajinan yang unik dan menarik.

Maka dari itu belakangan ini banyak bermunculan para pengrajin yang mengolah limbah kerang menjadi suatu kerajinan yang nantinya dijual kembali.

Tapi bagi kamu yang ingin membuatnya sendiri pasti akan lebih hemat, karena membuatnya pun tidak terlalu sulit. Hanya dibutuhkan kerang dan beberapa bahan serta alat dalam membuat kerajinan kerang ini.

Berikut ini pembahasan mengenai kerajinan keran dan beberapa contoh kerajinan kerang yang bisa kamu coba dirumah.

Mengapa Kerang Dijadikan Kerajinan

Mengapa Kerang DIjadikan Kerajinan

Tentunya menjadikan kerang sebagai bahan dalam membuat kerajinan akan menciptakan sebuah keindahan yang berbeda. Bentuk dasar dari kerang yang indah akan sangat cocok dipadukan dengan beberapa benda lain sebagai sebuah kerajinan.

Selain itu, menjadikan kerang sebagai benda kerajinan juga akan mengurangi populasi limbah yang ada dibumi. Sehingga secara tidak langsung kita ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan guna menjaga bumi yang kita cintai ini.

Kerajinan kerang juga bisa kita jadikan untuk memperbaiki perekonomian karena nilai jual yang tinggi dari kerajinan kerang ini.

Macam Macam Kerajinan Kerang yang Unik

1. Gelang Cantik dari Kerang

Membuat gelang dengan menambahkan aksesoris kerang sebagai hiasannya tidak kalah dengan aksesoris lain yang terbuat dari emas atau perak. Rangkai saja kulit kerang yang sudah disediakan pada seutas tali sesuai dengan ukuran pergelangan tangan kamu. Kemudian hias juga sesuai dengan keinginan yang kamu sudah rencanakan.

2. Kalung Unik dari Bahan Kerang

Kalung Unik dari Bahan Kerang Kalung Unik dari Bahan Kerang

Bukan hanya gelang, perhiasan lainnya seperti kalung juga bisa dikreasikan dengan menambahkan limbah kerang sebagai hiasan. Hasilnya pun tidak kalah unik dengan kalung-kalung umum yang sudah ada dipasaran.

Jika kamu ingin membuatnya juga bisa lho dirumah. Kamu hanya cari saja kulit kerang, kemudian hias sesuai dengan selera. Kulit kerang tersebut bisa juga dicat menggunakan cat besi sesuai dengan warna yang diinginkan.

3. Hiasan Tudung Saji

Hiasan Tudung Saji

Tentunya tudung saji yang terjual dipasaran belum dihias menjadi sebuah kerajinan yang unik dan menarik. Dengan menambahkan kulit kerang, tudung saji dirumahmu akan menjadi sebuah kerajinan kerang yang lebih unik dan bahkan akan menambah nilai jualnya.

4. Frame Cermin dari Kerang

Frame Cermin dari Kerang 3

Kalau kamu bosan dengan frame cermin yang begitu-begitu saja, kamu bisa coba kerajinan yang satu ini dirumah.

Tinggal kamu susun saja beberapa kulit kerang di sekitar cermin sebagai bingkainya. Susun dengan rapi sehingga membentuk suatu paduan frame yang indah.

5. Tempat Lilin dari Kerang

Tempat Lilin dari Kerang Tempat Lilin dari Kerang

Jika perlu inspirasi lain kerajinan yang dibuat dari bahan kerang, kamu bisa coba dengan membuat tempat lilin. Mungkin bagi sebagian orang cukup suka menjadiakn lilin sebagai penghias ruangan. Namun sebagian orang juga lebih suka menjadikan lilin sebagai lilin aroma untuk menciptakan harum yang enak dirumahnya.

6. Bunga dari Kerang

Bunga dari Kerang

Bunga yang terbuat dari kertas atau plastik mungkin sudah biasa ditemukan. Namun selain dari kedua bahan tersebut, kerang juga bisa dijadikan sebuah kerajinan berupa bunga yang unik dan menarik.

Pertama kamu harus siapkan beberapa bahan seperti kerang hias dan lem. Langkah yang kakmu lakukan hanya merekatkan antara kerang satu dengan yang lainnya sesuai dengan kreatifitasmu. Apabila perlu diwarnai, bunga dari kerang juga bisa kamu warnai sesuai dengan seleramu.

7. Tirai dari Kerang

Tirai Kerang

Mungkin dari beberapa kerajinan kerang yang sudah dijelaskan diatas, kerajinan berupa tirai ini merupakan kerajinan dari kerang yang paling populer.

Tirai kerang ini dipercaya bisa menambahkan suasana tenang apabila dipajang disuatu ruangan. Maka dari itu, banyak rumah bahkan cafe-cafe menjadikan tirai kerang sebagai pajangan disuatu ruangannya.

8. Hiasan Dinding dari Kerang

Hiasan Dinding dari Kerang

Hiasan Dinding dari Kerang

Kerajinan kerang selanjutnya ialah berupa hiasan dinding. Tentu hiasan dinding ini banyak sekali jenisnya, namun kerajinan berupa hiasan dinding dari kerang ini mempunyai keunikan tersendiri.

Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, hanya dibutuhkan beberapa bahan dan kreatifitas pada saat membuatnya kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan dari kerajinan yang satu ini.

9. Kotak Tisu dari Kerajinan

Tempat Tisu dari Kerang Tempat Tisu dari Kerang Tempat Tisu dari Kerang Tempat Tisu dari Kerang

Kotak tisu yang polos memang akan terlihat kurang menarik. Kalau kamu ingin menghias kotak tisu kamu, kamu bisa menggunakan kulit kerang ini. Ada berbagai macam corak kerang warna-warni yang dapat kamu pilih dan hias sesuai dengan selera kamu.

10. Bros dari Kerang

Bros dari Kerang Bros dari Kerang Bros dari KerangBros kerang ini sangat indah dan cantik untuk digunakan, banyak wanita yang mengubah tampilannya yang pada awalnya menggunakan bros dari plastik kemudian lebih memilih menggunakan kerajinan bros dari kerang.

Karena bros ini sangat unik dan menarik karena mempunyai bentuk yang tersusun dari beberapa jenis kerang dan digabung dengan pin serta ditambah polesan cat warna-warni yang memberikan kesan lebih cantik.

11. Vas Bunga dari Kerang

Vas Bunga dari Kerang  Vas Bunga dari Kerang

Vas bunga dari kerang merupakan salah satu barang yang dijadikan sebagai hiasan di rumah.

Sehingga kamu tidak perlu repot lagi kemana harus mencari vas bunga yang unik, cukup dengan kreatifitas, kamu bisa membuat vas bunga yang cantik tersebut.

Dan hal ini juga bisa menjadi peluang besar untuk membuat sebuah usaha bisnis kerajinan kerang seperti vas bunga ini.

12. Lampion dari Kerang

Lampion dari Kerang Lampion dari Kerang

Lampion dari kerang ini bisa kamu jadikan sebuah kerajinan baru yang ada dirumahmu. Lampu-lampu yang di hias dengan kerang akan memancar dengan pancaran yang indah dan menarik.

Pembuatannya pun cukup mudah karena kamu hanya membutuhkan beberapa bahan dan alat serta kreatifitas pada saat membuatnya.

13. Replika Hewan dari Kerang

Replika Hewan Replika Hewan

Selain beberapa kerajinan diatas, ternyata kulit kerang juga bisa dijadikan sebagai hiasan menjadi berbagai bentuk hewan. Beberapa replika hewan yang bisa dibentuk seperti, kepiting kura-kura, ikan dan lain sebagainya.

14. Bingkai Foto atau Piguradari Kerang

Bingkai Foto atau Pigura

Untuk membuat kerajinan kerang yang satu ini sangat mudah sekali dan murah. Kalian dapat membuat pigura menggunakan kertas karton terlebih dahulu, baru kemudian berikan hiasan menggunakan kulit kerang.

Pigura kerang ini pun siap dipakai untuk memajang foto kamu yang unik, keren dan murah pastinya.

Akhir Kata

Kerajinan kerang ini bisa jadi alternatif pilihan dalam menghias rumahmu menjadi lebih indah. Kulit kerang akan menambahkan kesan yang baik dan membuat hati menjadi tenang ketika dipajang disuatu ruangan.

Demikian pembahasan mengenai kerajinan kerang ini dijelaskan, semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua. Selamat mencobanya dirumah.

Source:

  • https://bukabukumu.com/kerajinan-dari-kulit-kerang/
  • https://www.idntimes.com/life/diy/indah-4/10-kerajinan-kerang-ini-bikin-nuansa-rumahmu-makin-cantik-c1c2/full
  • https://www.romadecade.org/kerajinan-dari-kerang/
  • https://sindunesia.com/macam-macam-kerajinan-kerang/

Tinggalkan komentar