Pengertian Cpanel Web Hosting

Web hosting merupakan infrastruktur layanan online yang diperintahkan untuk meminjam ‘ruang’ pada server agar website dapat bekerja secara maksimal. Singkatnya web hosting atau bisa juga disebut hosting, berfungsi untuk menyimpan data dari aplikasi atau website yang bisa Anda akses melalui internet.

Jadi, jika dianalogikan bahwa fungsi web hosting memiliki peran yang sama seperti kartu memori di smartphone.

Mengelola web hosting terkadang membuat kita atau bahkan sebuah web developer merasa kesulitan. Salah satu tools yang tepat untuk mengelolanya dengan baik adalah cPanel. Tidak bisa dipungkiri, sebagian dari Anda pasti tertarik untuk mengelola hosting dan domain sendiri.

Namun, ketika Anda membeli hosting murah sendiri, terkadang Anda masih bingung tentang apa itu cPanel dan bagaimana cara mengoperasikannya. Nah, untuk mengatasi kebingungan Anda, pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian cPanel dan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Agar lebih mudah dipahami, mari kita bahas Pengertian Cpanel terlebih dahulu.

Pengertian Cpanel

cPanel adalah panel kontrol yang memudahkan pengguna untuk mengelola situs web dan vps. Panel kontrol ini memungkinkan Anda untuk mempublikasikan situs web Anda, mengelola hosting dan domain, mengelola file situs web, membuat akun email, dan banyak lagi.

Singkatnya, ini dapat membantu Anda mengelola hosting web Anda melalui dasbor yang sederhana dan mudah dipahami. Platform cPanel bisa dibilang sangat populer di semua kalangan, sehingga banyak orang yang menggunakan control panel ini untuk mengelola website.

Bahkan, banyak perusahaan yang menyediakan layanan hosting memasukkan cPanel sebagai bagian dari paket hosting mereka kepada pelanggan.

Kepopulerannya tentu membuat Anda harus belajar memahami arti cPanel. Selain menambah wawasan tentunya dapat menunjang karir Anda terutama bagi yang ingin bergelut di bidang web development.

Untuk memudahkan Anda dalam memahami cPanel, berikut beberapa hal yang dapat dikelola melalui cPanel menurut Themeisle:

  • Cadangan file situs web
  • Menginstal perangkat lunak, seperti WordPress
  • Buat dan kelola email
  • Membuat dan mengelola domain dan subdomain
  • Cari basis data
  • Atur kata sandi dan keamanan

Secara umum cPanel memiliki dua interface yaitu user interface atau tampilan untuk pengguna yang disebut cPanel dan tampilan untuk manajemen server yang disebut Web Host Manager (WHM).

Pentingnya cPanel

Kita sudah tahu bahwa cPanel adalah alat untuk memudahkan pengguna dalam mengelola web hosting.

Lalu, haruskah kita menggunakannya untuk merawat website dan lain-lain? Jangan khawatir, di bawah ini Glints akan memberi Anda alasan kuat mengapa Anda harus menggunakan cPanel:

1. Mudah mengelola hosting web

Seperti disebutkan di atas, panel kontrol ini menyederhanakan hosting web dan manajemen server. Pasalnya, menurut ThemeIsle, tanpa bantuan cPanel, hanya mereka yang memiliki pengetahuan teknis yang dapat mengelola website dan server.

Platform cPanel adalah panel kontrol yang dapat digunakan oleh semua orang, bahkan pemula.

2. Memudahkan mengelola file situs web

Selain memudahkan dalam mengelola web hosting, cPanel juga membantu Anda dalam mengelola file website. Pasalnya, Anda bisa menghapus, mengedit, dan menyalin file website yang ada di hosting tersebut.

Dengan demikian, Anda dapat meminimalkan situs web yang membutuhkan waktu lama untuk dibuka karena file yang terlalu besar, terutama file gambar.

3. Dapat menambahkan beberapa aplikasi

Platform cPanel juga memudahkan pengguna untuk menambahkan beberapa aplikasi agar kinerja website menjadi lebih baik. Terlebih lagi, Anda dapat menginstalnya langsung melalui cPanel tanpa perantara lain.

4. Keamanan terjamin

Pada kadar tertentu, cPanel menjaga keamanan penggunanya dari serangan hacker. Sebab, cPanel dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat.

Apa saja fitur yang disediakan oleh cPanel?

Salah satu hal yang tidak banyak orang ketahui tentang cPanel adalah memiliki banyak fitur. Tidak bisa dipungkiri, fitur-fitur yang disediakan cPanel sangat lengkap dan memanjakan penggunanya.

Nah, bagi Anda yang baru mengenalnya dan ingin menggunakannya, berikut Glints akan memberikan gambaran tentang fitur-fiturnya:

1. Manajer file

Dilansir dari cPanel, fitur ini berfungsi untuk mengatur sebuah file Anda. Manajer file memungkinkan Anda mengunggah, membuat, menghapus, dan mengedit file tanpa perlu FTP atau aplikasi pihak ketiga.

2. Penggunaan disk

Fitur lain dari cPanel adalah penggunaan disk. Fitur ini sangat berguna untuk memantau kapasitas yang tersedia di setiap folder. Anda juga bisa mengetahui aplikasi apa saja yang berukuran besar sehingga menyebabkan ruang database cepat habis.

3. Penerbit situs

Penerbit situs memungkinkan pengguna membuat situs web dengan cepat dengan berbagai template yang tersedia.

4. Bandwidth

Bandwidth adalah fitur cPanel yang sangat bagus karena dapat memeriksa penggunaan bandwidth dan berbagai aktivitas seperti FTP, POP, dan HTTP.

Secara sederhana, fitur ini dapat membantu Anda mengatur dan mengelola kebutuhan hosting web Anda dengan lebih mudah.

Cara Masuk ke cPanel

Nah, setelah mengetahui pengertian dan pentingnya cPanel, tentunya Anda penasaran bagaimana cara login atau mengakses cPanel? Pada umumnya, pada awalnya Anda harus membeli hosting dari salah satu penyedia layanan hosting.

Setelah itu, Anda akan dikirimi tautan yang langsung menuju ke dashboard login cPanel. Kemudian tinggal masukkan username dan password yang sudah diberikan. Selain itu, Anda juga dapat masuk ke cPanel dengan memasukkan situs web Anda dan menambahkan titik dua dan nomor 2083.

Demikian ulasan tentang Memahami Pengertian Cpanel Web Hosting semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *