Pengertian Handsball

Pengertian Handsball Permainan sepak bola menjadi salah satu olahraga yang menggunakan kaki dalam menggerakan bolanya. Namun ada beberapa situasi ketika bola yang menjadi media dalam permainan tersebut mengenai bagian tangan pemain.

Di permainan sepak bola sendiri apabila bola mengenai bagian tangan dari seorang pemain, maka hal tersebut termasuk jenis dari pelanggaran yang dilarang, jenis pelanggaran tersebut dinamakan handsball.

Untuk menambah wawasan kita seputar sepak bola kali ini kami akan menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian handsball.

Pengertian Hansdball

Pengertian Handsball

Pasti bagi kalian yang sering menyaksikan pertandingan sepak bola sudah tidak asing lagi mendengar kalimat hansdball. Seperti yang sudah dijelaskan diatas handsball adalah ketika bola mengenai bagian tangan setiap pemain.

Jadi, pengertian dari handsball yaitu suatu kejadian atau pelanggaran yang disebabkan bola mengenai tangan pemain selain penjaga gawang baik disengaja atau tidak disengaja.

Pemain sepak bola memang tidak diperbolehkan menyentuh bola dengan menggunakan tangan kecuali penjaga gawang saja. Namun penjaga gawang pun hanya diperbolehkan menyentuh bola jika posisinya di area kotak pinalti saja.

Handsball memang sebuah jenis pelanggaran yang terjadi saat bola menyentuh bagian tangan pemain. Namun pada konteks ini, bagian tangan ini bukan hanya bagian lengan bawah atau pergelanggan tangan saja. Tetapi tangan yang dimaksud yaitu sampai bagian lengan atas pemain.


Baca Juga: Sejarah Sepak Bola


Macam Macam Handsball

Pengertian Handsball

Tidak semua bola yang mengenai tangan pemain dianggap sebagai pelanggaran handsball. Karena hal tersebut pada momen tertentu dan hanya wasit yang dapat menentukan.

Terdapat dua jenis mengenai pelanggaran handsball, saat bola mengenai tangan tetapi posisi tangan tidak aktif (ball to hand) dan ketika bola mengenai tangan tapi posisi tangan sedang aktif (hand to ball).


Baca Juga: Pengertian Offside


1. Ball to Hand (Posisi Tangan Tidak Aktif)

Ball to hand yaitu saat bola menyentuh bagian tangan pemain, namun saat itu posisi tangan pemain tidak aktif. Maksudnya adalah tangan pemain menyentuh atau masih menempel dengan badannya.

Jadi posisi tangan pemain tersebut masih menempel di area tubuh untuk melindungi bagian dada atau melindungi bagian vital menggunakan tangan. Hal tersebut biasanya dilakukan saat terjadinya tendangan bebas.

Pada jenis handsball ini, wasit tidak akan menganggap hal tersebut pelanggaran handsball. Hal tersebut dikarenakan pemain tidak sengaja dalam menyentuh bola atau bisa dikatakan bola yang mendatangi tangan pemain.

Selain pada saat tendangan bebas, ada juga beberapa kejadian saat bola mengenai tangan namun wasit tidak menganggap sebuah pelanggaran.

2. Hand to Ball (Posisi Tangan Aktif)

Hand to ball yaitu saat tangan pemain menyentuh bola ketika posisi tangan sedang aktif. Maksudnya yaitu saat pemain dengan sengaja menyentuh bola tersebut menggunakan tangannya.

Misal saja ketika pemain berusaha untuk melebarkan jangkauannya dengan cara membentangkan kedua tangannya. mengangkat tangan ke atas, atau dengan sengaja menyentuh bola untuk menghentikan laju bola.

Untuk jenis handsball ini wasit menganggapnya sebuah pelanggaran bahkan bisa mendapatkan seauah kartu kuning.

Kartu kuning dikeluarkan oleh wasit apabila pemain tersebut menyentuh bola menggunakan tangan dengan sengaja agar pemain gagal melakukan penguasaan bola. Bahkan wasit bisa saja mengeluarkan kartu merah, jika situasi bola tersebut hampir masuk ke gawangnya.

Kejadian tersebut pernah dilakukan oleh Luis Suarez pada semi final Piala Dunia 2010 melawan Ghana. Berikut videonya:

Hukuman Handsball

Hukuman Handsball

Dalam sepak bola setiap ada pemain yang melakukan pelanggaran maka akan terkena hukuman. Hukuman untuk handsball sendiri macam-macam sesuai jenis handsball yang dilakukan.

Misal ketika pemain melakukan pelanggaran handsball di area kotak penalti, maka tim lawan akan mendapatkan tendangan penalti oleh wasit. Tetapi jika handsball tersebut dilakukan di luar area kotak penalti maka hanya mendapatkan tendangan bebas saja.

Selain itu jika pelanggaran handsball tersebut dilakukan dengan sengaja seperti yang dilakukan Luis Suarez, maka wasit berhak memberikan sebuah kartu kepada pemain tersebut. Namun jika handsball tersebut tanpa adanya kesengajaan maka wasit hanya memberikan sebuah tendangan penalti saja.


Baca Juga: Pengertian Kick Off


Akhir Kata

Olahraga sepak bola dalam permainannya harus menggunakan kaki buka dengan tangan, kecuali pemain yang menempati posisi sebagai kiper atau penjaga gawang. Penjaga gawang diperbolehkan menyentuh bola dengan tangan, asal masih di area kotak penalti.

Menahan laju bola menggunakan tangan secara sengaja dengan tujuan agar peluang lawan gagal merupakan kecurangan dalam permainan sepak bola.

Demikian artikel tentang pengertian handsball, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar sepakbola. Terima Kasih.

Salam Olahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *