Sales Executive

Setiap perusahaan tentunya mempunyai produk atau sesuatu yang dibuat untuk dipasarkan ke masyarakat umum. Dalam hal ini sales executive mempunyai peran yang sangat besar dalam memasarkan produk tersebut.

Sales executive lah yang akan menarik pembeli untuk membeli produk yang dihasilkan oleh perusahaannya. Maka dari itu, jabatan ini harus mempunyai skill-skill komunikasi dan selling guna menunjang pekerjaannya.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan jabatan sales executive tersebut.

Pengertian Sales Executive

Pengertian Sales Executive

Sales Executive merupakan salah satu posisi jabatan yang ada disetiap perusahaan, jabatan inilah yang menjadi jembatan antara perusahaan dan pembeli.

Pengertian lain juga menjelaskan bahwa sales executive ialah orang yang bertanggung jawab penuh atas strategi penjualan perusahaan. Dalam hal ini, sales executive mempunyai peran yang besar dalam perusahaan.

Dan peran ini juga yang memungkinkan semua pelakunya untuk selalu keluar perusahaan atau bahkan sampai keluar kota menemui klien untuk presentasi tentang produk yang dihasilkan perusahaan. Tentunya hal itu guna menunjang target yang dimliki perusahaan.

Fungsi Sales Executive

Fungsi Sales Executive

Setiap peran dalam perusahaan tentunya mempunyai fungsinya masing-masing. Pembagian tugas itulah yang menjadikan perusahaan berjalan dengan baik dan lancar.

Berikut ini fungsi yang dijalankan oleh sales executive dalam perusahaan.

  1. Mewakili perusahaan dalam bidang penjualan.

Menjadi perwakilan perusahaan dalam memperkenalkan produk perusahaan kepada calon konsumen. Dalam hal ini biasanya sales executive akan diberikan kewenangan menggunakan uang perusahaan untuk melayani konsumen akan tetpa menjadi pelanggan di perusahaan tersebut.

  1. Mampu memperkenalkan produk perusahaan

Menjadi sales executive mempunyai tugas yang dibilang cukup sulit, dimana pelaku dalam peran ini harus bisa memperkenalkan produk kepada masyarakat atau calon konsumen untuk menggunakannya.

Belum lagi kalau ada statement miring mengenai produk yang dihasilkan, maka sales executive lah yang bertanggung jawab untuk meyakinkan kembali konsumen agar tetap menggunakan produk tersebut.

  1. Menjadi jembatan antara perusahaan dan pembeli

Dalam perusahaan, sales executive mempunyai peran yang sangat penting, peran ini juga berpengaruh pada keberlangsungan distribusi produk. Dimana mereka akan menjadi penghubung antara perusahaan dan pembeli. Distribusi terjadi pun atas keberhasilan peran ini melakukan tugasnya dengan baik.

Struktur Sales Executive dalam Perusahaan

Struktur Sales Executive dalam Perusahaan

Dalam struktur perusahaan, sales executive mengambil peran yang penting sebagai ujung tombak dari pemasaran produk milik perusahaan. Tanpa adanya sales executive dalam divisi sales, tidak mungkin produk yang dihasilkan akan tersebar di masyarakat.

Strategi-strategi yang sudah dibuat itu akan di eksekusi oleh sales executive yang mempunyai tugas memperkenalkan produk ke masyarakat.

Jenis Sales Executive dalam Perusahaan

Jenis Sales Executive dalam Perusahaan

Berikut ini merupakan beberapa jenis sales executive yang ada dalam perusahaan.

  1. Sales Executive

Sales executive merupakan salah satu posisi yang lazim dalam dunia startup. Pekerjaan dalamsales executive meliputi pengawasan penjualan dalam sebuah bisnis. Bersama dengan timnya, mereka juga dapat menciptakan dan mengembangkan target penjualan untuk produk atau layanan milik perusahaan.

Dalam peran ini, sales executive juga dituntut agar bisa memberikan arahan, memantau kemajuan, dan juga menerima laporan dari sales representative yang ada di bawahnya. Setelah itu, laporan tersebut akan digunakan sebagai analisis data penjualan dan anggaran.

  1. Account Executive

Dalam perusahaan kreatif, Account execuitve merupakan hal yang umum yang mempunyai tugas memberikan pemahaman mendalam mengenai produk dan layanannya. Account executive juga diharuskan agar mempunyai kemampuan sebagai penghubung antara perusahaan dengan klien.

Pada umumnya, account executive bertugas sebagai pihak yang menginisiasi pertemuan dengan klien serta menyusun brief beserta anggarannya. Dan jika perusahaan tersebut belum memiliki klien, mereka mempunyai tugas mencari bisnis yang baru dan memungkinkan untuk diprospek.

  1. Financial Advisor

Dalam dunia asuransi, financial advisor sama saja dengan sales executive. Mereka mempunyai tugas untuk memberikan saran kepada klien, baik secara perorangan maupun perusahaan, mengenai investasi, asuransi, rekening tabungan, dan rencana pensiun.

Di beberapa perusahaan, financial advisor mempunyai tanggung jawab untuk memberikan bantuan kepada klien untuk menyusun rencana keuangan. Lain dari itu juga, mereka diwajibkan untuk memberikan konsultasi asuransi serta perencanaan investasi.

Tanggung Jawab Sales Executive

Tanggung Jawab Sales Executive

Pada umumnya, sales executive mempunyai peran sebagai penghubung antara perusahaan dengan konsumen. Dilihat dari peran tersebut, sales execuitve mempunyai tanggung jawab atas pemesanan, negosiasi harga, dan pengiriman barang atau produk.

Namun secara khusus, pekerjaan dan tanggung jawab ini juga berbeda pada setiap perusahaan. Dalam hal ini ada dua jenis perusahaan, yaitu business to business atau B2B dan yang kedua adalah business to consumer atau B2C. Perbedaan inilah yang nantinya akan menjadi pembeda antara tanggung jawab dan pekerjaannya.

Tugas Sales Executive

Tugas Sales Executive

  • Meninjau kinerja penjualan sendiri
  • Mencapai target penjualan berkala
  • Mengidentifikasi pasar baru dan peluang bisnis
  • Mengunjungi pelanggan potensial untuk bisnis baru
  • Bernegosiasi tentang persyaratan perjanjian dan close sales
  • Mewakili organisasi berbagai pameran, acara dan demonstrasi
  • Mencatat penjualan dan mengirim salinan ke kantor penjualan
  • Mengumpulkan informasi pasar dan pelanggan, serta memberikan feedback pada tren pembelian

Jenjang Karir Sales Executive

Jenjang Karir Sales Executive

Jenjang karier sales execuitve dapat dibilang cukup menjanjikan. Dilansir dari Prospects, semakin seorang mempunyai banyak pengalaman dan skill yang dimiliki, ia akan semakin dipercaya untuk mengemban tugas-tugas berikut:

  • Diberikan tanggung jawab atas klien besar dan berprestise
  • Diberikan tanggung jawab atas produk-produk utama milik perusahaan
  • Melatih dan menjadi mentor untuk sales executive yang masih junior

Dari posisi ini, ada kemungkinan besar kamu mudah untuk naik jabatan sebagai sales manager.

Gaji yang Diterima Oleh Sales Executive

Gaji yang Diterima Oleh Sales Executive

Dalam mengambil suatu pekerjaan, tentunya penting bagi seseorang tau terlebih dahulu kisaran gaji yang akan dia terima. Hal tersebut sangat berguna karena untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Seorang karyawan juga sebelumnya harus menghitung berapa pengeluarannya dalam sebulan, dari perhitungan tadi dia bisa tau target gaji yang akan didapatkannya dalam sebulan.

Di Indonesia, seorang sales executive yang baru mendapatkan peran ini dan belum ada pengalaman sebagai sales, biasanya akan menerima gaji di kisaran 27.000.000/ tahun atau dikisaran 2.250.000/ bulan. Namun bagi karyawan berpengalaman kisaran gaji yang diterima oleh peran ini ialah di angka 86.700.000/ tahun atau sekitar 7.225.000/ bulan.

Jadi rata-rata gaji seorang Sales executive di Indonesia ialah 51.000.000/ tahun atau sekitar 4.250.000/ bulan.

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Menjadi Sales Executive

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Menjadi Sales Executive

Walaupun terlihat mudah, namun sales executive merupakan peran yang tidak boleh dianggap enteng. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjadi sales executive.

Berikut ini hal yang harus diperhatikan untuk menjadi sales executive yang profesional.

  1. Persaingan Industri yang Berat

Sales dalam dunia industri akan dibebani oleh beberapa target milik perusahaan. Sebagai akibatnya, terkadang pekerjaan ini akan terasa amat berat dan penuh tekanan. Namun bagi kamu yang menyukai tantangan, tentu pekerjaan seperti inilah yang sangat cocok bagi kepribadianmu.

  1. Lingkungan Kerja yang Dinamis

lingkungan kerja dalam dunia industri sales dan business development sangat variatif dan dinamis. Tentunya target pasar dan pembeli menjadi faktor utama yang menyebabkan lingkungan kerja tersebut menjadi variatif dan dinamis.

Pasalnya, perubahan yang terjadi di pasar bisa terjadi kapan saja. Sebagai seorang sales executive pun harus cerdas dalam mencari cara untuk mengejar perubahan-perubahan yang ada.

Salah satu contohnya, perubahan dari industri konvensional menjadi industri digital yang mengharuskan para sales executive untuk berfikir keras agar produk yang dijual tersebut tetap relevan.

Kamu juga akan sering bertemu dengan orang yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Karena itulah, seorang sales executive harus terbiasa dengan keberagaman yang ada serta juga pandai beradaptasi dengan lingkungan baru.

  1. Didominasi Laki-laki

Pada umumnya, menjadi seorang sales rata-rata ialah laki-laki. Namun beberapa perusahaan juga ada yang mempercayai wanita yang menjelaskan produk-produk milik perusahaan kepada pihak lain.

Skill yang Harus Dikuasai Sales Executive

Skill yang Harus Dikuasai Sales Executive

Menjadi sales executive juga dibutuhkan beberapa skill guna menunjang pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan perusahaan kepadanya. Berikut ini skill-skill yang harus dikuasai oleh sales executive guna menunjang pekerjaannya.

  1. Pengetahuan dengan Produk

Pengetahuan atas produk dan juga layanan yang ditawarkan akan sangat memengaruhi kinerjamu. Mulai dari bagaimana keunggulan produk tersebut dan juga layananmu dalam bekerja, paket apa saja yang ditawarkan, hingga keuntungan jika produk dan layanan tersebut digunakan.

Maka dari itu beberapa perusahaan membekali para sales executive ini dengan pelatihan-pelatihan dasar mengenai bagaimana cara mudah untuk memahami suatu produk milik perusahaan.

  1. Menganalisis Prospek

Dilihat dari maknanya, prospek dalam hal ini ialah perusahaan, organisasi, atau klien yang potensial dan menjadi sasaran penjualan. Nah, bagaimana tahapan dalam melakukan analisis terhadap prospek?

Seorang sales executive diharuskan bisa dan mampu membaca serta menerjemahkan data, melihat pola, dan juga memahami kondisi pasar. Dari situlah dia bisa mulai memetakan prospek yang ada.

  1. Akuisisi dan Retensi Pembeli

Untuk menempati posisi ini, penting untuk kamu mempunyai kemampuan akuisisi (mendapatkan klien baru) dan juga retensi (mempertahankan klien yang sudah ada).

Akuisisi sangat diperlukan untuk menjaga keberlangsungan penjualan, sementara retensi juga diharuskan agar selalu tercipta pembelian yang rutin.

Salah satu caranya ialah memberikan pelayanan after sales atau bonus kepada si pembeli. Hal tersebut dilakukan supaya pembeli mau rutin menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan

Sedangkan untuk calon klien baru dapat melihat adanya peluang yang baik untuk menjalankan bisnis dalam jangka yang panjang dengan perusahaanmu.

Akhir Kata

Menjadi seorang sales executive sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja ada pada diri pribadi masing-masing. Tentunya mental baja akan sangat berpengaruh dan dapat menunjang seorang sales executive dalam melaksanakan tugasnya.

Demikian penjelasan mengenai sales executive ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar