Seni Abstrak

Seni Abstrak

Berbicara mengenai seni abstrak tentunya tidak lepas dari seni lukis, yang mana munculnya sebuah karya seni abstrak dibuat dari lukisan yang dibentuk dengan imajinatif tangan dan pikiran kita.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat sebuah karya seni abstrak, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu karya seni abstrak dan bagaimana cara membuat karya tersebut.

Nah, dibawah ini sudah dijelaskan secara rinci tentang seni abstrak yang bisa Anda gunakan sebagai referensi ataupun mendalami ilmu seni abstrak. Selamat Membaca.

Pengertian Seni Abstrak

Seni Abstrak merupakan sebuah bentuk imajinasi artistik yang diproses oleh seniman untuk mencari esensi bentuk objek sehingga bentuknya menjadi unik, dalam sebuah bentuk lukisan abstrak yakni tidak dapat untuk diketahui oleh kita meskipun kita menggunakannya dalam pertemuan dunia nyata.

Sedangkan, lukisan abstrak merupakan bentuk imajinasi artistik, saat seniman mencari esensi bentuk benda, dan akan membuat bentuknya unik, bahkan jika lukisan abstrak itu sendiri ditemukan di dunia nyata, lukisannya tidak dapat dikenali.

Lukisan abstrak akan menggambarkan bentuk yang tidak realistis atau alami yang tidak menunjukkan apa yang dianggap sebagai objek yang terlihat dalam realitas sehari-hari atau pun penampilan dari objek.

Sejarah Seni Abstrak

Menurut sejarah, seni lukis abstrak ini erat sekali dengan seni lukis. Artefak prasejarah menunjukkan bahwa sejak ribuan tahun yang lalu, leluhur manusia dulu mulai melukis di dinding gua untuk menggambarkan bagian penting dari kehidupan mereka.

Setiap negara tentunya memiliki budaya nya masing-masing yang salah satunya seni lukis yang sudah banyak orang yang mengetahuinya. Hal ini dikarenakan gambar atau gambar abstrak sangat mudah dibuat. Hanya menggunakan bahan sederhana seperti arang, kapur dan bahan lainnya yang bisa digunakan untuk melukis ataupun menggambar.

Teknik yang populer untuk lukisan prasejarah manusia gua adalah menempatkan tangan mereka di dinding gua lalu menyemprotnya dengan daun kunyah atau batu mineral berwarna.

Di awal perkembangannya, seni lukis sendiri erat sekali dengan adanya peradaban manusia mulai dari sistem bahasa, cara bertahan hidupnya seperti memulung, berburu, memasang perangkap, bercocok tanam dan meyakini kepercayaan itu semua merupakan hal-hal yang dapat mempengaruhi perkembangan seni lukisan.

Pengaruh diatas terlihat dari jenis objek, pencitraan & narasi di dalamnya. Pada masa itu juga seni lukis memiliki manfaat khusus, seperti sebagai media pencatat.

Orang-orang di masa prasejarah mengisi waktu luang mereka dengan menggambar dan melukis, cara komunikasi dengan memanfaatkan gambar di akhirnya merangsang terbentuknya sistem tulisan karena huruf sebenarnya bersumber dari simbol-simbol gambar yang berikutnya disederhanakan dan dibakukan.

Di satu titik ada orang tertentu dalam satu kelompok masyarakat prasejarah yang lebih menghabiskan waktunya untuk menggambar dibandingkan mencari makanan.

Karena sudah terbiasa dengan kebiasaannya, mereka pun mulai ahli dalam membuat gambar dan mulai menemukan bahwa bentuk dan susunan rupa tertentu apabila dibuat sedemikian rupa akan terlihat lebih menarik untuk dilihat dibanding biasa-biasa saja.

Dan mereka juga mulai menemukan cita rasa keindahan dalam aktivitasnya dan terus melakukan hal tersebut menjadikan mereka semakin ahli dalam membuat gambar.

Aliran Abstaksionisme

Aliran abstrak merupakan aliran yang mencoba melepaskan dirinya dari perasaan ataupun asosiasi citra suatu objek. Proses abstraksi dibagi menjadi dua bagian, diantaranya:

1. Abstrak Kubistis

Abstrak Kubistis merupakan abstrak yang memiliki bentuk geometris murni. Contohnya, bulat dan segitiga.

2. Abstrak Non-Figuratif

Abstrak Non Figuratif merupakan abstraksi dalam arti melukis harus murni perasaan ekspresi, yang mana mewakili garis, warna mewakili warna dan lain sebagainya. Sehingga bentuk alami benar-benar ditinggalkan.

Teknik Seni Abstrak

Adapun beberapa teknik dalam seni abstrak yang bisa kalian jadikan sebagai referensi, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Teknik Transparan

Teknik Transparan merupakan sebuah teknik melukis atau menggambar menggunakan cat air dengan aplikasi cat yang tipis sampai hasilnya begitu terlihat transparan.

2. Teknik Klose

Teknik Klose merupakan sebuah teknik dengan memotong kertas, yang nantinya dirangkai menjadi lukisan realistis atau abstrak.

3. Teknik Plakat

Teknik Plakat merupakan sebuah cat poster (cat minyak akrilik) dengan garis tebal digunakan untuk menghasilkan warna yang padat & pekat.

4. Teknik Mozaik

Teknik Mozaik merupakan sebuah objek yang menyerupai 3 dimensi dan dilampirkan dengan sedemikian rupa hingga lukisan dibuat.

5. Teknik 3M

Teknik 3M merupakan sebuah bentuk (melipat, merekatkan, dan memotong) lembaran kertas dibawa ke dalam sebuah bentuk 3 dimensi.

6. Teknik Aplikasi

Teknik Aplikasi merupakan sebuah pekerjaan dekoratif dalam teknik menjahit dengan menempelkan (menjahit) guntingan kain, seperti bunga, hewan, buah, dll. Dan pada kain lainnya yaitu sebagai hiasan.

7. Teknik Makrame

Teknik Makrame merupakan suatu bentuk dari seni kerajinan simpul-simpul yang bekerja pada awal dan akhir rantai benang dari produk anyaman dengan mengolah simpul yang berbeda dalam rantai benang menjadi jumbai dan rumabi yang berbeda.

8. Teknik Menganyam

Teknik Menganyam merupakan sebuah kerajinan tangan yang mana dalam sebuah bahan yakni diangkat dan tumpang tindih atau di silang hingga menjadi kepang atau anyaman.

9. Teknik Merakit

Teknik Merakit merupakan suatu pekerjaan di mana beberapa bagian atau potongan material dikaitkan. Biasanya metode ini disebut perakitan, hasilnya disebut sebagai perakitan. Potongan-potongan material dihubungkan dengan pengelasan, sekrup ataupun dengan cara lain.

10. Teknik Membangun

Teknik Membangun merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan mengatur berbagai komponen  yang menjadi objek yaitu tiga dimensi.

11. Teknik Butsir

Teknik Butsir merupakan sebuah teknik yang menggunakan alat kelapa sawit sederhana dan alat lainnya (kayu, kawat). Bahan yang digunakan yakni lunak, fleksibel, elastis, termasuk tanah liat & plastik.

12. Teknik Menuang

Teknik Menuang merupakan sebuah proses pengecoran dengan bahan cair, yang dituangkan ke dalam alat referensi dalam bentuk cetakan. Sehabis itu susah dihilangkan dari referensi atau sebuah bentuk. Bahan cair ini terdiri dari semen, karet, paltik, besi cor & logam.

13. Teknik Pahat

Teknik Pahat merupakan sebuah teknik yang dibuat dengan membuang bahan-bahan yang tidak digunakan pada pembuatan patung. Cara melakukannya yakni dengan pahat (tatah) atau ukiran dan palu. Bahan yang digunakan adalah bahan keras seperti cadas, batu, kayu, plester &tanah liat kering.

14. Teknik Menjahit

Teknik Menjahit merupakan sebuah metode dalam pengikatan (menempelkan, menghubungkan, dan lain sebagainya) Dengan menggunakan alat benang dan jarum.

Ciri – Ciri Seni Abstrak

  1. Bentuknya tidak pernah dikenali,
  2. Bentuk abstrak tidak berhubungan langsung dengan bentuk apapun yang pernah dilihatnya, namun bila diamati akan terlihat seperti sesuatu.
  3. Warna, bentuk & bahan tambahan lain dalam melukis abstrak merupakan sebuah subjek lukisan abstrak untuk terlihat lebih menarik.
  4. Dalam pembuatannya, lukisan abstrak ini cukup peka dalam komposisi warna dan lebih banyak menggunakan cat air.
  5. Seni abstrak yang lebih banyak menggunakan cairan biasanya dikategorikan dengan seni abstrak yakni abstrak figuratif. Dan lukisan yang merupakan hal yang tidak visual seperti emosi, suara/pengalaman spiritual.

Tips Membuat Seni Absrtrak

  1. Hal pertama, mulailah dengan apa yang sedang kamu bayangkan, kemudian keluarkan semua imajinasi yang sedang dipikirkan.
  2. Setelah kamu membayangkan apa yang sedang dipikirkan, selanjutnya mulailah mempersiapkan alat & bahan untuk melukis. Dari mulai canvas, keras, cat lukis & pensil warna. Namun biasanya, seorang pelukis biasanya akan menggunakan dua cat, yakni cat acrylic dan cat minyak.
  3. Setelah semua alat & bahan telah dipersiapkan, maka mulailah untuk melukis sesuai imajinasi yang kamu miliki.

Cara Memahami Seni Abstrak

Untuk dapat memahami seni abstrak, “Huffington Post” memberikan beberapa kiat. Saat anda melihat karya abstrak, maka hal- hal berikut ini bisa memecahkan kebingungan Anda.

1. Tidak  ada kode untuk dipecahkan

Lukisan abstrak bukanlah teka-teki silang yang harus Anda pecahkan. Ketika Anda melihat karya-karya abstraknya, silakan tarik napas panjang dan nikmati setiap warna/pola. Lalu, saat sudah melihatnya, Anda cukup memasuki pikiran Anda.

2. Jangan meilhat jam

Apabila Anda seorang penikmat abstrak sejati, jangan berpikiran Anda bisa segera memahami makna lukisan abstrak dalam beberapa menit. Bagi Anda, mungkin membutuhkan beberapa jam. Tapi nikmatilah lebih lama lagi.

3. Jangan memikirkan tulisannya, pikirkan benda lain

Lukisan abstrak memang bisa menyebabkan banyak interpretasi, akan tetapi ini bukan membahas apakah Anda benar atau salah. Ini sebenarnya terkait dengan apa yang Anda bayangkan saat Anda melihatnya.

Ketika Anda melihat karya seni abstrak, Anda mungkin memikirkan banyak pertanyaan di pikiran, namun pernyataan ini juga tidak mempunyai jawaban yang jelas, tapi bisa membantu Anda menemukannya.

4. Jangan panik saat emosi melanda

Biasanya, penikmat karya seni abstrak ini sangat terpesona dengan seni  dan sedikit orang yang begitu bersemangat sampai-sampai untuk menangis.

Apabila Anda menghadapi situasi ini, jangan khawatir. Penikmat film terkadang menangis saat menonton film  dan hampir mirip, hanya perbedaannya adalah Anda melihat emosi Anda.

5. Baca keterangannya

Apabila Anda tidak ingin melakukannya sendiri, ini adalah cara termudah. Setiap karya abstrak yang ditunjukkan tentunya akan berisi informasi mengenai identitas dan kisah karya seni tersebut.

Akhirnya, cobalah untuk menikmati tanpa mengetahui tujuan pekerjaan. Karena beberapa dari seniman abstrak tidak memiliki tujuan yang khusus ketika membuat karya-karya abstrak, maka maksud asli memahami karya-karya abstrak adalah bagaimana untuk memahaminya.

Baca Juga Artikel:

Cara Membuat Lukisan Abstrak

Adapun cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah karya seni abstrak dengan menggunakan alat & bahan yang sudah dirincikan sebagai berikut:

Alat

  1. Pensil
  2. Kanvas
  3. Cat (terserah yang penting bagus)
  4. Kuas

Cara Pertama

  • Pilih kanvas

Anda bisa membeli kanvas yang sudah jadi dengan berbagai ukuran di toko kerajinan. Biasanya BISA menggunakan kanvas ini secara langsung.

Akan tetapi, tidak ada aturan bahwa Anda harus memakai kanvas yang dilapisi dan dapat digunakan. Pada kenyataannya, seniman abstrak sering menggunakan kanvas yang tidak dicat atau yang “tidak siap  untuk digunakan”.

Jika Anda ingin memberikan warna latar belakang, siapkan sebotol Gesso dan oleskan sedikit warna ke kanvas dan nantinya lapisan ini akan segera kering.

  • Pilih cat Anda

Pikirkan baik-baik apakah akan menggunakan cat akrilik atau cat minyak. Cat akrilik tidak akan menghasilkan bau, dan mudah digunakan karena mengering dengan cepat, dan Anda juga dapat menerapkan cat apabila terjadi miss/kesalahan.

Namun, cat minyak umumnya tidak digunakan karena baunya, memerlukan lebih banyak waktu untuk mengering, dan tidak dapat dilapisi jika dilakukan dengan salah.

  • Kumpulkan kuas dan alat-alat lainnya

Pilihlah kuas untuk digunakan dengan cat yang dipilih. Anda juga bisa menggunakan pisau palet untuk melukis dan menciptakan tampilan yang bertekstur. Walaupun beberapa seniman suka menggunakan kayu penyangga, namun banyak juga seniman abstrak memilih untuk meletakkan kanvas di lantai agar lebih dekat dengan lukisan.

Cara Kedua

  • Jika Anda tidak yakin warna mana yang pas, pertimbangkan dahulu untuk menggunakan kartu warna atau roda warna. Kali ini dapat membantu menunjukkan warna mana yang cocok satu sama lain.
  • Tergantung pada tingkat kebingungan dalam lukisan yang akan dilakukan, cara yang terbaik adalah untuk berganti pakaian dengan kaos yang lama atau sudah lama tidak dipakai. Sehingga anda tidak perlu lagi khawatir cat akan terkena percikan cat pada pakaian Anda, Anda bisa lebih fokus pada lukisan abstrak atau kreasi artistik.
  • Lalu letakkan beberapa koran untuk mencegah percikan atau cat dari percikan, terutama jika Anda berencana untuk melukis dengan menjentikkan kuas ataupun meletakkan kanvas di lantai.

Akhir Kata

Demikianlah artikel seni abstrak yang meliputi pengertian, sejarah, ciri-ciri. tips & cara membuatnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan menambah wawasan Anda. Semoga dengan adanya artikel diatas dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like