Teknik Aquarel

Dalam menggambar, kita mengenal dengan beberapa teknik yang biasa digunakan. Beberapa teknik tersebut digunakan sesuai dengan jenis gambar yang akan dibuat. Salah satu diantaranya yaitu teknik aquarel, teknik ini merupakan jenis teknik menggambar yang menggunakan cat air sebagai alatnya.

Teknik ini merupakan jenis teknik yang menggunakan sapuan warna tipis untuk menghasilkan gambar yang tampak transparan. Harus dengan pemahaman yang lebih untuk menggunakan teknik ini.

Nah, jangan pusing lagi. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai teknik aquarel, yuk simak supaya kamu paham dengan teknik aquarel.

Pengertian Teknik Aquarel

Teknik Aquarel merupakan salah satu teknik menggambar atau melukis dengan menggunakan cat air dan sapuan warna yang tipis, sehingga gambar yang dihasilkan terlihat transparan.

Agar sapuan warna menghasilkan sapuan yang tipis dan ringan, sebaiknya kamu menggunakan cat yang sedikit lebih encer.

Tips Melukis Teknik Aquarel

Walaupun bukan jenis teknik yang mudah, kamu tetap bisa menggunakan teknik ini dengan mudah. Kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar teknik aquarel yang kamu gunakan sesuai dengan yang kamu inginkan.

  1. Pilihlah cat air yang berkualitas. Cat air yang berkualitas memang relatif mahal, akan tetapi harga dan kualitas pastinya berjalan seiringan.
  2. Untuk media kertas yang paling cocok dan bagus yaitu kertas aquarel. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan sesuai dengan teknik ini, kamu bisa gunakan kertas aquarel. Akan tetapi kamu juga tetap bisa menggunakan kertas gambar biasa dengan kualitas standar.
  3. Gunakan kuas yang berkualitas.

Baca Juga: Teknik Pointilis


Hal yang Sangat Penting Dalam Teknik Aquarel

Teknik aquarel bukanlah teknik biasa yang sembarangan bisa dilakukan. Kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakan teknik aquarel dalam menggambar.

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan teknik Aquarel, antara lain :

1. Alat dan Media gambar

Alat dan media gambar yang perlu disiapkan meliputi cat air, air, kuas cat, kertas gambar, palet cat air dan kain lap. Pilihlah cat air yang memiliki kualitas dan kertas yang sesuai yaitu kertas aquarel.

Nah, cat air ini mempunyai kelebihan yang akan kamu peroleh jika digunakan sebagai media gambar. Berikut ini merupakan kelebihan cat air :

  • Mudah kering.
  • Tidak berbau.
  • Mudah dibersihkan.
  • Warna lebih tajam.
  • Tekstur halus.
  • Mudah digunakan.
  • Tahan lama hingga puluhan tahun.

2. Membuat Sketsa Gambar

Membuat sketsa gambar ini kamu bisa menggunakan pensil secara tipis-tipis untuk menghindari ketidaktepatan pada objek gambar.

3. Membasahi Kertas Dengan Air

Pada teknik aquarel ini kamu harus terlebih dahulu membasahi media gambar, bisa kertas atau kanvas dengan air agar memberikan efek tipis pewarnaan pada gambar.

4. Pewarnaan

Pada tahap ini hindari menyapukan kuas dengan cara menyilang atau menggulung-gulung kertas gambar, karena akan menyebabkan rusaknya media gambar. Selain itu, dengan cara tersebut juga tidak akan bisa menghasilkan intensitas warna seperti yang diinginkan.

5. Drying (Pengeringan)

Sentuhan akhir yang harus dilakukan yaitu mengangin-anginkan media gambar atau menjemurnya langsung di bawah terik matahari, agar catnya kering dengan sempurna. Hindari juga untuk menggunakan alat pengering, karena dikhawatirkan bisa merusak media gambar (cat tercecer, menggulung, dan lain sebagainya).

Cara Melukis Teknik Aquarel

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menggambar dengan menggunakan teknik Aquarel, perhatikan langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Tentukan tema gambar terlebih dahulu.
  2. Kemudian buatlah sketsa gambar.
  3. Basahilah kertas dengan air yang sudah ada di kuas, kemudian oleskan pada permukaan kertas.
  4. Berilah Warna.
  5. Langkah terakhir yaitu.

Baca Juga: Teknik Butsir


Jenis Jenis Teknik Aquarel

Teknik aquarel ini juga dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Berikut ini jenis-jenis teknik aquarel.

Wet on wet

Wet on wet merupakan salah satu teknik melukis aquarel dengan cara menimpa cat yang masih basah dengan cat lain atau warna yang lebih gelap, sehingga warnanya menjadi bergradasi atau bernuansa.

Wet on Dry

Sedangkan wet on dry merupakan salah satu teknik melukis aquarel dengan cara menimpa cat yang sudah kering dengan cat lain atau warna yang lebih gelap, sehingga menghasilkan tepi cat yang tajam.

Contoh Lukisan Menggunakan Teknik Aquarel

Contoh Lukisan Aquarel sederhana

Contoh Lukisan Aquarel Rumah

Contoh Lukisan Aquarel Hewan

Contoh Lukisan Aquarel Bunga

Contoh Lukisan Aquarel Buah – Buahan

Contoh Lukisan Aquarel Benda

Contoh Lukisan Aquarel Pemandangan


Baca Juga: Teknik Menggambar


Dengan menggunakan teknik aquarel, hasil gambar yang kamu peroleh akan tampah transparan. Itu sebabnya teknik ini harus dipelajari betul-betul agar hasilnya tidak mengecewakan.

Demikian penjelasan mengenai teknik aquarel ini, jika kamu ada saran dan masukan lain terkait teknik aquarel bisa kamu tambahkan di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *