Teknik Blok

Teknik Blok

Dalam seni, kita akan mengenal beberapa jenis teknik yang akan membantu seniman bagaimana cara membuat suatu karya. Salah satu diantaranya yaitu teknik blok. Teknik ini juga dikenal dengan sebutan teknik siluet, karena hasil gambarnya akan seperti bayangan atau siluet.

Teknik ini akan terlihat seperti bayangan yang dibuat dengan mudah. Padahal pada penerapannya, teknik ini harus dikuasai secara benar agar gambar siluet yang dihasilkan mempunyai kualitas yang tinggi.

Agar kamu paham dan bisa dengan mudah membuat siluet dengan teknik ini, yuk kita simak artikel yang membahas teknik blok berikut ini.

Apa Itu Teknik Blok

Secara pengertian teknik blok merupakan salah satu teknik dalam menggambar yang dilakukan dengan cara menutup bagian objek gambar dengan satu warna, sehingga akan tampak bentuk global siluetnya atau juga bisa akan menciptakan kesan yang biasa disebut blok.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Arti dari Siluet yaitu gambar bentuk menyeluruh secara blok, umumnya berwarna gelap.

Pengertian lain menyebutkan bahwa pengertian siluet yaitu gambar manusia, pemandangan, binatang, atau benda lain dalam bentuk yang padat dan biasanya terdiri dari satu warna saja yakni hitam.

Cara Menggambar dengan Teknik Blok (Siluet)

Lalu, sebenarnya bagaimana cara menggambar dengan teknik blok ini ? Nah berikut ini merupakan langkah yang harus ditempuh jika ingin menggambar menggunakan teknik blok.

  1. Gambarlah terlebih dahulu sketsa objek yang akan di gambar, seperti misalnya manusia, tumbuhan, hewan, atau benda-benda lainnya.
  2. Setelah selesai menggambar langkah selanjutnya yaitu tutup objek gambar dengan satu warna dan biasanya dengan warna hitam.
  3. Dan akhirnya gambar dengan teknik siluet pun jadi.

Baca Juga: Teknik Menggambar


Alat dan Bahan

Dalam menggambar dengan teknik blok atau siluet, kita membutuhkan beberapa alat dan bahan yang harus dipenuhi. Berikut ini merupakan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam menggambar menggunakan teknik blok.

1. Media kering

Peralatan ini digunakan pada bidang dengan media yang dalam keadaan kering. Praktik dalam menggunakannya yaitu digoreskan secara langsung pada permukaan bidang gambar. Peralatan-peralatan tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Pensil

Merupakan alat tulis yang sangat berpengaruh dalam pembuatan sketsa gambar (objek). Untuk merancang gambar bentuk bisa menggunakan pensil keras (hard), seperti pensil HB.

Coretan yang didapatkan dari pensil HB tidak terlalu terang, jadi sangat cocok untuk merancang sketsa awal sebelum tahap akhir penyempurnaan gambar (finishing).

Jenis pensil lain yaitu pensil lunak (2B,3B, 4B, 5B, dan 6B). Pensil jenis B ini mempunyai sifat yang lunak dan hasilnya lebih pekat dibandingkan jenis HB sehingga sangat cocok untuk teknik blok atau siluet ini.

  • Krayon

Mempunyai sifat yang padat dan lunak sehingga krayon sangat cocok digunakan untuk membuat gambar blok.

  • Spidol

Spidol terdiri dari berbagai macam pilihan warna. Jadi alat ini sangat cocok untuk menggambar dengan teknik blok.

  • Konte

Bagi kamu yang belum tau, konte merupakan sejenis pensil yang berasal dari bahan lunak berwarna hitam pekat, konte ini sering digunakan untuk membuat gambar gradasi atau benda-benda yang mempunyai tekstur halus.

  • Drawing pen

Nah kalau alat yang ini tentu sudah tidak asing, alat ini sering digunakan dalam  menggambar dengan teknik arsir dan blok.

2. Media basah

Peralatan jenis ini digunakan pada bidang dengan media yang dalam keadaan basah. Biasanya bahan warnanya disimpan dalam bentuk tube, botol, ataupun kaleng. Peralatan tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Cat air, biasa digunakan dalam menggambar dengan  campuran air atau juga tanpa air.
  • Tinta bak atau biasa disebut dengan tinta Cina, terbuat dari bahan cair yang mempunyai warna pekat. Sangat cocok digunakan  untuk menggambar dengan Teknik blok atau siluet.
  • Cat minyak (acrylic)
  • Cat poster (cat plakat)
  • Ecolin, dibuat dari bahan cair dengan berbagai macam warna. Sangat cocok untuk teknik blok, arsir, atau gradasi warna.

Jenis dalam Teknik Blok (Siluet)

Dalam teknik blok atau siluet, ada dua jenis siluet yang biasa dipakai oleh para seniman yaitu siluet positif dan siluet negatif. Berikut ini penjelasannya :

  • Siluet Positif, menggambar dengan cara memberikan warna atau blok pada bentuk yang diinginkan.
  • Siluet Negatif, menggambar dengan memberikan warna atau blok di sekitar atau sekeliling bentuk yang diinginkan.

Baca Juga: Teknik Cetak


Contoh Gambar Teknik Blok yang Mudah

Gambar Teknik Blok Pohon

Gambar Teknik Blok Bunga

Gambar Teknik Blok Manusia

Gambar Teknik Blok Pemandangan


Baca Juga: Teknik Pahat


Walaupun hasil yang didapatkan terlihat mudah dibuat, teknik ini sebenarnya sulit dilakukan. Karena warna yang dihasilkan harus benar-benar pekat agar tampak siluetnya.

Demikian penjelasan mengenai teknik blok atau siluet ini, kalau kamu ada saran dan masukan terkait dengan teknik blok masukan di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *