Teknik Dusel

Teknik Dussel

Menggambar merupakan kegiatan yang sudah kita lakukan sejak masih kecil. Menggambar ini bisa melatih kita dalam meningkatkan kreativitas. Nah dalam proses menggambar kita harus paham dengan beberapa teknik, salah satunya teknik dusel atau teknik gosok.

Teknik dusel ini akan menciptakan sebuah gradasi warna gelap terang yang menjadikan hasil gambarnya menjadi elegan. Bukan cuma itu, proses membuat gambar dengan teknik ini juga terbilang mudah dilakukan.

Baiklah, untuk lebih lengkapnya lagi yuk simak artikel berikut ini yang membahas mengenai teknik dusel.

Pengertian Teknik Dusel (Gosok)

Teknik dusel adalah teknik gosok yang cara menggunakannya dilakukan secara berulang kali sampai menciptakan sebuah gradasi atau bayangan yang sesuai. Gambar yang dihasilkan dari menggunakan teknik yang satu ini sangat halus.

Cara simple dan mudahnya yaitu dengan menggambar menggunakan pensil lalu arsirannya di gosok menggunakan jari dengan satu arah sehingga akan menghasilkan sebuah corak yang halus.

Apabila ingin menciptakan bayangan yang gelap kamu bisa melakukannya berulang kali. Caranya yaitu dengan membuat arsiran garis kemudian digosok, ulangi terus sampai tercipta warna gelap yang kamu inginkan.

Apabila ingin menciptakan gradasi warna yang terang, kalian harus membuat garisnya kemudian digosok dengan jari.

Teknik ini cukup membutuhkan waktu yang sedikit agak lama karena dilakukan dengan berkali-kali. Bukan hanya sekali gosok selesai, tetapi harus dilakukan secara berulang dan tidak mudah.

Alat dan Bahan yang Digunakan

Alat dan Bahan Teknik Dussel

Dalam membuat gambar dengan menggunakan teknik dusel atau gosok harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa alat dan bahan. Berikut ini merupakan alat dan bahan dalam teknik dusel

  • Siapkanlah buku gambar atau kertas gambar.
  • Siapkan penggaris, yang dipakai untuk membuat gambar menjadi lebih bagus, teratur dan bisa digunakan juga untuk mengukur gambar.
  • Siapkanlah pensil 2B atau 4B.
  • Siapkanlah juga penghapus atau stip, yang akan kita gunakan untuk menghapus jika terdapat kesalahan dalam proses menggambar.

Usahakan saat menggambar jangan terlalu tebal, agar jika terjadi kesalahan dalam menggambar, maka akan mudah untuk dihapus dan juga tidak merusak media.

Cara Menggambar Dusel (Gosok)

Cara Menggambar Dussel (Gosok)

Menggambar dengan teknik dusel diperlukan beberapa hal utama yang harus diperhatikan. Setiap langkah yang diambil tidak bisa sembarangan. Berikut ini merupakan cara menggambar dengan menggunakan teknik dusel.

  1. Gambarlah objek terlebih dahulu dengan menggunakan pensil.
  2. Arsirlah beberapa bagian sisi objek.
  3. Lalu gosok-gosokanlah menggunakan jari agar terlihat seperti bayangan. Cara menggosokkannya dengan cara digosokkan satu arah atau mengikuti bentuk objek.
  4. Background dari objek dari gambar juga dibuat dussel, ini bertujuan agar gambar terlihat menonjol.
  5. Buatlah Background dari objek lebih gelap.

Contoh Gambar Teknik Dusel

Berikut ini merupakan beberapa contoh gambar yang dibuat dengan menggunakan teknik dusel.

Gambar Bunga Teknik Dusel

Gambar Buah Teknik Dusel

Gambar Hewan Teknik Dusel

Akhir Kata

Menggambar dengan menggunakan teknik dusel bisa dilakukan oleh siapa saja, asal kamu tekun dalam mempelajarinya. Teknik ini merupakan teknik yang familiar bagi kita, karena di dunia pendidikan teknik dusel juga sudah dikenalkan ke para muridnya.

Demikian artikel mengenai teknik dusel atau yang biasa disebut juga dengan teknik gosok, semoga bermanfaat ya. Kalau kamu punya masukan dan saran jangan sungkan tambahkan di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *