Teknik Menggambar

Teknik Menggambar

Menggambar merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh anak-anak. Tapi, tahukah kamu kalau menggambar ini bukan saja hal yang dilakukan oleh anak kecil. Ada banyak seniman dewasa yang menjadikan menggambar sebagai profesinya. Teknik menggambar harus diperhatikan agar tercipta sebuah seni yang fantastis.

Namun, teknik menggambar tersebut masih bisa dipelajari dan tidak terlalu sulit juga, yang terpenting kamu ada kemauan dan semangat yang tinggi dalam belajar. Kamu harus memperhatikan beberapa hal yang terkait dengan teknik menggambar tersebut.

Nah, tidak usah berlama-lama lagi berikut ini akan kita bahas hal-hal yang berkaitan dengan teknik menggambar. Yuk Simak!

Pengertian Teknik Menggambar

Teknik menggambar merupakan cara dalam memudahkan proses untuk menciptakan sebuah gambar, sehingga dengan teknik-teknik menggambar tersebut bisa membuat pekerjaan seseorang dalam menggambar akan terbantu dan menjadi lebih cepat selesai.

Macam Macam Teknik Menggambar

Dalam menggambar bentuk, kamu bisa menggunakan beberapa teknik yang mudah kamu pahami agar bentuk yang kamu bisa menghasilkan gambar yang sangat indah. Berikut ini macam-macam teknik menggambar yang bisa kamu pelajari.

1. Teknik Menggambar Arsir

Teknik Menggambar Arsir

Apa yang dimaksud dengan teknik menggambar arsir? Teknik menggambar arsir merupakan salah satu teknik dasar dalam menggambar dengan media pensil. Teknik arsir ini merupakan sebuah cara dalam menggambar yang menekankan pada kekuatan atau ketebalan garis.

Kekuatan/ketebalan garis tersebut bisa dibuat dengan menggunakan spidol, pensil, tinta atau alat gambar yang lain yang bisa menghasilkan garis berulang agar terlihat perbedaan pada kekuatan garis sehingga tampaklah kesan gelap terang, gradasi atau kesan dimensi pada gambar tersebut.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dalam belajar teknik arsir yaitu dengan berlatih teknik arsir gradasi membuat satu baris kotak. Buat kotak lebih dari satu dan arsir setiap kotak tersebut menggunakan jenis pensil yang berbeda. Kamu akan melihat perbedaan kesan gelap terang yang ditimbulkan pada setiap kotak.

2. Teknik Menggambar Linier (Garis)

Teknik Menggambar linier merupakan salah satu jenis metode atau cara menggambar objek menggunakan garis sebagai unsur utama yang paling berpengaruh, baik itu garis lurus maupun garis lengkung.

3. Teknik Menggambar Blok

Teknik Menggambar Blok

Teknik menggambar blok merupakan salah satu cara menggambar untuk menciptakan suatu gambar dengan cara menutup objek gambar secara menyeluruh dengan satu warna, sehingga terlihat bentuk globalnya atau biasa disebut dengan siluet.

4. Teknik Menggambar Perspektif

Teknik perspektif merupakan salah satu cara dalam menggambar yang digunakan dengan tujuan benda yang digambar tampak dengan wajar sesuai pandangan mata penikmatnya.

Biasanya teknik ini memanfaatkan letak garis horizon, letak benda dan juga jumlah titik hilang. Hasil dari teknik perspektif akan menghasilkan gambar 3 dimensi yang pas jika dilihat oleh pandangan mata.

5. Teknik Menggambar Dussel

Apakah kamu sudah tahu dengan teknik menggambar dussel? Teknik menggambar dussel merupakan salah satu cara atau metode dalam menggambar bentuk objek menggunakan pensil dengan cara digoreskan dalam posisi miring untuk menciptakan kesan gelap terang pada objek gambar tersebut.

6. Teknik Menggambar Pointilis

Apa itu teknik menggambar pointilis? Teknik menggambar Pointilis merupakan salah satu teknik atau cara dalam menggambar yang memanfaatkan titik-titik dalam menentukan kesan gelap terangnya pada suatu objek gambar. Alat yang bisa digunakan seperti pensil atau pena.

7. Teknik Menggambar Aquarel

Dalam menggambar juga dikenal salah satu teknik yaitu teknik aquarel. Teknik menggambar aquarel merupakan salah satu cara menggambar bentuk yang menggunakan media cat air dan teknik sapuan warna tipis sehingga bisa tampak transparan ataupun tembus pandang.

8. Teknik Menggambar Plakat

Teknik gambar plakat merupakan salah satu cara dalam menggambar bentuk dengan sapuan warna tebal agar tercipta hasil yang pekat dan menutup. Dalam teknik plakat ini kamu bisa menggunakan bahan seperti cat poster atau juga menggunakan cat air.

9. Teknik Menggambar Sketsa

Teknik menggambar sketsa merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menggambar bentuk dasar atau rencana membuat sebuah gambar. Teknik ini merupakan bagian paling awal dari hampir seluruh pekerjaan seni menggambar.

Tahapan ini mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap tahap-tahap selanjutnya dalam proses menggambar. Yang biasa digunakan adalah media kering seperti pensil hitam.

Tujuannya agar meminimalisir kesalahan dalam menggambar dan menjadikan bentuk gambar lebih proporsional.

10. Teknik Menggambar Back and Forth (Bolak-Balik)

Teknik ini menjadi teknik paling dasar dalam menggambar. Caranya yaitu dengan mencoret secara bolak-balik untuk mengisi bidang sebuah gambar. Baik itu membuat bayangan, blok , dan lain sebagainya.

Teknik ini dapat menutup sebuah bidang pada gambar tanpa meninggalkan bekas coretan pensil apabila dilakukan secara hati-hati. Jika ingin menghasilkan tekstur yang halus tanpa bekas alat gambar, sebaiknya kamu gunakan cat dengan teknik melukis.

Teknik Menggambar Bentuk

Gambar bentuk merupakan sebuah ide bentuk yang dipaparkan di atas bidang hasil dari keahlian tangan seorang seniman dengan menggunakan media titik, garis, warna, bentuk, tekstur, dan gelap terang yang tercipta sesuai dengan ketetapan bentuk asli yang perspektif, proporsi dan komposisi sehingga tercipta sebuah karya seni yang begitu indah.


Baca Juga: Teknik Melukis


Langkah-Langkah Menggambar Bentuk

Setelah mengetahui beberapa hal terkait dengan teknik menggambar, dalam hal ini beberapa jenis teknik yang ada dalam menggambar. Selanjutnya kita akan membahas langkah apa saja yang harus diambil dalam menggambar bentuk.

Berikut ini penjelasan terkait dengan langkah-langkah menggambar bentuk yang wajib kamu ketahui.

1. Pengamatan Objek

Pengamatan merupakan langkah awal yang harus diambil dalam proses menggambar bentuk sebagai pengenalan terhadap objek yang akan digambar. Pengamatan ini harus dilakukan secara teliti dan jeli agar bentuk yang diperoleh bisa ditangkap dengan sempurna.

2. Pembuatan Sketsa Gambar Bentuk

Pembuatan sketsa menjadi langkah teknik menggambar bentuk dengan cara memberikan goresan-goresan tipis. Hal ini sebagai antisipasi kesalahan ketidaktepatan bentuk sehingga menjadi lebih mudah dihapus dan tidak sampai merusak kertas. Kemudian perhatikan juga sketsa benda yang telah dibuat dengan teliti supaya gambar benda lebih tepat.

3. Pencahayaan atau Gelap Terang

Pencahayaan merupakan hal yang digunakan untuk menampakkan cahaya yang datang dari sisi kanan, kiri, atau bahkan keduanya. Dengan memberikan arsiran gelap, terang, atau setengah gelap untuk memperlihatkan bayangan pada objek sehingga terlihat seperti aslinya.

4. Pewarnaan

Pewarnaan juga merupakan salah satu langkah dalam menggambar yang menyesuaikan pada media yang dipakai seperti cat air, pensil warna, atau pastel. Kemudian tambahkan sentuhan bahan tersebut sesuai dengan keadaan objek yang di gambar.

Cara menggambar objek harus disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Jika menggunakan pensil warna, maka kamu harus gunakan teknik arsir atau dussel. Dan apabila menggunakan cat air, maka kamu harus gunakan teknik aquarel atau plakat.

5. (Finishing) Penyelesaian akhir

Finishing merupakan langkah yang paling akhir dalam menggambar. Setelah semua langkah telah dilaksanakan, lalu amati dan perhatikan kembali gambar yang sudah dibuat, kemudian perbaiki jika kamu menemukan beberapa bagian yang belum sempurna.

Teknik Menggambar Motif Ragam Hias

Salah satu motif yang bisa kamu jadikan referensi dalam menggambar yaitu motif ragam hias. Motif ini akan menjadi sangat menarik apabila kamu menggunakan teknik-teknik berikut ini dalam membuatnya.

Berikut ini merupakan teknik menggambar motif ragam hias yang bisa kamu pelajari.

1. Teknik Stilasi

Teknik stilasi merupakan teknik dalam mengubah bentuk asli dari sumber atau dengan cara melihat objek dari beberapa arah dengan penggayaan dan bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuk baru yang bersifat dekoratif, akan tetapi ciri khas dari bentuk aslinya masih terlihat.

Stilasi bisa dilakukan kepada bentuk-bentuk geometris atau bentuk-bentuk naturalis seperti stilasi segitiga, segi empat, lingkaran dan lain sebagainya.

Stilasi dengan bentuk alam seperti stilasi buah-buahan, stilasi bunga, stilasi daun, stilasi binatang, stilasi manusia, dan stilasi bentuk alam lainnya.

Selain itu, stilasi juga bisa dilakukan pada berbagai macam ragam hias yang sudah ada baik itu ragam hias naturalis, geometris ataupun ragam hias dekoratif.

2. Teknik Deformasi

Deformasi merupakan salah satu cara dalam menggambar yang mengubah bentuk aslinya dari sumber atau dengan cara melihat objek dari beberapa arah dengan lebih menyederhanakan struktur atau proporsi bentuk aslinya menjadi suatu hal yang baru, dan kesan karyanya akan terlihat sederhana dengan proporsi berbeda dari objek aslinya.

3. Teknik Distorsi

Distorsi merupakan cara dalam menggambar yang mengubah bentuk asli dari sumber atau dengan cara melihat objek dari beberapa arah dengan melebihkan struktur dan beberapa perubahan bentuk yang digambar sehingga terlihat perbedaan dengan objek.

4. Teknik Menggambar Flora

Menggambar flora merupakan menggambar sebuah objek yang berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan. Dengan menggambar flora ini, kita akan mengetahui beraneka ragam keindahan yang dapat memanjakan mata.

Flora memiliki banyak sekali jenis dan bentuknya. Nah bagian-bagian dari flora tersebut bisa kamu jadikan sebagai objek gambar, misalnya daun, bunga, batang atau buahnya. Bagian-bagian tersebut bisa kamu jadikan objek gambar individu atau dijadikan sebagai satu rangkaian objek gambar.

Diambil dari wikipedia, flora berasal dari bahasa Latin yang berarti alam tumbuhan atau nabatah merupakan khazanah segala jenis tanaman atau tumbuhan.

Walaupun masih dalam kelompok flora, teknik dalam menggambar flora ini bisa saja bermacam-macam. Hal ini dikarenakan jenis dari bentuk flora tersebut berbeda-beda.

5. Teknik Menggambar Fauna

Dikutip dari wikipedia, fauna berasal dari bahasa Latin yang berarti alam hewan, maksudnya yaitu khazanah segala jenis hewan yang hidup pada bagian tertentu atau periode tertentu.

Masing-masing hewan juga memiliki bentuk badan yang berbeda-beda. Kamu bisa menggambar bentuk hewan diawali dengan menggambar badannya terlebih dahulu, kemudian kepala, lalu kaki atau cakarnya.

Bentuk-bentuk yang geometris akan memudahkan kamu dalam menggambar fauna agar lebih mudah dan tentunya harus diawali dengan sketsa.

6. Teknik Menggambar Alam Benda

Teknik Menggambar alam benda ini sebenarnya sama saja dengan teknik menggambar bentuk. Perlu kamu ketahui bahwa Alam benda terdiri dari benda buatan manusia dan juga benda yang terbentuk oleh alam.

Kategori Alam benda buatan manusia misalnya seperti piring, gelas, mangkok, kendi, dan berbagai macam bentuk lain. Sedangkan Alam benda yang terbentuk oleh alam misalnya seperti batang kayu, bebatuan, awan dan lain sebagainya.

Dalam menggambar alam benda, kamu harus memperhatikan beberapa hal yang akan memudahkan kamu dalam menggambar. Berikut ini merupakan hal yang harus diperhatikan dalam menggambar alam benda.

  1. Perhatikan Proporsi bentuk pada benda yang akan digambar.
  2. Perhatikan Komposisi dalam peletakan objek benda.
  3. Perhatikan intensitas cahaya yang menerangi objek gambar dan akan membentuk sebuah
  4. Gunakanlah arsiran atau warna yang sesuai, yang nantinya akan membentuk kesan bidang 3
  5. Perhatikan dalam menggunakan gambar latar belakang (background).

Menggambar suatu hal memanglah terlihat mudah. Namun jika kamu menggambar dengan teknik-teknik yang sudah dijelaskan di atas, kamu akan mendapatkan gambar yang indah dan sempurna.

Karena teknik-teknik tersebut akan memudahkan kamu dalam menggambar bentuk. Misal kamu akan menghasilkan gambar yang tampak tiga dimensi, kamu bisa gunakan teknik arsir dalam menggambar.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat terkait dengan teknik menggambar. Kalau kamu suka menggambar dan mempunyai saran, jangan sungkan untuk komen di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *