Teknik Pengambilan Gambar

Saya yakin siapapun pasti pernah mengambil gambar baik itu menggunakan handphone atau juga menggunakan kamera. Namun hasil yang didapatkan tidak semuanya sesuai dengan keinginan. Ya benar, karena kamu memotretnya belum menggunakan teknik pengambilan gambar.

Walaupun mengambil gambar dengan tidak menggunakan teknik akan mendapatkan hasil yang tidak terlalu mengecewakan, akan tetapi jika menggunakan teknik pengambilan gambar ini akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Berikut ini merupakan penjelasan terkait dengan teknik pengambilan gambar yang bisa kamu pelajari dengan mudah.

Teknik Pengambilan Gambar

Teknik Pengambilan Gambar

Teknik pengambilan gambar merupakan teknik yang digunakan untuk memilih luas pada frame foto. Dalam teknik pengambilan gambar ini ada beberapa macam, berikut ini merupakan penjelasan singkatnya.

1. Extreme Long Shot

Teknik yang satu ini mencakup lingkup area yang sangat luas dan memasukkan beberapa objek yang ada di sekitar subjek utama. Biasanya subjek utama akan tampak lebih kecil.

Sangat penting bagi kamu untuk mencari komposisi yang tepat dalam menyatukan subjek utama dengan keadaan yang ada di sekitarnya sehingga akan terlihat sebagai satu kesatuan. Teknik ini sering digunakan untuk foto prewedding dengan menampakkan pemandangan yang ada disekitarnya.

2. Long Shot

Teknik long shot ini menggunakan area yang memperlihatkan seluruh bagian subjek tanpa terpotong dengan frame. Teknik ini hanya terfokus pada subjek dengan segala ekspresi dan juga kegiatannya tanpa ada bagian tubuh subjek yang terpotong.

3. Medium Long Shot

Teknik medium long shot ini hampir sama dengan teknik long shot, akan tetapi batas pengambilan gambar biasanya hanya mulai dari lutut sampai kepala. Ruang yang diambil juga lebih sempit dibandingkan dengan teknik long shot.

4. Medium Shot

Teknik medium shot ini lebih sempit lagi dibandingkan dengan medium long shot apalagi teknik long shit. Pengambilan gambar diawali dari sekitar pinggang hingga kepala. Umumnya digunakan untuk menimbulkan dengan lebih detail bahasa tubuh dan juga ekspresi subjek.

5. Close up

Teknik ini sering diambil mulai dari bagian bawah bahu sampai ke kepala. Teknik ini digunakan untuk memperlihatkan detail ekspresi dan mimik wajah seseorang. Seringkali digunakan untuk mengambil gambar ekspresi seseorang misalnya memperlihatkan kerutan wajah subjek agar terlihat lebih dramatis.

6. Big Close up

Teknik big close up memotret mulai dari leher hingga ke atas kepala. Tujuannya juga sama dengan teknik close up, akan tetapi lebih menampakkan detail ekspresi dan mimik wajah seseorang.

7. Extreme Close up

Teknik ini biasanya dipakai hanya fokus pada satu area tertentu, contohnya seperti mata, hidung, dan bibir. Teknik foto ini sering digunakan untuk mengambil gambar katalog seperti produk kosmetik dan produk material.

Posisi Sudut Pandang Kamera

Macam-Macam Teknik Pengambilan Gambar

Biasa disebut juga dengan sebutan angle kamera merupakan posisi sudut pandang kamera dalam membuat perspektif gambar untuk menghasilkan gambar menjadi lebih menarik. Pada sudut tertentu kamu akan mendapatkan perspektif foto dengan karakter yang berbeda-beda.

Ada beberapa tipe sudut pandang kamera pada teknik pengambilan gambar menurut fungsi dan kebutuhannya masing-masing.

1. Frog Eye View

Frog Eye view merupakan sudut pandang kamera yang diambil dari bawah dengan posisi tepat diatas tanah seperti halnya mata katak yang sedang memandang. Cara mengambil gambar pada teknik ini yaitu dari posisi horizontal dimana objek berdiri.

Teknik Frog Eye mempunyai fungsi dalam menampilkan perspektif gambar dari bawah supaya objek tampak menjadi lebih besar.

2. Low Angle

Teknik Low Angle Kamera merupakan sudut pandang kamera yang diambil lebih rendah dari objek atau bahkan di bawah objek. Low Angle memiliki fungsi dalam menciptakan kesan mewah pada gedung dan tangguh pada objek seperti manusia.

Perbedaan Low Angle dan Frog Eye yaitu apabila objek berada diatas, maka memotret tilt up dengan berdiri termasuk teknik Low Angle, berbeda dengan Frog Eye yang harus menaruh kamera tepat diatas tanah.

3. Eye Level Angle

Eye Level merupakan sudut pandang kamera dimana tingginya sejajar dengan tinggi objek, seperti halnya mata memandang. Eye level angle ini merupakan sudut pandang standar dan biasa digunakan pada teknik pengambilan foto menggunakan kamera hp.

Teknik Eye Level mempunyai fungsi untuk menyampaikan kesan perspektif foto menjadi lebih realistis sama seperti sudut pandang mata manusia.

4. High Angle

Teknik High Angle merupakan sudut pengambilan yang diambil dari sudut yang lebih tinggi dari objek dengan posisi kamera tilt down atau menunduk mengarah pada objek.

High Angle View ini merupakan teknik yang sederhana dengan point of view lebih sempit dibandingkan dengan Bird’s Eye View.

5. Bird’s Eye Angle

Bird’s Eye View merupakan jenis sudut pandang kamera yang lebih tinggi dari objek layaknya seperti mata burung memandang, dengan luas area dan jangkauan fokus lebih kompleks dibandingkan dengan High Angle. 

Bird Eye Angle sering digunakan dengan landscape atau cityscape fotografi dalam memotret gedung-gedung perkotaan dari atas helikopter.

Akhir Kata

Mengambil gambar dengan tidak menggunakan teknik merupakan hal yang sangat mudah untuk diterapkan, namun hasilnya akan biasa-biasa saja. Akan tetapi berbeda apabila mengambil gambar dengan teknik.

Teknik mengambil gambar akan sangat berpengaruh dalam gambar yang dihasilkan. Maka dari itu, beberapa teknik diatas sangat penting dipelajari bagi kamu yang suka dengan fotografi.

Itu tadi merupakan penjabaran mengenai teknik pengambilan gambar menurut admin, semoga kamu suka dengan artikel ini ya. Kalau kamu punya saran dan masukan, jangan sungkan tambahkan di kolom komentar ya, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Teknik Dusel

Baca JugaTeknik PlakatTeknik ArsirTeknik MenggambarTeknik AquarelTeknik ButsirTeknik Melukis Menggambar merupakan kegiatan yang sudah kita lakukan sejak masih kecil.…

Pengertian Seni Lukis

Baca JugaAliran Seni LukisPengertian SeniPengertian Seni RupaPengertian Seni TariPengertian Seni MusikPengertian Seni Patung Pengertian seni lukis– Melukis merupakan…

Seni Kaligrafi

Baca JugaPengertian SeniPengertian Seni RupaPengertian Seni TariPengertian Seni MusikPengertian Seni PatungPengertian Seni Grafis Seni kaligrafi adalah salah satu…

Seni Kontemporer

Baca JugaPengertian SeniPengertian Seni RupaPengertian Seni TariPengertian Seni MusikPengertian Seni PatungPengertian Seni Grafis Seiring perkembangan zaman, seni perlahan…

Pengertian Seni Tari

Baca JugaPengertian SeniPengertian Seni RupaPengertian Seni MusikPengertian Seni PatungPengertian Seni GrafisPengertian Seni Budaya Pengertian Seni Tari- Banyak diantara…

Teknik Fotografi

Baca JugaTeknik PlakatTeknik ArsirTeknik MenggambarTeknik AquarelTeknik ButsirTeknik Melukis Kalau mendengar kata fotografi, tentu yang terlintas di pikiran kita…