Teknik Plakat

Dalam menggambar kita mengenal beberapa jenis teknik yang bisa digunakan, salah satunya yaitu teknik plakat. Jenis teknik yang menggunakan cat air atau cat akrilik sebagai bahan dasar.

Teknik plakat ini akan menghasilkan gambar yang lebih pekat dan tebal. Teknik ini juga mempunyai kesulitan yang sedang, karena jika cat air atau cat akrilik terlalu tebal juga tidak akan terlihat bagus. Begitu juga sebaliknya, jika terlalu tipis juga akan lebih kepada teknik aquarel.

Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk kita simak artikel berikut ini yang membahas teknik plakat.

Pengertian Teknik Plakat

Teknik plakat merupakan teknik yang digunakan dalam melukis yang menggunakan dari bahan cat air, cat akrilik, atau cat minyak sebagai bahan dasar dengan sapuan warna cat yang tebal dan kental.

Teknik menggambar jenis ini jauh memiliki perbedaan dengan teknik aquarel, dimana teknik aquarel menggunakan cat encer dengan yang goresan tipis. Sedangkan teknik plakat harus menghasilkan gambar yang tebal dan menutup media gambar.

Teknik ini bisa menghasilkan lukisan atau gambar  dengan nilai komersil yang cukup tinggi dan umumnya dilakukan oleh para seniman profesional di bidangnya. Media yang biasa digunakan dengan teknik plakat bisa seperti kertas lukis, kanvas dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Teknik Plakat

Berikut ini merupakan ciri-ciri yang ada pada sebuah gambar dengan teknik plakat.

  • Sapuan warna cat lebih kental dan tebal.
  • Hasil lukisan menutupi seluruh bagian pada medianya.
  • Mempunyai perpaduan warna dan kombinasi yang bervariasi
  • Hasil lukisan tampak pekat

Baca Juga: Teknik Plakat


Bahan dan Alat Teknik Plakat

Agar menghasilkan gambar yang indah dengan menggunakan teknik plakat, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan seperti alat dan bahan yang baik dan berkualitas.

Bahan-Bahan yang harus disiapkan :

  • Cat air
  • Cat Poster
  • Cat Akrilik
  • Cat Minyak

Alat-Alat yang harus disiapkan :

  • Kuas
  • Kanvas

Cara Melukis Teknik Plakat

Cara Melukis Teknik Plakat

Pada dasarnya teknik plakat tidak jauh berbeda dengan teknik gambar yang lainnya, hanya saja teknik plakat ini sapuan warna catnya lebih tebal dan kental pada medianya.

Sehingga sapuan warna tersebut akan mendapat lukisan yang pekat dan menutupi seluruh bagian medianya. Pastikan juga kamu sudah menentukan tema lukisan yang semenarik dan sekreativitas mungkin sebelum menggambar.

Kemudian kamu bisa langsung mencampur dengan warna kesukaan. Biasanya teknik plakat menggunakan tiga kombinasi warna dasar, yaitu merah, biru dan kuning.

Kemudian warna-warna tersebut dikombinasikan sehingga menjadi warna baru yang sesuai dengan keinginan seniman.

Tahap selanjutnya kamu bisa mengekspresikan ide dan gagasan yang kamu miliki dan menghasilkan hasil lukisan atau gambar yang indah.

Unsur-Unsur dalam Teknik Plakat

Dalam menggambar menggunakan teknik plakat, ada beberapa unsur yang harus diperhatikan. Berikut ini unsur-unsur dalam teknik plakat.

1. Garis

Garis menjadi langkah paling dasar dari sebuah gambar. Garis merupakan sebuah gambar yang dibentuk melalui tarikan atau goresan dari satu titik ke titik yang lain.

Jenis-jenis garis pun mempunyai beragam bentuk mulai dari garis lurus, garis putus-putus, garis lengkung, garis yang tak beraturan, dan lain sebagainya.

Setiap garis yang digambar juga mempunyai arti tersendiri sesuai dengan karakter garis tersebut, misalnya garis lurus, maka garis tersebut mempunyai arti kaku, keras dan tegas.

2. Bidang

Bidang merupakan sebuah permukaan datar. Bidang bisa terbentuk melalui pertemuan antara ujung garis satu dengan ujung garis lainnya.

Bidang bisa berbentuk berbagai macam misalnya seperti :

  • Bidang geometri yaitu segitiga, persegipanjang, dan persegi.
  • Bidang organik yaitu garis lengkung bebas.

Bidang juga mempunyai sifat tertentu dan beragam sesuai bentuk dari bidang tersebut.

3. Bentuk

Bentuk merupakan hasil dari penggabungan unsur bidang. Misalnya empat sisi bidang digabungkan, sudah pasti akan menghasilkan sebuah bentuk persegi.

Ada beberapa faktor yang menjadi sifat dari sebuah benda yakni nada gelap-terang, warna, dan tekstur. Misalnya pada benda yang bertekstur kasar akan memperoleh kesan yang lebih berat dibandingkan benda dengan tekstur halus.

4. Warna

Warna menjadi unsur paling penting dalam teknik plakat ini. Ada tiga warna dasar yang bisa digunakan dalam melukis dengan teknik plakat yaitu warna merah, biru, dan kuning.

Dari ketiga warna tadi kamu bisa melakukan perpaduan warna sehingga menghasilkan warna lainnya, misalnya warna merah dipadukan warna kuning akan menghasilkan warna oranye.

Warna bisa memiliki arti tertentu sesuai warna yang digunakan dalam menggambar lukisan. Misalnya seperti kamu melukis dengan paduan warna tua dan warna muda, warna gelap dan warna terang, serta warna cerah dan warna redup.

5. Tekstur

Tekstur bisa diartikan dengan permukaan yang ada pada suatu benda. Tekstur tersebut bisa berupa tekstur kasar maupun halus.

Tekstur kasar merupakan tekstur yang permukaannya yang tidak rata sehingga permukaan akan terasa kasar jika diraba. Tekstur kasar bisa ditemukan pada ranting pohon, daun, dan juga batu.

Sedangkan tekstur halus merupakan tekstur yang permukaannya halus dan lembut atau rata jika diraba. Misalnya dijumpai dalam benda seperti kertas, keramik, kaca dan lain sebagainya.

6. Nada Gelap-Terang

Pada saat benda terkena cahaya baik secara langsung maupun tidak langsung, maka akan muncul efek warna yang berpengaruh pada benda tersebut yaitu >

  • Sisi benda yang terkena sinar
  • Bayangan dari sisi lain yang tidak terkena sinar.

Atau bisa dikatakan juga ada sisi gelap terang pada objek benda tersebut.

Maka dari itu, untuk menghasilkan bentuk gambar yang baik, sangat dibutuhkan keahlian dalam penentuan sisi gelap terang pada benda sehingga akan memperoleh gambar yang mempunyai seni dan indah.

7. Ruang

Dalam seni bangunan, ruang terbentuk dari dua atau beberapa dinding yang mempunyai jarak satu sama lain. Begitu juga dengan patung, dalam seni patung terdapat ruang yang berongga.

Ruang di alam nyata juga bisa disebut sebagai ruang nyata. Kemudian ruang yang dibuat dalam sebuah gambar maka dapat dinamakan juga sebagai ruang khayalan.


Baca Juga: Teknik Arsir


Kelebihan Teknik Melukis Plakat

Berikut ini merupakan kelebihan yang ada pada sebuah gambar yang dibuat dengan teknik plakat :

  • Di dalam teknik ini bisa mengaplikasikan banyak warna dan akan menghasilkan warna yang banyak.
  • Hasilnya sangat memuaskan dan sangatlah bagus.

Kekurangan Teknik Melukis Plakat

Selain kelebihan, tentunya ada juga kekurangan yang terdapat jika sebuah gambar dibuat dengan teknik plakat. Berikut ini kekurangannya :

  • Dari segi harga, relatif mahal tetapi lukisan tersebut hasilnya akan memuaskan.
  • Harus memiliki cat dan kuas yang cocok.
  • Teknik menggambar menggambar ini terbilang sulit, walaupun sebagian ada yang mudah.

Contoh Gambar Lukisan yang Menggunakan Teknik Plakat

Gambar Lukisan Teknik Plakat Buah-Buahan

Gambar Lukisan Teknik Plakat Pemandangan

 

Gambar Lukisan Teknik Plakat Hewan

 

Gambar Lukisan Teknik Plakat Estetik 


Baca Juga: Teknik Menggambar


Demikian artikel teknik plakat ini kita bahas, kalau kamu punya saran dan masukan yang kreatif jangan lupa komen di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *