Teknik Pointilis

Teknik Pointilis

Saat kita masih kecil, sudah pasti menggambar atau melukis menjadi aktivitas yang sering kita lakukan dan bahkan bisa menjadi aktivitas favorit kita. Dalam menggambar atau melukis kita mengenal terkait dengan teknik, salah satunya teknik pointilis.

Ini merupakan salah satu dari sekian banyak jenis teknik yang ada dalam menggambar atau melukis. Teknik ini sangat mudah kita bedakan dengan teknik lain, karena perbedaan yang ada pada teknik ini sangat menonjol dibandingkan dengan teknik menggambar lainnya.

Kalau kamu penasaran dengan apa itu teknik pointilis, nah berikut ini merupakan penjabaran singkat terkait dengan teknik pointilis.

Pengertian Teknik Pointilis

Secara pengertian teknik pointilis merupakan salah satu teknik dalam menggambar atau melukis yang menggunakan susunan titik-titik yang dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah objek.

Pembentukan suatu objek dengan teknik ini dicapai dengan tingkat kerenggangan dan kerapatan titik yang dibubuhkan.

Sejarah Teknik Pointilis

Sebenarnya dalam dunia seni lukis, teknik ini sudah digunakan terlebih dahulu oleh suku Aborigin yang berasal dari Australia. Konon katanya, suku ini sudah mempunyai tradisi turun temurun untuk melukis menggunakan titik yang diwariskan oleh para nenek moyang mereka.

Namun, ternyata teknik pointilis ini mulai diperkenalkan sekitar tahun 1971 oleh seorang guru seni yang berasal dari Australia. Awalnya ia memulai pergerakan mural di sekolah-sekolah di sana dan pada akhirnya pergerakan melukis menggunakan titik menjadi ciri khas di daerah itu.

Selain itu, sumber lain mengatakan bahwa teknik pointilis ini digagas oleh Paul Signac dan Georges Seurat pada tahun 1886, yang berasal dari aliran Impresionisme.

Mengapa dikatakan berasal dari impresionisme ? Hal ini dikarenakan, sebelumnya impresionisme sendiri sudah memanfaatkan dab atau olesan kecil yang menyerupai titik untuk menggambar suatu objek.

Tokoh Aliran Seni Pointilis

Dalam seni melukis, ada beberapa tokoh yang terkenal mengacu kepada aliran pointilis. Dimana hampir di semua karyanya menggunakan teknik ini sebagai acuan. Berikut ini merupakan tokoh yang beraliran pointilis :

  • Paul Victor Jules Signac – (1863-1935)
  • Georges Seurat – (1859-1891)
  • Paul Signac – (1863-1935)
  • Vincent Van Gogh – (1853-1890)
  • John Roy
  • Henry Delavallee

Ciri Ciri Teknik Pointilis

Seperti sudah disampaikan di atas, sangat mudah melihat perbedaan antara teknik pointilis dan teknik lainnya. Berikut ini merupakan ciri-ciri yang ada pada teknik pointilis.

  1. Jika dilihat dari jauh akan tampak gambar dengan pemandangan warna-warni.
  2. Jika dilihat mendetail dan dari jarak yang dekat maka akan terlihat titik-titik dalam jumlah banyak yang menjadi komposisi dari lukis

Cara / Teknik Menggambar Pointilis

Teknik Menggambar Pointilis

Sebenarnya, pada saat menggambar menggunakan gaya pointilis maka secara tidak langsung kalian juga sedang menggunakan teknik menggambar dengan arsir titik yang biasa disebut dengan istilah stippling.

Semakin rapat titik-titik tersebut dibubuhkan, maka akan semakin gelap area tersebut dan sangat cocok untuk membuat bayangan.

Sementara itu, semakin renggang titik tersebut dibubuhkan, maka akan semakin terang pada bagian itu. Dengan gelap terang tersebut, teknik ini membentuk sebuah objek.

Menggambar menggunakan teknik pointilis harus membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang sangat luar biasa. Alat yang paling cocok digunakan yaitu drawing pen atau pena tinta.

Karena dengan menggunakan pensil akan lebih tipis dan menjadi lebih sulit diatur. Pensil juga lebih cepat aus dan harus lebih sering untuk diserut.


Baca Juga: Teknik Membuat patung


Alat dan Bahan Teknik Menggambar Pointilis

Untuk dapat menggambar dengan teknik pointilis ini perlu menggunakan media, bahan dan alat pilihan seperti:

  • Cat air
  • Cat minyak
  • Cat akrilik
  • Tinta cina

Untuk bidang media dalam menggambar dengan teknik pointilis ini dengan menggunakan

  • Kanvas
  • Kertas
  • Triplek
  • Kaca
  • Keramik
  • Tembok

Untuk alat yang digunakan bisa dengan:

  • Kuas cat air
  • Kuas cat minyak
  • Pisau palet
  • Palet
  • Sprayer
  • Esel

Cara / Teknik Melukis Pointilis

Umumnya teknik lukis pointilis sekilas mirip dengan teknik pointilis dalam menggambar. Untuk acuan dalam teknik melukis ini masih sama yaitu, melihat dari tingkat kerapatan titiknya.

Nah, agar lebih jelas, coba perhatikan gambar di bawah ini untuk memahami bagaimana sebetulnya lukisan dari teknik pointilisme ini dibentuk jika dilihat dari dekat.

Alat dan Bahan dalam Melukis Pointilis

Melukis dengan teknik pointilis membutuhkan kuas dengan tingkat kelenturan yang keras dan bahan sintetis atau bluu hog harus ideal. Terutama dengan bahan sintetis yang bisa menahan minyak dengan baik, karena beberapa bulu sintetis tidak cocok karena terlalu lunak apabila terkena minyak.

Hal ini hanya berlaku untuk cat minyak. Sedangkan untuk cat akrilik cenderung lebih mudah dipadukan dengan kuas tipe apa pun. Namun baik itu cat minyak ataupun cat akrilik, kunci utamanya yaitu tidak menggunakan media pencampur dengan berlebihan.

Selain membuat titik cat menjadi lebih tipis, bahan juga akan terlalu cair pada kuas apabila campurannya terlalu banyak. Teknik pointilis ini membutuhkan cat yang pekat dan kuat agar berhasil.


Baca Juga: Teknik Aquarel


Jenis Kuas dalam Melukis Pointilis

Jenis kuas yang dipakai biasanya merupakan tipe kuas round yang mempunyai bristle (bulu) pendek dan juga tidak terlalu lebat. Kuas round ialah kuas yang paling standar yang bentuknya bulat dengan ujung yang runcing.

Beberapa produsen kuas membuat kuas khusus untuk membuat titik. Jika kuas yang dibuat khusus untuk menciptakan garis disebut dengan Iiner, dan kuas untuk membuat titik disebut dengan dotter.

Kuas yang dibuat khusus ini mudah ditebak, memiliki bentuk seperti kuas round dengan bulu yang tipis dan pendek, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Alat Alternatif

Dalam pemanfaat teknik pointilis, kamu juga bisa menggunakan alat selain kuas untuk melukis. Sebenarnya, tongkat kecil seperti apapun bisa menciptakan titik. Akan tetapi cat yang terbawa hanya untuk satu titik saja, sehingga pengulangan dalam mencocokkan alat ke cat akan lebih banyak.

Alat lukis seperti acrylic pen juga bisa dipakai untuk melukis dengan teknik pointilis. Alat ini hampir sama dengan watercolor brush-pen yang bisa diisi dengan air. Air tersebut nantinya diganti oleh akrilik khusus yang agak encer.

Kelebihan Teknik Pointilis

Dalam penerapannya, teknik pointilis mempunyai kelebihan yang menjadikan teknik ini amat sangat digemari oleh para seniman. Berikut ini merupakan kelebihan teknik pointilis.

  • Jika diamati dari jarak tertentu, spot-spot pada lukisan dengan teknik ini memang bisa saling bercampur dengan spot lainnya.
  • Untuk pencampuran warna biasanya warna yang baru dihasilkan akan lebih jernih dan kuat jika dibandingkan dengan pencampuran dengan pelet, karena yang bergabung bukan warna akan tetapi

Kekurangan Teknik Pointilis

Ada kelebihan, sudah pasti ada kekurangan. Berikut ini merupakan kekurangan yang ada pada teknik pointilis.

  • Kuas dan alat lain dari media lukisnya harus dirancang khusus dan tidak boleh sembarangan. Jenis kuas yang dipakai juga idealnya yaitu tipe kuas round yang mempunyai bristle (bulu) pendek dan tidak terlalu lebat.
  • Menggambar dengan teknik ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian ekstra.
  • Proses penggambaran memerlukan waktu yang sangat lama.

Jenis Jenis Model Teknik Pointilis

Dalam penggunaannya, teknik pointilis mempunyai beberapa jenis. Berikut ini penjabarannya :

1. Pointilis Modern

Pointilis menjadi acuan teknologi fotografi dan juga layar warna seperti layar LCD misalnya. Pada LCD televisi, jika dilihat dari dekat dan mendetail maka akan tampak titik-titik warna merah, hijau dan biru.

Begitu juga dengan gambar yang di cetak pada majalah dan koran menggunakan teknik yang sama apabila diperhatikan secara seksama.

Dengan kombinasi titik-titik tersebut dan dengan intensitas yang berbeda-beda akan membentuk suatu gambar baru dengan warna lain jika dilihat dari jarak yang jauh.

2. Pointilis Hitam Putih (Stippling)

Pointilis hitam putih merupakan teknik pointilis yang memanfaatkan titik hitam pada permukaan media yang biasanya berupa kertas atau kanvas berwarna putih.

Contoh Gambar Teknik Pointilis

Berikut ini merupakan beberapa contoh gambar yang dibuat dengan memanfaatkan teknik pointilis.

Gambar Pointilis Suasana

Gambar Pointilis Patung

Gambar Pointilis Buah

Gambar Pointilis Hewan

Gambar Pointilis Kartun

Gambar Lukisan Pointilis


Baca Juga: Teknik Menggambar


Teknik pointilis menjadi salah satu teknik yang familiar di kalangan masyarakat. Bukan tanpa alasan, teknik ini sudah dikenalkan kepada para siswa sejak pada masa sekolah.

Namun penerapannya tidak semudah penjelasannya. Teknik ini harus dipahami secara benar agar menghasilkan sebuah gambar yang bagus dan keren.

Demikian penjabaran singkat terkait dengan teknik pointilis, jika kamu suka dan ada masukan lain tambahkan di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *