Tugas Bendahara

tugas bendahara

Dalam sebuah organisasi pastinya ada berbagai struktur dan jabatan guna menunjang kerja organisasi itu sendiri. Jika bicara soal uang pasti akan teringat dengan seorang bendahara. Nyatanya tugas bendahara tidak hanya berfokus pada keuangan saja.

Ada beberapa tugas dan tanggung jawab bendahara yang perlu diketahui. Memang berhubungan dengan uang, tetapi bukan hanya menerima dan menghitung saja. Ada pula beberapa tanggung jawab bendahara yang penting bagi sebuah organisasi.

Pengertian Bendahara

Pengertian Bendahara

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bendahara merupakan seseorang yang bertanggung jawab mengenai keuangan. Bisa dibilang pendahara disebut pengurus keuangan pada sebuah perkumpulan atau yayasan.

Kata bendahara ini sendiri sudah ada sejak zaman kerajaan. Kala itu orang yang memegang harta benda serta kekayaan negara dan juga raja adalah seorang bendahara. Terkadang posisi bendahara juga dijalankan oleh seorang perdana menteri.

Namun, tugas dan tanggung jawab bendahara sebenarnya tidak sesederhana mengatur keuangan saja. Bendahara juga perlu memahami pengelolaan uang agar organisasi tersebut mempunyai alur keuangan yang baik.

Fungsi & Tujuan Bendahara

Fungsi & Tujuan Bendahara

Bendahara dalam sebuah organisasi pastinya memiliki fungsi dan tujuan tersendiri. Tujuan bendahara sudah jelas yakni mengatur dan mengelola keuangan agar tetap aman bagi organisasi tertentu. Selain itu, ada fungsi bendahara yang wajib Anda ketahui.

  • Sebagai fungsi administrasi. Bendahara harus melakukan pembukuan mengenai pengeluaran serta pemasukan keuangan termasuk adanya pembayaran organisasi.
  • Sebagai fungsi pengadaan. Biasanya organisasi memiliki seksi sarana dan prasarana tetapi seksi tersebut biasanya hanya memantau saja sementara pengadaan dilakukan bendahara.
  • Sebagai fungsi perencanaan. Bendahara juga harus mampu melakukan anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi.
  • Sebagai fungsi evaluasi. Pastinya seorang bendahara perlu melakukan evaluasi terhadap kerjanya dengan bantuan laporan keuangan, baik secara bulanan maupun tahunan.

Tugas Bendahara

Tugas Bendahara

Jika bendahara dianggap hanya memegang uang saja, sepertinya tidak tepat karena sebenarnya ada sederet tugas bendahara yang banyak orang tidak ketahui. Tugas tersebut guna mendukung kesuksesan suatu organisasi. Berikut deretan tugasnya.

1.Menyusun Rencana Anggaran

Bendahara memiliki tugas penting yaitu membuat rencana anggaran yang disesuaikan dengan pendapatan organisasi tersebut. Selain itu, bendahara harus mencatat kebutuhan dari setiap seksi agar bisa disesuaikan dengan program kerja yang akan dijalankan.

Biasanya penyusunan rencana anggaran ini dilakukan dengan pengurus lainnya. Pembuatan anggaran ini penting sebagai batasan bagi seluruh anggota organisasi mengenai jumlah uang yang bisa dipakai. Dalam pembuatannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Anggaran Dibuat Berdasarkan Program Kerja Baru

Setiap kepengurusan atau kepemimpinan biasanya berbeda. Hal umum yang membedakan adalah soal program kerja. Maka dari itu, penting bagi bendahara menyesuaikan dengan program kerja yang sudah disepakati bersama.

Terkadang penyusunan anggaran juga bisa menjadi evaluasi bagi program kerja yang baru. Bendahara dapat melihat apakah program kerja tersebut realistis atau tidak dari segi anggaran. Jika terlalu sulit, organisasi bisa untuk mengubahnya.

  • Mengecek Program Kerja Sebelumnya

Saat membuat rencana anggaran, seorang bendahara harus mengecek program kerja sebelumnya. Bendahara bisa melihat apakah ada program kerja yang belum selesai. Bendahara juga bisa meninjau efektivitas anggaran dengan mengecek program sebelumnya.

  • Menyesuaikan Program Kerja Baru dan Lama dengan Pendapatan

Ketika sudah mengetahui data baik dari program kerja yang baru maupun lama, saatnya bendahara bertugas untuk menyesuaikan anggarannya. Jangan sampai sumber pendapatan tidak mencukupi untuk seluruh program yang sudah dibuat.

2. Menyimpan Serta Mengeluarkan Uang

Tugas kali ini termasuk yang umum diketahui banyak orang. Pastinya bendahara bertugas untuk mengeluarkan uang ketika dibutuhkan. Namun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan bendahara saat menjalankan tugasnya ini.

  • Harus Sesuai dengan Program Kerja

Pada saat mengeluarkan uang, seorang bendahara wajib bertugas untuk mengecek dengan program kerja yang telah disusun. Seorang bendahara berhak menolak atau menanyakannya kepada ketua atau pihak terkait.

  • Melalui Persetujuan Ketua

Bendahara harus menjalankan tugasnya dengan amanah. Maka sebaiknya bendahara melakukan proses persetujuan dari ketua atau pemimpin organisasi sebelum mengeluarkan uang. Hal ini juga akan mempermudah bendahara dalam membuat laporannya.

3.Menyusun Laporan dan Pembukuan

Bendahara wajib mencatat seluruh arus keuangan mulai dari pendapatan, pengeluaran, serta modal. Nah dari pencatatan ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk tahun berikutnya. Terdapat beberapa fungsi dari laporan atau pembukuan keuangan ini.

  • Mengetahui Transaksi Organisasi

Pastinya dengan adanya laporan, semua pengurus dapat mengetahui arus pengeluaran dana yang sebenarnya. Pembukuan yang rapi juga menghindari masalah di masa depan terutama untuk kepengurusan berikutnya.

  • Memahami Untung atau Rugi

Salah satu prinsip laporan keuangan adalah mengetahui hasil akhirnya yaitu neraca untung atau rugi. Maka organisasi bisa mengetahui apakah program yang selama ini sudah tepat atau belum. Hal itu dilihat dari aspek untung rugi yang didapat dari laporan keuangan.

  • Menjadi Bahan Evaluasi

Evaluasi menjadi salah satu hal penting jika ingin memajukan sebuah organisasi. Salah satu faktor evaluasi adalah dengan melihat laporan keuangan. Dengan begitu organisasi bisa melihat titik mana yang perlu diperbaiki atau yang memang sudah sesuai dengan target.

  • Mengatur dan Mengelola Bukti Transaksi

Semua transaksi yang dilakukan oleh organisasi harus dicatat dengan baik termasuk dengan buktinya. Bendahara memiliki tugas agar bukti transaksi tersebut tidak hilang atau rusak. Bukti ini akan menjadi dokumen penting guna membuat laporan keuangan organisasi.

Bukti transaksi akan merekam berbagai aktivitas keuangan misalnya pembelian maupun pemasukan. Bukti transaksi berbentuk kuitansi, faktur, dan juga nota. Ada banyak manfaat ketika bendahara menyimpan bukti transaksi antara lain:

  1. Membantu pembukuan serta penyusunan laporan.
  2. Bisa mengungkap pihak yang bertanggung jawab.
  3. Mengetahui secara detail data transaksi seperti jumlah uang dan waktu.

Klasifikasi Menjadi Bendahara

Klasifikasi Menjadi Bendahara

Menjadi seorang bendahara harus seorang anggota aktif dalam organisasi tersebut. Jika pada perusahaan atau sekolah orang tersebut harus menjadi karyawan atau siswa yang masih aktif. Bendahara juga harus disepakati oleh seluruh anggota.

Selain itu, ia juga harus memiliki kemampuan dasar akuntansi dan pastinya bisa dipercaya. Tidak ada klasifikasi khusus misalnya pendidikan dan lainnya jika berhubungan dengan organisasi. Tapi jika dalam bisnis biasanya tergantung pada suatu perusahaan tersebut.

Kisaran Gaji Bendahara

Kisaran Gaji Bendahara

Gaji bendahara biasanya disesuaikan dengan tempat ia bekerja. Misalnya pada organisasi non-profit biasanya tidak ada gaji khusus, hanya saja tunjangan makan dan transport. Sementara pada perusahaan kembali lagi pada wewenang perusahaan.

Skill untuk Menjadi Bendahara

Skill untuk Menjadi Bendahara

Jika seseorang berminat untuk menjadi bendahara, ada beberapa kompetensi yang sebaiknya dimiliki. Hal tersebut tentu untuk menunjang tugas dan tanggung jawab bendahara sehari-hari. Berikut skill yang dibutuhkan menjadi bendahara.

  • Memiliki kemampuan dasar akuntansi dengan laporan keuangan.
  • Teliti dan juga bertanggung jawab.
  • Memiliki integritas sehingga mampu menjaga amanah keuangan organisasi.
  • Mampu menjalankan sistem komputer misalnya Microsoft Excel.

Akhir Kata

Menjadi seorang bendahara ternyata tidak hanya semata memegang uang dan mengeluarkannya. Tugas bendahara memiliki peran penting dalam organisasi atau perusahaan agar program yang dilakukan sesuai dengan tujuan atau memberikan untung.

Business Development

Gustianysah
4 min read

Sales Executive

Gustianysah
5 min read

Tugas Presiden

Gustianysah
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *