tugas digital marketing

Tugas Digital Marketing

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut beberapa jenis pekerjaan harus dilakukan dengan media digital. Salah satunya adalah marketing, yang memanfaatkan teknologi internet untuk memasarkan produk, dimana tugas digital marketing yang cukup rumit ini diemban oleh seorang marketer.

Digital marketing sendiri merupakan salah satu jenis pekerjaan turunan dari marketing yang sama-sama bertujuan memasarkan produk. Perbedaannya hanya terletak pada proses pemasarannya yang dilakukan secara online melalui media digital, bukan secara langsung dengan menemui konsumen

Pengertian Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing atau yang biasa disingkat DM adalah suatu kegiatan memasarkan sebuah produk, atau mempromosikan nya kepada masyarakat luas melalui media digital, ataupun teknologi internet yang berkembang saat ini.

Menurut Heidrick dan Struggles digital marketing adalah sebuah proses pemasaran produk, dengan memanfaatkan teknologi digital. Namun walaupun tidak dilakukan secara langsung dengan menemui konsumen, efek yang diberikan sangat besar.

Dari definisi yang diberikan oleh Hedrick dan Struggles, dapat disimpulkan bahwa digital marketing merupakan jalan alternatif dari proses pemasaran yang lebih canggih, karena hanya memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan produk, tanpa harus terjun ke masyarakat.

Fungsi dan Tujuan Digital Marketing

Fungsi dan Tujuan Digital Marketing

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, maka digital marketing memiliki banyak fungsi dan tujuan yang bisa dicapai. Semakin cerdas seorang marketing memanfaatkan teknologi, maka semakin besar kemungkinan tujuan tersebut bisa dicapai, diantaranya

1. Memperluas Target Pemasaran

Kecanggihan teknologi internet memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam jangkauan yang sangat luas, bahkan hingga ke ranah global. Dengan memasarkan produk melalui teknologi ini, maka pangsa pasar yang menjadi target akan lebih luas.

2. Waktu Pemasaran yang Lebih Cepat

Jika melakukan marketing secara langsung tanpa media, maka akan banyak waktu dan tenaga yang tersita hanya untuk menemui konsumen. Namun, ketika seseorang memperluas marketing melalui teknologi, sekali posting iklan, akan bisa dilihat oleh masyarakat di penjuru dunia saat itu juga.

3. Meningkatkan Penjualan

Karena jangkauan internet yang mendunia, maka banyak masyarakat bisa menyaksikan produk yang dipasarkan. Dari sekian banyak yang melihat, tentu beberapa persen dari mereka akan tertarik untuk membeli produk tersebut, sehingga meningkatkan angka penjualan.

4. Memiliki Database Pasar

Kecanggihan teknologi internet mampu memberikan informasi kepada digital marketing terkait data pengunjung yang melihat iklan produk. Data tersebut bisa dimanfaatkan untuk menawarkan produk secara perorangan melalui email, sehingga peluang penjualan akan lebih besar.

5. Meningkatkan Brand

Media teknologi saat ini menjadi bagian terpenting masyarakat, sehingga seluruh dunia memanfaatkannya.  Dengan rajin memasarkan produk di segala jenis media digital, maka produk yang ditawarkan bisa menjadi terkenal dan otomatis mudah menarik konsumen.

Tugas Digital Marketing

Tugas Digital Marketing

Tugas seorang digital marketing hampir sama dengan marketing secara langsung pada umumnya. Namun, dalam digital marketing terdapat perpaduan antara proses promosi dengan pengelolaan teknologi, tugas tersebut meliputi

1. Mempromosikan Produk Secara Digital

Tugas ini adalah inti dari pekerjaan seorang digital marketing, dimana kalimat promosi dan segala informasi yang biasa disampaikan secara lisan dialihkan melalui media digital. Dengan demikian antara komunikasi lisan dan digital sangat berkaitan dalam proses digital marketing

2. Membuat Konsep dan Perencanaan

Tugas selanjutnya dari digital marketing adalah membuat perencanaan ide terkait cara pemasaran yang kreatif  dan menarik. Ide tersebut kemudian dibentuk menjadi sebuah konsep yang selanjutnya akan dituangkan di media digital yang digunakan.

3. Membuat Konten

Jika marketing offline memasarkan produk menggunakan lisan, maka digital marketing memasarkannya dengan membuat konten iklan yang sudah direncanakan sebelumnya. Konten berperan memberikan informasi kepada pembaca agar mengenal dan tertarik dengan produk yang dipasarkan.

4. Meningkatkan Ranking Website atau Situs

Agar situs yang digunakan untuk memasarkan produk berpotensi untuk dibaca banyak orang, maka posisinya harus berada di peringkat teratas pencarian google. Dengan demikian, seorang digital marketing harus tahu cara melakukan optimasi website.

5. Menjaga Komunikasi dengan Konsumen

Jika konsumen tertarik dengan produk di media digital, mereka tentu akan menghubungi pihak marketing melalui media online. Saat terjadi komunikasi inilah, marketing bertugas menjaga hubungan dengan konsumen agar merasa nyaman, dan berlangganan dengan produk perusahaan.

Klasifikasi Menjadi Digital Marketing

Klasifikasi Menjadi Digital Marketing

Agar diterima perusahaan ketika melamar menjadi digital marketing, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Namun jika memiliki pengalaman yang sama sebelumnya, maka syarat lain terkadang tidak terlalu diutamakan, diantaranya

1. Pendidikan Minimal D3

Pada beberapa perusahaan ternama, terkadang mengharuskan syarat pendidikan minimal S1 untuk menjadi seorang digital marketing. Hal ini disebabkan karena kecerdasan dalam mengelola teknologi dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

2. Menguasai Social Media

Social media menjadi media utama dan wajib digunakan oleh seorang digital marketing. Oleh sebab itu, seseorang yang tidak mengenal social media, walaupun hanya salah satu jenis saja, sangat dipertimbangkan kemampuannya.

3. Mengerti Perkembangan Teknologi

Semakin seseorang up to date terhadap perkembangan teknologi, maka semakin besar kemungkinan ia diterima sebagai digital marketing. Dengan mengetahui teknologi dari yang lama hingga terbaru, maka ranah pemasarannya akan semakin luas.

4. Komunikatif

Sama seperti marketing pada umumnya, digital marketing juga wajib memiliki komunikasi yang baik. Selain komunikasi pasif, komunikasi aktif juga harus dikuasai ketika menerima calon konsumen yang menghubungi via jalur pribadi.

Kisaran Gaji Digital Marketing

Kisaran Gaji Digital Marketing

Digital marketing tidak hanya dituntut untuk mampu membuat konten yang menarik, namun juga paham dengan perkembangan teknologi. Oleh sebab itu, gaji yang diperoleh tentu menyesuaikan tingkat kesulitan pekerjaan tersebut, berikut adalah perhitungan gaji digital marketing berdasarkan posisinya

No Posisi Gaji yang Diperoleh Pengalaman
1 Junior Staff 1,2 x UMR Kurang dari 1 tahun
2 Senior Staff 1,5 x UMR Lebih dari 2 tahun
3 Senior Supervisor 2,2 x UMR 3-5 tahun
4 Manager 3 x UMR Lebih dari 5 tahun

 

Dari tabel tersebut dapat diketahui bahwa, kisaran gaji digital marketing untuk wilayah dengan UMR tertinggi mencapai  Rp5.120.818,00 sampai  Rp12.802.047,00 per bulan. Sementara untuk daerah yang memiliki UMR terendah kisaran gajinya adalah Rp2.090.418 sampai Rp5.226.045,00 per bulan

Skill yang Dibutuhkan Digital Marketing

Skill yang Dibutuhkan Digital Marketing

Tugas digital marketing sangat berkaitan dengan pemasaran sebuah produk, serta kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi. Oleh sebab itu, ada beberapa skill yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi digital marketing, diantaranya

1. Pandai Menganalisa Keadaan

Sebelum menggunakan salah satu jenis digital marketing, seseorang harus mampu memilih media online yang paling cocok untuk produk yang dipasarkan. Sementara itu, setelah digital marketing dilakukan, skill ini dimanfaatkan untuk menganalisa hasil dari proses marketing yang dilakukan melalui media digital.

2. Mengerti Teknologi

Seorang digital marketer harus aktif dengan segala teknologi yang berkembang. Dengan demikian, kegiatan pemasaran melalui media digital bisa disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang sedang diminati masyarakat.

3. Aktif di Media Sosial

Media sosial adalah teknologi komunikasi yang digunakan hampir seluruh manusia di dunia. Oleh sebab itu, seorang digital marketer harus aktif dalam media sosial, selain untuk mempelajari perilaku pangsa pasar, juga untuk mencari peluang yang baik untuk memasarkan produk.

4. Kemampuan Komunikasi

Dalam menanggapi respon konsumen terhadap produk yang dipasarkan, seorang digital marketing harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Dengan demikian, marketing bisa membangun hubungan baik dengan client, serta memberikan informasi yang mudah dimengerti.

5. Kreatif Membuat Konten

Konten yang digunakan sebagai media promosi produk tidak akan menarik jika bersifat monoton. Oleh sebab itu, dibutuhkan kreativitas yang cukup tinggi agar bisa membuat konten yang menarik di mata publik.

Akhir Kata

Untuk menjadi seorang digital marketing yang handal, maka dibutuhkan kombinasi yang baik antara kemampuan dalam mengelola media digital, dengan komunikasi secara aktif maupun pasif kepada konsumen.

Jika kedua skill utama ini sudah dimiliki, maka tugas digital marketing bisa dijalankan dengan mudah serta memberikan hasil yang maksimal. Salah satunya adalah dalam meningkatkan pendapatan dan brand perusahaan.

Tinggalkan komentar