Tugas General Manager

Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat di perusahaan. Tugas general manager adalah mengatur dan memimpin jalannya operasional di kantor, bekerja berdasarkan visi dan misi yang ditentukan.

Keberlangsungan setiap operasional di perusahaan berada di tangan seorang general manager. Sikap tegas, disiplin, dan semangat menjadi nilai lebih yang harus dimiliki, bahkan cenderung memberikan pengaruh pada kinerja karyawan di kantor.

Pengertian General Manager

Pengertian General Manager

General manager sering diartikan sebagai pejabat tertinggi di perusahaan, beberapa orang menyebutnya sebagai direktur utama di perusahaan. Tugas utama yang dimilikinya adalah memimpin jalannya operasional di perusahaan termasuk mengelola dan mengkoordinasikan pegawai.

Jabatan seorang general manager memang lebih rendah dari seorang CEO, namun pekerjaannya tidak bisa disepelekan begitu saja. Tanpa adanya seorang direktur utama maka kegiatan pegawai tidak dapat terpantau dengan baik.

Setiap pelaporan dan evaluasi dari kinerja pegawai yang bekerja akan direview dan di analisa langsung oleh general manager. Hasil dari evaluasi yang dibuat akan didiskusikan kembali dengan para petinggi di perusahaan dan menemukan solusi paling tepat.

Fungsi dan Tujuan General Manager

Fungsi dan Tujuan General Manager

  1. Seorang general manager memiliki fungsi untuk memimpin sebuah perusahaan. Selain itu fungsi utamanya adalah memberikan motivasi penting bagi setiap karyawan.
  2. Setiap perusahaan memiliki jam operasional dan aktivitas masing-masing. Hal ini mengharuskan GM untuk mengelola setiap operasional yang terjadi.
  3. Memiliki fungsi untuk melaksanakan, merencanakan, koordinasi, pengawasan, juga analisis dari setiap aktivitas di perusahaan.
  4. Reputasi perusahaan sering dibentuk berdasarkan visi dan misi yang dimilikinya. Hal ini menjadi faktor penentu untuk menemukan target yang ingin dicapai. Pengelolaan yang dilakukan oleh GM harus sesuai dengan visi dan misi yang diberlakukan.
  5. Perencana target juga visi dan misi yang diterapkan di perusahaan. Seorang GM juga harus mampu untuk membuat beberapa kebijakan yang harus diterapkan demi kelancaran perusahaan.
  6. Mengecek dan memastikan bahwa semua deparment yang bekerja telah melakukan aktivitasnya secara optimal.
  7. Melakukan pengelolaan anggaran keuangan perusahaan.
  8. Mencari dan memutuskan berbagai kebijakan penting pada perusahaan yang mendukung terhadap kemajuan.
  9. Pengelola dari semua anggaran yang ada di perusahaan merupakan general manager. Diharuskan untuk berperan aktif demi memajukan perusahaan.
  10. Memastikan jika setiap prosedur yang ditetapkan berjalan lancar. Bertanggung jawab jika terjadi pelanggaran atas SOP yang diterapkan.
  11. Memastikan proses eksekusi dari setiap rencana yang pernah dibuat oleh perusahaan. Termasuk untuk pembuatan eksekusi jangka menengah dan jangka p

Tugas General Manager

Tugas General Manager

  1. Hadir pada setiap pertemuan dan seminar yang diwajibkan perusahaan. Termasuk untuk menghadiri berbagai kegiatan konferensi.
  2. Membuat perencanaan tentang beberapa strategi perusahaan. Khususnya untuk jangka menengah dan panjang dibuat demi memajukan perusahaan tersebut.
  3. Senantiasa harus mampu untuk membuat keputusan yang sangat penting bagi perusahaan. Beberapa keputusan meliputi investari, aliansi, integrasi, dan berbagai jenis keputusan lainnya.
  4. Menciptakan SOP penting bagi perusahaan dan karyawan.
  5. Bertugas untuk membuat kebijakan di perusahaan untuk meningkatkan reputasi dan kemajuan perusahaan.
  6. Tugas general manager yang selanjutnya adalah memastikan bahwa setiap strategi telah diaplikasikan oleh setiap department.
  7. Membuat perencanaan dan kontrol terhadap kebijakan yang diberlakukan secara maksimal.
  8. Penyesuaian terhadap visi dan misi yang diberlakukan di suatu perusahaan.
  9. Senantiasa mampu untuk mengkoordinasikan dan mengawasi juga melakukan Analisa terhadap aktivitas yang dilakukan perusahaan.
  10. Pengelolaan operasional yang terjadi setiap hari.
  11. GM harus mampu untuk memimpin perusahaan. Termasuk untuk menimbulkan suasana positif dan memotivasi siapapun di lingkungan kerja.
  12. Membangun proses yang lebih efektif, efisien, dan menguntungkan bagi perusahaan. Berkaitan dengan praktek dari semua target yang ditetapkan.
  13. Senantiasa harus mampu untuk membangun setiap citra perusahaan yang telah dicapai. Termasuk dari segi internal dan eksternal perusahaan.
  14. Berusaha untuk mempertahankan setiap kualitas layanan yang dibentuk menggunakan standar organisasi atau perusahaan tersebut.

Klasifikasi untuk Menjadi General Manager

Klasifikasi untuk Menjadi General Manager

  • Memiliki kriteria pendidikan yang sesuai. Biasanya untuk menjadi seorang GM harus menempuh dunia pendidikan minimal S1 atau S2 dan seterusnya.
  • Berpengalaman di bidang bisnis management. Terbiasa untuk membuat berbagai perencanaan dan pengawasan di perusahaan.
  • Terbiasa dengan berbagai proses dan prosedur perusahaan seperti merekrut, mengevaluasi, dan proses administrasi lainnya.
  • Siap memiliki kemampuan yang telah terbukti untuk diaplikasikan dalam bisnis management.
  • Siap untuk mengambil keputusan dengan waktu yang cepat namun selalu tepat.
  • Seorang manager harus mampu dipercaya oleh perusahaan khsusunya untuk menjalankan semua tugas yang diberikan oleh perusahaan.
  • Mampu untuk melakukan berbagai tugas dan pekerjaan dengan cepat.
  • Solutif merupakan salah satu klasifikasi penting yang harus dipertahankan. Khususnya konflik wajar terjadi di perusahaan dan harus cepat tanggap untuk diatasi.

Kisaran Gaji General Manager

Kisaran Gaji General Manager

Menjadi seorang manager di suatu perusahaan sering menjadi impian banyak orang. Tidak jarang karir akan semakin menanjak Ketika Anda sudah bisa menjadi seorang manajer. Kelebihannya adalah jumlah gaji yang tidak sedikit dan bisa mencapai 10 sampai 20 juta Rupiah per-bulannya.

Skill untuk Menjadi General Manager

Skill untuk Menjadi General Manager

1. Kemampuan untuk Berkomunikasi

Di setiap pekerjaan apapun, skill berkomunikasi merupakan hal utama yang harus dimiliki. Tanpa modal komunikasi yang baik, pekerjaan apapun tidak dapat berjalan dengan baik. GM berhadapan langsung dengan banyak divisi di perusahaan dan harus memelihara kegiatan komunikasi yang baik.

2. Mahir Presentasi

Kemampuan seseorang untuk membuat presentasi akan diuji jika Anda menjadi seorang direktur utama. Tugas general manager adalah melakukan presentasi di perusahaan, terhadap setiap evaluasi dan masalah yang terjadi.

3. Terbiasa dengan Program Komputer

Skill teknologi dan informasi menjadi modal utama di era digital saat ini bagi seorang GM. Hampir seluruh perusahaan di dunia sudah menggunakan sistem kerja digital, maka seorang GM harus mampu beradaptasi dengan cepat dan mengikuti prosedur yang berlaku.

4. Monitoring

Kegiatan monitoring yang dilakukan oleh GM memiliki dampak terhadap jalannya operasional di perusahaan. Tidak hanya HRD yang bertugas untuk melakukan kegiatan ini, seorang direktur utama juga perlu mengetahui kondisi yang terjadi di lapangan.

5. Skill Management

Mengelola suatu perusahaan bukan hal yang mudah untuk dilakukan, Anda perlu memiliki skill management yang tinggi untuk melakukan pekerjaan. Seorang GM perlu mendapatkan skill management yang tinggi, termasuk untuk mengkoordinasikan berbagai kegiatan operasional.

6. Optimis

Rasa optimis dari seorang general manager akan berpengaruh pada kinerja karyawan di perusahaan. Jika rasa optimis tidak dapat terpelihara, maka lingkungan kerja yang positif akan sulit untuk didapatkan. Kejadian seperti itu bisa menjadi sumber masalah bagi perusahaan.

7. Memiliki Pengalaman

Orang yang menduduki jabatan sebagai direktur utama di perusahaan pasti sudah memiliki pengalaman di bidangnya. Tidak heran jika di beberapa kriteria lamaran, seseorang yang menginginkan bekerja di posisi ini perlu memiliki pengalaman yang lebih.

Akhir Kata

Beban dan tanggung jawab seorang GM memang berbeda dari seorang staff bawahan. Tentu tugas general manager dilihat dari SOP yang berlaku di setiap perusahaan dan jenis perusahaannya. Seorang GM perlu memperhatikan jika semua aktivitas dan divisi mampu bekerja dengan baik.

Kata Kata Bijak

Fernando
16 min read

Interpersonal Skill

Gustianysah
6 min read

Job Description

Gustianysah
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *