Tugas Kepala Sekolah

tugas kepala sekolah

Sebuah sekolah pastinya membutuhkan orang yang memimpin dan mengaturnya. Perihal memimpin dan mengatur tersebut adalah salah satu tugas kepala sekolah. Tak hanya itu, seorang kepala sekolah bertanggung jawab atas apa yang terjadi di sekolah.

Kepala sekolah juga biasanya memiliki inovasi yang unik untuk membangun kreativitas dan prestasi siswanya. Sebuah prestasi sekolah dan siswanya bisa ditentukan dari cara memimpin seorang kepala sekolah.

Pengertian Kepala Sekolah

Pengertian Kepala Sekolah

Kepala sekolah merupakan seorang pemimpin yang menentukan sebuah dinamika dari sekolah sehingga bisa lebih sukses dan terjadi sebuah kemajuan. Kemampuan emosional dan intelektual dari seorang kepala sekolah akan memengaruhi gaya kepemimpinannya.

Kedalaman ilmu serta bagaimana cara berkomunikasi juga turut berpengaruh. Kepala sekolah, menurut Dr. E Mulyasa, adalah orang yang meningkatkan tingkat produktivitas sebuah sekolah, misalnya saja dari prestasi yang diraih.

Tidak hanya itu, kepala sekolah juga harus meningkatkan mutu pendidikan sehingga lulusan dari sekolah tersebut dikenal dan memiliki prestasi gemilang di kemudian hari. Tidak sampai di situ saja, kepala sekolah perlu memiliki sikap tegas.

Terkadang banyak hal yang tak terduga terjadi di sekolah entah positif maupun negatif. Kepala sekolah harus memiliki wibawa dan konsistensi dalam menghadapi berbagai kejadian di sekolah.

Fungsi & Tujuan Kepala Sekolah

Fungsi & Tujuan Kepala Sekolah

Kepala sekolah memiliki tujuan untuk membimbing, membantu, serta mengawasi yang berhubungan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Untuk mendukung tujuan tersebut, ada beberapa fungsi dari kepala sekolah.

1. Kepala Sekolah Sebagai Manajer

Salah satu tugas kepala sekolah adalah mengelola sumber daya manusia dalam lingkungan sekolah. Maka, kepala sekolah perlu membuat kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan guru.

Kepala sekolah perlu memberikan fasilitas serta memberikan kesempatan bagi para guru agar bisa melakukan pengembangan profesi. Beberapa yang bisa dilakukan antara lain melakukan penelitian hingga mengikuti berbagai pelatihan.

2. Kepala Sekolah Sebagai Pendidik

Salah satu inti kegiatan dari sekolah adalah belajar mengajar. Maka, kepala sekolah harus berperan dalam mengembangkan kurikulum yang dipakai. Dengan kompetensi yang dimiliki, kepala sekolah harus memerhatikan proses belajar mengajar yang terjadi.

Kepala sekolah juga perlu mendorong dan mengevaluasi para guru agar bisa meningkatkan kompetensinya. Dengan begitu kegiatan di sekolah jadi lebih efektif dan efisien. Fungsi kepala sekolah mulai dari pemerhati sampai melakukan evaluasi.

3. Kepala Sekolah Sebagai Administrator

Fungsi kepala sekolah satu ini berhubungan dengan mengelola keuangan. Maka, kepala sekolah perlu membuat anggaran untuk meningkatkan kualitas sekolah misalnya menentukan biaya sarana sekolah hingga untuk kompetensi guru.

4. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin

Sekolah membutuhkan pemimpin yang dapat mengatur seluruh elemen khususnya guru dan murid. Kepala sekolah akan memberikan keputusan dan mengarahkan agar tercapainya tujuan yakni sekolah yang berkualitas.

Untuk menjalankan fungsi ini, kepala sekolah harus memiliki beberapa sifat dan kepribadian pemimpin seperti percaya diri, berani mengambil risiko, dan jujur. Selain itu, kepala sekolah harus bisa jadi teladan seorang pemimpin.

5.  Kepala Sekolah Sebagai Inovator

Strategi yang tepat harus dibuat oleh kepala sekolah agar bisa mendapatkan gagasan baru untuk pengembangan sekolah. Selain itu, kepala sekolah harus memastikan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perkembangan dunia.

6. Kepala Sekolah Sebagai Supervisor

Setiap kegiatan di sekolah harus dipantau dan diamati. Ini menjadi fungsi kepala sekolah untuk mengawasi segala kegiatan. Dari hasil supervisi itulah, kepala sekolah bisa melihat kelebihan dan kekurangan dari proses yang sudah terjadi.

Jika memang dibutuhkan pembenahan, kepala sekolah berfungsi untuk menentukan cara-cara tepat untuk meningkatkan kualitas sekolah. Begitu pula dengan yang sudah baik. Kepala sekolah harus mempertahankan kondisi tersebut.

Tugas Kepala Sekolah

Tugas Kepala Sekolah

Dengan fungsi dan tujuan kepala sekolah yang penting, pastinya ada sederet tugas kepala sekolah yang perlu dilakukan. Tugas ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga proses evaluasi yang bertujuan agar proses belajar mengajar lebih efektif

1. Menyusun Program Kerja

Proses perencanaan menjadi penting terutama kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan perencanaan ini, kepala sekolah jadi memahami arah dan tujuan dari sekolah yang ia pimpin. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan kepala sekolah saat menyusun program kerja.

  • Merumuskan, mengembangkan serta menetapkan visi, misi, dan tujuan sekolah.
  • Merumuskan sebuah Rencana Kerja Sekolah (RKS).
  • Menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
  • Merencanakan sebuah program induksi.

2. Pelaksanaan Rencana Kerja

Setelah mengetahui dasar kegiatan belajar mengajar, kepala sekolah kemudian masuk ke dalam tugas dalam proses pelaksanaan. Proses ini akan lebih banyak membahas seputar teknis. Berikut tugas dalam proses pelaksanaan rencana kerja.

  • Membuat kalender pendidikan.
  • Menyiapkan tenaga pendidik.
  • Mengelola keuangan.
  • Menjalin hubungan dengan masyarakat serta kemitraan sekolah.
  • Mengelola prasarana dan sarana untuk kegiatan belajar mengajar.
  • Menyusun struktur organisasi sekolah dan pedoman kerja bagi guru.
  • Membuat jadwal seluruh kegiatan sekolah berdasarkan tahun dan semester.
  • Menyusun hal yang berhubungan dengan kesiswaan seperti penerimaan siswa baru, ekstrakurikuler serta konseling.

3. Supervisi dan Evaluasi

Dalam tugas ini kepala sekolah akan melakukan fungsinya sebagai supervisor. Kepala sekolah akan melihat kembali program yang telah berjalan. Berikut hal yang dilakukan kepala sekolah dan berhubungan dengan evaluasi dan supervisi.

  • Menyusun serta melakukan program supervise.
  • Melaksanakan evaluasi internal sekolah.
  • Melakukan evaluasi terhadap tenaga pendidik.
  • Menyiapkan akreditasi sekolah.

Klasifikasi Menjadi Kepala Sekolah

Klasifikasi Menjadi Kepala Sekolah

Tugasnya yang bisa dibilang berat membuat kepala sekolah harus memiliki beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi. Pastinya klasifikasi ini penting untuk orang yang mau menjadi seorang kepala sekolah.

  • Memiliki ijazah S1 kependidikan maupun non-pendidikan di perguruan tinggi yang memiliki akreditasi.
  • Saat diangkat jadi kepala sekolah berusia maksimal 56 tahun.
  • Punya pengalaman mengajar minimal 5 tahun.
  • Pada sekolah negeri memiliki pangkat Pegawai Negeri Sipil minimal III/C. Pada Sekolah swasta harus disertai surat pangkat oleh yayasan.

Kisaran Gaji Seorang Kepala Sekolah

Kisaran Gaji Seorang Kepala Sekolah

Gaji kepala sekolah negeri biasanya disesuaikan dengan besaran gaji PNS berdasarkan pangkatnya masing-masing. Setelah itu biasanya akan diberikan tunjangan berdasarkan jenjang sekolah. Tunjangan berkisar Rp 1,5 juta sampai Rp 3 juta.

Jika ditotal dengan tunjangan, kepala sekolah bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 13 Juta sampai Rp 15 Juta untuk sekolah negeri. Sementara sekolah swasta tergantung sekolahnya. Rata-rata di angka Rp 15 Juta sampai Rp 20 Juta.

Skill untuk Menjadi Kepala Sekolah

Skill untuk Menjadi Kepala Sekolah

Seorang kepala sekolah harus memiliki skill tertentu supaya tugas dan fungsinya berjalan dengan baik. Tanpa kompetensi, seseorang akan sulit untuk menjadi kepala sekolah yang dapat mengatur kegiatan di dalam sekolah. Berikut skill yang harus dimiliki kepala sekolah.

  • Bisa mengembangkan dan melakukan pelaksanaan visi sekolah.
  • Memiliki gaya komunikasi yang baik.
  • Dapat membina lingkungan sekolah agar tetap berjalan kondusif.
  • Mampu melakukan manajemen organisasi yang tepat.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak seperti lingkungan sekitar dan orangtua.

Akhir Kata

Tugas kepala sekolah memainkan peran penting dalam sebuah proses kegiatan di sekolah. Fungsinya yang penting membuat kepala sekolah harus memiliki kompetensi yang baik. Prestasi dan kinerja sekolah cukup ditentukan dari kinerja kepala sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
tugas DPD-
Read More

Tugas DPD

Tugas DPD- DPD atau Dewan Perwakilan Daerah mempunyai peranan penting untuk menyampaikan suara rakyat kepada ...

Baca AjaTugas DPD