Tugas Marketing

tugas marketing

Sesuai namanya, marketing merupakan salah satu pekerjaan yang bergerak di bidang pemasaran suatu produk perusahaan. Tugas marketing tidaklah mudah, sehingga harus diimbangi dengan skill yang mendukung serta mental yang sangat kuat, agar tahan banting ketika turun ke lapangan.

Namun, bagi mereka yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka marketing bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan. Terlebih tawaran gaji pekerjaan ini terbilang cukup besar, serta memiliki banyak bonus yang akan diperoleh jika bisa melebihi target.

Pengertian Marketing

Pengertian Marketing

Secara bahasa, marketing adalah proses pemasaran, yakni memperkenalkan produk kepada masyarakat luas agar tertarik untuk menggunakannya. Namun beberapa tokoh mendefinisikan marketing dengan sangat detail, diantaranya

1. Philip Kotler

Menurut Kotler, marketing adalah aktivitas sosial yang dilakukan oleh seseorang ataupun kelompok dengan cara membuat sebuah produk berupa barang dan jasa, untuk ditukarkan kepada pihak lain demi mendapat apa yang diinginkan.

2. Paul D Converse dan Fred M Jones

Jika produksi adalah pekerjaan yang menciptakan barang, maka marketing menurut kedua tokoh ini adalah pekerjaan yang memindahkan atau mendistribusikan barang yang dihasilkan produsen ke tangan konsumen

3. Buchari Alma

Alma mendefinisikan marketing dengan lebih detail yaitu proses perencanaan, pengarahan, serta pengawasan atas segala aktivitas pemasaran sebuah perusahaan.

Fungsi dan Tujuan Marketing

Fungsi dan Tujuan Marketing

Marketing memiliki peran yang sangat besar dalam menunjang majunya sebuah perusahaan. Hal ini disebabkan karena fungsi marketing yang sangat banyak dan luas. Menurut Raybun D Tousley, fungsi marketing dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yaitu

1. Faciliting Function (Perantara)

Marketing berfungsi sebagai perantara antara perusahaan dengan konsumen, dimana informasi yang ingin disampaikan perusahaan terkait sebuah produk bisa tersampaikan kepada konsumen melalui marketing.

2. Function of Physical ( Fungsi Fisik)

Secara fisik, marketing bisa menjadi distributor yang mengangkut produk untuk disalurkan kepada konsumen yang membutuhkannya. Selain itu, marketing juga bisa menyimpan beberapa pasokan produk  agar selalu tersedia ketika dibutuhkan oleh konsumen.

3. Function of Exchange (Pertukaran)

Melalui marketing, bisa terjadi proses pertukaran seperti penjualan dan pembelian, dimana ketika pemasaran produk dilakukan, secara otomatis marketing juga menjual produk tersebut. Sementara itu, konsumen yang tertarik dengan produk yang dipasarkan, bisa membelinya kepada marketing.

Tugas Marketing

Tugas Marketing

Sebagai ujung tombak kemajuan sebuah produk atau perusahaan, marketing memiliki banyak tugas yang semuanya memiliki peran sangat besar. Secara garis besar, ada beberapa tugas marketing yang harus dijalankan, diantaranya

1. Mempromosikan Produk pada Konsumen

Tugas utama marketing yang banyak dikenal publik adalah mempromosikan produk, atau memperkenalkannya kepada masyarakat luas. Karena berfungsi untuk memperkenalkan produk kepada konsumen, maka marketing dituntut untuk mengenal produk yang dipasarkan secara detail.

2. Menjual Produk

Tidak hanya memperkenalkan produk kepada masyarakat luas, marketing juga bertugas sebagai sales yang menjual produk tersebut. Secara tidak langsung, marketing juga berperan untuk menghasilkan pemasukan bagi perusahaan atas penjualan yang dilakukan setelah sebelumnya melakukan promosi.

3. Memahami Jenis Konsumen

Dengan adanya marketing, maka ketika proses pemasaran dilakukan, mereka akan memahami kebutuhan para konsumen dari beragam karakter. Dengan memahami segala kebutuhan konsumen, maka marketing bisa menjadi riset bagi perusahaan untuk bisa mengembangkan produknya.

4. Menjalankan Konsep Marketing Communication

Dalam konsep marketing communication, antara perusahaan dan masyarakat harus terjalin hubungan yang sangat baik. Dengan menjaga hubungan baik ini, maka segala produk yang dihasilkan perusahaan akan diterima masyarakat.

Klasifikasi Marketing

Klasifikasi Marketing

Walaupun terlihat mudah dan hanya membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik, namun ada syarat lain yang harus dipenuhi untuk mendukung tugas marketing. Berikut adalah beberapa syarat yang sering digunakan perusahaan untuk merekrut marketing

1. Pendidikan Minimal SMA

Dalam mempromosikan produknya, seorang marketing harus mampu menyesuaikan bahasa yang digunakan kepada calon konsumen. Jika konsumen berasal dari kalangan berpendidikan, maka bahasa yang digunakan harus lebih berkelas, sehingga syarat minimal marketing adalah lulusan SMA

2. Berpenampilan Menarik

Penampilan menjadi perhatian pertama yang akan dilihat oleh calon konsumen ketika marketing memperkenalkan produknya. Oleh sebab itu, hampir semua perusahaan memberikan syarat marketing harus memiliki penampilan yang menarik.

3. Komunikatif

Komunikasi menjadi modal utama untuk menarik target agar tertarik menggunakan produk yang ditawarkan marketing. Selain itu, marketing yang komunikatif mampu memberikan informasi yang mudah dimengerti oleh calon konsumen

4. Berorientasi Target

Tugas utama marketing adalah untuk memperkenalkan produk pada masyarakat dengan jangkauan seluas luasnya. Semakin luas jangkauan marketing, maka semakin besar kemungkinan orang tertarik menggunakan produk, sehingga orientasi target marketing harus tinggi dan jelas dalam bekerja.

Kisaran Gaji Marketing

Kisaran Gaji Marketing

Sesuai dengan tingkat kesulitan pekerjaannya, maka gaji marketing cukup menggiurkan, jika dikerjakan dengan baik sesuai skill yang dimiliki. Namun, gaji marketing sangat beragam tergantung lokasi, jenis perusahaan, pendidikan karyawan, serta pengalaman kerjanya, berikut kisaran rata-rata gaji marketing

1. Gaji Marketing Berdasarkan Daerah

No Lokasi Gaji Rata-rata Waktu Perhitungan
1 Jakarta Rp4.256.074,00 Per bulan
2 Tangerang Rp4.352.812,00 Per bulan
3 Bandung Rp4.404.790,00 Per bulan
3 Surabaya Rp3.552.707,00 Per bulan
4 Malang Rp2.531.785.00 Per bulan

2. Berdasarkan Pengalaman

No Tahun Pengalaman Gaji Rata-rata Waktu Perhitungan
1 Fresh Graduated Rp3.167.000,00 Per bulan
2 Kurang dari 5 tahun Rp3.230.000,00 Per bulan
3 Pengalaman 5-10 tahun Rp3.258.00,00 Per bulan
4 Pengalaman lebih dari 10 tahun Rp5.533.000,00 Per bulan

Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Marketing

Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Marketing

Karena tugas marketing tidak ringan, dengan gaji yang sangat menarik, maka untuk menjadi seorang marketing dibutuhkan beberapa skill yang harus dimiliki. Jika salah satu dari beberapa skill ini tidak ada pada diri marketing, maka tugas yang dijalankan tidak akan maksimal, skill tersebut meliputi

1. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Tugas marketing adalah untuk memasarkan produk dengan masyarakat luas, sehingga segala informasi produk dan kelebihannya bisa membuat konsumen tertarik. Oleh sebab itu, kemampuan komunikasi marketing harus bagus, mudah dimengerti, dan bisa diterima masyarakat.

2. Mampu Menjadi Public Speaking

Public speaking adalah kemampuan bicara di depan umum, dengan jumlah pendengar yang sangat banyak. Kemampuan ini harus dimiliki oleh marketing karena pada beberapa jenis proyek, seorang marketing dituntut untuk melakukan kampanye ataupun presentasi terhadap produk perusahaan.

3. Mampu Bernegosiasi

Untuk membuat sebuah kesepakatan harga atau kerja sama kepada konsumen, maka marketing harus bisa bernegosiasi agar mendapatkan kesepakatan yang sama-sama menguntungkan. Jika marketing memiliki kemampuan negosiasi yang baik, maka kentungan yang besar akan mudah diperoleh.

4. Percaya Diri

Segala bentuk aktivitas yang dilakukan seorang marketing, baik dalam mempromosikan barang, ataupun menjualnya secara kelompok dan perorangan harus dengan rasa percaya diri. Dengan demikian, marketing bisa memasarkan produk dengan penuh keyakinan dan menarik banyak orang.

5. Mampu Menganalisis Konsumen

Ketika menemui beragam konsumen, dengan segala kebutuhan dan harapan mereka, maka marketing harus pandai menganalisis target pasar. Hasil analisis tersebut bisa dijadikan bahan untuk mengembangkan produk perusahaan agar sesuai untuk segala jenis konsumen.

Akhir Kata

Marketing memang  bukan pekerjaan yang mudah, mengingat perannya yang sangat besar terhadap kemajuan sebuah perusahaan. Namun, bagi mereka yang memiliki kemampuan komunikasi dan mental sangat baik, maka tugas marketing bisa diselesaikan dengan hasil yang gemilang.

Pekerjaan marketing juga akan sangat menyenangkan jika dinikmati, karena selain gaji nya sangat menarik, seorang marketer akan memiliki relasi yang sangat banyak. Bahkan, marketer bisa mempelajari beragam karakter konsumen untuk terus mengasah kemampuan komunikasinya.

Business Development

Gustianysah
4 min read

Sales Executive

Gustianysah
5 min read

Tugas Presiden

Gustianysah
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *