Tugas Pilot

Tugas Pilot

Jika mengingat masa kecil anak-anak zaman dulu, maka pilot merupakan cita-cita yang menjadi favorit banyak anak. Selain bisa keliling negara, tugas pilot yang menjalankan sebuah pesawat juga memungkinkan seseorang untuk bisa terbang di udara seperti burung.

Untuk menjadi seorang pilot dengan gaji yang tinggi, seseorang harus dibekali kemampuan tertentu demi memudahkan pekerjaannya. Kemampuan tersebut bisa diasah ketika calon pilot melakukan pelatihan, atau menempuh pendidikan penerbangan, hingga mendapatkan surat izin mengemudikan pesawat.

Pengertian Pilot

Pengertian Pilot

Pilot adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang bekerja mengoperasikan pesawat terbang. Pilot fokus bekerja dengan alat transportasi pesawat sejak persiapan terbang, ketika sudah di udara, hingga proses mendarat yang aman.

Jika dilihat dari konstruksi pesawat dengan sistem dan bobot yang sudah ditetapkan agar bisa terbang di udara, maka mengemudikan pesawat tidak semudah mengendarai motor ataupun mobil. Hal ini menyebabkan seorang pilot harus memiliki basic pendidikan penerbangan serta izin kemudi atau lisensi.

Fungsi dan Tujuan Pilot

Fungsi dan Tujuan Pilot

Dilihat dari jenis pekerjaannya, fungsi dan tujuan pilot bisa ditemukan dengan mudah, karena berhubungan dengan penggunaan pesawat terbang. Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dengan adanya seorang pilot

1. Mengoperasikan Pesawat

Tujuan adanya pilot adalah agar ada seseorang yang mampu mengemudikan pesawat selama terbang di udara, baik berkaitan dengan arah tujuan, serta mengatur jarak ketinggiannya dengan darat. Tanpa adanya pilot, maka pesawat yang canggih sekalipun tidak akan bisa beroperasi di udara.

2. Mengangkut Penumpang dari Satu Tempat ke Tempat Lain

Fungsi kedua dari pilot adalah untuk mengantarkan penumpang dari daerah satu ke daerah lainnya melalui jalur udara, baik yang berjarak dekat ataupun jauh. Dengan menggunakan pesawat yang dikemudikan pilot, maka jarak tempuh yang ditentukan bisa dituju dengan waktu yang lebih cepat.

3. Mengambil Keputusan Proses Mendarat

Pesawat tidak sama dengan angkutan darat, dimana penumpang bisa menentukan dimana kendaraan harus berhenti, agar bisa sampai tujuan yang sesuai. Dalam mengemudikan pesawat, maka keputusan untuk melakukan pendaratan sepenuhnya di pegang oleh pilot yang mengetahui segala kondisi udara.

Tugas Pilot

Tugas Pilot

Secara umum masyarakat mengetahui bahwa tugas seorang pilot adalah untuk mengemudikan pesawat agar bisa terbang di udara dengan arah yang benar sesuai lintasannya. Padahal, pilot juga memiliki tugas berat lainnya yang jarang diketahui oleh masyarakat umum, yaitu

1. Menjalankan Mesin Pesawat

Agar pesawat bisa berjalan dengan stabil, maka mesin utamanya harus digerakkan dengan aturan tertentu, sama seperti alat transportasi lainnya. Pilot adalah satu-satunya pengemudi pesawat yang bertugas mengoperasikan mesin tersebut agar bisa melintas di udara dengan aman.

2. Menjaga Keselamatan Penumpang

Tugas terberat yang di emban oleh seorang pilot adalah menjaga keselamatan penumpang yang ada di dalam pesawat. Menjaga keselamatan banyak orang tentu bukan hal yang mudah, karena pesawat harus dioperasikan dengan benar tanpa kesalahan fatal yang bisa mengancam keselamatan penumpang.

3. Memantau Kondisi Penerbangan

Pilot bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, dimana salah satunya bertugas untuk memantau kondisi penerbangan untuk memastikan keamanannya. Jika terjadi cuaca yang sedang kurang baik, maka ketinggian pesawat bisa dikurangi tergantung kondisi lintasan udara yang dipantau.

4. Melakukan Pengecekan Kondisi Pesawat

Sebelum terbang, pilot bertugas mengecek kondisi pesawat yang akan digunakan, baik dari tombol, roda dan bagian lainnya. Pilot harus memastikan bahwa kondisi pesawat sudah normal, sehingga tidak akan terjadi kendala ketika proses penerbangan hingga mendarat.

5. Menegakkan Aturan

Setiap maskapai pesawat, serta wilayah penerbangan yang satu dengan lainnya terkadang memiliki aturan yang berbeda-beda. Sebagai pilot, maka wajib menegakkan aturan yang di ciptakan oleh masing-masing wilayah dan maskapai terkait penerbangan yang dilakukan nya.

Klasifikasi Menjadi Pilot

Klasifikasi Menjadi Pilot

Untuk menjadi seorang pilot, harus ada kualifikasi yang harus dipenuhi, mengingat tugas pilot membutuhkan pengalaman yang sangat banyak. Jika anda tertarik menjadi pilot, berikut adalah kualifikasi secara umum

1. Memiliki Latar Belakang Pendidikan Pilot

Profesi pilot berkaitan dengan keselamatan penumpang dan pesawat, sehingga membutuhkan pengetahuan khusus terkait ilmu penerbangan. Oleh sebab itu, syarat utama untuk menjadi seorang pilt adalah memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai yaitu di bidang penerbangan.

2. Memiliki License

License adalah surat izin penerbangan yang membuktikan bahwa seseorang boleh mengendarai pilot. Ada banyak jenis license yang harus dipenuhi tergantung dengan jenis pesawat diterbangkan, diantaranya Private Pilot License, Airplane Transport Pilot License, dan Commercial Pilot License.

3. Memiliki Pengalaman Penerbangan

Jika ingin menjadi pilot, maka wajib memiliki pengalaman penerbangan yang dilakukan sebelumnya. Semakin banyak jam terbang yang sudah dilakukan, maka semakin tinggi kualitas pilot dan gaji yang akan diperoleh. Pengalaman ini menjadi bekal untuk meniti jenjang karir pilot yang lebih tinggi.

Gaji Pilot

Gaji Pilot

Pilot merupakan pekerjaan yang menjadi favorit banyak anak kecil, karena dengan menjadi seorang pilot seseorang bisa terbang ke penjuru dunia. Selain itu, gaji pilot juga sangat tinggi sehingga diincar oleh banyak orang, berikut kisaran gaji pilot dilihat dari jabatan dan maskapai nya

1. Gaji Pilot Berdasarkan Jabatan

No Jabatan Gaji Per Bulan
1 Second Officer (SO) Rp15.000.000,00 – Rp20.000.000,00
2 First Officer (FO) Rp30.000.000,00 – Rp40.000.000,00
3 Instruktur Rp15.000.000,00 – Rp30.000.000,00
4 Captain Rp47.700.000,00 – Rp70.000.000,00

2. Gaji Pilot Berdasarkan Maskapai

No Jabatan Gaji Per Bulan
1 Lion Air Rp10.000.000,00 – Rp20.000.000,00
2 Air Asia Rp45.000.000,00 – Rp50.000.000,00
3 Garuda Indonesia Rp60.000.000,00 – Rp150.000.000,00

Skill yang Dibutuhkan Pilot

Skill yang Dibutuhkan Pilot

Selain otak yang cerdas, serta pendidikan yang sesuai, sebelum menjadi seorang pilot, ada skill yang harus dilatih dan dimiliki untuk menunjang pekerjaan ini. Beberapa skill yang sangat bermanfaat untuk menjadi pilot berkualitas diantaranya

1. Kecerdasan Berhitung

Kepandaian berhitung seorang pilot harus terus diasah, karena sangat berkaitan dengan karir yang dijalani. Saat melakukan penerbangan di udara, maka kemampuan berhitung ini bisa dijadikan paduan untuk menentukan jarak ketinggian yang sesuai dengan kondisinya

2. Bisa Bahasa Inggris Aktif

Sebagai bahasa Internasional, maka bahasa Inggris menjadi modal utama seorang pilot agar bisa berkomunikasi di semua negara tempat kerjanya. Selain itu, bahasa Inggris  juga akan terus digunakan pilot saat berkomunikasi dengan ATC.

3. Fisik Sehat

Karena bekerja di udara dengan jam terbang yang bisa padat sesuai permintaan, maka seorang pilot harus memiliki fisik yang sehat. Fisik seorang pilot harus mendukung keamanannya ketika diajak terbang di udara dengan segala cuaca yang berbeda dari masing-masing wilayah.

4. Problem Solving

Kondisi di udara tidak selalu aman dan sesuai dengan prediksi. Oleh sebab itu, jika terjadi keadaan yang tidak terduga ketika melakukan penerbangan, pilot harus mampu menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Untuk menentukan ketajaman skill masing-masing pilot serta pengalaman terbang nya, maka ada beberapa jenis lisensi yang akan diperoleh. Lisensi berperan sebagai surat izin mengemudi pesawat yang disesuaikan dengan kemampuan pilot.

Jika bisa menyelesaikan semua tugas pilot dengan maksimal, maka lisensi tersebut akan mudah di dapat, dan pangkat yang bisa diduduki akan lebih tinggi. Walaupun pilot adalah pekerjaan yang berat, namun gaji yang tinggi dan pengalaman menelusuri manca negara bisa menjadi kesenangan tersendiri.

Business Development

Gustianysah
4 min read

Sales Executive

Gustianysah
5 min read

Tugas Presiden

Gustianysah
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *