Tugas Programmer

tugas programmer

Programmer adalah salah satu jenis pekerjaan yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi digital saat ini. Itulah salah satu alasan mengapa tugas programmer tidak akan bisa dikerjakan oleh orang yang buta dengan perkembangan teknologi.

Secara umum, masyarakat mengenal programmer sebagai jenis pekerjaan yang dilakukan untuk membuat program baik berupa aplikasi, atau game. Padahal, secara lebih luas, programmer sebenarnya memiliki tugas yang lebih banyak dan sulit dibandingkan dengan sekadar membuat program saja.

Pengertian Programmer

Pengertian Programmer

Programmer adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam mengenali dan membaca bahasa pemrograman dalam teknologi komputer. Selain itu, programmer juga mampu membuat kode untuk sebuah program, serta memahami bentuk algoritma.

Kemampuan membaca bahasa pemrograman ini membuat seorang programmer bisa menyelesaikan masalah yang terjadi pada sebuah aplikasi komputer. Beberapa bahasa pemrograman dalam komputer yang biasa di gunakan adalah java script, php, java, ataupun beberapa bahasa lainnya.

Dalam sebuah perusahaan, programmer biasanya dipekerjakan untuk menyusun, mengedit, menganalisis, serta menguji sekumpulan bahasa pemrograman yang sudah tersusun. Hasil editing dan analisis dari bahasa pemrograman yang sudah ada tersebut kemudian menjadi sebuah program baru.

Fungsi dan Tujuan Programmer

Fungsi dan Tujuan Programmer

Ada beberapa fungsi dan tujuan programmer yang sangat bermanfaat, dimana fungsi tersebut dapat ditemukan dari beberapa jenis programmer yang ada, diantaranya

1. Membuat Program Website

Dengan adanya teknologi internet, maka banyak program baru yang bisa diciptakan menggunakan media tersebut serta memanfaatkan kecepatan sinyal yang diberikan. Contohnya adalah membuat program berupa aplikasi untuk belanja online, ataupun aplikasi untuk komunikasi seperti facebook.

2. Memanfaatkan Program yang Ada Untuk Dijadikan Fungsi Baru

Programmer bisa memanfaatkan fungsi program yang dibuat oleh orang lain, untuk selanjutnya dikelola menjadi fungsi baru, tanpa harus membuat ulang sebuah program yang dibutuhkan. Dengan demikian, programmer bisa menghemat tenaga untuk membuat sebuah fungsi yang diinginkan

3. Mengontrol Sistem Operasi

Beberapa jenis programmer bisa bekerja pada inti sistem operasi, sehingga mereka bisa dimanfaatkan untuk mengontrol sistem yang berjalan. Jika terjadi masalah pada salah satu sistem, maka programmer bisa memperbaikinya agar bisa berjalan kembali.

4. Mengubah Bahasa Pemrograman Menjadi Bahasa Mesin

Seorang programmer bisa mengubah bahasa pemrograman yang sudah ada menjadi bahasa mesin atau kode. Kode yang sudah dirubah ini selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk processor pada sebuah komputer.

Tugas Programmer

Tugas Programmer

Sebagai seorang programmer, ada banyak tugas yang menjadi tanggung jawab di perusahaan tempatnya bekerja. Diantara sekian banyak tugas tersebut, ada beberapa yang menjadi tugas pokok, diantaranya

1. Analisis Program Sesuai Kebutuhan

Sebelum membuat program, programmer harus mampu menganalisis pentingnya program yang akan dibuat, dan seberapa besar perusahaan membutuhkannya. Selain itu, programmer juga harus mampu menganalisis kemungkinan perilaku pengguna terkait kepuasan mereka dalam menggunakan aplikasi.

2. Membuat User Interface yang Userfriendly

Agar bisa digunakan dengan mudah, seorang programmer harus mampu merancang tampilan dari program agar mudah dipahami dan digunakan oleh mereka yang berkepentingan. Rancangan ini bisa dibuat melalui sketsa dalam bentuk flowchart.

3. Menulis Kode

Tugas utama programmer adalah membuat program, dimana program tersebut bisa terbentuk atas beberapa susunan kode. Saat menulis kode, gambaran rancangan dalam bentuk flowchart yang sudah dibuat sebelumnya bisa dituangkan dalam bahasa pemrograman yang telah ditentukan.

4. Mengecek Kesalahan Bahasa Pemrograman

Setelah kumpulan kode selesai di tulis, maka programmer harus melakukan debugging untuk mengecek kembali masalah yang ada dalam bahasa pemrograman. Jika terdapat masalah, maka programmer bisa mencari penyebabnya dan memperbaiki kode yang sudah ditulis.

5. Menguji Program yang Sudah Dibuat

Setelah kode yang bermasalah diperbaiki, maka programmer bisa mulai menguji aplikasi yang sudah diciptakan tadi. Proses menguji program sangat penting untuk memastikan apakah program sudah berfungsi dan memberikan manfaat bagi penggunanya.

Klasifikasi Menjadi Programmer

Klasifikasi Menjadi Programmer

Programmer adalah profesi yang membutuhkan kemampuan khusus dalam membaca bahasa pemrograman sebagai tugas programmer yang utama. Agar bisa menjadi seorang programmer di perusahaan, maka syarat-syarat berikut harus dipenuhi

1. Mengerti Teknologi

Seorang programmer wajib mengerti teknologi, karena pekerjaan utamanya adalah mengerti bahasa teknologi. Selain itu, setiap masalah pekerjaan programmer bisa diselesaikan dengan mencari tahu melalui teknologi.

2. Pendidikan Minimal S1

Semakin tinggi pendidikan seseorang di bidang IT, maka semakin besar kemungkinan ia diterima bekerja di perusahaan ternama. Namun, pada beberapa perusahaan, ada yang menerima lulusan SMA untuk bekerja sebagai programmer, namun dengan gaji yang lebih rendah dari standar.

3. Berpengalaman

Selain pendidikan, lamanya pengalaman menjadi seorang programmer walaupun bersifat autodidak juga menjadi pertimbangan penting diterimanya seseorang bekerja sebagai programmer. Oleh sebab itu, untuk memulai karier sebagai programmer harus bisa mencari pengalaman sebanyak mungkin.

4. Mengerti Bahasa Pemrograman

Ada banyak bahasa pemrograman yang ada dalam dunia teknologi. Untuk menjadi seorang programmer, maka syarat wajib nya harus tahu bahasa pemrograman minimal 2, namun perusahaan tertentu masih menerima programmer yang mengerti 1 jenis bahasa, namun sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kisaran Gaji Programmer

Kisaran Gaji Programmer

Gaji yang diberikan kepada programmer cukup menarik, karena pekerjaan menjadi programmer tidak hanya rumit, namun juga butuh ketelitian serta ketelatenan. Berikut adalah kisaran gaji yang akan didapatkan programmer berdasarkan bidangnya masing-masing

No Bidang Pekerjaan Pengalaman Pendidikan Gaji
1 Analyst Programmer 2-5 tahun S1 Rp8.000.000,00
2 IT Support 2 tahun S1 Rp5.500.000,00
3 Data Analyst 2 tahun S1 Rp11.000.000,00
4 System Analyst 2-6 tahun S1 Rp8.000.000,00
5 Java Programmer 3 tahun S1 Rp10.000.000.00
6 Android Developer 4 tahun S1 Rp9.500.000,00
7 Database Administrator 4-7 tahun S1 Rp7.000.000,00

Kisaran gaji seorang programmer tergolong sangat tinggi, terlebih jika seseorang memiliki pengalaman yang cukup lama dalam bergelut di bidang IT khususnya bahasa pemrograman. Namun, saat ini di Indonesia, rata-rata gaji IT programmer adalah 5 juta per bulan atau sekitar 60 juta per tahun

Skill yang Dibutuhkan Programmer

Skill yang Dibutuhkan Programmer

Untuk menjadi seorang programmer, seseorang harus memiliki riwayat pendidikan terkait bidang tersebut. Walaupun bahasa pemrograman bisa dipelajari secara autodidak, namun beberapa skill berikut tetap harus dimiliki, agar bisa mempelajarinya dengan cepat, yaitu

1. Mengerti Source Code

Memaca code adalah skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang programmer agar mampu membaca kode dari program orang lain, ataupun membuat sendiri menjadi sebuah program. Terlebih bagi programmer yang bekerja dalam satu tim, maka harus mampu membaca code dari tim nya.

2. Mengerti Bahasa Inggris

Walaupun seorang programmer bekerja di Indonesia, namun mereka wajib mengerti bahasa Inggris, minimal pasif. Hal ini disebabkan karena bahas Inggris adalah bahasa internasional, sehingga selalu digunakan dalam semua jenis bahasa pemrograman.

3. Mencari Bugs (Debugging)

Debugging adalah istilah yang digunakan untuk mencari masalah dalam kode atau bahasa pemrograman. Dengan memiliki kemampuan debugging, maka programmer bisa mengetahui penyebab serta mengatasi masalah yang ada pada sebuah program dari pesan error yang muncul.

Akhir Kata

Jika dilihat dari skill yang dibutuhkan oleh seorang programmer, maka ketelitian dan kesabaran menjadi kunci kesuksesannya. Hal ini disebabkan karena tugas programmer menyusun kode menjadi sebuah program tidaklah mudah mengingat banyaknya bahasa pemrograman yang harus diketahui.

Selain itu, programmer juga harus rajin membaca sebagai bahan referensi untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi ketika proses debugging. Jika ketelitian, kesabaran dan ketekunan sudah dimiliki, barulah seseorang bisa menjadi programmer yang sukses dengan gaji yang besar.

Job Description

Gustianysah
4 min read

Business Development

Gustianysah
4 min read

Sales Executive

Gustianysah
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *