Tugas Project Manager

Tugas Project Manager

Beberapa di antara kita mungkin seringkali mendengar pekerjaan dengan jabatan Project Manager. Namun, tak sedikit pula yang belum mengetahui pekerjaan seperti apakah yang dilakukan dan apa tugas Project Manager.

Apakah ia memiliki kesamaan dengan manager lainnya?

Jika kedua kata tersebut dipisah, antara project juga manager, sekilas akan membantu kita mengetahui bagaimana kiranya pekerjaan yang dilakukannya. Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas tugas seorang Project Manager dalam perusahaan.

Pengertian Project Manager

Pengertian Project Manager

Project Manager, atau manajer proyek dalam bahasa Indonesia adalah jabatan dalam perusahaan, yang ditunjuk untuk memimpin serta mengorganisir seluruh project yang didapat oleh perusahaan. Ia akan bertanggung jawab terhadap semua hal yang bersangkutan dengan kepentingan project.

Project Manager menurut definis yang lain adalah orang yang bertanggung jawab pada pelaksanaan sebuah proyek, dari awal hingga selesai dikerjakan. Selain itu, Project Manager juga bertanggung jawab pada organisasi, pelaksanaan, serta tim yang berkaitan dengan proyek tersebut.

Mereka akan dipilih berdasarkan kompetensi serta keahlian juga pengalamannya dalam melakukan manajemen proyek. Dengan mengemban tanggung jawab yang besar, pekerjaannya akan meliputi perencanaan, mengorganisir proyek, memetakan dan memaksimalkan sumber daya manusia.

Karena jika tanpa kompetensi dari seorang Project Manager, pengelolaan proyek yang didapat perusahaan bisa memungkinkan mengalami kesulitan. Apalagi jika proyek yang sedang dikerjakan merupakan proyek yang besar.

Fungsi dan Tujuan Project Manager

Fungsi dan Tujuan Project Manager

Seorang manajer proyek memiliki beberapa fungsi yang menjadikan pekerjaannya penting dalam memegang sebuah project perusahaan, diantaranya:

1. Mengelola Project

Seluruh proses pengerjaan proyek termasuk detail proyek, koordinasi antar karyawan, skema penugasan, komunikasi dan penyampaian jobdesk merupakan fungsi dari project manager. Hal-hal tersebut akan berpengaruh pada capaian perusahaan.

2. Merencanakan Project

Ketika seorang manajer proyek mendapat tugas dari perusahaan, hal pertama yang harus dilakukannya adalah merencakan pengerjaan project tersebut. Perencanaan merupakan fungsi yang sangat penting.

Pada saat perencanaan, ketelitian serta pemikiran dan strategi yang matang sangat diperlukan. Hal tersebut harus sangat diperhatikan karena pengerjaan sebuah proyek akan bergantung pada perencanaan awal.

Segala sarana dan prasarana, juga sumber daya manusia tidak luput dari detail perencanaan. Bagaimana proyek tersebut berjalan dari a-z nya, serta mengatur strategi agar pada pelaksanaannya proyek berjalan lancar dan membawa hasil positif.

3. Mengroganisasi Project

Melakukan koordinasi adalah fungsinya yang lain. Segala kebutuhan yang menyangkut kepentingan proyek akan diorganisasikan oleh Project Manager,  mulai dari kebutuhan tim, kebutuan individu hingga komunikasi yang berjalan dalam tim.

Membagi team ke dalam sebuah struktur merupakan salah satu pengoranisasian yang dikerjakan oleh manajer proyek. Pembagian harus berdasarkan hasil penilaian terhadap kemampuan setiap individu.

Komunikasi tidak hanya dijalin dengan orang-orang yang menjadi bawahannya, tetapi juga dengan karyawan lain yang fungsinya berkaitan dengan proyek yang sedang digarap perusahaan.

4. Melaksanakan Project

Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, tiba saatnya seorang Project Manager bersama timnya melaksanakan proyek yang digarap oleh perusahaan. Apa-apa yang telah dirancang akan dilakukan sesuai dengan rencana yang dibuat.

Dalam pelaksanaanya, konsistensi sangat diperlukan. Mulai dari target deadline, alokasi dana, proses dan progress proyek setiap harinya adalah menjadi tanggung jawab Project Manager

5. Mengawasi Project

Demi tercapainya tujuan dari proyek ini dibuat, maka fugsi pengawasan sangatlah penting. Apakah dalam pelaksanaanya terdapat hambatan atau kendala, jika iya, langkah atau keputusan apa yang akan diambil juga merupakan bagian dari kinerja manajer proyek.

Memastikan semua lancar sesuai rencana adalah fungsinya yang utama. Sehingga, ketidaksesuaian yang terjadi dapat diminimalisir. Setelah itu, evaluasi juga merupakan hal yang harus dilakukan.

Tujuan dari Project Manager adalah membantu perusahaan menyelesaikan serta menyukseskan sebuah proyek dengan membuat strategi terbaik berdasarkan kompetensi dan keilmuan yang ia miliki.

Tugas Project Manager

Tugas Project Manager

Selain memiliki beberapa fungsi, dalam pekerjaan dan tanggung jawabnya, seorang Project Manager memiliki tugas, yaitu:

1. Merancang Project

Dalam melaksanakan tugas Project Manager  yang satu ini biasanya dibantu oleh beberapa koordinator proyek yang telah dipilih. Semua hal tidak luput dari perencanaan perancangan project, baik teknis maupun hal-hal yang bersifat non-teknis

2. Memimpin Rapat Koordinasi Tim

Sebelum pengerjaan proyek dimulai, seorang manajer proyek akan memimpin sebuah pertemuan yang membahas segala hal yang bersangkutan dengan pelaksaan proyek yang diikuti oleh anggota timnya.

3. Memimpin Pelaksanaan Project

Sosok  Leader yang baik sangat dibutuhkan dalam pengerjaan proyek. Ia harus paham betul seluruh aspek dalam pengerjaan proyek. Sebagai manajer proyek, Anda harus bisa mencapai target yang ditetapkan perusahaan dengan memaksimalkan tim yang dimiliki.

4. Melakukan Project Controlling

Mengontrol proyek, merupakan tugas Project Manager yang berikutnya. Pastikan bahwa segalanya berjalan baik dan sesuai dengan rencana serta target yang ditentukan. Usahakan proyek akan selesai tepat pada waktunya.

5. Membuat laporan pekerjaan

Setelah semuanya laporan, manajer proyek akan membuat laporan tertulis terhadap pelaksaan project. Apakah ada kendala, serta melaporkan progress dari proyek tersebut, laporan alokasi dana, dan lain sebagainya.

Klasifikasi Menjadi Project Manager

Klasifikasi Menjadi Project Manager

Kompetensi seorang manajer proyek akan berpengaruh terhadap kesuskesan project yang sedang ia jalankan. Berikut klasifikasi yang harus dimiliki seorang Project Manager. Memiliki pengetahuan yang mumpuni menjadi salah satu catatan khusus bagi seorang manajer proyek.

Ia harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang banyak hal, di antaranya:

  • manajemen waktu,
  • manajemen keuangan,
  • manajemen sumber daya manusia (SDM),
  • mengetahui kebijakan mutu dari setiap project,
  • memiliki gaya komunikasi yang baik,
  • Risk management.

Selain pengetahuan, ia juga harus menunjukan kinerja yang baik dalam menjalankan tugasnya. Penilian individu seorang manajer proyek pun akan diperhitungkan, mulai dari attitude hingga kedisipilinannya menjadi penilaian tersendiri.

Skill untuk Menjalankan Tugas Project Manager dengan Baik

Skill untuk Menjalankan Tugas Project Manager dengan Baik

Jika anda tertarik untuk bekerja sebagai Project Manager, anda harus memperdalam berbagai keahlian yang harus dimiliki, diantaranya:

  • Leadership
  • Analytical thinking
  • Team work
  • Komunikasi Efektif
  • Pengambilan keputusan
  • Problem Solving
  • Negosiasi
  • Management (Project Management)
  • Skill Presentasi yang baik
  • Administrasi

Kisaran Gaji Project Manager

Kisaran Gaji Project Manager

Penghasilan seseorang dengan jabatan Project Manager biasanya berkisar sekitar Rp 4 juta untuk seseorang yang baru saja memulai karirnya dan Rp 17 juta bagi yang telah memiliki jam terbang tinggi. Namun, rata-rata penghasilannya sekitar Rp 10 Juta perbulan.

Akhir Kata

Seorang Project Manager memiliki peranan yang penting dalam perusahaan. Bagaimana kinerja dan kompentensinya akan membantu perusahaan mencapai tujuan dan keberhasilan proyek merupakan salah satunya.

Kemampuan manajerial merupakan dasar dari skill yang harus dimiliki. Ia akan mengorganisir semua hal yang terlibat dalam pelaksanaan proyek. Mulai dari perencanaan, strategi, planning, memaksimalkan SDM, pelaksanaan proyek, kontroling hingga evaluasi dan membuat laporan.

Selain itu, komunikasi, risk management, serta problem solving juga menjadi skills yang harus terus diasah oleh seorang Project Manager. Memegang tingkatan tinggi dan bertanggung jawab pada sebuah proyek membutuhkan keahilan-keahlian tersebut.

Tak lupa, jiwa kepemimpinan harus kuat, dibarengi dengan attitude  yang baik, intergritas tinggi serta kedisiplinan yang bisa dicontoh oleh seluruh tim yang terlibat. Pada intinya, semua hal dari awal hingga akhir proyek menjadi tanggung jawab dan tugas Project Manager.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
tugas finance
Read More

Tugas Finance

Dalam sebuah perusahaan, terdapat karyawan yang memiliki peran penting terkait dengan pengelolaan keuangan. Karyawan ini, ...

Baca AjaTugas Finance