Tugas Psikolog

Bagi beberapa orang, yang mungkin memiliki pertanyaan terhadap keadaan mentalnya, mereka akan berkonsultasi pada pakar yang biasa disebut Psikolog. Seperti apakah pekerjaan dan tugas Psikolog itu?

Bidang keilmuan apa yang dipelajari jika ingin mendapat gelar dari ranah Psikolog? Lalu, saat bekerja, apa saja yang biasa dilakukannya? Pengalaman serta latar belakang pendidikan akan berpengaruh pada profesi ini. Beberapa orang mungkin belum paham betul seperti apa Psikolog itu.

Pengertian Psikolog

Pengertian Psikolog

Psikolog merupakan seorang ahli yang fokus pekerjaannya terhadap pemikiran dan perilaku seseorang. Mereka biasa melakukan terapi bagi orang-orang yang membutuhkan jasanya, dikenal dengan sebutan Psikoterapi. Ia merupakan seorang praktisi ahli berdasarkan latar belakang pendidikan yang ditempuhnya.

Seorang Psikolog akan berhubungan dengan berbagai tingkah atau perilaku dan juga aktivitas  manusia dengan berbagai latar belakang. Lalu melakukan serangkaian observasi juga analisis yang menghasilkan diagnosa tertentu.

Psikolog menurut artinya yang lain adalah seorang profesional dalam bidang Psikologi yang dalam kesehariannya membantu orang-orang untuk mendapatkan konsultasi tentang keadaan yang menyangkut permasalahan mental. Setidaknya, begitulah yang diketahui dan dipahami oleh sebagian orang.

Namun sebetulnya, Psikolog terdiri dari beberapa keilmuan atau spesifikasi yang lebih khusus lagi, ketika para lulusan atau sarjana Psikologi mengambil kuliah lanjutan. Apa sajakah bidang konsentrasi dalam ilmu Psikologi tersebut?

Jenis-Jenis Psikolog

Jenis-Jenis Psikolog

Ilmu dalam bidang Psikologi ternyata tidak melulu berhubungan dengan pasien, walaupun yang menjadi fokus pekerjaannya tetaplah tentang kejiwaan dan perilaku. Lebih luas dari itu, Psikologi memiliki berbagai jenis ilmu, diantaranya:

1. Psikologi Klinis

Ilmu Psikologi yang satu ini memang berkaitan dengan permasalahan mental yang dialami seseorang. Mereka akan melakukan konseling atau psikoterapi terhadap pasien yang memiliki gangguan tersebut.

Biasanya, seorang Psikolog Klinis bisa mengambil spesifikasi keilmuan yang lebih dalam lagi, seperti Psikologi mental anak, dewasa dan lain sebagainya. Mereka biasanya bekerja di klinik kesehatan mental, Rumah Sakit dan banyak pula yang membuka praktiknya sendiri.

2. Psikologi Pendidikan

Sesuai dengan namanya, Psikolog Pendidikan akan bekerja dalam hal pendidikan atau proses pengajaran. Yang ia pelajari adalah hal-hal terkait keadaan seseorang dan bagaimana ia caranya belajar.

Kemampuan belajar, permasalahan saat belajar hingga bakat para pelajar pun bisa dikonsultasikan kepada seorang Psikolog pendidikan. Bahkan, ia bisa membantu merancang strategi untuk membantu para pengajar saat pelaksanaan proses belajar-mengajar.

3. Psikologi Industri

Memelajari dan menganalisis tentang perilaku karyawan di tempat kerja, meupakan salah satu tugas Psikolog Industri atau Organisasi. Ia biasanya ikut membantu dalam proses penyaringan calon karyawan. Memilih manakah yang merupakan kandidat terbaik.

Melaksanakan pelatihan untuk menambah pengetahuan serta skill para pekerja, juga merupakan tanggung jawabnya. Oleh karenanya, Psikolog industri berada atau memiliki jabatan di divisi Human Resouce Development (HRD).

Tugasnya di perusahaan, terbilang penting karena dengan keahlian yang dimiliki, Psikolog mampu membantu perusahaan mencapai target, mengurangi kerugian dan melaksanaan efisiensi kerja.

4. Psikologi Sosial

Psikolog yang satu ini akan mempelajari dan mendalami tentang perilaku serta pola pikir pada sekelompok masyarakat tertentu. Sikap, komunikasi serta perilaku dari kelompok tersebut merupakan salah satu hal yang biasa untuk dianalisis.

Sebetulnya masih banyak lagi jenis bidang keilmuan dari psikologi, seperti psikologi perkembangan, kepribadian, konseling, lingkungan, kriminal, kesehatan, komunitas dan lain sebagainya.

Namun, pada intinya adalah para Psikolog akan bekerja dan melakukan penelitian terhadap perilaku, kejiwaan ataupun mental seseorang dengan fokus yang berbeda-beda, bergantung pada spesifikasinya.

Fungsi dan Tujuan Psikolog

Fungsi dan Tujuan Psikolog

Berdasarkan keilmuannya, Psikolog memiliki fungsi:

1. Penjelasan

Psikolog akan membuat deskripsi berdasarkan penjelasan yang ia ketahui tentang perilaku seseorang dan apa saja hal yang melatar belakanginya.

2. Prediksi

Setelah menjelaskan tentang latar belakang berupa apa dan bagaimana perilaku itu terjadi, kemudian seorang Psikolog akan menuturkan prediksinya yang dikenal dengan sebutan diagnosa.

3. Pengendalian

Fungsi yang berikutnya adalah melakukan pengendalian terhadap perilaku atau kebiasaan seseorang agar terjadi kesesuaian dengan yang diharapkan.

Tujuan dari Psikolog sendiri adalah

Tujuan dari Psikolog sendiri adalah

  • Menciptakan kehidupan yang lebih berkualitas
  • Mengenal tingkah laku manusia berdasarkan kejiwaannya
  • Mengubah perilaku hidup individu, masyarakat atau kelompok
  • Mengatur strategi pengajaran atau pendidikan yang baik

Tugas Psikolog

Tugas Psikolog

Beberapa hal yang menjadi tugas Psikolog, diantaranya:

1. Menjelaskan perilaku

Perilaku akan dijelaskan secara deskriptif berdasarkan keilmuan yang telah dipelajari oleh seorang Psikolog.

2. Mendeskripsikan hasil diagnosa

Setelah itu, Psikolog akan melakukan diagnosa. Hal ini bisa berlanjut pada sesi konsultasi, psikoterapi bahkan mungkin disarankan lebih lanjut untuk menghubungi Psikiater

3. Memprediksi perilaku

Psikolog mampu memprediksikan mengapa, apa dan bagaimana hal-hal yang menjadi latar belakang perilaku seseorang.

4. Melalukan kontroling

Hal ini akan dilakukan pada keadaan atau kondisi yang diluar batas normal dan membutuhkan pengendalian dari perilaku tersebut.

Pebedaan Psikolog dan Psikiater

Pebedaan Psikolog dan Psikiater

Banyak orang yang salah mengartikan bahwa profesi Psikolog sama dengan Psikiater, namun pada kenyataannya keduanya adalah hal yang berbeda. Pendidikan seorang Psikolog adalah Psikologi, sedangan Psikiater merupakan lulusan dari kedokteran.

Karena Psikiater adalah seorang dokter, maka ia diperbolehkan untuk memberi resep atau obat pada pasien, sedangkan Psikolog hanya bertugas memberi konsultasi atau psikoterapi. Untuk itu, jika ingin berkonsultasi, maka anda bisa pergi ke Psikolog sedangkan jika dirasa perlu adanya pengobatan, hubungilah Psikiater. Namun keduanya bisa tetap bersinergi.

Manfaat Konsultasi dengan Psikolog

Manfaat Konsultasi dengan Psikolog

  • Memahami permasalahan yang dihadapi dengan mengubah sudut pandang
  • Psikolog akan memberikan saran yang sangat membantu
  • Kebiasaan kurang baik, cemas yang berlebihan ataupun gangguan yang lain, bisa dihilangkan melalui psikoterapi
  • Diagnosis yang diberikan akan membantu dalam mengatasi gangguan yang terjadi
  • Membantu mencari jalan keluar penyelesaian masalah

Klasifikasi Menjadi Psikolog

Klasifikasi Menjadi Psikolog

Mereka yang berprofesi sebagai Psikolog telah melewati beberapa tahapan. Termasuk pengalaman serta kelimuan, seperti telah menempuh Pendidikan S1 Psikologi, beberapa diantaranya melanjutkan pendidikan ke tingkatan yang lebih tinggi, yaitu Magister Profesi Psikologi (S2). Setelah itu, ia akan mengikuti sidang profesi Himpunan PsikologI Indonesia (HIMPSI), lalu medaftarkan diri pada keanggotaannya.

Seorang Psikolog harus memiliki kemampuan analisis yang baik, ketelitian serta attitude  yang baik, karena dalam pelaksanaan tugasnya ia akan berhubungan dengan banyak orang yang memiliki latar belakang perilaku berbeda.

Skill untuk Menjadi Psikolog

Skill untuk Menjadi Psikolog

Berikut adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Psikolog, yaitu:

  • Komunikasi yang baik
  • Kesabaran yang tinggi
  • Menjaga rahasia yang merupakan kode etik profesi
  • Pendengar yang baik

Kisaran Gaji Psikolog

Kisaran Gaji Psikolog

Pendapatan seorang Psikolog berkisar antara 5 Juta hingga 15 Juta rupiah. Bergantung pada pendidikan dan profesi yang dimilikinya.

Akhir Kata

Psikolog ialah sebuah profesi yang berkaitan dengan mental dan perilaku orang lain. Biasanya yang mereka lakukan adalah mendeskripsikan, mendiagnosa dan melakukan evaluasi. Psikologi memiliki banyak jenis keilmuan yang berbeda-beda spesifikasinya.

Psikolog melalui jenjang pendidikan Psikologi. Dalam pekerjaannya ia harus menjadi pendengar yang baik, penyabar, teliti serta memiliki cara komunikasi yang efektif. Karena ia akan menjalin hungungan dengan banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda.

Tinggalkan komentar