Tugas Sales

Sales adalah salah satu pekerjaan yang sudah sangat familiar di masyarakat, dimana tugas sales yang paling utama adalah membantu perusahaan menjual produk demi meningkatkan pemasukan. Sales sendiri memiliki banyak jenis yang belum begitu dikenal masyarakat.

Pada umumnya orang mengenal sales hanya sebatas penjual yang berkeliling atau melakukan presentasi terkait produknya agar laku terjual. Padahal, ada banyak posisi sales yang memiliki tugas berbeda-beda serta rentang gaji yang cukup menggiurkan dibandingkan pekerjaan lain.

Pengertian Sales

Pengertian Sales

Sales adalah seseorang yang bekerja menjual barang atau produk dari perusahaan dengan cara menawarkannya pada masyarakat, baik perorangan ataupun kelompok. Seorang sales harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar produk yang ditawarkan laku terjual.

Selain itu, sales wajib memiliki kemampuan negosiasi agar mampu menjual produk perusahaan sesuai dengan perencanaan harga yang diminta oleh perusahaan. Dalam melakukan pekerjaannya, sales tidak hanya mendatangi konsumen secara langsung, namun juga bisa melalui media teknologi.

Fungsi dan Tujuan Sales

Fungsi dan Tujuan Sales

Secara umum, fungsi dan tujuan sales adalah untuk mencari konsumen agar mau membeli produk yang diproduksi perusahaan. Namun, secara lebih terperinci, ada beberapa fungsi sales yang bisa dijabarkan, diantaranya

1. Menentukan Sasaran Calon Konsumen

Agar produk yang ditawarkan laku terjual, maka seorang sales harus menentukan sasaran calon konsumen yang sesuai. Dengan menentukan sasaran yang tepat, maka kemungkinan produk terbeli akan lebih besar, misalnya menjadikan wanita yang suka berdandan sebagai sasaran produk kecantikan.

2. Mempromosikan Produk Kepada Konsumen

Sales juga berfungsi mempromosikan produk perusahaan kepada konsumen. Hal ini dilakukan agar sebelum membeli konsumen terlebih dahulu mengenal kelebihan dari produk tersebut. Saat melakukan promosi, sales harus pandai mengarahkan keunggulan produk agar sesuai keinginan konsumen.

3. Menawarkan Produk

Jika produk sudah dipromosikan kepada konsumen, selanjutnya sales bisa menawarkan kepada konsumen agar tertarik untuk membelinya. Dalam menawarkan produk, sales harus mampu meyakinkan konsumen bahwa produk yang dijual berkualitas dibanding yang lain dan bermanfaat bagi konsumen.

4. Mengajak Konsumen Membeli Produk Secara Persuasif

Setelah produk ditawarkan kepada konsumen, namun belum terlihat begitu tertarik, atau masih ragu untuk membeli, maka sales berfungsi mengajak konsumen agar tidak ragu membeli. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tujuan utama dari sales, yaitu agar produknya laku terjual.

Tugas Sales

Tugas Sales

Menjual produk perusahaan hingga laku terjual adalah tujuan utama dari seorang sales, dimana untuk memenuhinya, maka sales harus melakukan tugas nya dengan maksimal. Beberapa tugas sales yang harus dipenuhi dalam perusahaan diantaranya

1. Menentukan Target

Sebelum melakukan penjualan, sales harus menentukan target yang sesuai dengan produk yang dimiliki. Dengan demikian, sales bisa merencanakan terlebih dahulu, titik-titik lokasi penjualan yang akan ditempuh, dimana lokasi tersebut berpotensi didatangi oleh calon konsumen yang sesuai target.

2. Aktif Mencari Konsumen

Setelah menentukan target, maka sales harus aktif menawarkan produknya ke tempat-tempat yang berpotensi didatangi oleh calon konsumen. Jika produk sudah terjual, maka sales tetap harus bergerak mencari lokasi lain, bahkan tidak menutup kemungkinan mendatangi rumah target secara langsung.

3. Memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan

Setiap produk pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, agar produk cepat laku, bukan berarti sales tidak jujur terhadap kekurangan produk. Jika ditanyakan oleh konsumen, maka jawab sesuai dengan keadaan produk, agar ketika digunakan, konsumen merasa puasa dan tidak kecewa.

4. Menambah Mitra Kerja

Untuk meningkatkan penjualan dengan lebih cepat, maka sales bisa menambah mitra kerja yang membantu proses penjualan produk. Namun, sales harus sudah memperhitungkan pembagian hasil yang akan didapatkan oleh masing-masing pihak.

5. Merekap Data Penjualan

Selain menjual produk kepada konsumen, sales juga bertugas untuk mencatat hasil penjualan dan merekap nya agar lebih rapi dan mudah dibaca. Selanjutnya data tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi untuk proses penjualan yang akan datang.

6. Melakukan Evaluasi Kerja

Data yang sudah direkap selanjutnya bisa dievaluasi oleh sales, dan melakukan analisis yang lebih mendalam. Hasil evaluasi bisa digunakan untuk menentukan apakah strategi penjualan yang dilakukan sales sudah maksimal, jika terdapat kekurangan, maka sales harus mengubah strategi yang lebih baik.

Klasifikasi Sales

Klasifikasi Sales

Sales harus memiliki mental yang sangat baik, serta kemampuan komunikasi yang baik untuk menjalankan pekerjaannya. Selain itu, ada beberapa kualifikasi yang dibutuhkan oleh seseorang jika ingin menjadi sales, diantaranya

1. Pendidikan Minimal SMA

Untuk mampu membuat calon konsumen tertarik membeli produk yang dijual, maka seorang sales harus dibekali dengan kecerdasan yang cukup. Hal inilah yang membuat salah satu syarat sales pada umumnya adalah minimal SMA, walaupun ada beberapa perusahaan yang menerima lulusan SMP.

2. Berpenampilan Menarik

Agar konsumen tertarik untuk membeli barang yang dijual, maka salah satu syarat utama sales adalah memiliki penampilan yang menarik. Dengan demikian, orang akan dengan senang hati mendengar penjelasan sales terkait produk dan terdorong untuk membelinya.

3. Orientasi Target

Setiap perusahaan memiliki target tersendiri terhadap jumlah produk yang harus laku dalam beberapa bulan. Oleh sebab itu, sales harus memiliki orientasi target yang tinggi, sehingga tidak mudah tertekan dengan permintaan perusahaan.

4. Jujur

Sales membawa barang perusahaan untuk dijual, sehingga potensi untuk melakukan kecurangan dengan menjual produk dan mengambil keuntungannya sendiri sangat besar. Oleh sebab itu, salah satu syarat sales adalah memiliki kejujuran yang tinggi.

5. Komunikatif

Agar semua tugas bisa dijalankan dengan mudah oleh sales, maka kunci utamanya adalah dengan berkomunikasi yang baik. Sehingga komunikatif menjadi salah satu syarat diterimanya seseorang bekerja sebagai sales.

Kisaran Gaji Seorang Sales

Gaji Sales

Jika berkaca dari sales yang tidak profesional, maka gaji sales terlihat sangat kecil sehingga beberapa orang meremehkan pekerjaan ini. Namun jika seorang sales memiliki tingkat profesionalisme kerja yang tinggi serta didukung oleh pengalaman dan pendidikan, maka gaji sales sangat menggiurkan, yaitu

No Jabatan Gaji rata-rata Waktu Perhitungan
1 Sales Promotion Rp900.000,00 – Rp1.500.000,00 Per bulan
2 Sales Manager Rp2.500.000,00 – Rp10.000.000,00 Per bulan
3 Sales Executive Rp2.500.000,00 – Rp10.000.000,00 Per bulan
4. Sales Supervisor Rp10.000.000,00 – Rp11.500.000,00 Per bulan

Selain ditentukan oleh jabatan dan pengalaman, gaji sales juga tergantung dengan perusahaan yang membayar. Pada perusahaan besar seperti PT Freeport Indonesia, posisi sales manager mendapat gaji hingga Rp43.500.000,00 setiap bulan, belum termasuk komisi 1-5 % dari hasil penjualan yang dilakukan.

Skill yang Dibutuhkan Sales

Skill yang Dibutuhkan Sales

Jika anda tertarik untuk menjadi seorang sales, maka ada beberapa skill yang harus diasah sebelum memutuskan untuk memilih pekerjaan ini. Semakin tajam anda mengasah skill tersebut, maka semakin besar profesionalisme kerja anda di mata perusahaan, skill yang dibutuhkan adalah

1. Kemampuan Komunikasi

Untuk menjadi sales yang sukses, kemampuan komunikasi menjadi hal utama yang harus diperhatikan, karena komunikasi yang baik akan mudah membuat konsumen tertarik pada barang yang dijual. Selain itu, pada teknik komunikasi yang baik akan memudahkan sales untuk membangun relasi.

2. Negosiasi

Agar barang terjual sesuai dengan harga yang ditentukan perusahaan, maka sales perlu memiliki skill negosiasi yang baik. Dengan demikian, ketika melakukan proses penjualan ataupun kerja sama, bisa terjadi kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

3. Mampu Melakukan Presentasi yang Baik

Sales tidak hanya bekerja dengan mengajak konsumen secara perorangan, namun dalam menjalankan tugas nya, sales juga perlu melakukan presentasi untuk mengajak sekelompok orang agar tertarik membeli produk yang dijual.

Akhir Kata

Sebagai ujung tombak majunya perusahaan, sales berperan besar dalam meningkatkan pendapatan, sehingga pekerjaan ini tidak bisa diremehkan. Ada banyak skill yang harus diasah agar bisa menjadi sales yang profesional dan layak mendapat gaji yang tinggi.

Selain itu, tugas sales yang dianggap berat sebenarnya bisa ditaklukkan dengan kemampuan komunikasi dan semangat pantang menyerah. Jika seseorang sudah menjalani pekerjaan sales dalam waktu lama, kemungkinan untuk naik jabatan akan lebih besar dan gaji yang diperoleh sangat tinggi.

Tinggalkan komentar