Tugas Security

tugas security

Sejak pertama kali dibentuk, security lebih dikenal masyarakat dengan istilah satpam, dimana saat itu satpam bekerja dengan suka rela. Namun, saat ini tugas security yang mulia ini menjadi incaran banyak orang, terlebih pada beberapa daerah gaji security menggunakan batas UMK.

Namun, seseorang tidak bisa melamar menjadi security jika tidak memiliki skill yang sebelumnya dilatih dalam sebuah pelatihan. Pelatihan ini sangat penting diikuti, mengingat tugas yang diemban sangat berat dan berhubungan langsung dengan segala tindakan kejahatan.

Pengertian Security

Pengertian Security

Di Indonesia security biasa disebut juga dengan satuan pengamanan atau disingkat satpam. Dari namanya, bisa diketahui bahwa security adalah sekelompok orang yang ditugaskan untuk menjaga keamanan suatu tempat atau wilayah .

Keamanan yang dijaga oleh security adalah jenis keamanan fisik untuk meningkatkan keamanan suatu wilayah terhadap ancaman dari luar. Tugas security mirip dengan polisi, hanya saja kelompok ini dibentuk oleh sebuah instansi dengan beberapa pelatihan dan aturan yang berlaku.

Fungsi dan Tujuan Security

Fungsi dan Tujuan Security

Fungsi dan tujuan utama dibentuknya security adalah untuk membantu polisi dalam menjaga dan meningkatkan keamanan, dimana jumlah polisi tidak sebanding dengan kebutuhannya. Oleh sebab itu, beberapa fungsi security memiliki kesamaan dengan polisi, hanya saja ruang lingkupnya kecil, yaitu

1. Menjaga Keamanan

Security atau satpam berfungsi menjaga keamanan suatu wilayah sehingga orang yang bekerja sebagai security harus memiliki kejelian dalam mengamati kondisi suatu wilayah. Jika ditemukan faktor yang diprediksi bisa memicu masalah, maka security harus segera melakukan tindakan.

2. Melindungi Wilayah Tertentu dari Gangguan

Untuk menjaga keamanan, maka security harus mampu melindungi wilayah tempat nya bertugas dari segala jenis gangguan yang berasal dari dalam ataupun luar. Jika terjadi tindakan yang mengganggu keamanan baik dari manusia atau benda, maka security wajib menghadapi gangguan tersebut.

3. Menegakkan Peraturan di Wilayah Tertentu

Setiap wilayah tempat security bertugas, pasti memiliki aturan yang berfungsi untuk menjaga kenyamanan orang yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, security harus benar-benar memahami aturan di wilayahnya bertugas, sehingga jika ada yang melanggar, security bisa segera mengamankan nya.

Tugas Security

Tugas Security

Untuk bisa menjadi security, ada seleksi dan pelatihan tertentu yang harus diikuti, hal ini disebabkan karena tugas yang diemban tidaklah mudah, baik dari segi fisik ataupun psikis. Jika anda seorang security, maka tugas berikut wajib untuk dijalankan

1. Mengamankan

Security bertugas mengamankan wilayah yang dijaga agar senantiasa aman dan nyaman untuk ditinggali orang yang ada di dalamnya. Pengamanan yang dilakukan bisa dengan cara mengamankan segala aset penting yang ada di dalam wilayahnya agar tidak rentan terkena gangguan.

2. Mengawasi

Setelah segala aset dipastikan aman, maka security masih harus tetap melakukan penjagaan dengan teliti, untuk mengawasi kondisi di lingkungannya. Security bisa mengawasi gerak gerik orang yang mencurigakan ataupun hal lainnya secara langsung ataupun melalui CCTV yang disediakan.

3. Melaporkan

Salah satu alat yang tidak bisa lepas dari security adalah handy talky, dimana alat ini akan terus digunakan untuk melaporkan keadaan. Segala kondisi yang sedang terjadi, baik sudah kondusif, atau terjadi masalah wajib dilaporkan dalam kurun waktu tertentu.

4. Melindungi

Jika terjadi masalah yang mengancam keamanan orang dan aset yang ada di wilayah tempatnya bertugas, maka security wajib melindunginya. Caranya bisa dengan tindakan persuasif ataupun koersif jika benar-benar dibutuhkan.

5. Menegakkan Aturan

Untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayahnya, maka ada aturan yang harus ditegakkan. Security bertugas menegakkan aturan tersebut dengan memberi sanksi atau teguran jika ada yang melanggar, serta menjelaskan aturan yang berlaku kepada si pelanggar untuk ditaati.

6. Mengatur lalu Lintas

Lalu lintas yang tidak teratur di satu wilayah bisa menjadi masalah besar yang mengganggu keamanan. Oleh sebab itu, security bertugas mengatur jalannya kendaraan yang berlalu lalang di dalam wilayahnya bertugas agar senantiasa stabil dan kondusif.

7. Menangani Pelanggaran

Jika ditemukan pelanggaran ataupun kejahatan yang terjadi di wilayahnya, security bertugas menanganinya secara langsung. Baik dengan membawa penindak kejahatan pada pihak yang berwajib, ataupun menangkapnya jika melarikan diri, untuk menghindari ancaman berikutnya.

Klasifikasi Security

Klasifikasi Security

Security adalah petugas yang sangat mudah ditemui, baik di tempat umum, ataupun tempat-tempat pribadi. Oleh sebab itu, untuk bisa menjalankan tugas security secara maksimal, ada kualifikasi yang dibutuhkan ketika melamar pekerjaan ini, diantaranya

1. Pendidikan Minimal SMA

Security berbeda dengan polisi yang membutuhkan pendidikan khusus di bidangnya. Oleh sebab itu, syarat pendidikan security minimal SMA, dimana pendidikan ini digunakan sebagai bekal security agar tidak dibodohi penjahat atau orang asing.

2. Menyerahkan SKCK

Tugas utama security adalah menjaga dan memelihara keamanan wilayah tempatnya bertugas. Oleh sebab itu security harus bebas dari tindakan kriminal yang justru membahayakan orang lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya SKCK dari polisi.

3. Memiliki Sertifikat Gada Pratama

Security yang memiliki sertifikat Gada Pratama akan mudah diterima bekerja, karena mereka yang memiliki sertifikat ini berarti sudah menjalankan pelatihan yang ketat sebelumnya sehingga mengetahui langkah keamanan yang dilakukan jika terjadi kondisi tertentu.

4. Memiliki Fisik yang Sehat dan Kuat

Agar bisa melindungi area penjagaannya, maka security wajib memiliki fisik yang sehat. Dengan demikian, segala ancaman yang membahayakan wilayah tugas security bisa dilindungi dengan kekuatan fisik yang dimiliki.

Kisaran Gaji Security

Kisaran Gaji Security

Kisaran gaji security berbeda-beda tergantung dengan perusahaan atau instansi yang menggunakannya. Pada security perusahaan ataupun hunian pribadi biasanya menjadikan UMK sebagai tolak ukurnya. Berikut adalah kisaran gaji security di Indonesia

No Lokasi Kisaran Gaji Rata-rata
1 Jakarta Rp1.804.000,00 – Rp5.413.000,00 Rp3.574.285,00 per bulan
2 Medan Rp1.202.000,00 – Rp7.789.000,00 Rp3.784.639,00 per bulan
3 Bandung Rp1.041.000,00 – Rp6.304.000,00 Rp3.123.269,00 per bulan
4 Sibolga Rp1.000.000,00 – Rp3.000.000,00 Rp2000.000,00 per bulan
5 Padang Rp3.775.000,00 – Rp11.325.00,00 Rp7.550.000,00 per bulan

Gaji seorang security memang tidak terlalu besar, namun jumlahnya konstan, dimana pada gaji terendah tidak terlalu kecil, dan pada gaji tertinggi tidak terlalu besar. Sementara itu, jika diambil rata-rata, maka gaji security di Indonesia mencapai 3,3 juta setiap bulannya.

Skill yang Dibutuhkan Security

Skill yang Dibutuhkan Security

Walaupun tidak membutuhkan ijazah dengan pendidikan yang tinggi, namun untuk menjadi security harus ada beberapa skill yang harus dimiliki. Skill ini biasanya dibentuk dalam pelatihan khusus hingga seseorang memperoleh sertifikat, barulah bisa menjadi seorang security, skill tersebut meliputi

1. Fisik yang Kuat

Seorang security harus memiliki fisik yang kuat, karena mereka akan menghadapi berbagai ancaman di lapangan tempat kerjanya. Ancaman tersebut bisa berupa tindakan kriminal, ataupun benda berat saat menjaga di area industri, oleh sebab itu security diwajibkan memiliki fisik yang tahan banting.

Untuk mendapatkan cara agar fisik menjadi kuat Anda bisa baca di situs olahraganesia.com

2. Kontrol Emosional

Security akan menemui banyak tindakan kejahatan ketika melakukan tugasnya sehingga harus memiliki kontrol emosi yang baik. Dengan demikian, ketika bekerja, mereka tidak mudah gegabah dan selalu bekerja tepat sasaran tanpa mengalami stres.

3. Ketelitian

Ketelitian dibutuhkan untuk memperketat pengawasan terhadap wilayah yang dijaga. Jika security tidak teliti, maka akan mudah terkena ancaman yang luput dari pengawasan, walaupun sudah dibantu dengan CCTV.

4. Manajemen Keselamatan

Dalam pelatihan menjadi security, salah satu hal yang diajarkan adalah mengenai manajemen keselamatan. Dengan pengelolaan yang baik, maka segala kondisi berbahaya bisa segera diredam oleh security dengan cara yang tepat.

Akhir Kata

Jika dilihat secara keseluruhan, tugas security yang utama adalah untuk menjaga keamanan wilayah dari ancaman. Walaupun gaji yang diperoleh tidak terlalu besar, namun menjadi security adalah pekerjaan mulia yang tidak bisa diremehkan, dan patut untuk dibanggakan.

Business Development

Gustianysah
4 min read

Sales Executive

Gustianysah
5 min read

Tugas Presiden

Gustianysah
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *