Tugas Wali Kelas

tugas wali kelas

Salah satu pihak yang memainkan peran penting dalam sekolah adalah wali kelas. Ada banyak tugas wali kelas yang penting seperti menjaga hubungan antara sekolah, para murid, dan juga orang tua.

Wali kelas juga perlu memantau akademis serta aspek kehidupan siswa itu sendiri. Misalnya melihat sikap hingga kejadian yang ia alami selama di sekolah. Maka itu, ada banyak fungsi dan tanggung jawab yang diemban seorang wali kelas.

Pengertian Wali Kelas

Pengertian Wali Kelas

Secara umum, wali kelas juga memiliki pengertian sama seperti guru yakni memiliki tugas untuk mendidik dan mengajar. Namun, ia punya tanggung jawab lebih atas siswa yang ada di kelasnya.

Dalam buku Foundation of Teaching mengungkapkan bahwa wali kelas adalah guru yang mengarahkan dan mengamati perilaku seseorang yang terjadi pada dunia pendidikan. Tak sampai situ saja, wali kelas juga harus memiliki kompetensi merancang program belajar.

Seorang wali kelas juga memiliki pengertian sebagai guru yang mengelola dan menata sebuah kelas supaya siswa bisa belajar dengan maksimal. Tujuan pendidikan yaitu mengukir prestasi bisa tercapai dengan bantuan wali kelas.

Fungsi dan Tujuan Wali Kelas

Fungsi dan Tujuan Wali Kelas

Wali kelas memiliki fungsi dan tujuan yang sedikit berbeda dengan guru pada umumnya. Wali kelas melakukan pendampingan lebih mendalam terhadap murid. Berikut fungsi dan tujuan dari seorang wali kelas dalam sebuah proses belajar mengajar.

1. Fungsi Fasilitator

Memang seorang wali kelas memiliki fungsi sebagai penghubung antara sekolah dengan orang tua. Wali kelas berfungsi untuk menjalin komunikasi yang baik agar bisa memastikan anak murid juga dalam kondisi yang baik dan siap belajar.

Selain itu, wali kelas juga berfungsi sebagai pendamping belajar siswa. Tidak hanya dari segi akademis saja tetapi juga dari segi mental. Wali kelas harus memastikan siswa bisa belajar dengan baik di kondisi sekolah tertentu.

2. Fungsi Teladan

Sosok wali kelas yang dekat dengan murid harus menjadi contoh yang baik. Selain itu, kepribadiannya juga harus baik karena harus mendalami sifat dan karakteristik anak di dalam kelas. Dengan begitu, wali kelas tahu strategi menghadapi anak tersebut.

3. Fungsi Sosial

Menjalin kedekatan dengan siswa memang tidak mudah. Sekolah akan membutuhkan wali kelas sebagai jembatan hubungan sosial dengan para murid. Dengan begitu, orang tua dan pihak sekolah dapat mengetahui kondisi anak yang sebenarnya.

4. Fungsi Akademis

Wali kelas memainkan peran dalam hal akademis. Terkadang murid lebih mendengarkan dan terbuka dengan wali kelas sehingga fungsinya bisa memahami kemampuan serta prestasi siswa. Dengan begitu wali kelas bisa membantu untuk mengatasi masalah akademis.

Tugas Wali Kelas

Tugas Wali Kelas

Fungsi wali kelas yang cukup berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar membuat tugas wali kelas juga meliputi banyak hal. Berikut beberapa tugas wali kelas yang sehari-hari dilakukan. Selain itu, ada pula tugas secara keseluruhan yang wajib dilakukan wali kelas

1. Tugas Pokok

Dalam pelaksanaannya, wali kelas memiliki tugas untuk memenuhi kebutuhan dasar siswa. Sebagai wali kelas, sosok guru ini menjadi garda terdepan untuk memantau serta membina kondisi murid. Berikut tugas pokok dari seorang wali kelas.

  • Dapat menjadi wakil dari orang tua serta kepala sekolah saat belajar mengajar.
  • Meningkatkan iman anak sesuai agama/kepercayaan serta nilai agama yang dianut oleh sebuah sekolah.
  • Ikut turut membantu dalam perkembangan akademis murid mulai dari keterampilan hingga kecerdasan.

Melakukan pembinaan terhadap kepribadian dan karakter anak didiknya.

2. Mengetahui Keadaan Murid

Sebagai seorang wali kelas pastinya wajib mengetahui secara detail kondisi dari anak tersebut. Apalagi wali kelas adalah jembatan antara siswa dan sekolah. Maka kondisi yang terjadi pada anak murid harus diketahui wali kelas. Berikut tugas seputar keadaan murid.

  • Mengetahui dengan pasti nama siswa beserta perbandingan jumlah murid perempuan dan laki-laki.
  • Mencari tahu identitas murid secara lengkap seperti patokan tempat tinggal serta orang tua atau wali yang bertanggung jawab.
  • Mengetahui hadirnya siswa setiap harinya. Jika tidak masuk, wali kelas juga wajib mengetahui alasan yang diberikan.
  • Mencari tahu bila dirasa siswa yang menghadapi masalah terutama yang dialami di rumah.

3. Melakukan Penilaian

Memang wali kelas bukan guru akademik yang dapat memberikan nilai. Tapi sebagai seorang wali kelas juga punya tugas sebagai penilai. Berikut jenis penilaian yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab seorang wali kelas.

  • Mengamati bagaimana perilaku anak sehari-hari di sekolah serta mencoba melakukan pendekatan jika terdapat masalah.
  • Menilai bagaimana kedisiplinan, kelakukan serta sikap rajin murid di sekolah.

4. Melakukan Tindakan Tertentu

Jika dalam kondisi yang dibutuhkan pastinya seorang wali kelas bertugas untuk melakukan tindakan. Sebagai garda terdepan yang berhubungan dengan para murid, wali kelas wajib melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah. Berikut tindakan yang dilakukan wali kelas.

  • Melakukan pemberitahuan dari sekolah. Wali kelas juga perlu memberikan pembinaan serta pengarahan pada kondisi tertentu.
  • Jika sudah terjadi masalah bisa melakukan peringatan baik secara tertulis maupun lisan
  • Melakukan kerja sama dengan guru BP atau kepala sekolah jika ada sebuah peringatan yang khusus.

5. Membantu Bertindak dalam Urusan Akademi

Sebagai guru, wali kelas tetap memiliki tugas dalam bidang akademik. Hanya saja tugas yang diemban mungkin lebih kepada pemantauan. Wali kelas wajib mengetahui kondisi akademik muridnya. Berikut tugas yang dilakukan wali kelas yang berhubungan dengan akademik.

  • Memperhatikan nilai yang didapatkan pada raport.
  • Meninjau bagaimana keberhasilan seorang murid pada jenjang kelas tertentu.
  • Memberikan dorongan dan motviasi akademik pada murid.

6. Melakukan Administrasi Kelas

Layaknya seorang manajer, wali kelas juga memiliki tugas administrasi. Wali kelas wajib mencatat administrasi para murid supaya dapat mendukung akademi para murid itu sendiri. Berikut beberapa tugas administrasi yang dilakukan oleh wali kelas.

  • Menentukan denah tempat duduk para murid.
  • Membuat daftar piket dan juga jadwal pelajaran.
  • Mengatur tata tertib kelas.
  • Merekap jumlah kehadiran para murid.
  • Menyusun serta membuat laporan bulanan para murid.
  • Membuat catatan tertentu pada murid.
  • Mengisi serta membagikan raport atau laporan belajar lainnya.

Klasifikasi Menjadi Wali Kelas

Klasifikasi Menjadi Wali Kelas

Untuk menjadi wali kelas, seorang guru wajib memenuhi beberapa syarat. Pastinya syarat utama adalah harus menjadi guru tetap pada sekolah tertentu. Selain itu, ia juga harus diangkat dan ditunjuk langsung oleh kepala sekolah.

Kisaran Gaji Wali Kelas

Kisaran Gaji Wali Kelas

Sebenarnya tidak ada bedanya gaji guru dengan wali kelas. Untuk sekolah swasta umumnya memiliki gaji Rp 4 juta sampai Rp 8 juta sesuai dengan lamanya mengajar. Sementara untuk sekolah negeri tergantung dengan golongan PNS yang berkisar Rp 3 Juta sampai Rp 4 Juta.

Skill untuk Menjadi Wali Kelas

Skill untuk Menjadi Wali Kelas

Wali kelas harus memiliki kemampuan tertentu agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Beberapa skill umum yang harus dimiliki antara lain memiliki komunikasi yang baik, sabar, bijaksana, berani mengambil keputusan, dan mau mendengarkan.

Akhir Kata

Ternyata, kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa berjalan dengan lancar karena adanya peran dan tugas wali kelas. Keberhasilan dan prestasi siswa juga dipengaruhi oleh cara wali kelas berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan para muridnya.

Business Development

Gustianysah
4 min read

Sales Executive

Gustianysah
5 min read

Tugas Presiden

Gustianysah
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *