Tugas Wasit Sepak Bola

Tugas Wasit Sepak Bola – Peran wasit dalam pertandingan sepak bola sangat penting, tugas wasit diataranya yaitu agar pertandingan sepak bola dapat berjalan dengan lancar.

Wasit bertugas untuk mengatur dalam dimulai dan berakhirnya pertandingan sepak bola. Wasit juga mempunyai hak penuh untuk menentukan selama pertandingan tersebut berlangsung.

FIFA  juga sangat menyadari jika dalam sebuah pertandingan sepak bola resmi tidak akan sukses dan teratur tanpa adanya wasit dalam memimpin, maka untuk hal itu kita sebagai penggemar atau pecinta sepak bola harus mengerti dan paham betul apa saja tugas dari wasit itu sendiri.

Definisi Seorang Wasit

Definisi Seorang Wasit

Wasit mempunyai tugas dan peran penting dalam memimpin sebuah pertandingan sepak bola, itu sebabnya wasit dari Federasi Internasional saat memimpin sebuah pertandingan dapat perlindungan khusus dari FIFA.

Pertandingan sepak bola yang resmi tidak akan berjalan tanpa kehadiran dari seorang wasit, jadi wasit menjadi bagian penting dalam terselenggarakannya sebuah pertandingan sepak bola.


Baca Juga: Formasi Sepak Bola


Beberapa Tugas Wasit pada Sepak Bola

Tugas utama dari seorang wasit ketika pertandingan yaitu memimpin jalannya pertandingan berlangsung. Wasit utama juga wajib bekerja sama dengan hakim garis selama berjalannya sebuah pertandingan. Tugas dan wewenang dari wasit utama diberikan saat pertandingan sudah dimulai.

Jadi wasit utama, hakim garis, dan wasit cadangan mempunyai peran dan tanggung jawab yang berbeda, berikut pembagian tugasnya.

Tugas Wasit Utama

Tugas Wasit Utama

Tidak hanya meniup peluit dan memberi kartu saja, ada beberapa tugas yang harus anda ketahui mengenai beberapa tugas dari wasit utama.

Nah, berikut ini tugas dari wasit utama ketika pertandingan berlangsung:

  • Menentukan kelayakan lapangan pertandingan.
  • Menentukan kelayakan bola.
  • Menentukan gol.
  • Melihat kejadian momen pada VAR (Video Assistant Referee)
  • Memberi isyarat kapan pertandingan harus segera dimulai.
  • Menjaga dan menjalankan aturan dalam pertandingan.
  • Memutus perselisihan atau gangguan selama pertandingan berlangsung.
  • Membuat catatan selama pertandingan.
  • Memutuskan untuk mengeluarkan pemain apabila terjadi pelanggaran keras.

Tugas Asisten Wasit (Hakim Garis)

Tugas Asisten Wasit

Pernah melihat tugas dari asisten wasit (hakim garis) sepak bola? Adanya hakim garis pada pertandingan sepak bola merupakan hal yang penting sama pentingnya seperti wasit utama.

Tugas hakim garis yaitu membantu wasit utama dalam memimpin sebuah pertandingan. Asisten wasit terdiri dari dua orang, berbeda dengan wasit utama yang harus membawa sebuah peluit dan kartu, asisten wasit wajib membawa alat berupa bendera kecil.

Berikut ini, tugas dari hakim garis ketika pertandingan berlangsung:

  • Menentukan Arah Bola (Trow In, Corner Kick, Goal Kick).
  • Memberikan Isyarat kepada Wasit contohnya seperti terjadinya pelanggaran, gol, dan offside.
  • Membantu wasit utama dalam menentukan keputusan atas kejadian aneh yang telah diamati secara objektif.
  • Membantu wasit utama untuk selalu berpegang teguh pada peraturan-peraturan yang berlaku.

Tugas Wasit Cadangan

Tugas Wasit Cadangan

Untuk wasit yang satu ini perannya jarang diperhatikan saat di lapangan. Wasit cadangan posisinya di luar area garis lapangan, perannya pun cukup penting juga, yaitu sebagai pelengkap atau pengganti wasit utama.

Berikut tugas wasit cadangan ketika berada di lapangan:

  • Mengganti wasit utama atau hakim garis dalam keadaan tertentu.
  • Mengurusi proses pergantian pemain.
  • Melarang official tim keluar dari batas yang diberikan saat pertandingan berlangsung.
  • Memberi sebuah isyarat kepada wasit utama tentang waktu pertandingan.
  • Menerima sebuah isyarat dari wasit utama tentang nilai (skor), pencetak nilai dan penghentian pertandingan.
  • Memberikan pendapat jika diminta oleh wasit utama.

Baca Juga: Posisi Pemain Sepak Bola


Posisi Wasit Sepak Bola yang Tepat

Setelah mengetahui beberapa dari tugas wasit utama, asisten wasit, dan wasit cadangan, penting juga untuk memahami posisi wasit ketika di suatu momen.

Berikut posisi wasit utama ketika di lapangan:

Posisi saat Permulaan Pertandingan

Saat pertandingan akan di mulai, posisi wasit berada di lingkaran atau di tengah-tengah dari posisi kedua tim. Wasit utama akan bergerak mengikuti garis diagonal A-B menyesuaikan dengan arah serangan.

Posisi saat Tendangan Sudut

Ketika posisi pemain akan melakukan tendangan sudut, posisi wasit berada di titik pojok di antara garis gawang atau garis tendangan penalti.

Melalui posisi itulah wasit akan lebih mudah dalam mengawasi jika ada pelanggaran yang biasa terjadi di area kotak penalti. Bahkan dari posisi tersebutlah wasit akan melihat jika nanti ada kejanggalan yang kerap dilakukan oleh beberapa pemain nakal saat dalam pertandingan.

Posisi saat Tendangan Gawang

Jika posisi bola berada di area kiper, biasanya wasit akan berada di tengah lapangan, tepatnya berada di titik tengah diagonal. Sementara untuk asisten wasit posisinya sejajar dengan garis kaki area penalti untuk mengawasi pemain dalam pengambilan tendangan gawang.

Untuk hakim garis satu lagi posisinya sejajar dengan pemain bertahan kedua dari pemain belakang.

Posisi saat Tendangan Penalti

Ketika posisi adu penalti atau terjadinya penalti, semua pemain akan berada di luar kotak penalti, dan hanya dua orang yang boleh berada di dalamnya yaitu penendang dan penghalau tendangan (kiper).

Sementara wasit posisinya sejajar dengan bola, namun yang paling utama yaitu posisi wasit bisa melihat dengan cermat ketika pemain sedang menendang bola dan pemain lainnya tidak masuk ke area kotak penalti.

Pergerakan Wasit di Lapangan

Ketika periode di tahun 1980-an diperkenalkan sebuah sistem sepak bola dengan wasit yang terkoordinasi. Dan pada saat itulah mulai adanya perkembangan mengenai beberapa sistem kontrol pada lapangan, termasuk cara kerja antara wasit utama, asisten wasit, dan wasit cadangan di pinggir lapangan.

Sistem Jalur Zig Zag

Pergerakan zig zag biasanya di gunakan pada pertandingan amatir/junior yang tidak melibatkan asisten wasit, karena biasanya menggunakan lapangan kecil.

Wasit akan berlari dari satu sisi ke sisi lainnya, seperti berpindah tempat dari area tim A ke tin B secara berulang. Dan sesekali bergerak secara dinamis ketika akan terjadi momen seperti tendangan bebas/tendangan pojok.

Sistem Linear

Pergerakan ini sama seperti yang dilakukan wasit pada pertandingan futsal. Wasit hanya bergerak di satu sisi lapangan bersama asisten wasit yang posisinya disisi lain. Pergerakan ini pernah di pakai oleh beberapa negara seperti Rusia dan negara dari pecahan Uni Soviet.

Sistem ini dianggap mengganggu pergerakan pemain yang posisinya berada di sayap.

Sistem Diagonal

Pergerakan ini sangat cocok untuk sepak bola modern, menjadikan standar umum bagi pergerakan wasit. Wait utama akan bergerak secara diagonal menjauh dari posisi kedua asistennya. Dengan begitu sudut pandang antara wasit utama dan asisten wasit jadi berbeda

Wasit utama juga tidak perlu bergerak terlalu jauh, karena sudah ada asisten wasit yang siap membantu, seperti mengatur pagar betis/penempatan bola saat tendangan.

Peralatan Seorang Wasit Sepak Bola

Semua cabang olahraga pasti memiliki wasit atau sang pengadil di lapangan, seperti jenis olahraga sepak bola yang menjadi olahraga favorit oleh banyak orang. Wasit sepak bola tugasnya memimpin jalannya pertandingan sampai selesai.

Wasit sepak bola memiliki beberapa peralatan yang sudah diatur dan ditentukan dalam peraturan FIFA Laws of the Game.

Berikut beberapa alat yang wasit gunakan dalam memimpin sebuah pertandingan.

Peralatan Wasit Utama

Peralatan Wasit Utama

Perlengkapan wasit utama pada permainan sepak bola :

  • Peluit
  • Koin
  • Kartu & Buku
  • Jam Tangan atau stopwatch
  • Alat Komunikasi

Peralatan Asisten Wasit

Berbeda dengan wasit utama, asisten wasit tidak memerlukan peluit, jam tangan, kartu kuning maupun merah dan buku catatan. Asisten wasit hanya membawa bendera kecil dengan warna kuning dan merah, tetapi ada juga hakim garis yang menggunakan bendera bercorak polos.

Bendera digunakan sebagai pemberi sinyal kepada wasit utama jika terjadi offiside, pergantian pemain, menentukan lemparan bola dan membantu melihat pelanggaran.


Baca Juga: Sejarah Sepak Bola


Peralatan Wasit Cadangan

Peralatan Wasit Cadangan

Wasit cadangan mempunyai peran sebagai pengganti wasit utama jika sewaktu-waktu terjadi hal diluar keinginan, diantaranya sakit, ataupun cedera. Selain itu, Wasit cadangan berfungsi untuk mengatur kedua pelatih yang terkadang tidak terima dengan keputusan wasit utama.

Wasit cadangan juga membutuhkan peralatan yang harus digunakan, seperti papan elektronik. Papan tersebut digunakan sebagai instruksi ketika adanya pergantian pemain atau sebagai petunjuk tambahan waktu.

Akhir Kata

Artikel diatas merupakan pembahasan mengenai tugas wasit sepak bola beserta posisi mereka dalam berbagai situasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan bisa bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih sudah berkunjung di website kami. Salam Olahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *