Tulisan Arab Bismillah

Tulisan Arab “Bismillahirrahmanirrahim”

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Tulisan arab bismillah banyak kita temui di berbagai kitab dan tempat. Khususnya di dalam isi Al-Qur’an, bismillah juga termasuk bagian dari ayat-ayat Allah yang begitu mulia.

Bismillah merupakan kalimat yang sering kita ucapkan sehari-hari, contohnya baca bismillah ketika do’a sebelum makan, do’a sebelum wudhu dan masih banyak do’a-do’a lainnya yang diawali dengan Bismillah.

Pada artikel ini kami akan membahas beberapa hal tentang bismillah mulai dari tulisan arab bismillah yang benar, arti bismillah, makna bismillah, dan keutamaan ketika membaca bismillah.

Tulisan Arab Bismillah

Gambar Tulisan Arab Bismillah
Gambar Tulisan Arab Bismillah

Berikut ini beberapa tulisan arab bismillah yang benar dan tentunya bisa anda gunakan untuk keperluan anda.

Tulisan Bismillah Latin

“Bismillahirrahmannirrahiim.”

Tulisan Arab “Bismillah”

بِسْمِ اللّهِ

Tulisan Arab “Bismillahirrahmanirrahim” beserta harakat-nya.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Tulisan arab bismillah yang ada pada Al-Qur’an.

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Tulisan arab bismillah tanpa harakat sering disebut tulisan arab gundul.

بسم الله الرحمن الرحيم

Tulisan arab ta’awudz dan basmallah

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم

Arti Bacaan Bismillah

Arti Bismillah
Gambar Tulisan Arab Bismillah

Bismillah merupakan kalimat yang ada pada awalan surah pada Al-Qur’an kecuali pada satu surah saja, yaitu surah At-Taubah.

Bismillah atau basmalah sering kita ucapkan, ketika melakukan suatu kegiatan harian, ketika membaca surah Al-Fatihah, bahkan digunakan sebagai pembuka kalimat (mukaddimah).

Berikut Arti Bacaan Bismillah.

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

Lafad bismillah ini mempunyai arti yang begitu indah. Tidak hanya artinya, manfaat dari lafad bismillah ini juga amat sangat besar.

Baca Juga:

Arti Bismillah Perkata

Arti Bismillah Perkata
Kaligrafi Tulisan Bismillah

Kata “Bismillah” adalah sebuah “doa” ketika akan melakukan sebuah perbuatan secara baik. Seperti yang sudah dijelaskan di atas.

  • بسم الله dibaca Bismillah yang artinya dengan menyebut nama Allah
  • الرحمن dibaca arrohmani yang artinya yang maha Pengasih
  • الرحيم dibaca arrohimi yang artinya yang maha Penyayang.

 

Arti Bismillah Menurut Para Ahli

Arti Bismillah
Kaligrafi tulisan arab bismillah
  1. Terdapat dua sifat kesempurnaan yang dimiliki Allah. Ar-Rahman dan Ar-Rahim, yang mempunyai arti curahan rahmat yang diberikan di dunia dan akhirat.
  2. Terdapat kata بِ.kata tersebut biasanya dikaitkan pada pertolongan Allah. Jadi ketika mau mengucapkan harus menyadari bahwa setiap pekerjaan yang kita lakukan pasti ada pertolongan dari Allah.
  3. Mendahulukun membaca bismillah pada setiap kegiatan, menjadikan Allah sebagai alasan utama dalam melakukan setiap kegiatan.
  4. Makna terakhir yaitu menjadikan Allah sebagai satu-satunya dzat yang mempunyai sifat pujian. Jadi ketika orang sedang mengucapkan kalimat bismillah, berarti telah mendeklarasikan nama termulia di alam semesta.

Tulisan Bismillah Variasi

Tulisan Bismillah Variasi
Tulisan Bismillah Variasi
Tulisan Arab Bismillah Variasi
Tulisan Arab Bismillah Variasi

Pengertian Kalimat Bismillah atau Basmalah

Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah
Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kalimat bismillah ini mempunyai pengertian, dengan menyebut nama Allah.Bsimillah mempunyai kalimat lengkap yang tertera pada Al-Qur’an yaitu Bismillahir Rahmanir Rahim.

Kalimat lengkap tersebut yaitu dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Berikut ini kami kalimat Bismillah penjabaran satu persatu.

Bismillah

Kalimat pertama adalah bismillah yang artinya menyebut nama Allah.

Bismillah merupakan kalimat penyerahan yang berarti semua yang kita lakukan benar-benar kita niatkan karana Allah semata. Bismillah menjadi kalimat yang mempunyai sifat santun dan memuliakan Allah/

Ar Rahman

Ar Rahman adalah salah satu dari Asmaul Husna, merupakan nama-nama Allah. Makna Ar Rahman yang bisa diartikan bahwa Allah telah memberikan rahmatnya tanpa pilih kasih.

Ar Rahim

Kalimat sama seperti Ar Rahman yang ada pada Asmaul Husna. Kalimat ini artinya Allah mempunyai sifat Maha penyayang.Sifat penyayang yang Allah tunjukan kepada orang-orang yang dikehendaki-nya.

Keutamaan Membaca Bismillah

Keutamaan Membaca Bismillah
Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah

Kalimat bismillah memang sederhana dan cukup singkat, namun mempunyai makna yang sangat dalam. Orang-orang yang membiasakan diri mengucapkan kalimat bismillah hidupnya selalu dapat keberkahan.

Banyak sekali manfaat dan keutamaan ketika anda selalu rutin membaca dan mengamalkan kalimat tersebut dalam kegiatan sehari-hari.

1. Sunnah Nabi Muhammad

Rasulullah telah mengajarkan kepada kita semua untuk selalu membaca bismillah. Hal tersebut bisa anda dapatkan dari berbagai hadist-hadist shahih yang diriwayatkan para sahabat.

Sunnah yang sering disebutkan yaitu membaca kalimat basmalah ketika akan makan. Nabi Muhammad juga mencontohkan hal tersebut ketika beliau memasukan makanan pada mulutnya.

Kalimat basmalah juga sering diucapkan ketika Nabi sedang memulai aktivitas lain seperti halnya menghafal Al-Quran, pergi keluar rumah dan lain sebagainya.

Semua aktivitas yang akan beliau kerjakan selalu diawali dengan kalimat bismillah. Karena dengan membaca bismillah Rasulullah senantiasa mendapat perlindungan dan keselamatan dari Allah.

2. Merupakan Bentuk Amal Ibadah

Bismillah ialah untaian Doa. Ketika akan mengucapkannya, kita akan mendapatkan pahala dan aktivitas yang kita lakukan nantinya akan bernilai ibadah.

Dengan diawali mengucap basmalah, maka hal yang kita akan lakukan pasti bernilai pahala di mata Allah.

3. Mendapatkan Petunjuk Allah

Bismillah juga bisa menjadi salah satu cara agar mendapatkan petunjuk dari Allah. Dengan mengucap kalimat tersebut, kita sudah memasrahkan apa yang akan terjadi setelahnya. Kita berserah diri dari perbuatan yang akan dikerjakan.

Ketika Anda ragu untuk memulai aktivitas, maka ucapkanlah kalimat ini. Karena kalimat ini menjadikan ragumu menjadi yakin karena mendapat petunjuk dari Allah.

Allah akan menjadikan aktivitas tersebut menjadi baik dan lancar untuk Anda.

4. Mendapat Cukup Rezeki

Allah akan mencukupkan rezeki untuk Anda. Tentunya Anda tidak akan kekurangan rezeki ketika anda selalu menggantungkan diri kepada Allah dengan mengucap bismillah.

5. Mendapatkan Penjagaan dari Allah

Dengan menyebut nama Allah merupakan sebuah kalimat yang meminta penjagaan kepada Allah. Kalimat yang pasrah untuk segala hal yang akan terjadi.

Namun hal diatas selama kita menjauhi larangan dari Allah da senantiasa taat akan perintahnya.

6. Menjauhkan dan Mengusir Setan

Bukan hanya surah Al-Fatihah dan ayat kursi saja yang bisa melndungi kita dari godaan setan. Dengan mengucapkan kalimat bismillah, segala aktivitas yang akan kita lakukan bisa terbebas dari gangguan setan.

Setan akan menjauh dari orang-orang yang selalu mengucapkan kalimat basmalah ketika akan melakukan aktivitas. Oleh sebab itu, selalu jaga diri Anda dengan senantiasa membaca kalimat basmalah.

7. Dapat Menyembuhkan Penyakit

Dengan ijin Allah kalimat bismillah bisa digunakan untuk menyembuhkan sebuah penyakit. Bacaan ini juga bisa digunakan sebagai doa untuk orang yang sedang sakit agar bisa segera sembuh.

8. Bisa Mencerdaskan Akal

Lafad bismillah bisa digunakan juga untuk mempertajamkan kecerdasan akal. Kalimat tersebut bisa membantu Anda dalam menghafal bacaa atau materi yang sedang diajarkan dari guru Anda.

Keistimewaan Kalimat Bismillah

Keistimewaan Kalimat Bismillah
Kaligrafi Tulisan Arab Bismillah
  • Menjadi Pembuka Dalam Al-Qur’an
  • Menjadi Pembuka Ketika Ibadah
  • Menjadi Perisai Dari Gangguan Syaitan

Akhir Kata

Kalimat Bismillah merupakan satu ucapan wajib bagi umat muslim ketika akan mengawali suatu kegiatan. Kalimat ini juga merupakan doa agar supaya apa yang kita kerjakan mendapatkan ridho dan berkah dari Allah.

Dengan kalimat basmalah ini, kita belajar berserah diri dan menyerahkan segala urusan kepada Allah.

Tinggalkan komentar