Tulisan Arab Innalillahi

Tulisan Arab Innalillahi

اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ

“Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan kepada Allahlah tempat kami kembali.”

Innalillahi merupakan kalimat yang biasa kita dengar ketika adanya musibah atau berita kematian.

Namun masih banyak dan merasa bingung ketika akan menulis kalimat Innalillahi yang benar entah dalam tulisan arab maupun latin. Penulisan yang salah bisa berakibat sangat fatal, salah dalam penulisan akan mempengaruhi artinya.

Berikut ini kami akan membahas tulisan arab Innalillahi yang benar beserta keutamaan kalimat tersebut.

Tulisan Latin Innalillahi

Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’un.

Tulisan Arab Innalillahi

Gambar Tulisan Arab Innalillahi
Gambar Tulisan Arab Innalillahi

اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ

Tulisan Arab Innalillahi Dalam Al-Qur’an

Gambar Tulisan Innalillahi Dalam Al-Qur’an
Gambar Tulisan Innalillahi

Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’un merupakan potongan dari Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 156. Berikut tulisan kalimat tersebut:

ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ

Artinya:

Orang-orang yang apabila ditimpa musibah, maka mereka mengucapkan Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.

Tulisan Arab Innalillahi Dalam Hadits

Tulisan Arab Innalillahi Dalam Hadits
Kaligrafi Tulisan Arab Innalillahi

Berdasarkan hadits yang diriwayat oleh Imam Muslim.

مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ مَا أَمَرَهُ اللَّهُ: {إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ} [البقرة: 156] ، اللَّهُمَّ أَجِرْنِي فِي مُصِيبَتِي وَأَخْلُفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا، إِلَّا أَخْلَفَ اللَّهُ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا

Artinya:

Apabila ada seorang Muslim yang sedang mengalami musibah, kemudian mengucapkan kalimat yang Allah perintahkan innalillahiwainnailaihirojiun. Ya Allah berikanlah pahala untuk musibahku, dan gantilah untukku dengan sesuatu yang lebih baik darinya. Maka Allah akan mengganti untuknya dengan yang lebih baik.

Arti Innaa Lillahi Wa Innaa Ilaihi Raaji’un

Arti Innaa Lillahi Wa Innaa Ilaihi Raaji’un
Kaligrafi Tulisan Arab Innaa Lillahi Wa Innaa Ilaihi Raaji’un

اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ

“Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan kepada Allahlah tempat kami kembali.”

Arti Innaa Lillahi Wa Innaa Ilaihi Raaji’un Perkata

Sesungguhnya kami adalah اِنّا
Kepunyaan Allah لِلّهِ
Dan وَ
Sesungguhnya kami اِنّا
Kepada Allah jualah اِلَيْهِ
Kembali رَجِعُوْنَ

Makna Kalimat Innaa Lillahi Wa Innaa Ilaihi Raaji’un

Makna Kalimat Innaa Lillahi Wa Innaa Ilaihi Raaji’un
Kaligrafi Tulisan Innaa Lillahi Wa Innaa Ilaihi Raaji’un

Pengertian kalimat dari “Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun” yaitu sesungguhnya kami adalah milik Allah dan hanya kepada Allah-lah kami akan kembali.

Makna yang didapat adalah bentuk dari penghambaan seorang makhluk kepada sang pencipta.

Sesungguhnya semua yang ada dimuka bumi ini adalah milik Allah. Semua yang terjadi atas kehendaknya dan pada akhirnya hanya kepada Allah lah semuanya akan kembali.

Kalimat itu disebut dengan Istiraj yaitu dari beberapa kata yang begitu mendalam. Kalimat pertama yaitu berupa pernyataan bahwa kita semua adalah milik Allah.

Keutamaan Membaca Innalillahi

Keutamaan Membaca Innalillahi
Kaligrafi Tulisan Innalillahi

Kalimat innalillahi mempunyai keutamaan, ketika diucapkan menghadapi musibah. Berikut keutamaan jika mengucap kalimat ini:

Terhindar Dari Emosional

Mengucap kalimat tersebut menjadikan kita tidak terlalu berlebihan ketika menghadapi ujian.

Sehingga membuat kita tidak mudah marah ketika sadar, bahwa frame hidup kita sepenuhnya milik Allah. Karena meratapi sebuah nasib tidak akan bisa memecahkan masalah hidup.

Hanya dengan iklas dan kesabaran-lah yang akan membantu kita agar menjadi lebih tegar dan kuat. Maka ucapkanlah kalimat innalillahi ketika sedang menghadapi musibah.

Tidak Memberatkan Hati

Ketika menghadapi sebuah musibah manusia terkadang merasa berat. Padahal, ada Allah yang selalu memberikan pertolongan kepada hambanya.

Terkadang banyak yang meragukan, ketika tertimpa musibah dan menjadikan berat hati. Maka oleh sebab itu ucapkanlah kalimat innalillahi agar hati menjadi ringan. Menjadikan kita tidak merasa terbebani ketika adanya musibah

Ikhlas dan Tawakkal Kepada Allah

Dengan mengucap kalimat innalillahiwainnailaihirojiun maka kita akan memahami, bahwa apa yang ada dalam diri kita semuanya hanya miliki Allah.

ketika kita sudah menyadari maka mudah untuk kita untuk iklas, dan bisa lebih bijak dalam menyikapi sebuah musibah.

Bersabar Dalam Menghadapi Ujian

Ujian hidup bisa datang kapanpun dan dimanapun tanpa diduga-duga. Sabar dan iklas adalah kunci utama dalam menghadapi musabah tersebut. Dengan membaca kalimat innalillahiwainnailaihirojiun menjadikan diri kita lebih lebih sabar.

Sabar bukan berarti kita pasrah, sabar yang dimaksud adalah ketika musibah datang kita sudah siap dengan sebaik-baiknya. Dengan sabar menjadikan kita terarah dalam menjalani hidup.

Penggunaan dan Waktu Yang Tepat Mengucapkan Innalillahi

Penggunaan dan Waktu Yang Tepat Mengucapkan Innalillahi
Kaligrafi Tulisan Arab Innalillahi

Perlu dimengerti dalam hal ini adalah musibah tidak tentu hanya kematian saja.

Kebanyakan orang memahami kalimat Istirja yaitu ketika mendengar adanya orang meninggal saja.

Namun kalimat tersebut mempunyai kegunaan yang sangat luas. Tidak hanya musibah tentang kematian saja, semua musibah yang sedang menimpa diri kita atau orang lain mestinya diiringi dengan ucapan Istirja.

Contohnya ketika mengalami kecelakaan di perjalanan, maka ucapaknlah Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, kalimat tersebut bisa juga digunakan ketika kehilangan benda berharga kita.

Karena pada dasarnya pada dalam surah Al-Baqarah ayat 156, menyebutkan bahwa Allah sudah memerintahkan bagi setiap orang ketika mengalami musibah untuk mengucapkan kalimat innalillahiwainnailaihirojiun.

Tempatnya kapanpun dan dimanapun tidak ada larangan ketika mengucapkan kalimat tersebut. Yang jadi point penting adalah bahwa kita memahami kalimat ini dengan sebaik-baiknya. Seperti dalam hadits dibawah ini.

Hendaklah kalian mengucapkan kalimat istirja’ (Innalillahi) terhadap segala sesuatu, bahkan terhadap tali sandal yang putus. Karna itu termasuk juga musibah.

Hikmah di Balik Kalimat Innalillahi

Hikmah di Balik Kalimat Innalillahi
Kaligrafi Tulisan Innalillahi

Selain keutamaan yang didapat ternyata kalimat innalillahiwainnailaihirojiun mengandung hikmah yang begitu banyak.

Ada seseorang yang sedang mentalqin dengan mengucap innalillahiwainnailaihirojiun sebenarnya Allah telah mengingatkan kepadanya. Bahwa semua yang ada di dunia ini akan kembali kepada Sang Pencipta (Allah).

Kalimat ini memberikan kita arah, agar menjalani hidup senantiasa mendahulukan Allah diatas segalanya.

Dengan begitu ketika musibah atau masalah yang akan datang kita bisa langsung mengembalikannya kepada Allah. Dan menjadikan kalimat ini untuk membimbing kita agar tidak bersedih ketika menghadapi musibah.

Untuk itu sebagai umat Muslim, kita harus tetap berbaik sangka kepada Allah, karena ujian dan musibah itu salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita. Sehingga dengan adanya ujian ini, bisa menjadikan keimanan kita lebih tinggi.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang tulisan Arab innalillahi yang benar beserta arti, keutamaan, dan makna yang terkandung didalamnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang membaca. Terimakasih.

Tinggalkan komentar