YDBA Astra berkomitmen untuk mengembangkan UMKM agar mampu bersaing dan unggul di kelasnya

YDBA Astra berkomitmen untuk mengembangkan UMKM agar mampu bersaing dan unggul di kelasnya


Kegiatan ini memberikan gambaran tentang inovasi bisnis yang dijalankan oleh UMKM sekaligus menambah wawasan bagaimana para pihak dapat saling berkolaborasi untuk mengembangkan UMKM Indonesia.

Jakarta (Antara) – Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus berupaya mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah Indonesia yang maju, mandiri dan berdaya saing baik di pasar nasional maupun global melalui kegiatan #YukExplore UMKM Indonesia.

Berbicara pada webinar #YukExplore MSME Indonesia dengan topik “Achieving Sustainability in UMKM”, Executive Secretary YDBA Ida Sigalingging mengatakan, “Kegiatan ini memberikan gambaran tentang inovasi bisnis yang dimotori oleh UMKM sekaligus menambah wawasan bagaimana UMKM dapat berkolaborasi pihak bersama-sama untuk mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah Indonesia. melalui community development.” Di Jakarta, Selasa.

Ida mengatakan, YDBA mendukung UMKM agar berdaya saing dan unggul, salah satunya dengan menggandeng pemangku kepentingan untuk mendirikan Lembaga Pengembangan Usaha (LPB).

Dikatakannya, dalam rangka pengembangan UMKM di Kabupaten Bontang dan Paser Kaltim, YDBA bekerjasama dengan PT Pamapersada Nusantara mendirikan LPB Pama Bessai Bernta Bontang pada 2015 dan LPB Pama Daya Taka pada 2013.

LPB dibentuk untuk mendukung UMKM agar mandiri dan berkelanjutan melalui berbagai program pelatihan, antara lain pembinaan, pendampingan, fasilitasi pemasaran, dan fasilitasi pembiayaan.

Pada kesempatan yang sama, Head of Corporate Social Responsibility PT Pamapersada Nusantara Maidi Irvan mengatakan kerjasama dalam pembentukan LPB dengan YDBA ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi UMKM untuk mandiri dan ilmu yang diberikan selama pelatihan dapat ditransfer ke UMKM lainnya.

“Kehadiran LPB juga diharapkan dapat menjadi sahabat dan pendamping bagi UMKM Indonesia,” ujar Maidy.

Sebagai informasi, per Desember 2021, YDBA telah memberikan pembinaan kepada lebih dari 12.006 UMKM di bidang manufaktur, perbengkelan, kerajinan, memasak dan pertanian.

YDBA menjalankan program tanggung jawab sosial Astra dengan fokus pada pengembangan UMKM yang meliputi manufaktur UMKM, baik yang terkait dengan rantai nilai bisnis Astra, maupun yang tidak terkait, bengkel umum roda empat dan roda dua, pengrajin dan petani.

YDBA telah menciptakan 71.522 lapangan kerja secara tidak langsung melalui UMKM yang memfasilitasinya.

Baca juga: YDBA Astra Dukung UMKM Indonesia untuk Mandiri dan Berkelanjutan
Baca juga: YDBA Astra: Tingkatkan key capacity UMKM menjadi bagian dari supply chain
Baca juga: Dukung UKM pertanian, YDBA Astra Luncurkan LPB di Manggarai Barat NTT

Wartawan : Adimas Raditya Fahky P.
Editor: Biqwanto Situmorang
Hak Cipta © Antara 2022

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like