Senjata Tradisional Gorontalo

Penggunaan senjata sudah ada pada zaman nenek moyang kita. Ketika itu senjata bentuknya cukup sederhana, hanya berbahan kayu, tulang atau batu. Nah senjata peninggalan pada zaman dulu kini jadi senjata bersejarah yang disebut senjata tradisional.

Kini zaman sudah mulai berkembang manusia cukup pandai untuk membuat senjata yang terbuat dari bahan seperti logam, baja, besi, ataupun perunggu bentuknya pun semakin bervariasi.

Pada artikel ini kami akan membahas macam-macam senjata tradisional yang ada di kota Gorontalo apa saja kira-kira? Yukk simak selengkapnya

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Keris

Senjata Gorontalo jenis keris ini memiliki beberapa jenisnya yang harus kalian ketahui, antara lain:

1. Baladu

Senjata Baladu merupakan senjata jenis keris yang biasa digunakan oleh pengawal raja pada masa kerajaan pada zaman dahulu di Gorontalo. Saat  ini senjata Baladu digunakan oleh masyarakat untuk melindungi dirinya dari serangan musuh.

2. Badi

Senjata Badi merupakan salah satu senjata tradisional yang dulunya digunakan oleh penjaga pasukan berkuda dan penjaga istana kerajaan yang ada di Gorontalo.

Senjata daerah Gorontalo ini terbuat dari bahan logam atau besi putih, sedangkan sarung atau ta’uponya sendiri terbuat dari kayu kuning.

3. Eluto

Senjata Eluto merupakan sebuah keris Gorontalo dari Sumawa yang bahan dasar pembuatannya sendiri terbuat dari tembaga dan sarung keris terbuat dari kayu.

Senjata ini pada zaman dahulu hanya dimiliki oleh raja atau panglima perang yang biasa disebut dengan Talenge.

4. Bito Palape

Senjata Bito Palape merupakan senjata tradisional jenis keris yang terbuat dari kayu hitam dengan ukuran pangkalnya sekitar 20 cm dan ukuran kayu runcingnya sekitar 25 cm. Senjata ini biasanya digunakan oleh anggota keluarga istana ataupun anak raja.

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Tombak

Senjata Gorontalo jenis tombak ini memiliki beberapa jenis dan memiliki bentuk yang berbeda-beda pula, antara lain:

1. Totobu’o

Senjata Totoubu’o merupakan senjata Gorontalo yang mata tombaknya terbuat dari besi sedangkan gagangnya sendiri terbuat dari kayu hitam. Senjata ini biasa digunakan oleh para pasukan penjaga kerajaan di Gorontalo. Senjata ini juga kerap digunakan untuk berperang dan juga untuk berburu hewan.

2. Totobu’o Yilambua

Senjata Totobu’o Yilambua merupakan senjata tradisional yang memiliki panjang sekitar 2 meter dengan gagang terbuat dari kayu hitam dan mata tombak dari besi putih.

Senjata ini juga terdapat serat enau yang melingkari pangkal dari mata tombak senjata tersebut. Pemilik senjata ini biasanya adalah keturunan laki-laki dari raja, paman raja, dan juga para prajurit kerajaan.

3. Sambawa

Senjata Sambawa merupakan senjata tradisional jenis tombak yang ada di provinsi Gorontalo bernama Sambawa, gagang dari senjata ini terbuat dari jenis kayu hitam, sedangkan untuk mata tombaknya sendiri terbuat dari besi putih.

Senjata ini memiliki ukuran panjang gagangnya sekitar 160 cm, dan pada salah satu bagian sisi gagangnya terdapat ukiran seperti kaki hewan lipan.

Pemilik senjata sumbawa biasanya dipakai oleh remaja kerajaan, pasukan kerajaan atau keluarga kerajaan.

4. Kanji Pumbungo

Senjata Kanji Pumbungo merupakan salah satu senjata tradisional Gorontalo yang gagangnya terbuat dari kayu hitam dengan mata tombak terbuat dari besi dengan 7 ujung. Senjata ini mempunyai panjang sekitar 250 cm. Senjata ini biasanya digunakan oleh masyarakat untuk menangkap ikan.

5. Ono-ono

Senjata Ono-ono merupakan senjata tradisional Gorontalo yang memiliki panjang sekitar 2 meter yang terbuat dari kayu pohon enau kemudian dibentuk silinder.

Senjata ini pada zaman dahulu digunakan oleh para petapa atau pengawal raja saat di medan peperangan.

6. Dodopa

Senjata Dodopa merupakan senjata tradisional yang mempunyai bentuk persegi panjang dengan panjang sekitar 1 meter. Dodopa terbuat dari ombulo atau batang nibung. Dodopa biasanya digunakan oleh pasukan kerajaan ataupun para petapa.

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Pedang Panjang

Senjata Gorontalo jenis pedang panjang juga memiliki beberapa jenis dan kegunaan yang berbeda-beda. Selengkapnya dibawah ini:

1. Sabele

Senjata Sabele merupakan senjata tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat yang ada di Gorontalo sebagai alat pertanian. Biasanya senjata ini dimiliki oleh masyarakat Gorontalo. Sabele sendiri tidak memiliki sarung ataupun ta’upo.

2. Sumala

Senjata Sumala merupakan salah satu senjata yang digunakan oleh pasukan kerajaan di Gorontalo pada zaman dahulu, Mayuru sendiri identik dengan pakaian warna hitam. Pada zaman dahulu senjata ini digunakan oleh hampir seluruh kerajaan yang ada di Gorontalo.

3. Huwangga

Senjata Huwangga merupakan senjata tradisional Gorontalo yang memiliki panjang sekitar 95 cm. Senjata ini dibuat dari kayu hitam dengan mata pedang dari besi putih. Senjata ini pada zaman dahulu biasa digunkan oleh para raja.

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Parang

Senjata Gorontalo berikut ini merupakan jenis parang yang mempunyai beberapa jenisnya yang harus kalian ketahui, antara lain:

1. Aliyawo

Senjata Aliyawo merupakan senjata tradisional yang digunakan oleh para prajurit kerajaan pada saat perang Panipi dalam merebut kekuasaan. Senjata ini digunakan oleh 4 kerajaan yaitu : kerajaan Limboto, Suwawa, Gorontalo & Gowa.

2. Wamilo

Senjata Wamilo merupakan senjata yang biasanya dipakai masyarakat Gorontalo dalam alat untuk membantu kegiatan keseharian terutama untuk bertani. Senjata ini terbuat dari bahan besi dan memiliki Ta’upo (sarung) yang dibuat dari kayu kuning.

3. Banggo

Senjata Banggo merupakan senjata jenis parang yang dibuat dari besi dan memiliki pasangan Ta’upo atau sarung dari kayu hitam dan kayu kuning. Senjata tradisional Banggo merupakan senjata yang biasanya dimiliki oleh masyarakat sebagai alat untuk mengolah perkebunan.

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Kayu Pemukul

Senjata Gorontalo yang terakhir adalah jenis kayu pemukul yang harus kalian ketahui, antara lain:

1. Kalumbi

Senjata Kalumbi merupakan salah satu senjata tradisional jenis kayu memiliki sekitar panjang ± 50 cm yang terbuat dari kayu hitam. Senjata ini biasanya dipakai oleh pasukan penjaga istana, dan pengawal pasukan berkuda.

2. Pantilo

Senjata Pantilo merupakan senjata jenis pemukul yang memiliki ukuran panjang ± 45 cm dan terbuat dari bahan kayu hitam. Senjata adat Gorontalo Pantilo merupakan diantara jenis senjata yang dipakai saat menghadang lawan saat berperang.

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai Senjata Tradisional Gorontalo yang bisa dijadikan sebagai referensi dan untuk menambah wawasan kita agar lebih memahami senjata adat yang ada di Indonesia.

Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *