Contoh Kata Pengantar

Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan unsur penting dalam pembuatan sebuah karya tulis atau juga yang sejenisnya. Contoh kata pengantar yang baik dan benar akan membantu laporanmu menjadi menarik.

Nah, dalam membuat kata pengantar yang baik dan benar dibutuhkan beberapa hal yang harus di perhatikan. Kata pengantar tidak bisa asal-asalan dalam membuatnya.

Berikut ini akan dibahas beberapa hal yang berkaitan dengan kata pengantar dan akan diberikan juga contoh kata pengantar

Pengertian Kata Pengantar

Kata Pengantar merupakan sebuah halaman yang ada pada suatu karya tulis yang berisi ucapan rasa syukur dan juga rasa terima kasih dari sang penulis.

Kata Pengantar ini biasanya terletak pada awal karya tulis sebelum daftar isi, dan didalamnya memuat beberapa unsur penting berupa pembukaan, isi, dan juga penutup.

Isi dari kata pengantar ini yaitu hal-hal yang sudah dilewati oleh penulis atau pengarang dalam mengerjakan karyanya dan siapa saja pihak yang sudah membantunya dalam penyusunan karya tersebut.

Fungsi Kata Pengantar

Sesuai dengan namanya, kata pengantar mempunyai fungsi untuk mengantarkan pembaca kepada uraian atau isi yang ada pada karya tulis tersebut.

Kata pengantar bukan hanya berisi ucapan rasa syukur atau terima kasih saja, akan tetapi memuat juga gambaran umum mengenai karya tersebut sehingga bisa meningkatkan minat para pembaca.

Struktur Kata Pengantar

Berikut salah satu hal terpenting dalam membuat kata pengantar dalam berbagai keperluan:

1. Pembukaan

Pembukaan ini terdiri atas kalimat dan ucapan rasa syukur penulis atau pengarang kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sudah berhasil menyelesaikan penulisan karya tulisnya.

Selain itu juga, penulis mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang sudah membantu dan juga mendukung karya tulisnya.

Contohnya kepada guru yang sudah memberi tugas, kemudian dalam kata pengantar juga disebutkan nama guru yang sudah membantu dalam menyelesaikan tugasnya.

2. Isi

Pada bagian isi ini berisi mengenai gambaran dari karya tulis yang dibuat oleh penulis. Misalnya menjelaskan judul karya tulisnya sampai pada penjelasan isinya.

Pada proses menulis isi ini hanya cukup menjelaskan sedikit mengenai isi karya tulis, ini bertujuan agar si pembaca mendapatkan sedikit gambaran mengenai karya tulis yang sudah dibuat.

3. Penutup

Pada bagian penutup, berisi mengenai permohonan maaf dan harapan penulis kepada pembaca.

Permohonan maaf ini tertuju kepada para pembaca, karena pada saat membaca karya tulis pasti menemukan beberapa kesalahan dari karya tulis. Karena pastinya karya tulis yang dibuat tidak luput dari kekurangan dan kesalahan.

Kemudian pada bagian harapan bisa ditulis mengenai pandangan kedepannya dari karya tulis yang dibuat. Yang nantinya karya tulis tersebut bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Cara Menulis Kata Pengantar

Sebelumnya seperti yang sudah dijelaskan diatas, pada saat menulis kata pengantar harus dengan kalimat yang benar, sopan, tepat, dan seusai EYD.

Dimana penulisan kata pengantar ini sesuai dengan curahan penulis dan pemikirannya kepada para pembaca.

Dalam penulisannya juga tidak terlepas dari strukturnya. Biasanya diawali dengan pembukaan.

Setelah itu, kita tambahan penjelasan mengenai karya tulisnya, diawali dari judul sampai ke isinya. Dalam menjelaskan isi juga jangan terlalu panjang, cukup singkat akan tetapi bisa di pahami oleh si pembaca.

Harapan ini umumnya berisi ungkapan terimakasih kepada pihak yang berkaitan dengan pembuatan karyanya. Misalnya guru, keluarga, teman, dosen, dan lain-lain. Isi harapan biasanya sesuai dengan keinginan penulis dalam karyanya.

Nah pada bagian akhir biasanya dicantumkan permohonan maaf. Karena sebagai permohonan maaf penulis apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan karya tulis tersebut.

Dan juga jangan lupa untuk melampirkan kritik dan saran mengenai karya tulis yang dibuat.

Contoh Kata Pengantar

Setelah kita bahas beberapa ulasan mengenai kata pengantar, berikut ini akan diberikan beberapa contoh kata pengantar yang bisa kamu jadikan referensi dalam pembuatan kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya bisa menyelesaikan tugas makalah yang berjudul [judul makalah] ini tepat sesuai pada waktunya.

Adapun tujuan atas penulisan dari makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas [guru/dosen] pada [mata kuliah/bidang studi] [nama bidang studi/mata kuliah].

Selain itu, makalah ini juga memiliki tujuan untuk menambah pengetahuan mengenai [topik makalah] bagi pembaca dan juga penulis.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada [bapak/ibu] [guru/dosen], selaku guru/dosen [bidang studi/mata kuliah] yang sudah memberikan tugas ini sehingga saya bisa menambah pengetahuan dan wawasan saya sesuai dengan bidang studi yang ditekuni.

Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membagi pengetahuannya sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini.

Saya menyadari bahwa makalah yang saya buat ini masih jauh dari kata sempurna. Maka dari itu, kritik dan saran yang membangun sangat saya nantikan demi kesempurnaan makalah saya kedepannya.

[Tempat, tanggal pembuatan makalah]

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan

Alhamdulillah, Puji Syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya bisa menyelesaikan Laporan [jenis laporan] yang berjudul [judul Laporan].

Terima kasih banyak saya ucapkan kepada bapak/ibu [nama guru/dosen] yang sudah membantu kami baik secara moral ataupun materi. Terima kasih juga saya ucapkan kepada seluruh pihak yang telah mendukung saya sehingga saya bisa menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya.

Saya menyadari, bahwa laporan [jenis laporan] yang saya buat ini masih jauh dari kata sempurna baik dalam segi penyusunan, bahasa, sampai pada penulisannya.

Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari seluruh pembaca agar menjadi acuan kepada penulis sehingga bisa menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Semoga laporan [jenis laporan] ini dapat menambah pengetahuan para pembaca dan dapat bermanfaat untuk peningkatan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

[Tempat, tanggal pembuatan laporan]

Penulis

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Segala puja dan puji syukur kepada Allah atas ridho-Nya, penulis bisa menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Skripsi ini ditujukan untuk memenuhi syarat kelulusan program Sarjana di Jurusan [Jurusan] [Nama Universitas].

Penulis sangat memahami tanpa bantuan, doa, dan bimbingan dari seluruh pihak akan sangat sulit dalam menyelesaikan skripsi ini. Maka dari itu penulis mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kontribusi kepada:

[SELURUH PIHAK YANG BERKONTRIBUSI]

Semoga skripsi ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan pembaca. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam skripsi ini. Maka kritik dan saran sangat penulis nantikan.

[Tempat, tanggal pembuatan skripsi]

Penulis

 Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Puji syukur kami haturkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul [judul karya ilmiah].

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih juga kepada bapak/ibu [guru/dosen] yang sudah membantu kami dalam mengerjakan karya ilmiah ini.

Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah memberi kontribusi, baik secara langsung ataupun tidak langsung dalam pembuatan karya ilmiah ini.

[Uraian singkat mengenai karya ilmiahmu]

Kami sebagai penulis menyadari bahwa ada banyak kesalahan pada karya ilmiah ini. Maka dari itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi kesempurnaan karya kami.

Semoga karya ilmiah ini bisa menambah pengetahuan bagi kita semua mengenai [Topik karya ilmiah].

[Tempat, tanggal pembuatan karya ilmiah]

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal

Segala puji syukur kami haturkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat dan salam juga semoga selalu tercurah kepada Rasulullah SAW beserta keluarganya.

Penulisan proposal [jenis proposal] ini bertujuan untuk [tujuan proposal].

Dalam pembuatan proposal ini, kami mengakui sepenuhnya bahwa proposal ini masih jauh dari kata sempurna. Karena pengalaman dan pengetahuan kami yang terbatas.

Maka dari itu, kritik dan saran dari seluruh pihak sangat kami nantikan demi terciptanya proposal yang lebih baik lagi kedepannya.

[tempat, tanggal pembuatan proposal]

Penulis

Contoh Kata Pengantar Buku

Alhamdulillah, segala puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT karena buku ini sudah selesai disusun.

Buku ini disusun supaya bisa membantu para mahasiswa untuk mempelajari konsep manajemen keuangan dan juga mempermudah untuk mempelajari materi manajemen keuangan.

Penulis pun mengakui dalam penyusunan buku ini memiliki kekurangan, namun penulis meyakini bahwa sekecil apapun buku akan tetap memberikan manfaat kepada pembaca.

Akhir kata untuk penyempurnaan buku ini, kritik dan saran pembaca sangat kami nantikan yang berguna untuk penulis kedepannya.

[tempat, tanggal pembuatan laporan]

Penulis

Akhir Kata

Kata pengantar merupakan sebuah unsur yang harus ada dalam pembuatan karya tulis. Ini bertujuan memberikan pengantar kepada pembaca sebelum membaca isi dari karya tersebut.

Pembahasan yang sudah dijelaskan diatas merupakan cara membuat kata pengantar yang baik dan benar. Maka dari itu kamu harus memperhatikan apa-apa saja yang harus ada dalam kata pengantar.

Demikian penjelasan kami mengenai contoh kata pengantar, semoga berguna dan menambah wawasan kita semua.

Source:

  • https://rumusrumus.com/contoh-kata-pengantar-buku/
  • https://bocahkampus.com/contoh-kata-pengantar#pengertian
  • https://www.cryptowi.com/kata-pengantar-skripsi/
  • https://www.hopewellstudios.com/terbaik-contoh-kata-pengantar/
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *