Contoh Resume

Salah satu jenis karya ilmiah yang akan kita bahas kali ini juga mungkin sudah sering di dengar oleh kita. Contoh resume merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang biasa disebut juga dengan daftar riwayat hidup.

Resume juga terkadang sering diartikan sebagai ringkasan yang dibuat oleh seseorang setelah orang tersebut mendengarkan sebuah materi yang disampaikan oleh pemateri.

Nah untuk lebih jelas lagi, berikut ini akan kami jelaskan beberapa hal terkait dengan contoh resume tentang berbagai hal:

Tips Menulis Resume

Pada saat akan menulis resume, kamu harus terlebih dahulu melakukan pencarian informasi terkait dengan diri sendiri dan menganalisis apa saja yang kamu inginkan untuk dicapai.

Analisis diri (Self Analysis) dilakukan seseorang karena belum mengenal secara baik kemampuan, kekurangan, dan kelebihan dirinya sendiri.

Maka dari itu perlu ditelaah secara mendalam apa saja yang sekiranya menjadi minat dan bakat kamu, dan bagaimana kemampuan kamu terkait hal tersebut.

Selanjutnya yaitu analisis karier (Career Analysis). Setelah kamu paham dengan jelas mengenai potensi dan skill diri yang kamu miliki, kamu harus melakukan analisis yang berhubungan dengan karier kamu di masa yang akan datang.

Contohnya, seperti menjawab pertanyaan mengenai ilmu apa yang paling bermanfaat untuk karier yang ingin ditekuni.

Analisis pekerjaan (Job Analysis) juga dibutuhkan dalam penulisan resume yang baik dan benar. Kamu harus mempunyai wawasan yang luas mengenai pekerjaan di berbagai macam bidang. Karena setiap jenis pekerjaan mempunyai kegiatan dan lingkungan yang berbeda.

Tiga hal di atas bisa membantu kamu agar lebih fokus dan konsisten untuk membangun dan menulis contoh resume yang baik dan benar.

Menulis Resume yang Baik dan Benar

Contoh resume yang baik dan benar harus memenuhi empat hal berikut ini, yaitu :

  1. Kerapian (neatness), resume harus dibuat atau dicetak di atas kertas bersih yang berkualitas baik, tidak ada coretan, dan jenis huruf yang dipilih juga mudah untuk
  2. Kesederhanaan (Simplicity), bahasa yang dipakai dalam resuma sebaiknya bahasa yang sederhana, jelas danjuga Format resume juga harus dibuat supaya nyaman untuk dibaca.
  3. Keakuratan (Accuracy), dalam resume informasi yang diberikan harus akurat dan bisa dibuktikan kebenarannya.
  4. Kejujuran (Honesty), informasi yang tersaji dalam resume merupakan fakta yang benar adanya. Contohnya, kejujuran ketika mencantumkan umur, status perkawinan dan juga latar belakang pendidikan.

Contoh Resume untuk Berbagai Keperluan

#1. Contoh Resume Kerja

Nama : Riska Aprilia

Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 9 Juli 1989

Alamat: Perumahan Asri Jaya Blok F No.13, RT.07/RW.02 Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Telepon : 0858-1271-0982

E-mail: [email protected]

Pendidikan:

S1 Jurusan Psikologi tahun 2005-2009 , Universitas Padjajaran Bandung, IPK 3,70.

S2 Jurusan Psikologi 2009-2011, Universitas Airlangga, IPK 3,75.

Keterampilan:

  • TOEFl 650
  • Mampu mengoperasikan Microsoft Office dan Photoshop dengan baik.
  • Mampu berbicara dengan baik di depan publik menggunakan berbahasa Indonesia dan Inggris.

Pengalaman Kerja:

  • Staf HRD di PT. Jaya Makmur Indonesia sejak tahun 2012sampai 2015.
  • HRDManager di PT. Laju Bisa Indonesia sejak tahun 2015 hingga 2018.

#2. Contoh Resume Makalah Singkat dan Padat

Judul Makalah : Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Internet

Pendahuluan

Seiring berkembangnya teknologi canggih membuat setiap orang harus mengikuti perkembangan tersebut. Saat ini bukti bahwa teknologi berkembang pesat yaitu internet. Dengan internet, ada banyak informasi penting yang didapatkan oleh seseorang dalam waktu cepat.

Isi

Internet adalah jaringan komputer yang luas mendunia dengan menghubungkan pengguna komputer satu ke komputer lainnya baik dalam satu wilayah atau bahkan negara.

Jaringan tersebut berisi sumber informasi dinamis, statis, dan interaktif. Internet memiliki dampak positif dan juga dampak negatif dalam penggunaannya.

Dampak positif penggunaan internet seperti mendapatkan informasi, media pertukaran data, sebagai media komunikasi, dan lain sebagainya.

Sementara dampak negatif penggunaan internet yaitu kurang tersaringnya informasi dengan baik. Selain itu, banyak juga tindak kejahatan yang dilakukan menggunakan internet.

Penutup

Internet menjadi suatu perpustakaan besar yang didalamnya berisi banyak informasi dari berbagai macam media. Hal inilah yang membuatnya menjadi sangat penting, apalagi dalam dunia pendidikan, olahraga, hiburan, dan lain sebagainya.

#3. Contoh Resume Jurnal

Resume Jurnal Identifikasi DNA

Judul penelitian
Determination of nucleic acid in animal tissues

Peneliti
Giovani Cerrioti

Sumber
Biol.chem. 1957, 213: 60 – 71

Latar belakang
Membandingkan cara paling efektif antara cara dengan reaksi indole dan orsinol untuk mengidentifikasi jaringan hewan.

Metode penelitian
DNA reagen indole, Siapkan Kurva standar dengan sampel DNA betis tikus dan menurut metode hammarsten.

Siapkan juga beberapa variasi kondisi reaksi Indole yakni pemanasan larutan DNA dengan 0,2 n naOH dan KOH, tidak menunjukkan hasil yang signifikan

Reaksi pentosa + orcinol, 250 mg orcinol dilarutkan dengan 10 ml HCl pekat, ditambah larutan CuCl2, volume dibuat 150 ml dengan HCl pekat.

10 ml larutan ini kemudian campur dengan 10 ml larutan yang diuji, lakukan pemanasan selama 30 menit. Warna yang dihasilkan isoamil alcohol, hitung konsentrasinya dengan spektrofotometer beckman pada ujung gelombang 675 nm.

Hasil dan pembahasan
Reagen indole, DNA yang diuji menghasilkan karakteristik basa P 8,0%; basa N 13,4%; guanine 7,4%; sitosin 4,7%; adenine 10%; timin 8,4%.

Reaksi pentose dengan orcinol, Hasil dari uji, didapatkan ciri-ciri DNA, basa P 8,3% ; basa N 14,5%; basa purin dan pirimidin 38,4% (guanine 0,86; sitidin 0,56 ; adenine 0,64 ; uridine 0,5 dan ribose 2,56 mmol/gram)

Kesimpulan
Hasil tidak jauh berbeda antara identifikasi DNA dengan reagen Indole dan orsinol. Karenanya dapat menggunakan dua cara tersebut untuk mengidentifikasi DNA secara akurat.

#4. Contoh Resume Materi

Resume Ekonomi Makro

Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia pada Tahun 2013
Data Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal I, II, III, IV pada Tahun 2013

Pengertian

Pertumbuhan ekonomi menjadi kegiatan ekonomi yang menjadi penyebab peningkatan pertumbuhan barang atau jasa.Fenomena ini biasa disebut masalah ekonomi makro jangka panjang.

Dasar Kenaikan Pertumbuhan Ekonomi

Kenaikan GDPriil per kapita biasa disebut pertumbuhan ekonomi. Gross Domestic Product (GDP) atau disebut juga Produk Domestik Bruto, merupakan total pengeluaran negara.

Nilai pasar barang dan jasa diproduksi dengan tempo waktu tertentu. Gross Domestic Product (GDP) meningkat dengan cara :

  • Peningkatan produktivitas
  • Peningkatan modal fisik SDM
  • Peningkatan daya tawar tenaga kerja

Manfaat Pertumbuhan Ekonomi

Sangat berpengaruh pada kemajuan ekonomi pembangunan, pendapatan perkapita dapat digunakan untuk melihat peningkatan kemakmuran masyarakat.

Faktor dari Pertumbuhan Ekonomi di indonesia

Kesenjangan terhadap pengelolaan ekonomi menjadi faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pertumbuhan perdagangan internasional juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Secara umum, berikut ini beberapa faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi Indonesia :

  1. Keuangan negara
  2. produksi
  3. Kebijakan moneter dan inflasi
  4. Investasi
  5. Pertumbuhan neraca pembayaran
  6. Perdagangan luar negeri
  7. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2013

Dari triwulan I hingga IV secara menyeluruh pertumbuhan perekonomian di Indonesia sebanyak 6,32 %. Tercatat dari pertumbuhan ekonomi kuartal IV sebesar 6,12 % YoY.

Terbentuknya modal tetap bruto pada tahun 2013 sebesar 9,91 %, impor 6,67 % dan ekspor 2,11 %. Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang semakin baik.

#5. Contoh Resume Buku


Contoh resume yang baik dan benar bisa kita lihat seperti apa yang sudah dijelaskan diatas. Maka dari itu, sebelum membuat resume kamu harus perhatikan hal-hal diatas.

Demikian penjelasan kami terkait dengan contoh resume, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar dunia pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *