Contoh Surat Penawaran

Contoh Surat Penawaran

Dalam surat-menyurat mungkin kita mengenal beberapa jenis surat, salah satu diantaranya ialah surat penawaran. Beberapa kasus juga dapat kita jadikan sebagai contoh surat penawaran antar perusahaan.

Surat penawaran ini merupakan jenis surat yang penting bagi perusahaan terutama pada saat terjadinya jual beli. Surat inilah yang menjadi awal terjadinya transaksi antar perusahaan.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan surat penawaran dan pada artikel ini juga akan diberikan contoh surat penawaran.

Pengertian Surat Penawaran

Pengertian Surat Penawaran

Mungkin dari namanya kita semua tahu bahwa surat penawaran merupakan salah satu jenis surat yag difungsikan untuk menawarkan barang atau jasa kepada pihak lain.

Atau dalam pengertian yang lebih jelas, surat penawaran ialah salah satu jenis surat yang ditulis dengan maksud atau tujuan guna menawarkan beberapa jumlah barang atau jasa kepada perusahaan lain atau ke calon konsumen agar terjalin kerjasama bisnis antar kedua belah pihak.

Pengertian lain juga menjelaskan bahwa surat penawaran ialah jenis surat yang dibuat guna menunjukkan tujuan salah satu pihak yang akan menjalin kerjasama dengan pihak lain berupa jual beli barang ataupun pelayanan jasa.

Dalam surat penawaran tersebut juga telah dilampirkan jenis produk yang akan ditawarkan beserta juga dengan nominal harga yang ditentukan.

Kelengkapan Surat Penawaran

Kelengkapan Surat Penawaran

Sama seperti surat-surat lainnya, surat penawaran juga tidak bisa sembarangan dalam membuatnya. Ada beberapa komponen yang wajib ada dalam surat tersebut, guna dari beberapa komponen tersebut juga mempunyai fungsi sebagai pemberi informasi kepada pihak lain.

Jadi, komponen apa saja yang harus ada dalam surat penawaran tersebut ? Berikut ini komponen beserta penjelasannya.

1. Kop Surat

Kop surat merupakan komponen yang wajib dalam pembuatan surat, bukan hanya surat penawaran beberapa surat resmi lainnya juga wajib mencantumkan kop surat sebagai komponen yang harus ada.

Bagian kop surat ini bertujuan memberikan identitas kepada surat tersebut. Jadi kop surat akan memudahkan penerima surat memahami dari mana surat tersebut berasal. Selain itu kop surat juga menandakan bahwa surat yang dibuat itu merupakan jenis surat resmi.

2. Kepala Surat

Sama seperti kop surat, kepala surat juga merupakan komponen penting yang wajib ada dalam surat penawaran. Kepala surat ini memberikan penjelasan mengenai informasi pembuatan surat tersebut.

Kepala surat ini biasanya berisi beberapa informasi seperti tanggal, nomor surat, jumlah lampiran, perihal, sampai tujuan dibuatnya surat tersebut.

3. Pembuka Surat

Komponen atau bagian surat yang wajib ada selanjutnya ialah pembuka surat. Dibagian inilah pembuat surat memberikan penjelasan singkat mengenai surat yang dibuat.

Biasanya, isi dari penjelasan surat itu mengenai beberapa hal umum, seperti sebab surat tersebut dikirimkan, atau juga memberikan penawaran mengenai produk yang akan ditawarkan kepada calon konsumen.

4. Isi Surat

Mungkin dari beberapa komponen yang ada, isi surat merupakan bagian penting yang ada pada bagian surat penawaran. Dibagian inilah inti surat dibuat akan disampaikan, selain itu pada isi surat juga akan menjelaskan mengenai spesifikasi barang sampai pada nominal harga yang diberikan.

Buka hanya itu, pada bagian isi surat juga akan menjelaskan mengenai bagaimana cara memesan, cara membayar, sampai bagaimana cara pengiriman produk apabila jenis penawaran merupakan barang.

Pada isi surat juga dijelaskan mengenai permintaan yang diajukan klien. Akan tetapi penjelasan haruslah singkat dan padat. Apabila ada penjelasan yang lebih rinci, maka penjelasan tersebut lebih baik di jelaskan pada lampiran.

Dan apabila pada surat tersebut ada lampiran yang disajikan, alangkah lebih baiknya diberikan sedikit penjelasan untuk memberikan informasi mengenai lampiran tersebut.

5. Penutup Surat

Seperti pada hal umumnya, setiap ada kata-kata pembuka pasti ada penutup. Begitu juga pada surat penawaran, pada bagian akhir surat penawaran harus mencantumkan penutup surat.

Pada bagian ini, pihak pembuat surat menyampaikan harapan dan terimakasih kepada calon konsumen. Selain itu pada bagian penutup surat juga terdapat tanda tangan pemangku kekuasaan perusahaan yang menawarkan barang atau jasa.

Baca Juga:

Cara Membuat Surat Penawaran yang Benar

Cara Membuat Surat Penawaran yang Benar

Setelah kita jelaskan mengenai beberapa kelengkapan surat yang harus ada dalam surat penawaran, belum tentu kita dapat langsung membuat surat penawaran tersebut secara baik dan benar.

Karena dalam membuat surat penawaran ada beberapa bagian penting yang harus dibuat oleh pihak yang akan memberikan penawaran kepada pihak lain.

Berikut ini beberapa langkah yang harus dilaksanakan dalam membuat surat penawaran yang baik dan benar.

  1. Penulisan dalam surat penawaran harus menggunakan bahasa yang resmi, singkat, padat, serta tidak bertele-tele.
  2. Surat penawaran harus disertai juga dengan identitas pihak yang memberikan penawaran.
  3. Dalam surat penawaran juga wajib memperkenalkan jenis-jenis barang atau jasa yang akan ditawarkan.
  4. Selain itu, daftar produk beserta harganya juga harus dicantumkan. Harga yang dicantumkan juga haruslah jelas, misalkan barang harga yang diinformasikan harus per barangnya.
  5. Jika penawaran berupa jasa, maka pemberi surat penawaran harus memberikan informasi mengenai jasa yang ditawarkan.
  6. Alamat tujuan juga tidak boleh ketinggalan dalam pembuatan surat penawaran.
  7. Nama lengkap pemangku kekuasaan harus tertera sebagai keresmian surat tersebut.

Contoh Surat Penawaran yang Baik dan Benar

Contoh Surat Penawaran yang Baik dan Benar

1. Contoh Surat Penawaran yang Benar

1. Contoh Surat Penawaran yang Benar

2. Contoh Surat Penawaran Kerja Sama

Contoh Surat Penawaran Kerja Sama

PT SEJAHTERA SELALU
Jl. Wolter Monginsidi No. 78
Kec. Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung
—————————————-

                                                                                                                                                                                              18 Agustus 2020

Nomor : 100/04/VII/2020
Perihal : Penawaran Barang
Lampiran : 1 lembar brosur

Kepada :
Manager PT Sentosa Jaya
Jl. Teuku Umar No. 89
Banda Aceh

Dengan hormat,

Dengan adanya surat ini, izinkan kami ingin memperkenalkan diri. Kami dari Perusahaan PT. Sejahtera Selalu yang bergerak di bidang distributor peralatan dan perlengkapan komputer.

Berdasarkan informasi yang telah kami peroleh, PT. Sentosa Jaya merupakan salah satu perusahaan properti yang sedang berkembang di Bandar Aceh dan akan membuka cabang unit kantor pemasaran di beberapa tempat lain di Aceh.

Berkaitan dengan hal tersebut, kami PT Sejahtera Selalu ingin menawarkan beberapa produk peralatan dan perlengkapan komputer terbaik guna mendukung sistem operasional PT. Sentosa Jaya. Dalam Surat ini, Kami sudah melampirkan daftar produk komputer beserta harganya.

Apabila perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan produk kami, mohon sekiranya untuk menghubungi kami di nomor 021-988172. Dengan senang hati, kami akan membantu mengirimkan produk–produk yang dibutuhkan beserta dengan penginstalannya.

Selain itu, kami juga memberikan penawaran khusus apabila perusahaan Bapak/Ibu melakukan pembelian produk kami lebih dari 5 produk.

Demikian surat penawaran ini kami buat, besar harapan kami agar bisa bekerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya Kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,      

Manager Pemasaran 

Sutrisno, S.T

   

3. Contoh Surat Penawaran Mesin Kontraktor

Contoh Surat Penawaran Mesin Kontraktor

PT Mandiri Contractor

International Trade Contractor and Supplier

Mall Boemi Kedaton Lt. 3 Blok A

Bandar Lampung
——————————————-

23 Agustus 2019

Nomor : 133/07/V/2019
Perihal : Penawaran Mesin
Lampiran : 1 lembar brosur

Kepada :
Yth. Manager PT Buana Karya
Jl. Jend. Sudirman No. 76
Balikpapan

Dengan hormat,
Surat permintaan penawaran dari Ibu Fisda No. 110/PP/VII/2019 tertanggal 25 Juni 2019 telah kami terima. Sehubungan dengan diterimanya surat tersebut, maka dari itu kami akan memberikan penawaran barang-barang berikut ini:

  1. Mesin Tulis Merk Olympia SM 18Rp 2.500.000 per unit
  2. Mesin Tulis Merk Olivetti 18”Rp 1.500.000 per unit
  3. Mesin Foto Kopi merk CanonRp 6.500.000 per unit
  4. Mesin Foto Kopi merk XEROX Rp 6.0000 per unit
  5. Mesin Hitung merk Tisson T12Rp 2.6000 per unit
  6. Mesin Hitung merk Joyko MCM-1Rp 2.2000 per unit

Apabila Ibu setuju dengan penawaran yang kami berikan, mohon kiranya untuk menghubungi kami di nomor 022-772635 up. Bapak Budiarto.

Besar harapan kami untuk dapat menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan perusahaan yang Ibu pimpin. Apabila dibutuhkan, kami siap datang untuk menjabarkan presentasi lebih lanjut.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Budiarto S.S

Manager Pemasaran

4. Contoh Surat Penawaran Jasa Instalasi Listrik

Contoh Surat Penawaran Jasa Instalasi Listrik

PT CAHAYA ELEKTRO

Jl. Jambangan No. 98, Surabaya Tlp : 0341-99997

24 April 2019

Nomer                  : 25/PCE/V/2019

Lampiran              : 1 lembar brosur

Hal                          : Penawaran Jasa Instalasi Listrik

 

Kepada, Manager Pengadaan PT Lintas Mandiri

Jl. DI. Panjaitan No. 99

Malang

Dengan hormat,

Sehubungan dengan surat ini izinkan kami memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami adalah PT Cahaya Elektro yang bergerak dibidang pengadaan, instalasi dan perawatan peralatan listrik.

Sehubungan dengan informasi yang kami terima bahwa PT Lintas Mandiri merencanakan pekerjaan Instalasi Listrik di Gudang Baru. Dengan ini kami memberikan penawaran kerjasama atas pekerjaan tersebut.

Perusahaan kami telah mendapatkan sertifikat berkaitan dengan instlasi listrik. Jadi perusahaan yang kami jalankan sudah terjamin keamanan dan kualitasnya. Bersamaan dengan ini kami melampirkan beberapa dokumen berkaitan dengan keresmian perusahaan kami.

  1. Dokumen Profil Perusahaan.
  2. Fotokopi Sertifikat Instalasi.
  3. Dokumen Perjanjian Kerjasama.
  4. Berkas Kualifikasi Tenaga Ahli.
  5. Dokumen-dokumen lain yang disyaratkan.

Demikian surat penawaran ini kami ajukan, besar harapan kami dapat berkerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Setiawan Ari S.E

Marketing Manager

5. Contoh Surat Penawaran Barang Furniture

Contoh Surat Penawaran Barang Furniture

PT SETIA FURNITURE

Jl. Budi Asih No. 22 Bandung

Tel.022.774662, Fax.022.7817663
___________________________________________________

10 Maret 2019

Nomor : 017/SF/VI/2019
Lampiran : 2 Lembar
Perihal : Penawaran Barang Furniture

Kepada Yth.
Direktur PT Keysha Properti
JL. Jogoloyo No. 23
Jakarta Barat

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, izinkan kami memperkenalkan diri, kami dari Perusahaan PT. Setia Furniture yang bergerak di bidang furniture.

Berdasarkan informasi yang kami terima, PT. Keysha Properti merupakan perusahaan properti yang sedang berkembang di Jakarta dan segera membuka unit kantor cabang di Bali. Berkaitan dengan itu, kami akan menawarkan beberapa barang terbaik yang dapat menunjang operasional kantor.

Berikut ini beberapa produk furniture yang kami tawarkan.
1. Meja komputer merk Super Furniture
2. Lemari
3. Kursi dan meja kerja
4. Meja dan sofa ruang tamu
5. Papan pembatas antara karyawan

Jika Bapak/Ibu teritarik dengan penawaran kami, kami bersedia mengirimkan staff yang akan menjelaskan lebih rinci terkait dengan produk yang kami tawarkan.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya  kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Drs. Sobri Hadi

Direktur Pemasaran

6. Contoh Surat Penawaran Jasa Konsultan

Contoh Surat Penawaran Jasa Konsultan

Berdikari Conuslting
Konsultan Akuntansi dan Bisnis UKM
Ruko Tangcit, Jl. Diponegoro No. 99
Tangerang

__________________________________________________

23 September 2019

Nomor : 011/08/VII/2019

Hal : Penawaran Jasa Akuntansi
Lamp : 1 (satu) berkas

Kepada Yth.
Manager PT Anugerah Corp
Jl. Jend. Sudirman No. 76
Semarang

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini izinkan kami untuk mengajukan penawaran tentang jasa akuntansi kepada perusahaan PT Anugerah Corp. Adapun beberapa jasa Berdikari Consulting meliputi:

  1. KursusdanPelatihan (Dasar Akuntansi, Perpajakan, dan Acuurate)
  2. Pengisian SPT Masa (PPN dan Pph 21) dan SPT Tahunan
  3. Penyusunan & Pembenahan Sistem Akuntansi
  4. Penyusunan Laporan Keuangan UKM
  5. Audit Operasional dan Stock Opname cabang
  6. Komputerisasi Akuntansi UKM

Apabila Bapak/Ibu tertarik dengan penawaran yang kami ajukan dapat hubuni kami di nomor 022-8137619. Dan kami juga bersedia mengirimkan staff untuk menjelaskan lebih rinci terkait dengan penawaran kami.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, besar harapan kami dapat bekerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Setyo Budi
Marketing Manager

7. Contoh Surat Penawaran Jasa Catering

Contoh Surat Penawaran Jasa Catering

8. Contoh Surat Penawaran Mesin Foto Copy

Contoh Surat Penawaran Mesin Foto Copy

9. Contoh Surat Penawaran Jasa Servis AC

Contoh Surat Penawaran Jasa Servis AC

Akhir Kata

Surat penawaran merupakan salah satu surat resmi yang dibuat dengan bertujuan memberikan penawaran kepada pihak lain. Demikian penjelasan mengenai contoh surat penawaran ini dibuat, semoga dapat bermanfaat semua dan menambah wawasan bagi kita semua.pulan

Contoh Kop Surat

Fernando
3 min read

Contoh Surat Lamaran CPNS

Fernando
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *