10 Rekomendasi Game PSP Terbaik Sepanjang Masa

Game PSP Terbaik

PSP atau PlayStation Portable merupakan konsol game buatan Sony yang diluncurkan di Jepang tahun 2004. Saat diluncurkan, PSP dianggap sebagai konsol game dengan kemampuan multimedia yang unggul dibanding pesaingnya.

Namun, produksi PSP dihentikan pada tahun 2014 dan digantikan dengan Playstation Vita. Walaupun penjualan PSP sudah dihentikan, game PSP masih layak dimainkan saat ini karena beberapa game yang dimilikinya memiliki storyline dan kualitas grafis yang bagus.

Untuk Anda yang ingin memainkan kembali ataupun ingin mencoba bermain game PSP, Anda masih bisa memainkan game PSP di HP Android dengan bantuan emulator. Berikut rekomendasi game PSP terbaik yang sudah kami rangkum.

1. Grand Theft Auto

Game legendaris ini merupakan game aksi petualangan yang diterbitkan oleh Rockstar Games. Bertemakan open world,  permainan ini memungkinkan pemain untuk berperan sebagai penjahat yang berkeliaran di sekitar kota.

Pemain akan diberikan berbagai misi untuk diselesaikan seperti merampok bank, melakukan pembunuhan, dan melakukan kejahatan yang lainnya. Terdiri dari berbagai tingkatan misi, setiap misi yang berhasil diselesaikan akan membawa Anda pada imbalan yang lebih tinggi.

Walaupun dikemas dengan gameplay yang menarik, storyline yang dimiliki Grand Theft Auto membuatnya tidak direkomendasikan kepada anak dibawah umur.


2. Grand Turismo

Grand Turismo debut di PSP tahun 2009 dan berhasil menjadi salah satu game PSP terbaik. Hal tersebut dibuktikan dengan kesuksesan mereka yang berhasil meraih total penjualan hingga 4,66 juta copy.

Game ini dilengkapi dengan lebih dari 800 mobil dan 35 track balap. Dengan sistem open ended style, pemain dapat memilih mobil, track, level lawan, dan jumlah lap sesuai keinginan.

Dalam Grand Turismo terdapat beberapa mode permainan yang bisa Anda coba, seperti time trials, race dan drift mode challenge. Dengan gameplay yang menarik, permainan ini wajib dicoba oleh penggemar game balap.


Baca Juga: Game PS Vita Terbaik


3. Shin Megami Tensei : Persona 3 Portable

Game rancangan Atlus ini memiliki storyline tentang seorang pelajar yang tergabung dalam SEES (Specialized Extracurricular Execution Squad), melawan Shadow dan makhluk lain yang muncul dalam waktu “Dark Hour”.

Pemain akan dibekali senjata serta kemampuan sihir melalui penggunaan “Persona” untuk melawan makhluk-makhluk tersebut. Selain itu, pemain juga bisa mengembangkan hubungan dan memperkuat rantai sosial untuk memperkuat “Persona”.

Pemain dapat menentukan tingkat kesulitan saat bermain game ini. Mulai dari level beginner, easy, normal, hard, sampai maniac. Kemudian ada juga fitur untuk mengontrol teammates saat bertarung.


4. Daxter

Daxter dikembangkan oleh Ready at Dawn dan diterbitkan oleh Sony di PSP tahun 2006. Pada September 2019, game ini telah terjual sebanyak 4,2 juta copy dan telah mendapat komentar positif dari kritikus.

Game ini merupakan spin-off dari Jak and Daxter Series. Pada game ini, Anda akan memerankan karakter Daxter, seekor ottsel sekaligus bugs exterminate yang mencari temannya Jak yang ditangkap oleh Krimzon Guard.

Sebagai Daxter, Anda dapat menjalankan berbagai senjata untuk menyerang musuh. Anda juga dapat mengendarai beberapa kendaraan dengan sebutan Betsy, Service Zoomer, Ranger Zoomer, dan Scooter.


5. Crisis Core : Final Fantasy VII

Crisis Core termasuk kedalam jenis game RPG atau Role-Playing Game yang dikembangkan oleh Square Enix untuk PlayStation Portable. Game ini merupakan prequel dari Final Fantasy VII sekaligus entri keempat dari kompilasi Final Fantasy VII.

Game ini berfokus pada Zack, seorang anggota dari SOLDIER yang bekerja untuk Shinra Electric Power Company. Perang dan penghianatan akan mewarnai perjalanan Zack dalam misi mencari anggota SOLDIER lainnya yang bernama Genesis Rhapsodos.

Dengan jalan cerita yang menarik, game ini mampu meraih kesuksesan dengan total penjualan lebih dari 3 juta copy. Jadi, tidak heran jika game ini menjadi salah satu game PSP terlaris.


Baca Juga: Game PS5 Terbaik


6. God of War : Chains of Olympus

God of War dikembangkan oleh Ready at Dawn pada tahun 2008 untuk PSP. God of War : Chains of Olympus merupakan seri yang pertama kali dirilis untuk PSP. Kemudian disusul dengan Ghost of Sparta yang rilis sebagai prequel dari Chain of Olympus.

Dalam game ini, Anda akan berperan sebagai tokoh utama dengan nama Kratos. Kratos diperintahkan para Dewa untuk melakukan perjalanan ke dunia bawah. Di sana ia harus menghadapi makhluk-makhluk dari mitologi Yunani.

Dengan storyline dan gameplay yang menarik, game ini tentu saja tidak boleh Anda lewatkan. Apalagi game ini sudah terjual sebanyak lebih dari 3,2 juta copy dan menjadi salah satu game PSP terlaris.


7. Metal Gear Solid : Peace Walker

Game ini merupakan game aksi petualangan yang diterbitkan oleh Konami pada tahun 2010. Game ini di-setting di Costa Rica pada tahun 1974, 10 tahun setelah kejadian di Metal Gear Solid 3 : Snake Eater dan 4 tahun setelah kejadian Metal Gear Solid : Portable Ops.

Game ini bercerita tentang pasukan tentara tak dikenal yang mencoba mengambil alih Costa Rica. Karena Costa Rica adalah negara tanpa kekuatan militer, negara tersebut meminta bantuan kepada “Snake” dan pasukan militernya untuk menyelamatkannya negaranya.

Dari segi gameplay, game ini menyediakan fitur Cooperative Operation Gameplay yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan pemain lainnya. Pemain juga dapat berbagi nyawa, item, dan peralatan saat bertempur.


8. Tekken : Dark Resurrection

Game Tekken selalu populer di setiap serinya. Seperti seri yang sebelumnya, Tekken : Dark Resurrection juga meraup keuntungan yang cukup tinggi mencapai 2,2 juta copy dalam penjualannya.

Game ini memungkinkan pemain untuk memerankan karakter baru dan karakter lama yang muncul kembali, seperti Armor King II, Lili, dan Sergei Dragunov. Menariknya, seri Dark Resurrection memiliki fitur untuk customize karakter sesuai keinginan.

Tekken : Dark Resurrection memiliki dua mode permainan baru, yakni Tekken Dojo. Dengan mode tersebut, pemain akan memilih karakter yang akan dimainkan dan bertarung dengan berbagai karakter “Ghost” dalam Rank Battle.


9. Ratchet & Clank : Size Matters

Ratchet & Clank : Size Matters dikembangkan oleh High Impact Games dan dirilis untuk PSP pada tahun 2007. Game ini bercerita tentang Ratchet dan Clank yang liburannya terganggu karena mencari gadis cilik yang diculik.

Saat menjalankan misi untuk mencari gadis yang diculik tadi, mereka bertemu dengan ras robot yang terlupakan bernama Technomites. Game ini membuat Anda merasakan sensasi balap, teka teki, dan lain-lain sambil bertualang.

Sesuai dengan nama seri yang diusungnya “Size Matters”, game ini memiliki fitur Shrink Ray untuk mengecilkan badan agar dapat memasuki area tertentu. Untuk melawan musuh, ada juga senjata yang bernama Shocker dan Agents of Doom.


Baca Juga: Game PS3 Terbaik


10. Monster Hunter

Game yang dikembangkan oleh Capcom ini merupakan game petualangan yang dipadukan dengan tema fantasi. Game ini memiliki grafis yang bagus dan gameplay yang mengasyikkan loh

Karena itu, Monster Hunter dapat masuk dalam jajaran game PSP dengan penjualan tertinggi seperti Monster Hunter Freedom 3 yang terjual mencapai 4,87 juta copy dan Monster Hunter Unite yang terjual sebanyak 5,47 juta copy.

Dalam game ini, Anda akan mengambil peran sebagai pemburu yang memiliki misi untuk menangkap atau membunuh monster. Setiap Anda berhasil menyelesaikan misi, Anda akan mendapatkan imbalan berupa senjata atau item untuk digunakan di misi berikutnya.


Nah, itu dia kumpulan game PSP terbaik yang dapat kami rekomendasikan untuk Anda. Jika dirasa bermanfaat, silahkan share artikel ini ke sosial media favorit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *